Home MakananMakanan Sehat 10 Makanan Penurun Nafsu Makan Terbaik

10 Makanan Penurun Nafsu Makan Terbaik

by Henny Anugerah

Makanan penurun nafsu makan banyak tersedia diberbagai macam toko, Supermarket, Pasar tradisional dan mudah dicari dengan harga relatif ramah dikantong . Nafsu makan yang tinggi dapat menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan dengan makanan yang mengandung banyak lemak dan Terlalu manis, Karena mereka merasa jenis makanan tersebut mampu membuat mereka kenyang, Tetapi sayangnya mereka lupa bahwa makanan berlemak cenderung menyebabkan seseorang rentan terkena obesitas. (baca juga: Akibat Perut Buncit , Penyebab Obesitas pada Anak)

Jenis Makanan Terbaik Penurun Nafsu Makan

1. Cokelat hitam

Cokelat yang berwarna hitam gelap memiliki kandungan selat larut yang berguna menekan rasa lapar, Zat oleic acid yang dapat menstabilkan kadar lemak dalam tubuh, Mengandung vitamin A, B1,B2, B3, C, E dan pantotenat yang tinggi, Mengadung polifenol dan beberapa mineral essensial terdiri dari magnesium Zat besi, Kalsium, Potassium, Mangan, Kalsium, Tembaga dan zat feniletilamin.

Baca Juga:

Cokelat hitam mampu menurunkan tingkat grehlin dalam tubuh, Zat grehlin merupakan zat yang mampu meningkatkan keinginan makan yang berlebihan misalnya gemar ngemil dan makan pada tengah malam. Cokelat hitam terbukti ampuh sebagai makanan penurun nafsu makan dimana obesitas sering menyerang anak anak dan remaja.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan penurun nafsu makan yang sehat, Aman dan cocok dijadikan asupan harian, Karena mengandung serat larut dan zatv arbohidrat yang menurunkan kadar gula dalam darah dan mengontrol tingkat insulin sehingga kolesterol LDL tidak terbentuk didalam tubuh. Mengkonsumsi Oatmeal dua kali sehari secara rutin dapat menekan rasa lapar dalam waktu yang lama dan menurunkan keinginan untuk ngemil.

Baca juga:

3. Biji rami

Biji rami mengandung serat yang tinggi, Asam lemak omega 3 dan 6, Protein nabati yang dapat menekan rasa lapar tanpa menyebabkan sakit pada lambung. Biji rami cocok untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk diet seimbang.

4. Apel

Apel adalah buah yang sangat mudah di dapat di pasar tradisional dan baik dimakan setiap hari. Apel mengandung serat larut yang tinggi dan zat pektin yang ampuh sebagai makanan penurun nafsu makan dan mengurangi berat badan secara bertahap tetapi terbukti aman tanpa efek samping.

baca juga:

5. Alpukat

Buah alpukat tua memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menekan rasa lapar dan memberi efek perut kenyang tanpa membuat lambung perih. Alpukat dapat dibuat jus yang ditambahkan dengan gula aren dan madu untuk tubuh tetap ideal dan terhindar dari kegemukan dan cocok dijadikan sebagai makanan penurun nafsu makan yang aman untuk sehari hari.

6. Telur rebus

Makanlah telur rebus dua kali sehari karena protein tingginya dapat mengenyangkan perut dalam waktu yang cukup lama dan mengurangi keinginan seseorang untuk ngemil ataua makan ditengah malam. Telur merupakan makanan penurun nafsu makan yang aman bagi anak anak dan orang dewasa.

Baca juga:

7. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan probiotik yang dapat melindungi tubuh darui perkembangbiakan bakteri jahat dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas hasil dari sisa limbah makanan yang dikonsumsi. Sumber kalsium dan protein tingginya dapat mengontrol nafsu makan seseorang sehingga dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak suka mengemil lagi.

8. Pisang

Buah pisang mengadung zat kalium yang tinggi dimana manfaatnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan melindungi lambung dari peningkatan asam lambung. Buah pisang tidak menyebabkan berat badan bertambah walaupun dimakan pada malam hari dalam jumlah yang banyak.

Baca juga:

9. Bayam dan brokoli

Perpaduan antara sayuran bayam dan brokoli sangat ampuh dijadikan sebagai makanan penurun nafsu makan yang aman diberikan pada anak anak, Remaja, Dewasa bahkan orangtua. Sayuran bayam mengandung vitamin A, C, E dan K, Kalium, Serat, Karotenoid, Asam folat, Zat choline dan zat inositol.
Sedangkan sayuran brokoli memngandung Vitamin A, B komplek, C dan K, Asm lemak omega 3, Mineral kalsium, Mangan, Zat besi, Magnesium, Selenium, Zinc, Fosfor, Flavonoi.
Bayam dan brokoli dapat dijadikan sayur berkuah yang dikonsumsi setiap hari sebagai makanan penurun nafsu makan yang cocok bagi seseorang yang ingin berat badannya ideal dan untuk para penderita obesitas.

10. Kacang pinus dan jamur kancing

Kacang pinus yang dikonsumsi bersama jamur kancing dapat mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh dan cocok dijadikan sebagai makanan penurun nafsu makan. Kacang pinus memiliki zat asam pinotenik yang dapat merangsang produksi zat kolesistokinin yaitu hormon yang menyebabkan perut terasa kenyang dalam waktu yang lama tanpa menyebabkan nyeri lambung.
Sedangkan jamur kancing memiliki kandungan nutrisi Vitamin B1, B2, B12, Niacin, Asam pantotenat. Fosfor, Besi dann protein nabati dan rendah kalori. (baca juga: Bahaya Kacang Tanah , Akibat Kelebihan dan Kekurangan Fosfor)

Minuman Sehat yang Dapat Dijadikan Penurun Nafsu Makan

1. Teh hijau

Teh hijau memiliki zat antioksidan yang dapat mempercepat proses penurunan berat badan karena memiliki efek mengeyangkan yang cukup lama. Teh hijau dapat bertindak sebagai penghancur lemak jahat yang terbukti sebagai salah satu penyebab gagalnya program diet.

2. Teh hitam

Teh hitam tanpa gula dapat mengurangi keinginan seseorang untuk mengemil makanan yang manis manis dan menekan rasa lapar pada tengah malam. Teh hitam dapat diminum dua kali sehari dalam takaran gelas yang sedang dan cocok dijadikan minuman sehat sebagai pendamping makanan penurun berat badan sehari hari.

Baca Juga:

3. Kopi

Kopi yang diracik dengan penggunaan takaran gula yang sedikit lebih manjur menurunkan berat badan tanpa harus khawatir asam lambung naik. Kafein yang ada pada kopi berbeda dengan kafein pada teh karena karakter kafein kopi terbukti dapat menekan rasa lapar dan membuat seseorang jadi tidak tertarik pada makanan yang manis manis atau yang mengandung lemak tinggi.

4. Kunyit

kunyit merupakan tanaman obat sekaligus sebagai minuman dan makanan penurun nafsu makan yang terbukti ampuh melangsingkan yang dapat dijadikan minuman segar yag mampu menurunkan berat badan relatif lebih cepat. Kunyit mengandung zat curcumin, Dihidrokurkumin, Metoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin, Minyak atsiri yang didalmnya terdapat zat fenipropane, Tarmeron, Atlanton, Bisabolen, Zingiberin dan lain lain, Terdapat senyawa tanin, Dammar, Fraktosa, Arabinosa, Mineral lengakap seperti Magnesium, Besi, Mangan, Kalsium, Nutrien, Kalium, Seng, Kobait, Aluminium dan bismuth.
Konsumsilah perasan air kunyit yang telah ditambahkan air matang panas secukupnya, Madu dan perasan air jeruk nipis sesuai selera. Namun penggunaan kunyit instan tak disarankan karena terbukti terdapat kandungan bahan pengawet dan pewarna didalamnya. (Baca Juga: Bahaya Minum Kunyit Setiap Hari , Cara Meningkatkan Nafsu Makan)

Aktivitas yang Mempengaruhi Keberhasilan Penurunan Berat Badan

Makanan penurun nafsu makan dapat bermanfaat secara maksimal bukan hanya didampingi oleh minuman teh hijua, teh hitam, Kopi dan kunyit saja tetapi bisa diiringi dengan aktivitas yang menguntungkan demi keberhasilan penurunan berat badan, Diantaranya:

  • Olahraga ringan tetapi dilakukan secara teratur
  • Tidur cukup setidaknya 7 sampai 8 jam perhari, Hindari begadang yang tidak perlu
  • Minum air putih setidaknya 8 liter perhari
  • Mengurangi atau menghindari merokok yang berlebihan
  • Menjauhi segala bentuk alkohol dan minuman bersoda
  • Tidak makan makanan jenis junkfood dan makanan siap saji secara berlebihan

(Baca Juga: Terapi Air Putih , Akibat kelebihan air Putih dalam Tubuh)

Untuk mewujudkan keberhasilan penuruna berat badan yang baik dan aman sebaiknya masyarakat lebih dekat lagi diberi pemahaman dan pembelajaran yang akurat tentang makanan penurun berat badan agar mereka tidak selalu bergantung hanya pada obat langsing yang didalamnya terdapat bahan kimia berbahaya yang memicu keluhan kesehatan lain seperti sakit maag, Peningkatan asam lambung dan terserang diare.

You may also like