Manfaat Madu Untuk Wanita Penderita PCOS

2922

Bagi semua wanita di dunia, hamil adalah salah satu impian paling besar yang mereka inginkan terutama ketika mereka sudah menikah. Memiliki buah hati adalah impian setiap pasangan suami istri yang normal. Maka ketika seseorang ingin hamil, banyak hal yang mereka lakukan, mulai dari meminum obat penyubur, konsultasi pada dokter, inseminasi, hingga bayi tabung. Akan tetapi, tetap saja ada beberapa wanita yang memiliki hambatan untuk hamil. Mereka mengidap beberapa penyakit yang mengganggu kestabilan organ reproduksi mereka. Salah satunya adalah PCOS. Apa itu PCOS? Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu PCOS ?

Mungkin sebagian dari para pembaca kebingungan ketika mendengar istilah PCOS ini. PCOS memang jarang ditemui bagi semua orang, akan tetapi, merupakan salah satu masalah serius bagi seorang perempuan yang ingin hamil. PCOS merupakan singkatan dari Poluystic Ovary Syndrom atau yang di dalam istilah bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan sindroma ovarium polistik. PCOS adalah sebuah kondisi dimana kesehatan dari perempuan yang kemudian mempengaruhi siklus menstruasi dan kesuburan kandungan secara umum. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa, PCOS adalah kondisi yang sering ditemui pada wanita. Bahkan beberapa survey membuktikan bahwa satu dari sepuluh atau dua puluh wanita dalam masa subur memiliki gangguan ini. (baca juga: kelainan kromosom)

Penyebab PCOS

Apakah yang menjadi penyebab penyakit ini? Berikut penjelasan singkatnya;

  • Penyakit ini belum ditemukan penyebabnya

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit PCOS ini belum ditemukan secara pasti apa yang membuat penyakit ini muncul. (baca juga: bahaya kopi bagi penderita kista)

  • Faktor Genetis

Salah satu yang menjadi dugaan munculnya penyakit ini adalah faktor genetika yang hadir di tubuh perempuan yang mengidap penyakit PCOS tersebut. tapi sejauh ini, hal tersebut masih menjadi dugaan. (baca juga: makanan penambah sperma)

Ciri PCOS

Penyakit ini tentu saja memiliki ciri yang bisa anda lihat agar kemudian anda bisa menanggulangi penyakit tersebut dengan cara yang tepat dan tidak sembarangan. Berikut adalah beberapa ciri dari penyakit PCOS tersebut;

  • Konsultasi dengan dokte

Salah satu cara paling baik adalah dengan konsultasi pada dokter. Karena gejala sindrom ini bervariasi. Masing-masing perempuan yang terkena penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda. (baca juga: bahaya endometris)

  • Menstruasi tidak teratur

Meskipun ciri dari penyakit ini pada masing-masing perempuan berbeda, akan tetapi, siklus mens yang tidak teratur menjadi salah satu tanda kemunculan dari penyakit ini. (baca juga: penyebab darah beku saat haid)

  • Peningkatan produksi hormon pria

Ciri ini ditandai dengan munculnya rambut di tempat-tempat yang tidak lazim seperti punggung, dada, jempol kaki, dan beberapa tempat lain. Selain itu kebotakan dan penipisan rambut kepala seperti yang dialami oleh pria adalah salah satu indikasi penyakit tersebut menyerang. (baca juga: cara meningkatkan kualitas sperma)

  • Kencing manis

Kencing manis juga menjadi salah satu ciri khas dari kemunculan penyakit PCOS ini. Maka ketika anda merasa bahwa anda terkena kencing manis, sebaiknya anda segera memeriksakannya. (baca juga: gejala kencing manis)

Salah satu ciri yang paling jelas adalah kemandulan karena ovarium terkena penyakit ini. Sehingga hal itu menggangu kesuburan dari organ reproduksi perempuan tersebut.

Pengobatan

Meskipun penyakit ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkannya. Akan tetapi penyakit ini tetap bisa disembuhkan dan dicegah kedatangannya. Berikut adalah beberapa perawatan terhadap penyakit PCOS ini.

  • Menurunkan Berat badan

Menurunkan berat badan dan melakukan gaya hidup yang sehat adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menghindarkan diri dari penyakit ini. Berat badan dan tinggi badan mestilah ideal agar tidak ada penyakit yang kemudian datang dan merugikan anda. Biasanya, orang yang sakit PCOS perlu menurunkan berat badannya sebanyak 5-10% dari berat sebelumnya untuk membuat tubuh menjadi lebih baik dan haid kembali teratur. (baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)

  • Meminum Pil Pelancar Haid

Pil pelancar haid bisa menjadi salah satu obat penolong untuk menghindari munculnya penyakit ini. Karena pil pelancar haid ini memiliki kandungan yang bisa membersihan ovarium dan memperlancar haid dan kemudian membuat haid anda kembali teratur. (baca juga: cara mengatasi nyeri haid)

  • Penggunaan Obat Kencing Manis

Menggunakan obat kencing manis menjadi salah satu cara yang tepat untuk membantu menghindarkan dari penyakit PCOS. Salah satunya adalah metformin yang bisa membantu untuk menghadapi kencing manis dan menghindarkan diri dari sakit PCOS. (baca juga: bahaya infeksi saluran kencing)

  • Menggunakan obat fertilitas

Untuk merangsang ovulasi di ovarium, anda bisa menggunakan obat fertilitas yang mampu menyuburkan kandungan. Akan tetapi, anda harus sangat berhati-hati dalam memilih obat penyubur kandungan. Alangkah baiknya, anda segera memeriksakan hal tersebut pada dokter.

  • Melakukan operasi

Operasi ini adalah cara selanjutnya untuk menyembuhkan penyakit PCOS tersebut. operasi yang disebut pembedahan ovarian-drilling ini bukanlah tahap pertama, akan tetapi merupakan tahap lanjutan dari proses penyembuhan PCOS.

Madu untuk Penderita PCOS

Sekarang banyak sekali tersebar obat-obatan alternatif yang menggunakan madu sebagai salah satu bahannya untuk menyembuhkan PCOS. Akan tetapi, apakah betul bahwa madu merupakan zat yang baik bagi tubuh? Utamanya untuk penyakit PCOS? (baca juga: madu untuk penderita kista)

Perlu anda ketahui bahwa madu yang beredar di pasaran, utamanya yang menjadi salah satu bahan dari obat alternatif tersebut bisa jadi bukan madu murni. Selain itu, di dalam obat itu pasti ada campuran lain yang bisa jadi tidak membuat penyakit anda menjadi lebih baik. Madu murni sudah jelas pasti berguna bagi tubuh dan kesehatan. Akan tetapi, madu penyubur seperti kebanyakan iklan yang terdapat di Internet, tidak memiliki bukti medis bahwa ia bisa menghindarkan diri dari penyakit PCOS. Maka dari itulah anda semua perlu berhati-hati.