Waspadai 20 Makanan Penyebab Keputihan Wanita Berlebihan Ini

1954

Keputihan memang hal yang tergolong normal terjadi pada kesehatan wanita, kecuali jika cairan yang keluar dari vagina sangat berbau tak menyenangkan dan juga mengalami perubahan warna ditambah keluhan gatal pada organ intim. Sebagai wanita, Anda perlu tahu bahwa ada sejumlah makanan penyebab keputihan yang perlu Anda batasi atau bahkan hindari.

  1. Nanas

Buah satu ini walau segar rupanya kurang baik untuk kesehatan wanita, sebab selain memicu keguguran pada wanita yang sedang hamil muda, rupanya keputihan bisa menjadi berlebihan karena konsumsi buah ini. Ada peningkatan jumlah lendir yang keluar dari vagina ketika Anda mengonsumsi nanas dalam porsi banyak.

  1. Bengkoang

Satu lagi buah segar berwarna putih yang bisa dinikmati sebagai rujak dan baik untuk kesehatan kulit, namun rupanya mampu memicu keputihan berlebih pada wanita. Berkandungan air banyak, bengkoang juga merupakan jenis buah yang bergula tinggi sehingga produksi lendir yang dikeluarkan dari dalam vagina pun berisiko mengalami peningkatan menjadi lebih banyak.

  1. Telur

Selain menjadi sumber protein, telur juga mengandung tinggi lemak yang memang sebenarnya kedua nutrisi sangat baik bagi tubuh. Hanya saja, konsumsi berlebihan ternyata malah mampu meningkatkan produksi lendir keputihan. Oleh karena itu, mengonsumsi telur pastikan 1-2 butir per hari supaya keputihan abnormal tak terjadi pada Anda.

  1. Udang

Jenis makanan laut satu ini ternyata masuk di dalam daftar makanan yang bisa menyebabkan keputihan berlebih. Jika Anda ingin organ kewanitaan Anda selalu sehat, maka sebaiknya Anda mencoba membatasi konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi ini sehingga keputihan abnormal dapat Anda hindari dengan baik.

  1. Makanan Pedas

Jika Anda adalah seorang wanita penggemar pedas, Anda perlu tahu bahwa makanan dengan bumbu atau rasa pedas berpotensi besar dalam menyebabkan keputihan. Jika ingin mengurangi risiko keputihan berlebih akibat makan makanan pedas, setelah mengonsumsinya Anda perlu mencari penetralisirnya. Dan yang dimaksud sebagai penetralisir di sini adalah dengan minum banyak air putih.

  1. Makanan Kalengan

Makanan kalengan pada dasarnya adalah makanan berpengawet tinggi yang tentunya bisa tahan lama meski disimpan sampai berbulan-bulan. Namun selain makanan kalengan bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kolesterol tinggi, mengonsumsinya terlalu sering dan banyak bisa memicu produksi lendir keputihan makin banyak; ini karena makanan kalengan juga bergula tinggi.

  1. Keju

Anda gemar mengonsumsi produk olahan susu seperti keju? Sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi ini memang dianggap sebagai makanan penguat tulang yang baik, hanya saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan wanita. Mengonsumsi berlebihan akan keju ternyata bisa menjadi penyebab dari keputihan yang berlebih.

  1. Mentimun

Makanan kaya akan kandungan air satu ini dapat memengaruhi kesehatan wanita hamil. Wanita yang sedang hamil dan mengonsumsi timun berlebih ternyata bisa menyebabkan keputihan abnormal. Produksi hormon estrogen bisa meningkat karena konsumsi mentimun yang berdampak pula pada peningkatan produksi lendir.

  1. Jamur

Konsumsi jamur berlebih rupanya juga mampu menjadi suatu pemicu dari produksi cairan yang meningkat dari kelenjar di area organ intim. Jika Anda setelah makan jamur kemudian mengalami area vagina yang lengket, maka itu tandanya lendir yang keluar sangat banyak sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas.

