Ini 10 Khasiat Petai Untuk Wanita Dibalik Bau Tak Sedapnya Saat Dimakan

732

Petai atau pete tentunya tak asing lagi bukan bagi kita? Makanan yang memberi efek nafas tak sedap setelah mengonsumsinya ini memang tak banyak memiliki penggemar, namun sebenarnya petai menawarkan berbagai nutrisi. Jika Anda seorang wanita, Anda perlu tahu bahwa petai membawa kandungan zat besi, vitamin A, fosfor, karbohidrat hingga serat dan inilah beberapa khasiat petai untuk wanita wajib ditengok.

  1. Meredakan Mual saat Hamil

Para wanita wajib tahu bahwa mengonsumsi petai di kala hamil muda dan seringkali dilanda mual bisa membuat Anda lebih baik. Kok bisa? Ibu-ibu di awal kehamilan yang merasa mual pada dasarnya disebabkan oleh kadar glukosa yang naik, jadi dengan makan petai kadar gula akan dapat dikendalikan secara alami dan efektif.

  1. Mengubah Suasana Hati

Para wanita yang sedang memasuki masa PMS atau premenstrual syndrome biasanya akan mengalami perubahan mood yang cukup drastis. Untuk mengembalikan suasana hati yang dipengaruhi oleh kadar gula naik dalam darah, makan petai bisa sangat berguna sebagai penetralisir kadar gula tersebut berkat kandungan vitamin B6-nya.

  1. Menjadikan Awet Muda

Membantu menjadikan diri Anda awet muda bukan hanya bagian dari manfaat lari pagi untuk wanita, melainkan juga bagian dari khasiat petai apabila dikonsumsi secara rutin tanpa berlebihan. Sayangnya, para wanita hanya tahu bahwa petai memberi efek bau tak sedap pada nafas.

Padahal, petai lebih dari itu karena mengonsumsinya cukup sering dengan porsi yang wajar rupanya berguna dalam proses regenerasi kulit. Ketika regenerasi kulit terjadi secara lancar, otomatis kulit akan menjadi senantiasa sehat dan bahkan tercegah dari penuaan dini. Bahkan pembuatan kosmetik di Jepang menggunakan petai.

  1. Mengatasi Depresi

Wanita rata-rata sangat mudah mengalami tekanan dan stres yang terkadang berujung pada depresi. Karena petai adalah makanan dengan kandungan triptofan tinggi (yakni protein yang bisa tubuh ubah menjadi serotonin), petai berguna dalam mengelola rasa stres dan depresi yang dirasakan secara alami dan aman.

Mengonsumsi petai sama dengan mengasup serotonin sehingga bagi Anda yang sedang tegang karena berbagai tekanan bisa lebih rileks. Jika ingin merasa lebih bahagia di tengah-tengah banyaknya pikiran, mengonsumsi petai bisa jadi solusi walau memang sebagai efek sampingnya, kentut dan bau mulut jadi cukup menyengat.

  1. Mengatasi Mabuk

Jika Anda salah satu pengonsumsi minuman beralkohol yang cukup berat, kondisi mabuk yang memicu rasa perut tak nyaman dapat diatasi dengan mengonsumsi petai. Anda bisa coba mengonsumsi milkshake petai di mana sebagai pemanis tambahan yang alami dan sehat, Anda bisa tambahkan madu murni.

Karena mabuk, biasanya kadar gula darah mengalami penurunan, jadi untuk menormalkannya kembali madu bisa membantu. Sementara itu, perut yang terasa begitu bergejolak bisa ditenangkan oleh petai pada milkshake tersebut. Milkshake tidak afdol tanpa susu bukan? Kandungan susu mampu menjadi solusi untuk keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang sempat terganggu.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia atau kondisi kurang darah memang berisiko lebih tinggi menyerang para wanita, oleh karena itu salah satu khasiat petai yang para wanita harus tahu adalah bahwa makanan ini sanggup mengatasinya. Seperti telah disebutkan sebelumnya, petai adalah makanan yang mengandung zat besi tinggi, jadi tak salah kalau Anda mengonsumsinya supaya produksi sel darah merah bisa meningkat.

  1. Mengatasi Obesitas

Menurut hasil dari sebuah penelitian dengan keterlibatan kurang lebih 5000 orang yang obesitas di Institute of Psychology Austria dilansir dari laman situs Liputan 6, karena merasa tertekanlah akhirnya pasien obesitas tersebut akan mencari makanan-makanan berlemak dan bergula tinggi seperti keripik dan coklat. Padahal, makanan-makanan itulah yang mampu meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebih.

Itulah kenapa, sebagai orang Indonesia, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi petai sebagai salah satu camilan di saat sedang ingin ngemil atau stres. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini bisa Anda asup 2 jam sekali. Tujuan dari mengonsumsi petai sebagai camilan ini adalah sebagai pengendali alami kadar glukosa darah juga.

  1. Mengatasi dan Mencegah Sembelit

Petai adalah sumber makanan yang mengandung serat tinggi juga, dengan begitu, para wanita yang mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi bisa mencoba mulai mengonsumsinya. Ini karena petai sangat efektif dalam membuat saluran pencernaan jauh lebih lancar karena kandungan seratnya, jadi makan petai menguntungkan bukan?

  1. Mengatasi Hipertensi

Khasiat utama petai lainnya bagi para wanita apalagi yang menderita tekanan darah tinggi adalah mampu menormalkan tekanan darah yang naik. Petai pada dasarnya memiliki kandungan kalium cukup besar dan aman dikonsumsi karena kandungan garamnya yang rendah. Itulah kenapa petai bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah Stroke

Berkaitan erat dengan kondisi tekanan darah tinggi yang sebelumnya dibahas, penyakit stroke berpotensi besar terjadi pada seseorang dengan hipertensi. Oleh karena itu, petai bisa dikonsumsi supaya kadar tekanan darah selalu normal yang juga menjadi cara mencegah stroke ampuh menurut FDA (Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat).

Itulah sejumlah khasiat petai untuk wanita yang belum banyak diketahui terlepas dari bau tak sedap yang ditimbulkannya. Makanlah petai jika Anda merasa ingin memperoleh khasiat-khasiatnya, tapi tentunya pastikan agar tidak dalam porsi yang berlebihan supaya tak menimbulkan efek samping petai bagi tubuh.