Wednesday, July 17, 2019
Home Kulit dan Kelamin Trikomoniasis

Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan sebuah penyakit kelamin dimana disebabkan oleh suatu parasit. Parasit itu bernama Tricomonas visanalis .  Parasit ini bisa menyebakan keadaan yang tidak nyaman bagi penderita karena penderita akan mengalami  gatal-gatal atau perih serta cairan yang tidak berbau sedap dibagian intim.  Trokomoniasis bisa menyerang siapa saja, artinya tidak hanya menyerang pada wanita atau laki-laki saja namun semua kalangan baik wanita dan laki-laki. Ada banyak memang jenis penyakit kelamin yang perlu diwaspadai, tidak terkecuali penyakit kutil kelamin dan penyakit psoriaris

Diagnosis Trikomoniasis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyaikt Trikomoniasis bisa dialami seseorang dengan mengetahui gejala-gelaja seprti yang ada diatas , seseorang yang sudah mengalami hal tersebut haruslah segera memeriksakan diri ke dokter, hal ini dikarenakan tidak semua orang yang terjangkit penyakit trikomoniasis selalu mengalami gejala-gejala tersebut adapula pengidap yang tidak mengalami gejala-gejala ini karena itu penderita harus segera memeriksakan ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Dokter akan mendiaknosa dengan melihat sampel dari cairan vagina pada wanita atau urine pada pria di laboratorium. Ada beberapa penyakit vagina yang juga perlu diwaspadai seperti penyebab keputihan, Keputihan normal vs tidak normal, dan servisitas  

Dalam pemeriksaan laboratorium dapat dilakukan dengan pengambilan specimen pada wanita berupa hapusan forniks posterior,pengambilan ini dilakukan dengan menggunakan lidi kapas atau bisa juga dengan menggunakan sengkelit steril. Pengambilan specimen ini tidak bisa dilakukan dengan sembarang waktu hal ini dimaksukan untuk memperoleh hasil yang maksimal sehingga waktu yang disarankan adalah sebelum kencing pertama. Pemeriksaan yang dilakukanoleh pria sendiri cenderung lebih sulit dibandingkan dengan pemeriksaan yang dilakukan pada wanita hal ini dikarenakan dalam diagnosis yang dilakukan pada pria lebih menitikberatkan pada jumlah kuman yang ada.

Selain beberapa jenis diagnosis diatas,adapula jenis diagnosis lain yaitu diagnosis banding. Jenis pemeriksaan ini terdapat beberapa hal yaitu kandidosis vulvovaginalis, vaginosis bakterialis, infeksi gonokokus, dan infeksi genital nonspesifik.

  1. Kandidosis Vulvovaginalis – Keadaan ini diakibatkan oleh Candida albicans dimana penderitanya akan mengalami keadaan gatal-gatal didaerah vulva, dan dapat pula menimbulkan rasa panas, nyeri sesudah miksi dan dispareunia. Ada tanda khas yang dapat dikenali secara jelas oleh sebagian besar orang ataupun penderita yakni adanya gumpalan-gumpalan sebagai kepala susu berwarna putih kekuning-kuningan.
  2. Vaginosis Bakterialis – Berbeda dengan Kandidosis Vulvovaginalis, Vaginosis Bakterialis ini disebabkan oleh Gardnerella vaginalis. Biasanya penderita yang mengalami ini akan merasakan hal-hal tidak nyaman apalagi jika pada wanita dikarenakan wanita akan mengeluarkan duh tubuh pada vagina yang tidak berbau sedap. Hal ini tentu akan menghilangkan kepercayaan diri pada wanita itu sendiri. Bau ini juga bisa membuat darah menstruasi menjadi berbau abnormal. Hal lain yang juga cukup mengganggu adalah adanya iritasi pada bagian vagina atau daerah sekitarnya. Keadaan ini juga akan bertambah parah jika diikuti dengan keadaan yang kemerahan pada bagian vagina dan rasa seperti kulit terbakar. Selain keadaan atau gangguan pada fisik luar juga bisa menimbulkan gangguan dalam yaitu penderita akanmengalami kesulitan pada saat kencing karena pada saat kecing penderita akan mengalami rasa nyeri.
  3. Infeksi Gonokokus – Keadaan ini akan terjadi setelah biasanya penderita sudah mengalami peradangan dan rasa nyeri pada waktu kencing yaitu pada waktu 3-5 hari. Setelah mengalami keadaan tersebut penderita akan mengeluarkan nanah yang berwarna putih susu sehingga mengakibatkan muara uretra membengkak, merah, dan ektropion.
  4. Infeksi Genital Nonspesifik – Infeksi ini disebabkan oleh Chlamydia trachomatis Ureaplasma urealtyticum dan Mycoplasma hominis. Gejala ini dialami oleh penderita trikomoniasis yang umumnya dialami oleh wanita dengan tidak menunjukkan suatu gejala. Sebagian kecil penderita hanya mengungkapkan keluhannya dengan beberapa hal saja seperti keluarnya duh tubuh pada wanita, nyeri didaerah pelvis dan dispareunia.

