23 Penyebab Sakit Punggung Pada Wanita Paling Sering Terjadi dan Mematikan

Penyebab sakit punggang pada wanita merupakan pemicu munculnya keluhan pada seputar punggang yang kerab mengganggu aktivitas gerak tubuh.

Sakit punggang pada wanita paling sering menyerang karena faktor usia yaitu  usia dewasa dan lanjut usia yang berhubungan dengan menurunnya fungsi organ tubuh dan daya tahan tubuh secara alami, Tetapi tidak menutup kemungkinan dapat menyerang usia produktif antara usia 18 hingga 25 tahun.

Ciri ciri sakit punggung pada wanita

  • Punggung terasa pegal dan kadang nyeri tiba tiba
  • Kesulitan membungkuk dan memutar tubuh ke sisi kanan atau kiri
  • Pinggang ikut nyeri hingga mencapai bokong
  • Nyeri pada punggung memicu sakit kepala
  • Nyeri pada punggung dapat menyerang bagian bahu
  • Intensitas rasa nyeri meningkat pada malam hari
  • Rasa nyeri punggung bisa menjalar ke arae leher bagian belakang
  • Tubuh sering merasa kelelahan dan mengalami penuruna stamina
  •  Pada keadaan tertentu perut terasa mual, Ulu hati tidak nyaman dan keinginan ingin muntah

Penyebab

Ada banyak penyebab sakit punggung pada wanita yang muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup yang buruk maupun karena adanya faktor internal tubuh yang memungkinkan seseorang mengalami sakit punggung.

  1. Posisi tubuh yang tidak baik

Wanita yang sering mempunyai kebiasaan duduk atau posisi tidur yang salah beresiko mengalami sakit punnggung dalam jangka panjang yang bisa  muncul secara mendadak. Posisi duduk dan tidur yang asal dan tidak memperhitungkan kondisi bentuk tulang dan persendian tubuh maka dapat menyebabkan pinggang dan punggung terasa sakit, Pegal pegal, Tulang punggung nyeri, ulu hati tidak nyaman dan perut menjadi mual mual, Hal ini karena adanya tekanan berulang dari posisi tubuh yang tidak seimbang tersebut.

  1. Tubuh kecapekan

Penyebab sakit punggung pada wanita paling sering terjadi adalah karena aktivitas yang terlalu berat dan tubuh tidak mendapatkan peregangan disela sela kesibukan dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan yang berimbas pada munculnya ketegangan otot seputar pinggang dan punggung yang dapat menyebabkan sakit punnggung kronis.

  1. Usus buntu

Gejala Usus buntu atau bahasa medisnya disebut Apendisitis adalah penyakit gangguan pada usus yang menyebabkan sakit perut bagian kanan yang jika terjadi peradangan maka rasa nyerinya akan meluas ke area pinggang dan bahkan dapat meluas hingga ke bagian punggung.  Kondisi ini dapat menjadi penyebab sakit punggung pada wanita.

  1. Infeksi saluran kencing

Bahaya infeksi saluran kencing adalah salah satu penyebab sakit pinggang pada wanita yang disebabkan karena bakteri E-Coli . Bakteri E-Coli yang sebenarnya dapat melancarkan proses pencernaan agar dapat memproduksi vitamin K secara normal. Namun ketika pergerakan bakteri tersebut berpindah haluan kearah kandung kemih dan menyebabkan infeksi maka rasa nyerinya akan menjalar kebagian pinggang lalu melebar ke bagian punggung atau tulang belakang.

  1. Kurang minum

Bahaya akibat kurang minum air putih yang cukup terkenal adalah  tubuh terserang dehidrasi tetapi ternyata juga dapat menimbulkan gangguan pada peredaran darah, Pembuluh darah,  Otot dan saraf saraf seputar pinggang dan punggung. Kurang pasokan air putih jangka panjang dapat menyebabkan ginjal menurun fungsinya sehingga sakit pinggang tidak dapat dihindari yang rasa nyerinya mencapai area punggung. Punggung menjadi terasa berat, Nyeri dan pegal pegal.


6.Radang panggul

Radang panggul merupakan salah satu penyebab sakit punggung wanita yang berbahaya yang disebabkan karena  infeksi pada organ reproduksi  termasuk pada dinding rahim, Uterus. Bagian tuba filopi dan ovarium . Peradangan yang terjadi dapat menurunkan kualitas kesehatan rahim dan sekitarnya dimana ketika muncul rasa nyeri yang diiringi dengan mual dan muntah maka akan menyebar kebagian pinggang lalu meluas ke arah tulang belakang atau punggung .

7.Kram usus

Kram usus dapat menyebabkan ketegangan otot pinggang dan juga punggung  sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada . Kram usus dapat muncul akibat penyimpangan aktivitas seksual  yaitu sering berganti ganti pasangan dimana penyakit menular seksual telah masuk kejaringan darah. Pada batas waktu tertentu penyakit tersebut akan mengganggu kinerja usus, Bagian reproduksi dan rasa nyerinya akan menjadi penyebab sakit punggung pada wanita.

