Keracunan Ikan Tongkol : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Ikan merupakan salah satu jenis bahan pangan yang sangat mudah mengalami kerusakan ketika ikan ataupun ikan tongkol tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik dan benar. Bakteri yang terdapat di dalam ikan akan tumbuh atau berkembang biak salah satu jenis bakteri yang tumbuh dan cepat berkembang biak ketika ikan tidak mengalami penanganan dengan benar adalah bakteri patogen. Oleh karena itu agar kandungan ikan tetap terjaga maka ikan harus selalu didinginkan setelah ditangkap. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kandungan ikan menjadi tidak baik ataupun menyebabkan ikan menjadi busuk. Salah satu jenis ikan yang akan kami bahas di dalam artikel ini adalah ikan tongkol. Ikan tongkol yang tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya mengalami keracunan. Adapun gejala gejala yang ditimbulkan oleh seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol adalah sebagai berikut.

Gejala keracunan ikan tongkol

1. Mengalami pusing

Respon yang paling umum dialami oleh seseorang yang keracunan ikan tongkol adalah seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol merasa pusing. Ketika anda mengkonsumsi ikan tongkol namun anda merasakan pusing maka hentikanlah konsumsi ikan tongkol tersebut.

2. Tubuh menjadi lemas

Selain mengalami pusing perubahan tubuh menjadi lemas juga merupakan salah satu gejala dari seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol. Segera lakukan pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol agar anda dapat terhindar dari berbagai hal-hal yang berbahaya karena keracunan ikan tongkol.

3. Mengalami mual

merasakan mual Ketika anda mengkonsumsi makanan merupakan respon abnormal pada lambung karena lambung mendeteksi adanya zat yang tidak biasa sehingga rasa mual terjadi. Hentikanlah konsumsi ikan tongkol Ketika anda mengkonsumsi ikan tongkol dan anda mengalami mual yang tak kunjung sembuh

4. Mengalami keram perut

Selain mengalami mual biasanya seseorang yang mengalami keracunan makanan atau keracunan ikan tongkol akan merasakan keram pada perut.

5. Mengalami diare

Selain mengalami keram pada perut biasanya seseorang yang terkena keracunan ikan tongkol akan mengalami diare. Sebab pencernaan anda menjadi tidak normal karena adanya keracunan yang anda alami. Lakukanlah pengobatan dengan segera agar anda dapat terhindar dari penyakit diare tersebut.


6. Mengalami muntah-muntah

Selain gejala-gejala di atas mengalami muntah-muntah juga merupakan salah satu gejala dari seseorang yang keracunan ikan tongkol. Untuk itu bagi Anda yang mengkonsumsi ikan tongkol namun anda langsung mengalami muntah-muntah maka segera hentikan konsumsi ikan tongkol yang anda konsumsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya keracunan yang berlebih pada diri Anda.

7. Menggigil

Merasakan panas dingin serta diikuti dengan menggigil juga merupakan salah satu gejala dari seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol. Segera periksakan ah ke dokter Ketika anda mengalami panas dingin yang diikuti dengan perasaan menggigil supaya Anda mendapatkan penanganan dengan baik.

8. Sakit kepala

Selain merasakan pusing ternyata sakit kepala juga merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan Ketika seseorang mengalami keracunan ikan tongkol.

9. Gatal-gatal

Setiap orang pasti memiliki respon terhadap keracunan ikan tongkol yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang merespon keracunan ikan tongkol dengan merasakan gatal-gatal pada seluruh tubuh namun ada pula beberapa orang yang merespon keracunan ikan tongkol dengan gejala-gejala lainnya. Untuk itu anda perlu mengetahui berbagai macam gejala gejala yang ditimbulkan Ketika seseorang mengalami keracunan ikan tongkol.

artikel lainnya:

Bahaya keracunan ikan tongkol

1. Mengalami alergi

Salah satu bahaya dari seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol adalah alergi. Alergi merupakan kondisi reaksi yang berlebih ketika di dalam tubuh terdapat zat zat tertentu yang asing bagi tubuh. Untuk itu agar anda dapat terhindar dari bahaya keracunan ikan tongkol maka perhatikanlah dalam mengkonsumsi ikan tongkol.