  1. Buah Kering

Anda pecinta buah kering? Hati-hati ketika mengonsumsi buah kering secara berlebihan ini karena buah kering sudah diolah dengan banyak tambahan gula pada proses pengeringannya. Itulah kenapa saat dikonsumsi terlalu banyak justru malah memicu kemunculan jamur dan ragi di area vagina. Karena timbul bakteri terlalu banyak, keputihan pun terjadi berlebih.

  1. Gorengan

Gorengan sepertinya merupakan makanan favorit sejuta umat di Indonesia, tapi bagi wanita yang mengonsumsi gorengan secara berlebihan, bukan hanya tekanan darah saja yang bisa naik. Gorengan juga ternyata mampu memicu keputihan yang abnormal sehingga Anda sebaiknya mulai membatasi konsumsinya.

  1. Pisang

Pisang kita tahu sebagai makanan kaya akan kalium yang mampu menjaga kesehatan saraf dan otot, tapi tak dipungkiri bahwa pisang adalah sumber makanan berglikemik tinggi yang kalau dikonsumsi berlebihan oleh wanita justru memicu keputihan abnormal. Konsumsilah pisang sewajarnya dan tanpa berlebihan.

  1. Jagung

Sama halnya dengan pisang, jagung adalah makanan berglikemik tinggi sehingga otomatis mengonsumsi jagung terlalu banyak juga bakal menyebabkan keputihan yang tidak seperti biasanya. Ketahui asupan jagung yang tepat supaya tubuh tidak menerimanya berlebihan dan membuat produksi lendir lebih banyak.

  1. Kentang

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini memang dapat dijadikan pengganti nasi yang baik sebab berglikemik tinggi dan menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama. Hanya saja, mengonsumsi kentang yang berlebihan bisa-bisa malah membuat tubuh kelebihan karbohidrat atau memicu keputihan yang abnormal.

  1. Manisan

Bahaya makanan manis bukan hanya memicu diabetes tipe 2, kesehatan wanita pun dapat terganggu dengan timbulnya keputihan secara berlebih. Manisan sendiri adalah jenis makanan yang termasuk berpengawet sehingga keputihan pun dapat terjadi apabila Anda mengonsumsi terlalu banyak.

  1. Tape Singkong

Makanan berfermentasi seperti tape singkong yang banyak dijumpai di tengah-tengah kita ini ternyata bisa memicu keputihan wanita menjadi lebih serius. Boleh saja mengonsumsi tape ketika Anda menginginkannya, namun pastikan untuk tidak mengasup secara berlebihan supaya keputihan tetap normal.

  1. Gula

Baik itu makanan ataupun minuman bergula tinggi, sebaiknya Anda hindari konsumsi yang terlalu banyak. Minimalkanlah masuknya asupan gula ke dalam tubuh demi mencegah keputihan yang tak normal. Bahkan dengan membatasi asupan gula, ini tandanya Anda sedang menurunkan risiko penyakit diabetes.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol bukan hanya pemicu gangguan kesehatan sistem saraf otak, melainkan juga menjadi minuman yang merangsang pertumbuhan bakteri, jamur dan ragi khususnya pada organ intim wanita. Kadar gulanya yang juga tinggi itulah yang patut Anda waspadai mampu memicu produksi berlebih dari lendir keputihan.

  1. Minuman Soda

Gula dan pewarna buatan pada minuman soda tergolong sangat tinggi dan hal ini mampu menyebabkan peningkatan produksi urea yang juga menjadi pemicu berkembangnya bakteri di organ intim. Inilah yang kemudian memicu keputihan abnormal di mana baunya menyengat, tekstur lendir lebih kental dan bahkan berwarna kekuningan.

  1. Minuman Ringan

Soft drink atau minuman ringan adalah jenis minuman yang memang digemari banyak orang karena kesegaran sekaligus rasa manisnya. Bakteri akan lebih mudah berkembang biak pada organ kewanitaan dan memicu keputihan berlebih saat Anda mengasup minuman ringan banyak-banyak.

Apabila dengan membatasi atau menghindari makanan penyebab keputihan lendir masih tetap abnormal dan gejalanya justru makin tidak biasa, Anda perlu segera ke dokter.