Inilah 13 Gejala Penyakit Kelamin pada Wanita Paling Berbahaya

Seperti namanya, penyakit kelamin merupakan jenis penyakit yang menyerang organ reproduksi dan mengakibatkan timbulnya beberapa gangguan. Penyakit kelamin yang terjadi bisa disebabkan karena kegiatan atau perilaku seksual dan para perempuan sangat diharuskan untuk mengetahui gejala penyakit kelamin pada wanita ini agar secepat mungkin bisa ditangani.

Penyakit kelamin ini seringkali tidak bisa terdeteksi dengan mata telanjang sehingga sering terjadi tanpa disadari penderita. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah diri anda mengalami sakit kelamin, maka harus melakukan pemeriksaan laboratorium. Akan tetapi, ada beberapa gejala umum yang bisa dirasakan penderita dan bisa menjadi indikasi jika seseorang mengalami penyakit kelamin.

  1. Terjadi Perubahan Pada Warna Urin

Gejala awal yang bisa dilihat adalah terjadi sensasi panas seperti terbakar dan juga timbul rasa sakit saat sedang buang air kecil. Namun gejala ini juga bisa terjadi karena infeksi saluran kencing atau ISK dan juga batu ginjal. Sedangkan penyakit kelamin pada wanita yang umumnya akan menimbulkan gejala ini diantaranya adalah trikomoniasis, klamidia dan juga gonore. Perhatikan juga perubahan warna yang terjadi pada urin seperti adanya darah yang menjadi gejala dari penyakit kelamin wanita.

  1. Terasa Panas dan Gatal Pada Vagina

Gejala panas dan terasa gatal di area vagina memang tidak selalu diakibatkan karena penyakit kelamin. Vagina yang terasa panas seperti terbakar dan juga gatal bisa ditimbulkan juga karena iritasi dan infeksi ragi. Meskipun begitu, penderita juga perlu mendeteksi apabila sensasi yang terjadi tidak biasa di area vagina. Selain itu, bacterial vaginosis dan juga kutu pubis penyebab gatal di selangkangan juga bisa menjadi penyebab terjadinya rasa gatal di area vagina.

  1. Nyeri Saat Berhubungan Seks

Rasa nyeri saat melakukan hubungan seks biasanya dialami oleh wanita karena adanya penyakit kelamin yang tidak terlihat oleh mata. Rasa nyeri ini bisa timbul pertama kalinya, berubah dari segi intensitas, lokasi dan bentuk rasa nyeri dan terjadi rasa nyeri saat berganti pasangan seksual.

  1. Keputihan Abdnormal

Keputihan yang tidak biasa bisa disebabkan karena beberapa infeksi dan tidak seluruhnya merupakan gejala dari penyakit kelamin. Namun, infeksi yang berhubungan dengan ragi dan bacterial vaginosis yang menjadi penyebab keputihan merupakan indikasi penyakit kelamin pada wanita.

Keputihan memang sering dialami wanita khususnya selama menstruasi dan hal ini adalah normal namun tidak akan menimbulkan bau atau warna. Apabila keputihan yang terjadi tidak seperti biasa seperti keluar cairan berwarna hijau atau agak kekuningan dengan bau tidak sedap dari vagina maka ini menjadi salah satu gejala jika anda mengalami penyakit kelamin.

Keputihan yang terjadi karena trikomoniasis umumnya akan berwarna hijau, mengeluarkan busa dan juga berbau tidak sedap. Sementara keputihan yang terjadi karena penyakit kelamin gonore akan berwarna kekuningan dan muncul noda darah.

  1. Timbul Kutil atau Memar

Kutil atau memar yang terjadi bisa dijadikan bukti jika anda menderita penyakit kelamin seperti herpes, sipilis, HPV dan molloscum contagiosum. Apabila anda melihat benjolan tidak biasa atau memar di dekat mulut atau area genital, maka ini harus diwaspadai sebab berpotensi menyebarkan infeksi meski benjolan atau rasa sakit tersebut sudah menghilang namun virus masih tetap ada dalam darah.