2. Mengalami penghambatan pertumbuhan janin

Salah satu bahaya dari keracunan ikan tongkol adalah seseorang yang keracunan ikan tongkol terutama bagi anda ibu hamil akan mengalami penghambatan Pada pertumbuhan janin. Untuk itu bagi anda para ibu hamil anda perlu waspada dalam memilih asupan makanan yang akan anda konsumsi agar pertumbuhan janin anda dapat berkembang dengan baik.

3. Mengalami cacat pada otak bayi

Selain menghambat pertumbuhan janin ternyata ibu hamil yang mengalami keracunan ikan tongkol dapat mengalami cacat otak pada bayi. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi ikan tongkol yang menyebabkan keracunan diketahui bahwa ternyata di dalam ikan tongkol memang memiliki kandungan merkuri sehingga kandungan tersebut sangat mengancam kesehatan ibu hamil serta kesehatan bayi.

4. Bersifat racun

Salah satu bahaya dari keracunan ikan tongkol adalah bersifat racun. Adanya sifat-sifat racun yang terdapat di dalam ikan tongkol diantaranya terdapat logam-logam jahat membuat seseorang yang mengkonsumsi ikan tongkol mengalami keracunan.

5. Mengkonsumsi merkuri

Mengalami keracunan ikan tongkol sama saja anda mengkonsumsi merkuri sebab ikan tongkol merupakan ikan yang dengan mudah menyerap merkuri. Sehingga kita perlu hati-hati sebab merkuri merupakan salah satu zat yang dapat membahayakan serta mengancam jiwa anda.

artikel lainnya

Cara mengatasi keracunan ikan tongkol

1. Mengkonsumsi CTM

Ketika anda mengalami keracunan ikan tongkol Salah satu cara mengatasi keracunan ikan tongkol yang anda derita adalah mengkonsumsi CTM. Dengan mengkonsumsi CTM akan membantu anda untuk tertidur dan ketika anda terbangun efek pusing ataupun efek-efek lainnya disebabkan karena keracunan ikan tongkol dapat teratasi.


2. Kelapa muda

Air kelapa muda dikenal sebagai air yang dapat digunakan untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh. Untuk itu salah satu cara mengatasi seseorang yang mengalami kerajaan ikan tongkol adalah dengan mengkonsumsi air kelapa muda.

3. mengkonsumsi susu

Ketika anda sulit untuk mencari air kelapa muda jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi susu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi keracunan ikan tongkol. Sebab susu juga dapat dimanfaatkan untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi air putih

Namun saat anda tidak sedia susu di rumah Anda, Anda dapat segera mengatasi keracunan ikan tongkol dengan mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya akan membantu tubuh anda dalam mengencerkan racun di dalam lambung dan membuat penyerapan racun terhambat.

5. Memuntahkannya

Ketika seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol dan masih sadarkan diri dengan memintanya untuk memuntahkan makanan yang telah dikonsumsinya juga merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyerapan racun ke dalam tubuh.

6. Membawanya ke dokter

Ketika dapat dari keracunan ikan tongkol tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu kurang lebih 4 jam. Serta efek dari keracunan ikan tongkol semakin parah Anda dapat segera membawa seseorang yang menderita keracunan ikan tongkol ke dokter. agar seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol segera mendapatkan penanganan dengan baik.

Itulah beberapa hal dari gejala cara mengatasi serta bahaya seseorang yang mengalami keracunan pada ikan tongkol. Semoga dengan adanya artikel gejala bahaya serta cara mengatasi seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol dapat menambah wawasan anda tentang ikan tongkol

artikel lainnya:

, ,
Oleh :
Kategori : Daging Berbahaya