8.Kanker ovarium

Kanker ovarium merupakan penyakit berbahaya yang menyearang bagian reproduksi wanita yang bisa menyebabkan kematian, Pada awalnya ketika area ovarium ditumbuhi kista dan terjadi mutasi gen maka sel kankerpun akan menyebar ke bagian ovarium dan area punggung serta pinggang. Kondisi inilah yang menjadi penyebab sakit punggung pada wanita  berupa rasa nyeri yang muncul secara mendadak atau timbul tenggelam.

9.Frozen Shoulder

Frozen shoulder adalah kondisi dimana munculnya sakit  dan kekakuan pada leher akibat aktivitas yang stagnant atau seseorang yang tidak melakukan peregangan otot untuk lebih rileks disela sela kesibukan kerjanya.

10.Cedera otot

Cedera otot pada leher akibat sering memutar leher untuk menghilangkan rasa pegal di seputar kepala, Leher dan bahu ternyata dapat menjadi penyebab sakit punggung pada wanita. .Jaringan tulang belakang pada wanita sangat sensitif terhadap gerakan gerakan yang mendadak atau sengaja diputar sampai menimbulkan bunyi gemeretak persendian leher dan tidak diimbangi istirahat tubuh termasuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Kondisi ini rentan menyebabkan kelainan otot berupa iritasi, Luka luka lalu cedera dalan waktu yang lama sehingga sakit punggung akan muncul tiba tiba.

11.Radang sendi

Penyebab radang sendi atau arthritis yang menyerang tulang leher atau sendi pada tulang bagian belakang dapat mudah muncul saat wanita memasuki usia lanjut dan memasuki masa menopause awal, Dimana persendian mulai berkurang kekuatannya  dan minim akan pasokan kalsium.

12.Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah dimana kondisi cakram sendi dan tulang punggung mengalami erosi dan kerusakan yang muncul karena  usia yang terlalu tua atau akibat penyakit arthritis akut sehingga menimbulkan  desakan, Tekanan dan dorongan terus menerus terhadap saraf saraf seputar leher, Kepala dan bahu yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri berkepanjangan pada bagian punggung.

13.Kehamilan

Wanita hamil seringkali mengalam keluhan sakit pinggang dan pounggung secara bersamaan  yang muncul sewaktu waktu dan cenderung mengganggu aktivitas sehari hari. Punggung sakit saat hamil muncul akibat perubahan hormon secara alami, Adanya pelonggaran ligamen dan persendian punggung yang hanya terjadi pada saat kehamilan dan muncul penyempitan tulang belakang akibat tekanan dari perubahan bentuk rahim yang membesar.  Kehamilan merupakan  penyebab sakit punggung pada wanita yang dapat sembuh dengan sendirinya ketika masa persalinan tiba.

14.Whiplash

Whiplash adalah kondisi dimana kondisi leher mengalami cedera akibat benturan, Hantaman atau pukulan yang menyebabkan kerusakan otot, Aliran darah tidak lancar dan tekanan terhadap saraf saraf antara leher dan tulang belakang. Kondisi ini beresiko besar menjadi penyebab sakit punggung pada wanita.

15.Operasi tulang belakang

Seseorang yang pernah mengalami perbaikan tulang melalui metode operasi, Maka dimasa depan akan menaglami gangguan punggung berupa rasa nyeri dan pegal pegal. Kondisi ini dapat mudah muncul saat pasien beraktivitas berat seperti mengangkat beban berat, Olahraga yang mengandalkan otot tubuh misalnya angkat besi ukuran ringan dan lain lain.

16.Kurang olahraga

Wanita yang tidak pernah melakukan olahraga beresiko mengalami gangguan otot punggung. Gerakan gerakan ringan olahraga yang dilakukan secara teratur berupa senam atau lari pagi mampu memperkuat otot otot tubuh termasuk otot area tulang belakang dan memperpadat struktur persendian . Namun banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa kurang olahraga dapat berdampak buruk pada jaringan otot dan persendian tulang belakang.

17.Spinal spinosis

Spinal spinosis adalah kasus penyempitan tulang belakang yang banyak menjadi penyebab sakit punggung pada wanita akibat tekanan yang terus menerus pada syaraf syaraf tulang belakang  misalnya Membungkuk terlalu lama, Terlalu banyak duduk dan lain lain. Kondisi ini menyebabkan area kulit disekitarnya menjadi mati rasa, Kram dan muncul sakit pada pinggang serta tubuh yang lemas.

