Home Tips KesehatanKesehatan Wanita 23 Cara Mempercepat Menstruasi yang Terlambat

23 Cara Mempercepat Menstruasi yang Terlambat

by Erlita

Datangnya haid atau menstruasi pada wanita bisa dipercepat, terutama ketika Anda telah bosan dengan kondisi PMS atau Pre Menstrual Syndrome alias sindrom sebelum haid. Anda bisa mencoba membuat datang bulan lebih cepat sehingga tak perlu lagi was-was. Ada beberapa kasus juga di mana wanita ingin mempercepat menstruasi karena mereka khawatir apakah mereka hamil.

Untuk membuktikan bahwa Anda tak sedang dalam kondisi hamil, dapat juga menggunakan beberapa cara mempercepat menstruasi berikut yang bisa coba Anda intip. Memang benar bahwa menstruasi adalah suatu proses alami dan akan sulit bagi kita mengendalikannya, namun ada beberapa cara yang tetap layak dicoba agar menstruasi bisa lebih cepat datang yang juga otomatis bisa lebih cepat selesai nantinya.

(Baca juga: tanda-tanda haid)

1. Mengonsumsi Vitamin C

Mungkin sebagian orang sudah cukup tahu tentang fakta vitamin C mampu memberikan efek cepat pada menstruasi, namun sebagian orang lainnya mungkin belum terlalu tahu akan hal ini. Diketahui bahwa jumlah lapisan di uterus dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C.

Itu artinya ketika mengonsumsi vitamin C otomatis uterus kemudian bakal mengalami kontraksi sehingga menstruasi bisa lebih cepat datang. Apa saja yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan asupan vitamin C agar menstruasi bisa lebih cepat?

  • Suplemen vitamin C (dianjurkan mengonsumsi 60 mg dan tak boleh lebih dari dosis tersebut).
  • Tomat
  • Sayuran hijau
  • Jeruk
  • Kiwi
  • Brokoli
  • Paprika
  • Pepaya

2. Mengonsumsi Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan untuk tujuan kesehatan, termasuk juga sebagai obat hipertensi dan kolesterol tinggi. Karena dianggap mampu menjadi pereda nyeri haid dan membuat haid lebih teratur, maka banyak wanita yang kemudian mengonsumsi kunyit, terutama dalam bentuk kunyit asam.

Memang benar bahwa kunyit belumlah terbukti secara klinis mampu mempercepat menstruasi, namun ketika menstruasi terlambat, tak salah kalau Anda mencoba mengonsumsi kunyit dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan saja kunyit dalam bentuk bubuk dan ambil 1 sendok teh untuk Anda tambahkan dan campurkan ke dalam secangkir air. Ini adalah untuk resep minumannya di mana juga kemudian bisa ditambah dengan madu serta lemon seckupnya. Supaya lebih nikmat, tambah atau tuang ke atas es batu.
  • Cara lainnya adalah dengan menaburkan kunyit ke atas nasi Anda. Hidangan lain juga boleh ditambah dengan kunyit, seperti misalnya kukusan sayuran. Hal ini mampu menjadikan menstruasi datang lebih cepat.

3. Istirahat Cukup

Terkadang karena kurangnya istirahat, ini justru malah bisa menghambat masa atau jadwal menstruasi yang seharusnya. Bisa saja karena tubuh yang terlalu lelah maka kemudian berpengaruh terhadap hormon maupun bagian otak penyebab menstruasi. Menjadi terlambat karena kurang istirahat tentu solusinya adalah menggunakan waktu lebih untuk istirahat.

Mungkin Anda bisa mengatasi dengan tidur yang cukup, yakni 8-9 jam setiap harinya supaya Anda tak mudah lelah. Atau, jika memang sudah sangat lelah secara fisik dan mental, mintalah cuti dan gunakan waktu cuti tersebut dengan baik untuk istirahat dan memberlakukan diet atau makan yang baik serta sehat.

