Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung 7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

by Nur Wachid, S.Pd

Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sering kita alami. Biasanya masyarakat kita menganggap sepele akan penyakit ini karena bisa sembuh dengan sendirinya. Penyebab asam lambung naik adalah  pola makan yang tidak teratur dan kurang memerhatikan secara lebih seksama. Bagi seseorang yang memiliki kesibukan yang super penyakit ini dianggap akrab. Karena memang pada saat tertentu lebih kurang memerhatikan pola makan.

Penting untuk diketahui penyakit asam lambung ini tergolong berbahaya. Ketika pola makan yang tidak teratur lambung yang befungsi untuk mencerna makanan justru memproduksi asam lambung yang tinggi. Sehingga, akan menyebabkan naiknya asam lambung. Tentu sangat berbahaya bagi penderita karena akan mengalami, perut kembung, perut terasa sakit dan panas, dada terasa sakit, sering buang angin, mulas, nafsu makan yang menurun. Lebih parah penyakit ini dapat naik ke kerongkongan. Jelas ketika sampai naik efek buruk akan mangancam kesehatan tubuh Anda. Untuk itulah penting memerhatikan ketika mengalami penyakit asam lambung ini.

Bagi penderit asam lambung penting untuk mengetahui cara untuk mengatasinya. Sehingga, penyakit yang berbahaya ini dapat teratasi secara lebih dini.  Adapun cara itu akan dibahas dalam artikel berikut. Untuk tahu lebih lanjut pahami dengan seksama dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mengkonsumsi Madu

Madu kita ketahui memiliki manfaat untuk tubuh. Manfaat ini sudah banyak diketahui sejak zaman dahulu. Salah satu dari sekian manfaat itu adalah untuk mencegah Asam Lambung naik ke kerongkongan. Dengan mengkonsumsi madu asam lambung akan mengalami penurunan intensitas secara berkala. Penurunan inilah yang semakin lama akan membuat asam lambung menurun. Penting untuk diperhatikan madu yang digunakan harus madu asli, bukan campuran dengan berbagai bahan lainnya. Sebab dengan keaslian inilah yang akan mempercepat penyembuhan.

  1. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit tidak saja sebagai bahan penyedap rasa. Lebih dari itu memiliki manfaat yang luas biasa untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan kunyit adalah asam lambung. Karena senyawa yang terdapat dalam kunyit inilah yang mampu menurunkan asam lambung secara alami. Cara untuk menggunakan cukup mudah, kunyit yang telah dipilih dijadikan serbuk. Serbuk ini dapat dibeli diapotek atau membuat sendiri. Serbuk dari kunyit ini diseduh dengan air hangat. lakukan rutin setiap hari. Dengan pemakaian rutin inilah yang akan cepat menurunkan asam lambung.

  1. Tidur Menyamping

Mendengar tidur menyamping dapat mengatasi asam lambung mungkin Anda akan bertanya-tanya dan sedikit tidak percaya. Namun, kenyataanya memang tidur menyamping dapat menyembuhkan asam lambung. Karena dengan tidur menyamping baik ke kanan atau kiri akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Berbeda dengan tidur tengkurap justru akan memperparah dan pantangan asam lambung.  Karena akan meningkatkan asam lambung itu sendiri.

  1. Makan dalam Porsi yang Kecil

Cara ini terbilang efektif untuk mengobati asam lambung yang naik. Ketika Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. lambung akan bekerja secara lebih keras. Ketika hal itu terjadi, lambung akan memproduksi asam yang berlebih pula untuk melarutkan makanan yang dicerna. Tentu ketika asam lambung tinggi akan memberikan dampak yang buruk untuk tubuh. Untuk itulah, bagi Anda yang menderita asam lambung. Penting memerhatikan pola makan, tidak makan gorengan secara berlebih, dan memerhatikan asupan vitamin.

  1. Memperbaiki Pola Makan

Salah satu yang perlu diperhatian bagi penderita asam lambung adalah pola makan. Pola makan inilah yang memang menjadi salah satu indikator terbentuknya penyakit ini. Penting untuk memperhatikan masakan yang dapat memicu naiknya asam lambung, misalnya lemak. Harus menghindari makanan yang mengandung lemak. Karena makanan yang mengandung lemak inilah yang akan sulit untuk dicerna dan meningkatkan asam lambung. Selain itu, juga penting untuk menjaga istirahat yang cukup. Sebab istirahat yang kurang akan meningkatkan repluks asam lambung. Tentu akan sangat membayakan tubuh Anda.

  1. Mengkonsumsi Jahe

Jahe memang banyak manfaat untuk tubuh. Tidak saja untuk menghangatkan, obat masuk angin, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi jahe memiliki manfaat untuk mengatasi asam lambung. Hal ini telah dibuktikan oleh nenek moyang terdahulu yang sering dijadikan obat herbal asam lambung. Penting untuk diperhatikan takaran tidak lebih dari 4 g per-hati, karena jika lebih membahayakan lambung.

  1. Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah Pisang, tidak manis dan enak. Di dalamnya mengandung manfaat yang luas biasa, yaitu untuk menyembuhkan asam lambung. Memang pisang ini memiliki gizi yang tinggi dan obat penawar asam lambung. Buah ini memiliki senyawa antisida yang dapat menurunkan asam lambung. Tidak saja itu, kandungan vitamin juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga, tubuh tetap terjaga kesehatannya.

You may also like