Metode diatas tersebut bukan merupakan media yang mahal namun melikiki kekurangan dalam pelaksanaannya yakni waktunya yang lama. Sehingga sampai saat ini ada juga dokter yang menggunakan cara lain karena cara ini dinilai kurang efisien waktu dikarenakan pemeriksaan ini sangat membutuhkan waktu yang lama sehingga banyak yang sudah beralih dengan metode baru yakni rapid antigen test dan nucleic acid amplification. Kekurangan dari metode ini sendiri adalah biayanya yang mahal tentu hal ini sangat berbanding lebih mahal dengan pemeriksaan dilaboratorium. Selain menggukan cara diatas dapat pula digunakan metode atau cara pemeriksaan mikroskopik sediaan basah, sediaan hapus, dan pembiakan. Untuk melihat pergerakan aktif parasit dapat menggunakan pencampuran sediaan basah dengan garam faal.

Penyakit ini bisa diderita oleh seseorang tidak hanya terjadi begitu saja melainkan terdapat suatu hal atau biasanya didorong  juga dengan pola hidup yang tidak sehat. Benar saja, bahwa penyakit trikomoniasis ialah penyakit yang disebabkan melalui penularan dalam hubungan intim. Ini artinya dalam melakukan hubungan intim terdapat individu yang sudah memiliki penyakit tersebut sehingga saat melakukan hungan intim penyakit ini menular kepada pasangannya.

Gejala Trikomoniasis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penyakit kelamin trikomoniasis ini bukan merupakan penyakit yang menjangkit satu kalangan namun merupakan penyakit yang menjakit seluruh kalangan baik laki-laki maupun perempuan. Untuk mengetahui bahwa penderita mengalami penyakit trikomoniasis ini penderita akan mengalami gejala-gejala atau tanda-tanda yang dialami baik secara fisik maupu nonfisik. Artinya ada gejala fisik dimana yang terlihat secara nyata pada tubuh dan ada pula gejala-gejala atau tanda-tanda yang hanya diketahui oleh sang penderita.

Gejala Pada Pria

  • Untuk mengetahui apakah seorang pria terjangkit penyakit trikomionisis ini bisa dilihat dengan melakukan pengamatan yang sederhana. Pengamatan ini dilakukan dengan melihat frekuensi buang air kecil pada pria tersebut. Jika seorang pria lebih sering melakukan buang air kecil disbanding dengan biasanya dan terdapat kejanggalan karena diikuti dengan rasa sakit maka pria tersebut haruslah mulai waspada.
  • Hal lain yang bisa menandakan atau bisa digunakan untuk mengetahui terjangkit trikomoniasis adalah dengan melihat adakah cairan putih yang muncul pada penis atau tidak. Jika ia maka sesoerang tersebut harus berkonsultasi dengan dokter.
  • Selain hal-hal diatas kita juga bisa mengetahuinya dengan melihat pada keadaan atau kondisi pada penderita saat melakukan buang air besar. Jika pada orang yang normal orang akan biasa saja atau tidak mempunyai rasa sakit apapun saat buang air besar namun hal ini lain dengan seseorang pria yang mengalami penyakit trikomioniasis karena pada keadaan tersebut, seorang pria akan merasakan rasa yang sakit saat melakukan buang air besar ataupun saat melakukan ejaulasi. Namun tidah hanya itu  bengkak dan kemerahan diarea ujung penis juga akan terjadi.

