8 Ciri Ikan Segar Berformalin yang Wajib di Ketahui

Ikan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, ada berbagai jenis macam-macam ikan. Tidak hanya ikan laut saja namun juga ada jenis ikan tawar. Selain banyak digemari oleh masyarakat Indonesia ikan juga banyak mengandung berbagai manfaat ketika anda mengkonsumsinya. Salah satu manfaat dari ikan adalah tinggi akan protein. Namun tahukah anda bahwa dewasa ini banyak sekali penjual ikan yang tidak bertanggung jawab. diantaranya adalah penjual ikan yang menggunakan formalin agar ikan tetap segar. Karena biasanya ikan yang sudah beberapa hari tidak laku akan diberikan formalin oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Penggunaan formalin pada ikan yang sudah tidak layak akan membuat ikan menjadi terlihat segar dan layak dikonsumsi. Namun ini akan membahayakan bagi yang mengkonsumsinya. Untuk itu alangkah lebih baik jika anda mengetahui apa saja ciri ciri ikan yang segar karena formalin. Adapun ciri ciri ikan segar yang berformalin adalah sebagai berikut.

Ciri ikan yang segar berformalin

1. Warna lebih cerah

Ikan segar yang berformalin dapat Anda lihat dari warna ikan yang lebih cerah. Namun hal ini bukan merupakan salah satu ciri ikan segar yang berformalin saja karena ciri tersebut juga harus didukung dengan ciri-ciri lainnya seperti ciri-ciri yang akan dipaparkan dibawah ini. Hanya saja biasanya warna ikan yang terlihat lebih cerah dan segar merupakan salah satu ikan yang mengandung formalin. Maka dari itu ketika hendak memilih ikan, lebih baik pilihlah ikan yang tidak terlalu berwarna cerah dan tidak pula ikan yang terlalu berwarna gelap.

Baca juga : Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi

2. Daging ikan mudah hancur

Daging ikan mudah hancur merupakan salah satu ciri-ciri dari ikan segar yang berformalin. Tubuh dari ikan segar yang berformalin akan lebih terlihat bersih namun terasa kaku karena ikan tersebut telah mengalami proses pengawetan. Biasanya ikan ini akan sulit untuk dipotong ataupun ketika terpotong teksturnya akan mudah hancur.

Baca juga :  Bahaya Ikan Lele bagi Kesehatan

3. Tekstur ikan terlihat keras

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daging ikan akan mudah hancur merupakan salah satu ciri ciri ikan segar namun berformalin. Selain ciri-ciri tersebut ternyata tekstur ikan yang terlihat keras namun dagingnya mudah hancur juga merupakan salah satu ciri ciri yang dapat anda ketahui. Tekstur ikan yang terlihat keras namun daging ikan mudah hancur merupakan ciri-ciri ikan segar yang berformalin. Dengan demikian sebenarnya sangat mudah ketika ingin menandai ataukah itu ikan yang berformalin atau tidak, karena ikan berformalin cenderung lebih rapuh.

Baca juga :  Makanan Penurun Gula Darah

4. Tidak berbau layaknya ikan

Ikan yang diberi formalin juga dapat anda ketahui dari baunya saja. Sebab meskipun penampilannya terlihat segar ikan yang diberi formalin akan berbau agak busuk dan berbau aneh layaknya bukan seperti bau ikan.

Baca juga :  Efek Akibat Terkena Radiasi Nuklir

5. Tidak dihinggapi lalat

Ikan-ikan yang dijual di pasaran dan tidak dihinggapi oleh lalat maka perlu Anda waspadai. Karena ikan yang tidak dihinggapi oleh lalat merupakan salah satu ciri-ciri dari ikan yang memiliki kandungan formalin. Binatang seperti lalat akan mudah bereaksi kepada ikan yang segar dan tidak diberi formalin.

Baca juga :  Efek Samping Operasi Amandel

6. Ikan segar tahan lama

Ikan yang berformalin juga dapat Anda lihat dari segar ikan yang tahan lama. Ikan yang mengandung formalin akan memiliki tekstur yang terlihat segar lebih lama. Biasanya bagi penjual ikan yang memiliki ikan segar pada pagi hari ketika ikan tersebut tidak diberi formalin maka pada Sore harinya ikan tersebut akan sedikit tidak segar. Namun sebaliknya jika ikan tersebut diberikan formalin maka pada Sore harinya bahkan pada keesokan harinya lagi ikan tersebut akan tampak segar.

Baca juga :  Bahaya Makan Ikan Pari


7. Warna daging ikan putih bersih

Ketika anda sudah membelah ikan yang Anda beli namun warna daging ikan yang Anda beli tersebut putih bersih anda perlu mewaspadainya sebab daging ikan yang memiliki warna putih bersih merupakan salah satu ciri dari ikan segar yang berformalin. Untuk itu sangatlah penting Mengetahui berbagai macam ciri-ciri ikan segar yang berformalin dan berbagai macam perbedaan ikan segar yang berformalin dan juga ikan segar yang tidak berformalin.