  1. Rasa Sakit Pada Panggul dan Perut Bawah

Nyeri yang terjadi pada area panggul bisa disebabkan karena berbagai kondisi dan tidak selalu berhubungan dengan penyakit kelamin wanita. Radang panggul bisa terjadi karena penyakit kelamin yang tidak segera diobati dan akan menimbulkan rasa nyeri pada area tersebut.

Sedangkan bakteri akan berjalan naik ke area rahim serta perut sehingga terjadi radang dan juga luka jaringan parut. Sakit panggul ini akan menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan dan pada beberapa kasus bisa fatal akibatnya serta bisa menimbulkan penyakit yang menyerang tuba fallopi.

  1. Flu, Demam dan Nyeri Otot

Flu, demam, nyeri pada otot dan juga sendi serta rasa gatal pada permukaan kulit yang terinfeksi merupakan beberapa gejala yang ditimbulkan dari salah satu jenis penyakit kelamin yakni herpes. Pada wanita, penyakit herpes ini bisa menular dan masuk lewat mulut, labia, vagina dan juga bagian kulit yang terluka.

Penularan dari herpes ini terjadi saat kontak langsung antara kulit termasuk juga aktivitas seksual lewat vaginal, anal dan juga oral.

  1. Sakit Saat Menstruasi dan Masa Subur

Rasa sakit yang terjadi pada saat menstruasi, masa subur dan juga saat berhubungan seksual juga menjadi beberapa tanda jika seseorang terkena penyakit kelamin yakni salpingitis. Penyakit ini merupakan radang yang terjadi pada saluran tuba yang disebabkan infeksi bakteri seperti beberapa penyakit seksual lainnya yakni gonore dan juga klamidia. Saat peradangan terjadi maka akan mengakibatkan kerusakan permanen pada saluran tuba sehingga terjadi infertilitas untuk wanita.

  1. Luka Tidak Sakit Pada Kelamin

Gejala berikutnya dari penyakit kelamin pada wanita adalah timbul luka di area kelamin namun tidak menyebabkan rasa sakit dan ini menjadi gejala awal yang ditimbulkan salah satu penyakit kelamin yakni sipilis. Sipilis atau dikenal juga dengan raja singa ini merupakan penyakit seksual yang terjadi karena infeksi bakteri treponema pallidum dengan gejala awal seperti luka atau lesi pada alat kelamin atau area mulut yang tidak menimbulkan rasa sakit namun bisa menularkan infeksi.

  1. Terjadi Kencing Nanah

Kencing nanah merupakan tanda dari penyakit kelamin gonore yang terjadi karena bakteri neisseria gonorrhoeae. Sementara pada beberapa penderita lainnya tidak akan menyadari jika dirinya sudah terjangkit penyakit kelamin ini.

  1. Benjolan Pada Anus

Benjolan yang terdapat pada anus harus diwaspadai karena menjadi pertanda dari penyakit kelamin donovanosis atau sering disebut juga dengan granumola inguinale. Penyakit kelamin ini terjadi karena bakteri klebsiella granulomatis yang penyebarannya bisa terjadi lewat wagina atau anal seks namun sangat jarang ditularkan lewat oral seks. Penyakit ini akan menjangkiti alat kelamin dengan perlahan dan akhirnya akan semakin menyebar.

  1. Terjadi Bisul

Bisul juga menjadi tanda dari penyakit kelamin wanita yakni chancroid yang disebabkan karena bakteri haemophilus duccreyl dengan gejala munculnya bisul kecil pada alat kelamin dan terjadi sesudah 1 sampai 14 hari seseorang terinfeksi chancroid. Sesudah bisul ini terjadi, maka selanjutnya akan berubah menjadi luka.

  1. Pendarahan Abnormal

Pendarahan tidak normal menjadi tanda berikutnya dari penyakit kelamin wanita dan juga masalah pada reproduksi lainnya seperti PMS yang harus diwaspadai dan sesegera mungkin harus diperiksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan terbaik.

Apabila anda para wanita mengalami beberapa gejala penyakit kelamin pada wanita diatas, maka langkah yang paling tepat adalah segera periksa ke dokter atau berkonsultasi sehingga bisa segera ditangani sebelum penyakit tersebut berkembang semakin parah.

, , , ,