Haid 2 Kali Sebulan – Penyebab dan Cara Mengatasi

2282

Pada umumnya, wanita akan mengalami siklus menstruasi sebanyak 1 kali dalam sebulan. Akan tetapi, pada beberapa wanita lain juga pernah mengalami siklus menstruasi hinggga 2 kali dalam sebulan. Penyebab terjadinya menstruasi sebanyak 2 kali dalam sebulan tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti hormon yang tidak seimbang atau sebagai pertanda dari penyakit tertentu.

Haid 2 kali sebulan ini masih bisa dikatakan normal, sebab siklus menstruasi sendiri memiliki jarak antara 21 sampai 35 hari dan untuk remaja antara 21 sampai 45 hari. Akan tetapi, anda juga perlu mencari tahu penyebab dari gangguan pada menstruasi ini, apakah karena masalah hormon atau karena indikasi penyakit lain yang berbahaya.

Artikel terkait:

Penyebab Menstruasi 2 Kali Sebulan

Walau siklus menstruasi yang terjadi sebanyak 2 kali dalam sebulan terbilang wajar, akan tetapi tetap ada beberapa faktor yang menjadi penyebab peristiwa ini bisa terjadi, seperti:

  1. Stres

Stres merupakan masalah utama yang membuat wanita bisa mengalami 2 kali menstruasi dalam sebulan. Stres yang dihasilkan karena padatnya aktivitas, masalah keuangan atau masalah lainnya akan mengubah siklus menstruasi anda selama sementara.

  1. Berat Badan Menurun Drastis

Siklus menstruasi juga bisa mengalami gangguan karena berat badan yang turun secara tiba-tiba atau ekstrim. Selain itu, beberapa kelainan makan seperti anoreksia nervosa dan juga peningkatan fisik secara tiba-tiba juga menjadi penyebab dari gangguan ini.

  1. Masa Pubertas

Seorang wanita yang baru masuk ke masa pubertas umumnya juga akan mengalami menstruasi yang belum teratur dan menstruasi 2 kali sebulan bisa saja terjadi atau bahkan sebaliknya hanya menstruasi 1 kali dalam waktu 3 bulan.

  1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid merupakan kondisi hormon tiroksin yang berlebih dan dihasilkan oleh kelenjar tiroid di bagian dalam tubuh. Keadaan ini juga akan mengakibatkan terjadi gangguan metabolisme tubuh termasuk salah satunya adalah siklus menstruasi.

  1. Sakit Radang Panggul

Sakit radang panggung atau Pelvic Inflammatory [PID] merupakan infeksi pada organ reproduktif wanita yang terjadi pada ovarium, serviks, uterus atau tuba fallopi. Infeksi yang terjadi pada organ reproduksi ini juga menjadi salah satu penyebab menstruasi 2 kali dalam sebulan.

Artikel terkait:

  1. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik merupakan kelainan hormonal umum yang akan mengakibatkan timbulnya kista berukuran kecil di dalam ovarium sehingga menyebabkan timbulnya menstruasi yang tidak teratur.

  1. Penyakit Tertentu

Menstruasi sebanyak dua bulan sekali bisa menjadi indikasi dari kondisi medis tertentu dan beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan pendarahan tersebut menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi tidak lancar.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Menstruasi yang terjadi sebanyak 2 kali dalam sebulan memang bisa dikatakan wajar, akan tetapi jika periode menstruasi ini terlalu sering dialami maka harus segera dikonsultasikan pada dokter, khususnya jika timbul gejala lainnya seperti:

  • Terasa sakit di seluruh bagian tubuh selama menstruasi sedang berlangsung
  • Siklus menstruasi menjadi tidak beraturan
  • Siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari
  • Periode menstruasi terjadi lebih dari 7 hari
  • Darah yang keluar selama menstruasi terlalu banyak sehingga harus mengganti pembalut setiap 1 sampai 2 jam sekali

Artikel terkait:

Cara Mengatasi Menstruasi 2 Kali Sebulan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mengatasi menstruasi yang terjadi 2 kali dalam sebulan ini, yakni:

  1. Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Pendarahan yang terjadi saat menstruasi akan menyebabkan vitamin C dan juga zat besi berkurang atau hilang dari tubuh sehingga memicu terjadinya gangguan menstruasi. untuk mengatasi ini, perbanyak mengkonsumsi sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, pakchoy, sawi hijau dan beberapa jenis buah seperti lemon dan jeruk.

  1. Memperbanyak Asupan Air

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik juga penting untuk mengatasi gangguan haid pada wanita. Perbanyak minum air putih sesuai dengan kebutuhan supaya tubuh tidak kekurangan cairan alias dehidrasi selama masa menstruasi.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang akan membuat siklus menstruasi lebih teratur. Aliran menstruasi akan semakin lancar sekaligus mengurangi rasa sakit yang sering timbul pada saat masa haid. Anda bisa merebus 1/2 sendok teh jahe bubuk dengan 1 cangkir air selama 5 sampai 10 menit lalu saring dan minum sebanyak 3 kali sehari sesudah makan selama 1 bulan.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat yang akan mengurangi hormon tidak stabil sekaligus mengatur siklus menstruasi. Sifat anti inflamasi serta anti spasmodik yang ada dalam kunyit ini akan mengurangi kram pada bagian tubuh sekitar perut. Campurkan 1 gelas susu hangat dengan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan minum setiap hari sampai siklus menstruasi lancar.