Gejala Pada Wanita

  • Gejala yang sangat mudah terjadi walaupun tidak bisa menandakan secara jelas bahwa seseorang tejangkit penyakit trikomionisis adalah rasa sakit pada perut bagian bawah. Hal dikarenakan tidak hanya trikomoniasis yang terdapat gejala sakit pada perut bagian bawah, banyak penyakit juga yang mengalami kesamaan gejala tersebut. Gejala ini juga tidak bisa dilihat secara langsung oleh orang lain karena hal ini hanyalah orang yang terjangkit trikomionisis saja yang mengetahui.
  • Sama dengan gejala yang ada atau dialami oleh seorang pria, pada wanita jjuga terdapat gejala dimana penderita akan mengalami rasa sakit pada saat melakukan buang air kecil. Selain rasa sakit pada saat melakukan buang air kecil, rasa sakit juga bisa dirasakan ketika wanita tersebut melakukan hubungan seksual.
  • Gejala yang sering menimbulkan keresahan pada wanita adalah saat seorang wanita mengalami keputihan dimana akan menimbulkan bau yang tidak sedap seperti berbau amis. Walaupun sebagian besar orang juga mengalami keputihan namun keputihan yang dialami oleh seorang wanita yang mengidap trikomoniasis berbeda dengan yang lain yakni encer, kental dan berbusa, selain itu juga berwarna kekuningan dan kehijauan. Tentu hal ini benar-benar akan menganggu bagi seorang wanita karena dianggap tidak nyaman.
  • Jika yang terjadi pada seorang pria adalah adanya rasa gatal dan kemerahan atau yang biasa disebut dengan iritasi terjadi pada bagian ujung penis hal ini lain dengan seorang wanita. Karena yang terjadi pada seorang wanita adalah adanya rasa nyeri, bengkak, dan gatal pada area kewanitaan . Selain adanya rasa gatal diarea kewanitaan, rasa gatal jjuga bisa terjadi pada bagian lain yakni pada bagian paha dalam.

Penyebab Trikomoniasis

Adanya penyakit Trikomoniasis ini terjadi karena suatu hal. Salah satunya ialah adanya parasit yang bernama Tricomonas Vaginalis. Parasit bisa menyebar bukan karena udara atau terbang melaui udara melainkan melaui penularan saat seseorang mealkukanhubungan seksual dengan seseorang yang sudah mengalami ataupun terjangkit penyakit trikomoniasis terlebih dahulu, sehingga saat sudah melaukan hubungan seksual orang tersebut juga akan ikut terkena penyakit trikomoniasis ini. Penularan pada hubungan seksual ini tidak terjadi pada setiap hubungan seksual namun hanya hhubungan seksual yang dilakukan secara bebas atau yang tidak mealkukan dengna pengaman atau yang biasa disebut dengan kondom. Selain terjadi pada hubungan seksual yang tidak menggunakan kondom juga bisa terjadi pada hubungan seksuaal yang menggunakan atau bergantian alat atau mainan seksual dengan pengguna lain. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tidak semua hubungan seks yang menularkan penyakit ini, hubungan seksual yang bisa menularkan ialah hubungan seksual yang dilakukan secara oral, seks anal, ciuman, berbagai alat mainan seks, dudukan toilet, dan handuk.

Resiko ini tentu sangat bisa mengalami peningkatan jika seseorang sering melakukan gonta-ganti pasangan saat melakukanhubungan seksual, melakukan hubungan seksual tanpa alat pengaman atau kondom, pernah mengalami penyakit trikomoniasis sebelumnya, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual, menggunakan obat injeksi, dan ibu hamil. (baca juga : bahaya coklat bagi kesehatan ibu hamil, bahaya kentang goreng bagi ibu hamil, bahaya emping mlinjo bagi ibu hamil)

Parasit yang mengakibatkan penyakit trikomoniasis ini akan mengalami suatu proses yang dinamakan dengan masa inkubasi, sayangnya masa inkubasi ini belum diketahuisecara jelas berapa waktu lama terjadinya , namun secara umum inkubasi pada parasit terjadi dalam ukuran waktu 5 sampai 28 hari.