(Baca juga: makanan yang dilarang saat haid)

4. Mengonsumsi Suplemen Herbal

Untuk melancarkan atau mempercepat menstruasi yang kiranya terlambat dan tak seperti biasanya, Anda perlu mencoba konsumsi suplemen herbal. Banyak orang menganggap enteng suplemen karena beranggapan bahwa suplemen bukanlah obat dan hanya vitamin. Namun pemakaian dengan dosis yang tepat sangat dianjurkan, bahkan Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

Konsultasi dengan dokter dianggap penting karena FDA bukanlah pengatur suplemen sehingga memang para pengonsumsi suplemen harus ekstra hati-hati. Melebihi dosis bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk suplemen aman yang bisa Anda konsumsi supaya menstruasi lebih cepat dan lancar, berikut di bawah ini adalah sejumlah rekomendasinya:

  • Motherwort – Mungkin Anda sudah pernah dengar akan motherwort ini dan faktanya, motherwort mampu merangsang uterus untuk bekerja maksimal serta efisien. Dengan demikian, menstruasi bakal datang secara lebih cepat.
  • Cohosh Hitam – Cohosh hitam ini telah digunakan sejak ratusan tahun lalu dan oleh orang zaman dulu pun bahan ini dimanfaatkan untuk mendatangkan menstruasi lebih cepat. Ini karena diketahui bahwa pengaturan siklus menstruasi secara keseluruhan dapat didorong oleh Cohosh hitam dan setelah mengonsumsinya, dijamin luruhnya lapisan rahim bisa cepat terjadi yang kemudian menjadi darah haid.
  • Peony Putih – Suplemen dari peony putih diketahui mampu membantu supaya darah pada area panggul dapat digerakkan. Kebekuan pada uterus dapat diluruhkan dengan peony putih ini sehingga kemudian menstruasi akan lebih cepat datang dan lebih teratur juga.
  • Dong Quai – Untuk masalah menstruasi yang datang terlambat, Anda juga bisa mengandalkan yang namanya Dong Quai. Suplemen herbal ini dapat dikonsumsi supaya darah dapat terdorong untuk ke panggul sehingga menstruasi bisa lebih cepat dan yang terlambat bisa langsung datang.

5. Mengonsumsi Peterseli

Peterseli juga rupanya diketahui mampu membantu para wanita yang ingin menstruasi lebih cepat datangnya. Di dalam daun peterseli ada kandungan miristisin dan juga apiol yang sangat baik bagi tubuh dan zat inilah yang mampu menjadikan uterus kemudian mengalami kontraksi. Penelitian ilmiah memang tidak ada, tapi banyak wanita yang telah membuktikan khasiatnya.

Buatlah teh peterseli untuk membuat menstruasi menjadi cepat dan lancar dengan cara menyiapkan ¼ cangkir peterseli yang tentunya masih segar untuk Anda cuci dan potong (yang segar justru lebih berkhasiat ketimbang yang kering). Didihkan 1 cangkir air yang kemudian Anda tuang ke peterseli, biarkan 5 menit untuk terseduh sebelum diminum ketika sudah hangat.

(Baca juga: cara mengatasi nyeri haid)

6. Mandi Air Hangat

Sangat sederhana untuk mempercepat menstruasi Anda secara alami di mana salah satunya adalah dengan mandi air hangat. Tak ada bukti secara ilmiah mengenai hal ini, tapi ada banyak orang yang sudah membuktikan bahwa mandi air hangat sangatlah mujarab.

Anda bisa melakukan mandi air hangat atau berendam air hangat dalam waktu cukup lama supaya menstruasi cepat datang. Apabila ingin lebih manjur, Anda perlu menambahkan minyak esensial tertentu yang memiliki efek menenangkan. Tuang langsung ke bak mandi, seperti misalnya minyak serai wangi, minyak lavender, atau minyak mawar.

7. Menghindari Olahraga Berlebihan

Bahaya olahraga yang berlebihan bukan hanya menyebabkan cedera otot atau kelelahan secara ekstrem, melainkan juga membuat seorang wanita menjadi lebih lambat dalam menstruasi. Kebanyakan atlet wanita dengan jadwal latihan padat mengakibatkan ketidakteraturan pada jadwal menstruasinya sebab hal tersebut mampu menurunkan kadar estrogen.

Ketika kadar estrogen dalam tubuh terlalu rendah, tak hanya menstruasi saja yang mudah berhenti atau terlambat datang, tapi juga membuat tulang lebih mudah rapuh. Ubah segera rutinitas latihan berikut juga durasinya dan segera konsultasikan dengan dokter supaya jadwal latihan tak membuat tubuh Anda mengalami masalah berikut jadwal menstruasi.

Risiko paling tinggi untuk menstruasi menjadi lebih lambat dan tak teratur adalah mereka yang menjadi atlet angkat beban sekaligus pelari jarak jauh. Latihan atlet-atlet tersebut sangatlah keras setiap harinya dan inilah yang menyebabkan estrogen berkadar rendah. Ketika memang kewajiban Anda adalah berlatih fisik, hak Anda juga untuk mempertimbangkan apakah latihan yang dijalani terlalu berlebihan atau tidak.

8. Menghindari Kesibukan Padat

Ada banyak wanita yang terlalu sibuk sehingga tak begitu menghiraukan kondisi kesehatannya. Faktor kesibukan padat dapat menjadi penyebab dari menstruasi yang tak datang-datang dan bahkan lebih seriusnya lagi, masa kesuburan pun bisa terjadi sebagai efeknya. Kesibukan apapun bentuknya tidaklah baik untuk kesehatan, jadi pastikan bahwa Anda membatasinya.

Waspadai tentang masalah kesibukan supaya tidak berlebihan, apalagi memforsir. Banyak orang yang memaksakan diri untuk bekerja keras tanpa melihat apakah secara fisik dan mental ia mampu atau tidak. Banyak yang kemudian kehilangan waktu istirahat demi pekerjaan, jadi pastikan Anda tak seperti itu dan utamakan keseimbangan antara istirahat dan kesibukan.

(Baca juga: bahaya berenang saat haid)

9. Cukup Minum Air Putih

Apabila ingin menstruasi datang dengan cepat, Anda perlu memerhatikan apakah asupan cairan dalam tubuh cukup atau tidak. Memang semua orang, baik wanita maupun pria, dari anak hingga orang dewasa dan lansia butuh asupan air putih yang cukup. Hanya saja, wanita lebih-lebih membutuhkannya supaya jadwal menstruasi berjalan lancar.

Supaya Anda bisa menstruasi lebih cepat dan juga berjalan teratur, hindarkan diri dari dehidrasi dan bahayanya. Periode menstruasi bisa lebih lama karena dehidrasi dan untuk menyehatkan tubuh, setiap wanita perlu mengonsumsi 8-12 gelas setiap harinya agar menstruasi lancar dan bahaya akibat kurang minum air putih tidak juga Anda alami.

10. Menghindari Minuman Alkohol

Bukan hanya kesehatan sistem saraf otak saja yang dapat mengalami gangguan karena bahaya minuman keras bagi kesehatan. Minuman beralkohol mampu membuat proses menstruasi menjadi lebih lambat, pendek dan bahkan tak teratur. Memang minuman beralkohol banyak digemari karena seakan mampu menghilangkan stres.

Tapi jangan terbuai dengan efek baik sesaat yang diberikan alkohol bagi Anda yang mungkin sedang banyak pikiran. Minuman beralkohol bisa menjadikan fungsi tubuh menurun dan rusak, bahkan juga berpengaruh besar terhadap jadwal menstruasi wanita. Bila belum bisa menghindarinya secara total, Anda perlu membatasi konsumsinya supaya tak terlalu sering apalagi berlebihan.

11. Menghindari Minuman Berkandungan Gula

Sama halnya seperti minuman beralkohol Anda perlu menghindari konsumsi minuman yang kandungan gulanya terlalu tinggi, khususnya konsumsi berlebihan. Minuman yang mengandung gula tinggi bila dikonsumsi terlalu banyak dan berlebihan akan membuat proses menstruasi lebih pendek dari biasanya. Maka dari itu, hindarilah konsumsi berlebih atau membatasi konsumsinya.

(Baca juga: penyebab darah beku saat haid)

12. Menghindari Kafein

Kafein bukan hanya menjadi pemicu dari kenaikan tekanan darah saja, melainkan juga memengaruhi jadwal menstruasi secara buruk. Anda perlu menghindari konsumsi berlebihan atau terlalu sering, sama seperti alkohol dan juga minuman manis. Supaya tubuh sehat terjauh dari darah tinggi dan menstruasi bisa lebih cepat dengan siklus yang teratur, batasi konsumsi kafein Anda.

13. Melakukan Kompres

Untuk para wanita yang ingin lebih cepat dan lancar menstruasinya, jangan lupa juga untuk mencoba melakukan kompres hangat di bagian abdomen bawah atau perut bagian bawah. Selain bisa berendam atau mandi air hangat, cara ini juga cukup ampuh dan aman dalam membuat menstruasi cepat datang.