  1. Biji Ketumbar

Mengobati menstruasi 2 kali sebulan juga bisa diatasi dengan merebus 2 gelas air bersama 1 sendok biji ketumbar sampai tersisa 1 gelas saja. Saring air rebusan tersebut dan minum sebanyak 3 kali sehari selama beberapa hari sebelum menstruasi datang dan jalankan cara ini sebanyak 1 sampai 2 bulan.

  1. Jus Wortel

Tidak hanya baik untuk mata, namun wortel juga mengandung zat besi tinggi yang akan mengembalikan fungsi hormon seperti sedia kala. Minum jus wortel murni secara rutin selama 3 bulan sehingga siklus menstruasi bisa kembali normal.

  1. Adas

Adas juga terbukti ampuh untuk mencegah menstruasi 2 kali sebulan. Dalam adas juga mempunyai sifat anti spasmodik untuk meredakan kram yang berhubungan dengan menstruasi. Rendam 2 sendok makan biji adas ke dalam 1 gelas air dan diamkan selama semalam. Esok paginya, minum air tersebut dan lakukan setiap hari selama sebulan.

Artikel terkait:

  1. Biji Wijen

Cara pengobatan selanjutnya adalah memakai biji wijen dan sudah terbukti ampuh dalam mengatasi menstruasi 2 kali dalam sebulan. Haluskan 1 genggam wijen panggang dan konsumsi bubuk ini 1 sendok teh setiap hari dalam keadaan perut yang kosong saat 2 minggu sebelum masa menstruasi anda dimulai.

  1. Kayu Manis

Kayu manis akan mengurangi rasa kram saat menstruasi, sementara kandungan hidroksicalet akan mengatur kadar insulin seperti mengatur siklus haid dengan lancar. Tambahkan 1 gelas susu dengan 1/2 sendok bubuk kayu manis dan minum setiap hari selama beberapa minggu.

  1. Pepaya Mentah

Pepaya mentah tidak hanya bisa digunakan sebagai masakan dan juga rujak buah, akan tetapi pepaya mentah juga akan menurunkan tingkat stress dan mengontrak serabut otot pada rahim kemudian akan menginduksi menstruasi. Konsumsi us pepaya mentah ini selama beberapa bulan.

  1. Peterseli

Salah satu jenis daun yang biasanya digunakan sebagai penyedap masakan ini ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi gangguan menstruasi seperti terjadinya menstruasi sebanyak dua kali dalam sebulan. Blender beberapa tangkai daun peterseli bersama air sampai teksturnya halus menyerupai jus lalu minum sampai habis.

  1. Cuka Apel

Cuka sari apel akan berfungsi untuk mengurangi kadar insulin dan juga gula darah sehingga siklus menstruasi bisa lebih teratur secara alami. Larutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka apel dalam segelas air lalu minum sampai habis sebelum makan sehingga menstruasi dua kali dalam sebulan bisa dihindari.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk masalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Campurkan gel atau lendir yang ada di dalam lidah buaya dengan satu sendok teh madu dan minum sebelum sarapan yang dilakukan selama 3 bulan.

Cara lainnya adalah dengan merebus 3 daging buah lidah buaya sampai gel berubah menjadi coklat. Sesudah dingin minum 1 sendok teh air rebusan tersebut bersama dengan satu gelas air saat pagi hari waktu perut masih kosong. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak mengkonsumsi lidah buaya ini saat menstruasi sedang datang.

  1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu atau bunga hibiscus juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah menstruasi tidak teratur ini. Hancurkan 5 kembang sepatu sampai menjadi pasta yang halus. Tambahkan dengan sedikit air dan minum pada pagi hari sebelum sarapan dan dilakukan 7 hari sebelum siklus menstruasi datang. Ramuan ini akan menyeimbangkan kadar estrogen serta progesteron di dalam tubuh sekaligus mengatur siklus bulanan anda.

  1. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga ringan secara teratur seperti senam, melakukan peregangan atau jalan kaki serta yoga bisa anda lakukan secara rutin untuk mengurangi sindrom pramenstruasi tidak teratur sekaligus meringankan kram otot. Namun hindari bahaya olahraga yang berlebihan.

Komplikasi Menstruasi 2 Kali Sebulan

Salah satu masalah kesehatan yang terjadi karena siklus menstruasi mengalami gangguan adalah anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi di dalam darah. Ada beberapa gejala yang ditimbulkan dari anemia yang tidak seharusnya disepelekan atau diabaikan, seperti:

  • Tubuh merasa lebih lemah dari biasanya
  • Tubuh menjadi lebih cepat lelah
  • Sering merasa pusing secara tiba-tiba
  • Sakit kepala sering kambuh
  • Sesak napas
  • Detak jantung tidak beraturan, kadang cepat dan berdebar tapi juga kadang bisa melambat.

Artikel terkait:

Meskipun haid 2 kali sebulan ini masih termasuk hal yang wajar, namun pemeriksaan area sekitar panggul secara teratur sangat penting untuk dilakukan, sehingga bisa memastikan diagnosis sedini mungkin apabila terjadi masalah lain pada organ reproduksi anda. Perbaiki juga pola makan anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan diimbangin juga dengan olahraga secara rutin.