Baca juga :  Makanan Penurun Nafsu Makan

8. Insang pada ikan berwarna merah kegelapan

Meskipun ikan terlihat segar namun ikan yang berformalin dapat anda ketahui dengan cara melihat pada warna Insang ikan tersebut. Insang ikan yang berwarna merah kegelapan merupakan salah satu ciri ikan yang mengandung formalin. Untuk itu maka anda perlu mewaspadai atau berhati-hati Ketika anda akan membeli ikan di pasar atau tempat-tempat penjual ikan lainnya. Selalu perhatikan ciri-ciri ikan yang berformalin dan tidak karena ikan yang berformalin tidak baik untuk kesehatan anda.

Baca juga  :  Makanan Penurun Trigliserida

Selain mengetahui beberapa ciri-ciri ikan segar yang berformalin alangkah lebih baiknya jika anda juga mengetahui beberapa hal yang membedakan ikan berformalin dan juga ikan yang tidak berformalin. Karena dengan anda mengetahui ciri-ciri ikan segar yang berformalin dan ciri-ciri ikan segar yang tidak berformalin akan mempermudah anda untuk memilih ikan segar yang tidak berformalin Ketika anda ingin membeli ikan. Adapun ikan yang berformalin dan juga ikan yang tidak berformalin dapat Anda lihat dari beberapa ciri-ciri tersebut.

Perbedaan Ikan berformalin dan Tidak

1. Reaksi binatang

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa ikan yang berformalin tidak akan dihinggapi lalat meskipun ikan ikan yang berformalin tersebut Anda Letakkan pada ruang yang terbuka. Tidak hanya reaksi dari para Lalat saja pada kenyataannya ikan yang berformalin tidak disukai oleh kucing. Namun sebaliknya ikan yang segar dan tidak berformalin biasanya akan dihinggapi oleh banyak lalat dan juga ikan tersebut akan didekati oleh kucing karena bau amis yang timbul dari ikan.

Baca juga : bahaya kantong plastik

2. Ketahanan

Ketahanan ikan atau keawetan ikan juga dapat menjadi salah satu hal yang dapat membedakan mana ikan yang berformalin dan mana ikan yang tidak berformalin. Ikan yang berformalin sudah dipastikan akan tahan lebih lama dan teksturnya terlihat tetap segar, Selain itu ikan yang berformalin juga tidak mengalami perubahan pada penampilannya jadi perubahan pada ikan yang berformalin masih tetap sama seperti tampilan pada waktu-waktu sebelumnya. Sedangkan ikan yang tidak berformalin biasanya akan berubah penampilan ketika tidak disimpan dalam lemari es. Meskipun pada pagi hari ikan tersebut nampak segar namun ketika sore hari atau keesokan harinya ikan tersebut akan terlihat sedikit jelek dan sudah tidak segar lagi.

Baca juga :  Pantangan Kencing Batu

3. Tekstur daging

Ikan berformalin dan ikan tidak berformalin juga dapat anda ketahui dari tekstur daging ikan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tekstur daging ikan yang berformalin lebih susah untuk dipotong dan akan mudah rusak, sedangkan ikan yang tidak berformalin teksturnya akan tetap empuk dan mudah dipotong sehingga hasil dari potongan-potongan tersebut tetap terlihat cantik dan indah. Hal ini disebabkan karena ikan segar yang tidak diberi formalin akan memiliki tekstur yang lebih baik dan tidak mudah rusak.

Baca juga :  Makanan Penyebab Sakit Ginjal

4. Aroma ikan

Aroma ikan yang berformalin akan memiliki aroma seperti bau busuk dan juga bau aneh. Sedangkan ikan segar yang tidak berformalin akan memiliki bau amis yang khas. Bau amis ikan laut biasanya tercium sedikit bau garam sedangkan bau amis ikan tawar biasanya tercium sedikit berbau Lumpur. Jadi anda harus pintar-pintar membedakan aroma yang ditimbulkan dari ikan yang akan anda beli dan anda konsumsi. Jika bau ikan tidak seperti layaknya ikan Anda harus mewaspadainya karena bisa saja ikan tersebut merupakan ikan yang mengandung formalin.

Baca juga :  Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

5. Warna insang

Perbedaan yang dapat Anda lihat yang terakhir adalah ketika ikan yang berformalin akan memiliki insang yang berwarna merah namun sedikit gelap. Selain itu Insang ikan akan sedikit rusak dan ketika anda pegang Insang ikan tersebut tidak akan terasa kenyal. Namun sebaliknya Insang ikan yang tidak berformalin akan berwarna merah darah dan memiliki tekstur kekenyalan yang normal.

Baca juga :  bahaya bahan kimia

Itulah beberapa hal tentang ciri-ciri ikan segar berformalin dan juga beberapa perbedaan ikan segar yang berformalin dan ikan segar yang tidak berformalin. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi ikan Anda harus mewaspadai dan berhati-hati dalam memilih ikan yang akan anda beli untuk anda konsumsi. Karena jika tidak bisa saja anda mengkonsumsi atau membeli ikan yang sudah mengandung formalin. Ikan-ikan yang sudah mengandung formalin tidaklah baik untuk kesehatan tubuh anda jika anda konsumsi secara terus-menerus. Ikan yang mengandung formalin juga akan menghilangkan manfaat ikan yang sebagaimana mestinya.

, ,
Post Date: Tuesday 05th, September 2017 / 05:46 Oleh :
Kategori : Daging Berbahaya