Tak perlu kompres panas-panas, cukup hangat saja dan lakukan kompres ½ jam lamanya setiap hari sampai akhirnya menstruasi datang. Ini adalah salah satu cara dalam membuat tubuh lebih hangat dan cara yang cukup efektif dalam membuat dinding rahim cepat luruh sehingga lebih mudah menjadi darah dan keluar sebagai proses menstruasi.

14. Minum Air Hangat

Minum air putih saja tidak cukup karena Anda juga perlu mencoba mengonsumsi air putih hangat. Air putih yang suam-suam kuku terbukti sangat berkhasiat dalam membuat menstruasi lebih cepat datagnya. Hal ini sama seperti efek yang diberikan ketika Anda berendam/mandi air hangat serta kompres hangat di bagian perut bawah tadi.

15. Minum Teh Jahe

Banyak orang beranggapan bahwa teh jahe hanya bisa atau pas diminum ketika sedang pilek, masuk angin, atau tidak enak badan. Banyak juga yang mengira bahwa teh jahe hanya baik sebagai cara mengatasi stres, padahal tidak demikian. Anda bisa mencoba minum teh jahe ketika menstruasi datang secara terlambat.

Dalam mempercepat datangnya jadwal menstruasi, cobalah untuk mengonsumsi 2-3 cangkir teh jahe ketika ekspektasi sudah muncul akan datangnya menstruasi. Hanya saja sebaiknya juga tidak mengonsumsi secara berlebihan karena terdapat efek samping jahe yang kiranya bisa berbahaya bagi tubuh. Ada banyak manfaat lain dari jahe yang tentu bisa Anda peroleh selain mempercepat menstruasi.

(Baca juga: akibat kelebihan estrogen)

16. Menggunakan Aspirin

Aspirin tentu bukan obat yang asing bagi Anda dan ternyata salah satu cara untuk mempercepat menstruasi untuk datang adalah dengan menghancurkan aspirin. Saat Anda merasa sudah waktunya menstruasi tapi malah ternyata datang terlambat, sediakan secara langsung aspirin 2 buah saja.

Hancurkan lebih dulu aspirin tersebut di dalam cangkir yang sudah diisi dengan air hingga ½ cangkir. Setelah itu Anda bisa tambahkan dengan gula pasir ½ sendok makan berikut juga madu murni sebanyak ½ sendok makan. Larutan yang sudah jadi bisa Anda konsumsi atau minum langsung secara rutin di mana menstruasi pasti akan segera datang setelahnya.

17. Mengonsumsi Seledri

Konsumsi seledri bukan hanya baik dalam menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah yang naik. Seledri adalah jenis sayuran yang selalu baik untuk tubuh, termasuk untuk para wanita yang menstruasinya ingin dipercepat atau karena terlalu terlambat. Makanan emmenagogic ini mampu mendukung siklus menstruasi Anda dengan aman.

Makanan ini sanggup membuat aliran darah lebih terangsang di bagian uterus dan juga pelvis sehingga akan membuat menstruasi menjadi terangsang untuk datang cepat. Apiol adalah nama kandungan di dalam batang serta daun seledri yang mampu membuat uterus mengalami kontraksi dan kemudian menjadikan menstruasi datang secara cepat dan teratur.

18. Mengonsumsi Pepaya

Buah pepaya yang menjadi makanan yang mengandung serat tinggi bukan hanya berfungsi menjadi obat pencahar alami saja. Pepaya adalah jenis buah yang sehat bagi para wanita dengan siklus menstruasi tak teratur dan suka terlambat. Bukan sekadar melancarkan buang air besar akibat sembelit, pepaya pun mampu mempercepat menstruasi.

Kandungan karoten pada buah pepaya akan merangsang menstruasi secara alami apabila Anda mengonsumsinya selama 1 minggu penuh. Karena pepaya adalah buah yang murah dan gampang diperoleh di pasar tradisional maupun modern, Anda tak perlu repot. Untuk konsumsi, Anda bisa memakannya langsung atau bisa juga dengan membuat minuman jus.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita)

19. Mengonsumsi Wortel

Apabila tak bisa memperoleh pepaya, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi wortel sebagai penggantinya. Efek yang diberikan sama seperti buah pepaya karena kandungan karoten juga tinggi di dalam wortel sehingga mampu mempercepat proses menstruasi sesuai yang Anda harapkan. Rutinlah mengonsumsi pepaya selama seminggu untuk mendapatkan hasil paling ampuhnya.

