12 Bahaya Akibat Gula Darah Rendah dalam Tubuh

15589

Gula darah merupakan salah satu faktor yang paling penting harus kita penuhi dan juga kita cukupi asupannya, agar dapat diolah menjadi energi yang penting bagi kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk memperoleh asupan gula darah yang cukup, maka hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung glukosa, seperti gula, dan juga karbohidrat. Dengan mengkonsumsi berbagai macam bahan makanan tersebut, maka kebutuhan gula darah anda dalam sehari akan terpenuhi dengan baik.

Gula darah rendah sendiri dapat terjadi ketika setelah diperiksa kadar gula darah anda berada pada level dibawah 200 atau 100 mg/dl. Ini sudah merupakan indikasi bahwa anda mengalami kekurangan gula darah. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari munculnya gula darah rendah :

Itu adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh anda. Apabila gula darah saya rendah, itu berarti saya tidak mengalami diabetes? Ya, itu merupakan hal yang benar. Namun demikian, gula darah yang rendah juga ternyata memiliki dampak dan juga efek yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, bukan berarti kadar gula darah yang rendah, anda akan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek buruknya :

1. Kelaparan

Bahaya pertama dari rendahnya gula darah adalah dapat menyebabkan kelaparan. Kelaparan ini selain dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi dan tenaga, juga dapat menyebabkan gangguan pada bagian lambung, seperti maag dan juga rasa perih di bagian lambung.

Kondisi kelaparan ini juga banyak terjadi karena :

2. Tubuh menjadi tidak bertenaga dan lemas

Gula darah merupakan bahan bakar kita. Bisa dibayangkan apabila kadar bahan bakar di dalam tubuh sangat rendah? Ya, bahaya akibat gula darah selanjutnya adalah dapat membuat tubuh menjadi tidak bertenaga dan juga lemas. Kekurangan kadar gula darah membuat kita tidak memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas, dan merasa sangat lemas sekali.

Kondisi lemas dan terasa tidak bertenaga juga dialami karena :

3. Mudah merasa lelah

Bahaya akibat gula darah rendah lainnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah merasa lelah. Hal ini memang murni disebabkan karena bahan bakar kita menjadi berkurang, sehingga menyebabkan tubuh kita berada pada mode “lowbatt” yang menyebabkan kita mudah merasa lelah.

Kondisi mudah lelah ini juga bisa diakibatkan oleh :

4. Sulit berkonsentrasi dan fokus

Bahaya berikutnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi kehilangan konsentrasi dan juga fokus. Hal ini disebabkan karena kekurangan gula darah juga dapat menyebabkan peredaran daarah menjadi tidak lancar, yang menyebabkan asupan darah dan juga oksigen ke otak menjadi berkurang. Hal ini akan berakibat pada berkurangnya konsentrasi dan fokus.

Kondisi sulit dalam berkonsentrasi ini, juga diakibatkan oleh :

5. Sulit melakukan tugas 

Bahaya lainnya dari gula darah rendah adalah dapat menyebabkan kesulitan dalam mengerjakan berbagai macam tugas dan juga aktivitas. Hal ini terjadi karena kita merasa tidak memiliki tenaga dan juga konsentrasi serta fokus yang sudah menurun sehingga sulit untuk melakukan tugas dan juga aktivitas.

6. Pingsan dan tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama

Dampak berikutnya dari gula darah rendah adalah dapat menyebabkan kita mengalami pingsan dan tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama. Hal ini dapat diperparah dengan kondisi teriknya matahari dan juga aktivitas berat yang kita lakukan sehari-hari.

Jika anda sering mengalami pingsan, berhati-hatilah dengan kondisi berikut :

7. Tubuh terasa gemeteran

Tubuh kita juga akan terasa gemetaran dan juga menggigil ketika kita kekurangan gula darah. Ini merupakan bahaya akibat gula darah rendah yang mungkin sering terjadi pada siapapun.

8. Menyebabkan kebingungan

Bahaya akibat kekurangan gula darah lainnya yang dapat muncul adalah dapat menyebabkan seseorang mengalAmi kebingungan. Daya konsentrasi dan fokus yang menurun akan sangat potensial dalam menyebabkan kebingungan pada mereka yang memiliki gula darah yang rendah.

Kondisi kebingungan ini juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

9. Munculnya perubahan perilaku

Gejala kekurangan gula darah ini juga seringkali diikuti oleh perubahan perilaku dan perubahan emosi. Hal ini dapat terjadi apabila kadar gula darah sudah semakin rendah dan juga semakin parah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang mendadak mengalami perubahan emosi dan perilaku, seperti mendadak menjadi orang yang sangat pemarah dan juga galak.

Perubahan perilaku bisa menjadi dampak jangka panjang dari :

10. Kejang-kejang

Bahaya gula darah rendah lainnya yang dapat muncul adalah kejang-kejang. Kejang dapat muncul apabila seseorang sudah mengalami kondisi yang sangat parah dari kekurangan gula darah, sehingga dapat menyebabkan kejang-kejang pada dirinya.

Kondisi kejang ini juga bisa diakibatkan oleh :

11. Gugup

Bahaya akibat gula darah rendah lainnya yang dapat muncul dari diri seseorang adalah dapat menyebabkan munculnya rasa gugup yang berlebihan, sehingga menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan baik dan juga benar

12. Keringat dingin

Gula darah yang rendah juga memilki bahaya lainnya yaitu munculnya keringat dingin. Dan juga dapat memicu penyebab jantung berdebar-debar kencang.

Tes kadar Gula Darah dalam Tubuh

Untuk melihat apakah kadar gula darah di dalam tubuh anda sudah normal, maka ada baiknya anda melakukan cek ]gula darah secara medis. Untuk melakukan pemeriksaan ini anda dapat mendatangi dokter kepercayaan anda atau dapat mendatangi stand-stand medical check up yang sudah banyak tersedia di pusat kesehatan. Biasanya akan dilakukan uji lab dan tes darah, untuk melihat kandungan gula darah di dalam tubuh anda.

berikut ini batasan-batasan kandungan gula darah di dalam tubuh :

  • Kandungan gula darah pada kondisi normal dan tidak berpuasa tidak lebih dari 200 mg/dl
  • Ketika sedang pada kondisi berpuasa, kandungan gula darah tidak lebih dari 126 mg/dl

Nah sudah tahu kan, bagaimana kadar gula darah yang normal yang harus anda miliki setiap harinya. Ketika gula darah anda lebih tinggi dari 200 mg/dl bahkan mencapai 500 mg/dl lebih, itu artinya anda mengalami kelebihan gula darah, yang sering kita kenal dengan istilah diabetes. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa anda memiliki kadar gula darah di bawah normal, yang dikenal dengan istilah gula darah rendah.

Itulah beberapa informasi tentang bahaya akibat gula darah rendah yang harus anda ketahui. Semoga artikel mengenai bahaya akibat gula darah rendah ini bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua.