10 Akibat Kelebihan Estrogen bagi Wanita

6886

Hormon esterogen adalah hormon yang dimiliki setiap wanita, hormon ini memiliki banyak sekali fungsi bagi wanita terutama untuk bagian kewanitaan. Hormon esterogen ini biasa diproduksi di ovarium, tapi sebenarnya hormone ini bukan hanya di produksi di ovarium tetapi juga diproduksi oleh sel-sel lemak serta kelenjar adrenal. Pada wanita, hormone estrogen ini memiliki peran pada saat masa pubertas. Pada saat masa pubertas hormone estrogen mengeluarkan karakteristek seks skunder seperti tumbuh kembangnya payudara, tumbuhnya rambut pada kemaluan serta tumbuh rambut pada ketiak. Selain memunculkan seks sekunder, hormone estrogen berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi, bisa jadi siklus itu 28 hari, 29 hari atau juga 30 hari, biasanya tergantung situasi wanita yang menstruasi, kareana hal ini juga dipengharui pola makan. Begitu pentingnya hormone esterogen bagi organ dan laju kewanitaan, namun apakah yang akan terjadi bila hormone estrogen yang diproduksi wanita berlebih. Tentunya akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Akibat hormone estrogen berlebih

  1. Siklus menstruasi tidak lancer

    Sudah diulas di atas bahwa hormon estrogen membantu laju menstruasi dan berperan penting pada saat masa masa pubertas, sehingga bila hormone estrogen yang diproduksi oleh ovarium mengalami kelebihan maka siklus menstruasi juga tidak akan berjalan dengan baikkarena yang mengendalikan pertumbuhan pada lapisan Rahim selama awal siklus mensturasi tidak berjalan degan baik.

baca juga: makanan untuk mencegah keputihan

  1. Pertumbuhan tulang akan terganggu

    Fungsi lain dari hormon esterogen adalah membangun membentuk tulang dan bekerja secara langsung dengan vitamin D, kalsium dan hormone yang lain.Hormone esrogen berperan pentinng dalam memecah dan membangun tulang-tulang kembali secara efektif sesuai dengan proses alami yang dialami oleh tubuh manusia. Pada dasarnya ketika hormone estrogen menurun maka proses memproduksi atau mengembangkan tulan akan menjadi lebih lambat. Sehingga akan terjai tulang keropos atau biasa disebut dengan osteoporosis. Namun apa jadinya jika bukan malah kurang namun hormon esterogen kelebihan. Bukan kekeroposan yang terjadi namun justru malah akan tumbuh tulang-tulang baru yang tidak seharusnya muncul dan itu akan menimbulkan rasa sakit pada si penderita.

baca juga: ciri-ciri flu tulang

  1. Darah menjadi beku

    Fungsi lain dari pada untuk tulang dan perkembaangan siklus di ovarium (mestruasi) adalah sebagai alat untuk membekukan darah. Pada dasarnya hormone estrogen bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan juga kekebalan pada dinding vagina serta lapiran yang ada pada uretra, pelumasan vagiana dan juga fungsi lainnya yang berada di vagina. Ketika hormone yang dihasilkan ovarium dan sel-sel lemak dan kelenjar adrenal ini mengalami kelebihan dari batas yang seharusnya maka pembekuan pada darah bisa lebih cepat terlaksanakan. Akibatnya akan terjadi gumpalan darah pada vagina.

baca juga: proses pembekuan darah manusia

  1. Mempengharui otak

    Hormone estrogen yang randah biasanya disebabkan karena suasana hati yang kurang baik. Apabila ini terjadi dan berlangsung dengan jangka waktu yang lama maka suasana hati akan menjadi kurang baik. Hati tak terlepas dari otak, jika suasana hati kurang baik otak juga akan merasakan stress dan kurang maksimal dalam berfikir.

baca juga: kesehatan sistem saraf otak

  1. Kaki kram

    Hal ini disebabkan karena berlebihnya hormone estrogen membuat lemak dan sel lainya bekerja dengan berlebihan, setidaknya hal itu akan mempengharui rasa yang ada di luar sehingga mengakibatkan kaki kram

baca juga: 12 penyebab kram perut normal dan pada wanita hamil

  1. Nyeri pada ovarium

    Hormon estrogen berfungsi untuk bertanggung jawab dalam perkembangan reproduksi pada wanita seperti telah dijilaskan di atas tadi bahwa hormone ini akan membantu dalam reproduksi selama masa pubertas, selain itu pada tubuh kembang wanita hormone ini juga berperan pada Rahim, ovarium, dan juga system produksi yang lain yang berhubungan dengan menstruasi dan kehamilan, sehingga jika hormone estrogen berlebih yang terjadi adalah ovarium tidak dapat menerima kelebihan hormone itu sehingga akan merasakan rasa nyeri akibat hormone estrogen tersebut. baca juga: cara menjaga kesehatan organ reproduksi

  2. Payudara nyeriPada dasarnya hormone estrogen juga memiliki fungsi sebagai peran membantu perkembangan payudara, hormone ini membantu untuk meningkatkan timbunan lemak yang berada pada lapisan subkutn. Seperti halnya ibu yang sedang menyusui anaknya ketika anaknya tidak mau menyusu asi ibunya maka ibu akan merasakan perih di payudara bahkan sampai pada sesak di dada. Begitu pula dengan hormone estrogen,kelebihan hormone estrogen akan membuat timbunan lemak pada lapisan subkutan meningkat jauh lebih besar sehingga akan menekan lapisan lapisan lain yang akan membuat nyeri pada payudara.

baca juga: cara menjaga kesehatan payudara

  1. Berat badan meningkat

    Berat badan meningkat ini biasanya karena rasa sakit yang dialami oleh pemilik rasa sakit itu sehingga ia lebih sering menkonsumsi makanan sebagai sarana untuk menghilangkan rasa sakit yang dialaminya. Dengan demikian berat badan akan cepat meningkat, apalagi karena hormone estrogen yang berlebih sehingga produksi dari makanan yang masuk akan lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga membuat tubuh mengalami peningkatan berat badan.

baca juga: cara menurunkan berat badan

  1. Mual dan muntah

    Ini adalah efek yang disebabkan karena ovarium yang terluka sehingga memanggil lambung dan lambung akan merasakannya setelah itu lambung tidak kuat untuk menahan rasa sakit itu juga sehingga akan mengakibatkan dorongan keluar yaitu mual dan muntah. Seperti halnya apabila sedang menstruasi, rasa sakit yang dirasakan pada saat menstruasi akan menyebabkan perut tidak merasa nyaman dan selalu ingin muntah karena sakit yang dirasakan di lambung.

baca juga: sering mual setelah makan

  1. Penurunan gairah seksual

    Tak hanya pada wanita saja, ternyata hormone ini juga mempengharui gairah seksual pada laki laki, ternyata hormone estrogen juga mempengharui tinng rendahnya jumlah sperma yang dihasilakn oleh pria. Sehingga akan mengurangi gairah seksual pada pria maupun wanita yang kelebihan hormone estrogen tersebut.

baca juga: akibat pergaulan bebas

Itulah beberapa akibat yang disebabkan karena kelebihan hormone estrogen untuk itu alangkah baiknya ketika kita mulai sejak dini menjaga hormone estrogen kita agar terjaga, tidak berlebih dan juga tidak kurang. Salah satu cara untuk menjaga hormone estrogen adalah rajin berolah raga dan juga harus mau mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang akan membantu produksi hormone estrogen, sehingga hormone estrogen tidak akan terproduksi seara berlebiahan juga tidaak akan terprosduksi secara kurang. Karena semua yang berlebihan juga tidak baik, overestrogen malah menyebabkan gejala penyakit, kekurangan estrogen juga menyebbkan gejala penyakit. Sehingga yang terbaik adalah jika kita mampu menjaga estrogen agar tetap sesuai dengan porsinya. Sekian, semoga bermanfaat.

artikel lainnya yang perlu anda baca: