Home Featured 11 Manfaat Minum Air Nanas Secara Rutin

11 Manfaat Minum Air Nanas Secara Rutin

by Erlita

Minum air nanas adalah salah satu cara menjaga kesehatan yang banyak orang belum tahu lho, apalagi kalau melakukannya setiap hari. Karena nanas adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi, belum lagi ada mikronutrien dan enzim bromelain, ini menjadikan nanas buah yang sangat bermanfaat. Berikut ini adalah sejumlah manfaat minum air nanas yang bisa diperhatikan.

  1. Melawan Kanker

Dilansir dari laman Okezone Lifestyle, bromelain terbukti mampu melawan kanker yang bahkan efektivitasnya lebih tinggi daripada obat kemoterapi 5-fluorouracil menurut sebuah penelitian. Maka dengan mengonsumsi air nanas (tak perlu makan buahnya langsung), sangat bermanfaat lho bagi yang memiliki gejala kanker atau tumor.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Nanas adalah salah satu sumber vitamin A dan beta karoten tinggi yang jika dimakan langsung ataupun meminum air nanas secara rutin mampu menjadi cara menjaga kesehatan mata. Bahkan fungsi penglihatan dapat meningkat atau terjaga baik, termasuk mencegah degenerasi makula yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia kita.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang siap mendukung proses pencernaan protein supaya lebih efektif dan nyatanya memang ini sangat bermanfaat. Baik itu mengonsumsi buah nanasnya langsung ataupun air nanas, kita otomatis akan terhindar dari berbagai masalah atau gangguan pencernaan.

  1. Mencegah Radang

Lagi-lagi enzim bromelain di dalam nanas sangat baik dalam mencegah atau menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi pada buah nanas itulah yang membuat rasa sakit akibat radang dapat berkurang.

  1. Menjaga Mulut Tetap Sehat

Untuk gusi dan gigi yang lebih kuat ditambah pula dengan kesehatan mulut yang terjaga dengan baik, bromelain di dalam buah nanas dapat diandalkan lho. Maka dengan meminum air nanas rutin, sebenarnya kita juga sedang berupaya menjaga kesehatan mulut, bahkan memecah plak yang mudah menempel di gigi.

  1. Mencegah Gangguan Tiroid

Bromelain sekaligus kandungan yodium di dalam nanas menawarkan manfaat besar dalam menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Risiko penyakit seperti tiroiditis atau penyakit autoimun lainnya cukup besar lho, maka meminum air nanas atau makan buah nanas bermanfaat sebagai pencegah gangguan tiroid dan dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit autoimun.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Selain bromelain yang diunggulkan, ada pula kandungan antioksidan sekaligus serat tinggi di dalam buah nanas. Jadi memakannya langsung atau meminum air nanas akan sangat berguna sebagai pendetoks tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu membuang racun yang berisiko mengembangkan penyakit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Sedang mencari cara menurunkan berat badan yang alami? Kenapa tak coba minum air nanas saja sebagai bagian menu diet sehari-hari? Bukan hanya sebagai makanan yang mengandung serat tinggi, makan nanas atau minum air nanas membantu membuang air berlebihan di dalam tubuh karena sifat diuretiknya dan hal inilah yang berguna sebagai penurun berat badan.

  1. Membersihkan Logam Berat

Fungsi organ tubuh dapat mengalami gangguan terkadang disebabkan oleh faktor adanya logam berat. Supaya tubuh dapat bersih dari logam berat ini, minum air nanas yang kaya serat, antioksidan dan enzim bromelain akan sangat membantu. Selain membersihkan logam berat dari dalam tubuh, meminum air nanas juga berguna memaksimalkan kesehatan.

  1. Membantu Kadar Elektrolit Tetap Seimbang

Buah yang mengandung kalium tinggi ini tak hanya memenuhi kebutuhan mineral kalium dengan baik agar otot sendi tetap sehat. Perlu diketahui bahwa minum air nanas juga baik dalam menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh.

  1. Melawan Parasit

Selain antioksidan dan anti-inflamasi, nanas mengandung sifat anti-parasit pada enzim bromelainnya. Dengan begitu, mengonsumsi buah nanas langsung atau meminum air nanas secara rutin dapat menjaga kesehatan usus serta hati dari parasit.

Tips Membuat Air Nanas

Dalam membuat air nanas yang bermanfaat tinggi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba di rumah:

  • Sediakan lebih dulu air 1 liter, buah nanas 1 buah saja yang ukurannya sedang, ditambah dengan daun mint 6 lembar.
  • Nanas perlu dikupas dulu, potonglah kecil-kecil dan masukkan ke dalam toples bersih.
  • Masukkan daun mint yang sudah dibersihkan, lalu tuang seliter air ke dalam toples tersebut.
  • Tutuplah toples rapat-rapat sebelum disimpan di dalam kulkas (pastikan penyimpanan dilakukan semalaman atau 8-10 jam).
  • Minumlah air nanas esok harinya dalam kondisi dingin dan segar.

Jika ingin tanpa daun mint juga bisa, bahkan kita dapat menggunakan air kurang lebih 3,7 liter (tergantung kebutuhan kita). Tambahkan es batu jika lebih suka demikian daripada menyimpannya di dalam lemari es berjam-jam. Namun bagaimana pun cara membuat air nanas, hindari penambahan gula supaya manfaat minum air nanas bagi kesehatan dapat dirasakan secara optimal.

You may also like