Jika anda mengalami mengetaui bahwa anda mengalmai penyakit trikomoniasis anda seharusnya jangan berdiam diri, karena ternyata penyakit trikomoniasis ini juga bisa mengakibatkan komplikasi trikomoniasis sehingga akan tambah berbahaya bagi kesehatan anda. Seseorang yang sudah mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit ini harus melakukan pengobatan. Penularan penyakit trikomoniasis juga bisa terjadi pada ibu hamil sehingga janin yang dikandungnya kemungkinan besar juga akan mengalami penyakit ini. Resiko lain yang akan dialami oleh janin ttersebut juga akan mengalami kelahiran premature dan akian mengalami kekurangan dalam berat badan. Seorang wanita yang mengalami penyakit Trikomoniasis daya tubuhnya juga akan berkurang sehingga akan memberikan penyakit lainnya untuk masuk dalam tubuh. Salah satu penyakit yang paling fatal adalah adanya infeksi virus HIV sehingga akan mendorong lagi untuk mengalami AIDS.

Penanganan

Penanganan yang dapat dilakukan kepada seseorang yang mengalami penyakit trikomoniasis ini adalah dengan menggunakan pemberian obat antibiotic metronidazole. Jika sudah dialkukan pemberian obat ini namun yang terjadi adalah keadaan semakin memburuk hal yang harus dilakukan adalah penganan khusus, penanganan ini dilakukan untuk melihat gejala apa yang disebabkan.

Obat yang bisa dikonsumsi untuk melakukan penyembuhan salah satunya dapat menggunakan salah satu obat herbal seperti Qnc Jelly Gamat, diimana obat herbal tersebut memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dan yang paling terpenting adalah dapat membasmi bakteri  dan virus. Sebuah riset mengungkapkan bahwa obat ini memiliki kandungan gamapeptide yang sangat baik untuk kesehatan. Khasiat dari adanya kandungan tesebut adalah bisa mencegah inflamasi atau peradangan dalam tubuh seperti luka karena Trikomoniasis.

Dalam melakukan masa pengobatan pasien diminta untuk menghindari hubungan seksual sampai kondisi dari pasien tersebut benar-benar dinyatakan sembuh oleh dokter. Karena jika dalam melakukan masa pengobatan pada pasien namun pasien tetap melakukan hubungan seksual itu hanya membuang-buang waktu saja artinya tidak adakan ada kesembuhan pada pasien karena selain akan memperparah keadaan pasiien, pasien juga akan menularkan parasit kepada orang lain. Selain menghindari hubungan seksual hal yang harus dihindari adalah mengkonsumsi minuman beralkohol selama 24 jam setelah mengkonsumsi mertonidazole atau 72 jam setelah mengkonsumsi tinidazole karena alkohol bisa mengakibatkan mual ataupun muntah pada penderita.

Pencegahan

  • Setia pada pasangan.
  • Menggunakan kondom.
  • Memastikan alat kelamin yang bersih.
  • Jika merasa terinfeksi hendaknya melakukan pemeriksaan.

Sekian adalah penjelasan dari penyakit menular trikomoniasis. Semoga kita selalu memperhatikan hal-hal yang bisa mendorong adanya penyakit ini sehingga kita tidak akan terjangkit oleh penyakit ini. dengan memperhatikan hal-hal kecil tidak lah merugikan karena terkadang hal-hal kecil yang dianggap sepele malahan membuat seseorang mendapatkan penyakit yang tidak terduga, oleh karena itu perhatiakan lah hal apapun yang erjadi dilingkungan anda meskpun itu hanya hal kecil. karena hal yang kecilpun dapat membawa dampak yang besar.

No posts to display

Recommended