18.Kondisi Siatika

Siatika adalah kondisi dimana syaraf syaraf seputar punggung mengalami desakan dan Ketegangan terus menerus  akibat aktivitas ekstrem , Stres dan kegiatan yang berhubungan dengan hobi dan bakat seseorang  yang menuntut kekuatan lengan tangan , Kaki dan olot perut misalnya Panjat tebing, Naik gunung dan lain lain., Dimana syaraf syaraf pada tulang belakang sampai kearea persendian kaki dapat mengalami pergeseran cakram tulang belakang yang memicu munculnya sakit punggung yang berkepanjangna.

19.Massa otot berkurang

Saat wanita berusia melebihi 50 tahun maka akan mengalami berkurangnya massa otot  serta kerapuhan tulang dan berkurangnya kepadatan tulang secara alami, Yang jika tidak segera diatasi dengan mengkonsumsi suplemen khusus atau pola makan yang sehat maka akan menjadi penyebab sakit punggung pada wanita . Pada usia diatas 50 tahun wanita cenderung lebih mudah mengalami cedera sendi dan penyempitan otot akibat faktor hormon wanita yang dimiliki. Cara meningkatkan massa otot dapat diawali dengan mengkonsumsi makanan penambah massa otot misalnya makanan sumber protein tinggi yang terdiri dari daging sapi atau susu kedelai . Ketika tingkat kepadatan tulang berkurang walauoun hanya terkena benturan ringan pada area tulang belakang atau seputar punggung maka akan beresiko menyebabkan sakit punggung menahun.

20.Osteoporosis

Penyebab sakit punggung pada wanita paling  klasik adalah Osteoporosis.  ciri ciri Osteoporosis awalnya terletak pada mudahnya tulang atau persendian mengalami retak atau patah ketika mendapat hantaman yang sebenarnya ringan. Osteoporosis  merupakan penyakit kerapuhan/ keropos tulang yang paling sering menyerang wanita usia lanjut atau yang telah memasuki masa menopause. Namun  gejala osteoporosis dapat pula menyerang wanita muda jika sejak usia dini tidak terpenuhi akan makanan yang bernutrisi seimbang khususnya zat kalsium. Wanita berusia produktif yang mnenagalami kerapuhan tulang dapat menderita sakit punggung dini yang rasa nyerinya bisa menjalar kebagian bokong. Kondisi ini  dapat mengganggu produktifitas dan aktiviatas sehari hari.

21.Obesitas

Salah satu Gejala obesitas yaitu  tubuh yang terlalu gemuk dan tidak sesuai dengan tinggi badan. Seorang wanita yang  terserang obesitas menyebabkan penumpukan lemak yang ada didalam tubuhnya  menyebabkan dorongan, Desakan dan tekanan berat berulang ulang pada bagian otot, Tulang dan persendian diseluruh bagian tubuh, Termasuk pada area punggung dan dapat menjadi penyebab sakit punggung pada wanita yang masih berusia muda. Penyebab obesitas hendaknya diketahui agar segala yang berhubungan dengan bahaya obesitas lebih mudah dimengerti dan tujuannya untuk menekan angka penderita sakit punggung yang disebabkan oleh obesitas.

22.Kiposis, Lordosis dan Skoliosis

Kiposis, Lordosis dan skiposis adalah beberapa penyebab kelainan tulang belakang yang mempengaruhi postur tubuh anak anak yang akan terus berlangsung hingga dewasa. Kelainan ini sudah ada sejak bayi petama kali dilahirkan. kelianan tulang belakang yang terbentuk sejak lahir ini dapat menjadi penyebab sakit punggung pada wanita yang bisa muncul secara tiba tiba seumur hidupnya jika sejak usia dini tidak segera diatasi dengan dokter ahli atau  para ahli bagian otorpedi untuk segera dilakukan perbaikan tulang atau sendi, Pemulihan dan perawatan khusus agar tulang belakang dapat berfungsi dengan baik .

Kelainan tulang belakang ini adalah berhubungan dengan ketidakmampuan tulang untuk melengkung secara normal yang gunanya membantu pergerakan seluruh tubuh agar nyaman dan elastise tanpa rasa nyeri  kettika tubuh melakukan pergerakan, Misalnya untuk membungkuk, Jongkok, Berdiri, Berjalan dan lain lain.

23.Haid tidak teratur

Siklus haid yang tidak teratur misalnya haid 2 kali sebulan dapat menjadi salah satu penyebab sakit punggung pada wanita  muda ataupun dewasa. Ketika sedang haid perubahan hormon yang berhubungan dengan organ reproduksi akan terjadi misalnya hormone estrogen, Progesteron, Hormon puletin, Hormon folikel dan hormone pelepas gonadotropin , Diman semua perubahan hormone hormone tersebut justru mempengaruhi suasana hati dan Kondisi otot seluruh tubuh termasuk otot otot , Saraf dan peredaran darah seputar punggung belakang.

,
Oleh :
Kategori : Sakit Pinggang