20. Mengonsumsi Campuran Gula Merah Jaggery

Bagi Anda yang ingin mempercepat menstruasi, ada pula cara lain yang tergolong ampuh dan aman, yakni dengan membuat campuran gula merah jaggery. Jaggery sendiri diketahui merupakan gula tak terpisah dari kurma, nira maupun sari tebu dan Anda bisa mencampurkannya sebanyak 2 sendok teh ke 1 gelas air.

Kemudian, tambahkan sari jahe segar sebanyak 1 sendok teh dan aduk-aduk hingga larutan tercampur dan jadi. Konsumsilah di pagi hari untuk pertama kalinya dan pastikan perut masih dalam kondisi kosong alias belum makan pagi. Biasanya menstruasi akan datang segera setelah konsumsi serutin mungkin akan larutan ini.

Cara lainnya, Anda bisa juga mencampurkan jaggery yang dalam bentuk bubuk bersama kunyit yang juga dalam bentuk bubuk secukupnya. Kombinasi keduanya sangat ampuh dan akan benar-benar terasa efek baiknya ketika Anda meminumnya 15 hari sebelum waktu atau jadwal menstruasi seharunsya. Anda akan mengalami menstruasi yang cukup cepat setelah mengonsumsi jaggery ini.

21. Akupuntur

Satu lagi cara mempercepat menstruasi yang sangat baik dan terbilang efektif, yaitu dengan metode akupuntur. Di negara kita, akupuntur sudah sangat populer dan memang nyatanya pengobatan alternatif yang asalnya dari Cina ini sangat mujarab dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahkan untuk kesehatan wanita seperti mempercepat menstruasi pun termasuk terpercaya.

Ada titik-titik akupuntur tertentu yang mampu membuat sirkulasi darah meningkat dan otomatis juga fungsi reproduksi ikut meningkat. Perlu didiskusikan baik-baik dengan terapis akupuntur karena ada pula beberapa titik tertentu yang justru malah membuat siklus menstruasi berhenti. Pastikan bahwa yang Anda datangi memang benar-benar ahli akupuntur yang sudah bereputasi dan memang terpercaya.

(Baca juga: penyakit kelamin)

22. Menghindari Stres Emosional

Stres mampu berpengaruh terhadap hormon estrogen, jadi sebaiknya Anda mencari cara menghindari stres terbaik, seperti misalnya melakukan Yoga atau bermeditasi yang sudah teruji dan banyak terbukti ampuh dalam membuat Anda jauh lebih baik secara mental maupun fisik. Stres emosional perlu diredakan dan diatasi sebelum kemudian menjadi kronis.

Berolahraga juga merupakan salah satu solusi untuk masalah stres, begitu juga dengan makan sehat dan juga istirahat yang cukup. Meluangkan waktu untuk diri sendiri itu adalah yang paling penting karena Anda akan merasa jauh lebih rileks ketika melakukan aktivitas yang Anda sukai di waktu senggang.

Tapi bagaimana kalau stres tak bisa dihindari atau sudah telanjur kronis sehingga tak dapat diatasi dengan cara biasa? Jangan pernah takut untuk berbicara dengan seseorang yang mampu membantu Anda, seperti misalnya minta bantuan ahli terapi. Anda perlu seseorang yang bisa membantu Anda menjadi jauh lebih tenang dan mengembalikan diri Anda seperti dulu.

23. Menghindari Obat Tertentu

Anda perlu tahu bahwa tak semua obat itu baik; obat tersebut memang mampu memberikan efek penyembuhan bagi kondisi penyakit tertentu, tapi juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan baru. Terlambatnya menstruasi bisa berawal dari konsumsi obat tertentu dan efek sampingnyalah yang menjadikan Anda tak menstruasi tepat waktu.

Supaya Anda bisa lebih cepat menstruasi, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi obat-obat sebagai berikut ini:

  • Obat tekanan darah
  • Antidepresan
  • Obat alergi
  • Kemoterapi
  • Antipsikotik

(Baca juga: obat sakit perut saat haidbahaya minum kopi pada saat haid)

Jika memang Anda khawatir karena setelah melakukan cara mempercepat menstruasi di atas tidak juga menstruasi, silakan langsung periksakan ke dokter untuk memastikan apa yang terjadi pada kondisi tubuh Anda. Dan selama melakukan cara-cara tersebut, Anda perlu siap sedia dan bahkan memakai pembalut karena menstruasi bisa datang secara tak terduga.

You may also like