Home Featured 5 Tanda Kulit Wajah Menipis yang Perlu Segera Diatasi

5 Tanda Kulit Wajah Menipis yang Perlu Segera Diatasi

by Erlita

Ada banyak kondisi yang dapat terjadi pada kulit kita, termasuk kulit wajah. Ketika tak dirawat dengan tepat, maka terkadang bukan hanya iritasi yang jadi masalah atau bahkan jerawat. Masalah kulit yang juga cukup sering dialami para wanita adalah kulit yang menipis dan membuat cukup khawatir. Ini lho tanda kulit wajah menipis yang perlu segera diatasi.

  1. Tampak Kering dan Bersisik

Umumnya pemilik kulit yang semakin tipis juga akan mengalami yang namanya kekeringan pada kulit wajah disertai dengan timbulnya sisik. Biasanya, pada siang hari tipisnya kulit wajah akan sangat terlihat sehingga bila hal ini terus-menerus terjadi, segera cari cara mengatasinya ya.

  1. Kulit Mengelupas

Selain kulit nampak kering dan timbul sisik, otomatis biasanya hal ini serangkai dengan mengelupasnya kulit. Sebelum kulit teramat menipis, pengelupasan kulit akan terjadi lebih dulu sehingga ada pengurangan lapisan kulit wajah kita.

  1. Kemerahan pada Wajah

Kulit makin tipis dapat pula ditandai dengan warna kulit wajah yang berubah dan bahkan seringkali cenderung mengalami kemerahan. Jadi, kemerahan pada kulit ini lebih gampang terjadi ketika misalnya kulit wajah terkena gesekan atau suhu yang panas.

  1. Terlihat Pembuluh Darahnya

Semakin tipis kulit akan ada kemungkinan bahwa pembuluh darah yang seharusnya tak nampak jadi lebih kelihatan. Hal ini sebenarnya juga dapat dikaitkan dengan teleangiektasis atau pembuluh darah yang melebar efek dari lemahnya serat elastis dinding pembuluh darah. Jika benar ini karena kondisi teleangiektasis, segera atasi dengan laser, operasi atau skleroterapi.

  1. Rentan Masalah

Kulit yang menipis juga kerap ditandai dengan berbagai masalah kulit yang timbul, semacam kekeringan atau malah jerawat. Ketika kulit sudah nampak tipis ditambah dengan rentannya terkena berbagai gangguan kulit, segera atasi entah dengan langsung pergi ke dokter spesialis kulit atau merawat kulit wajah dengan bahan alami yang tepat.

Tips Mengatasi Kulit Wajah Tipis

Pada beberapa kasus di mana kulit wajah menipis, tentu saja pemilik kulit wajah pun akan khawatir. Sebagai cara mengatasi dan mengembalikan kulit wajah seperti normalnya lagi, semoga beberapa tips ini bisa membantu ya.

  • Menghindari paparan sinar matahari langsung sehingga bahaya sinar matahari di siang hari tidak memperburuk kondisi kulit.
  • Menghindari produk kosmetik atau skincare yang mengandung merkuri, paraben atau bahan kimia lain yang tak seharusnya untuk kulit.
  • Menghindari kebiasaan menggosok-gosok kulit wajah secara langsung meski tidak nyaman karena kulit bersisik dan mengelupas.
  • Mencuci wajah menggunakan sabun wajah hypoallergenic sehari 2 kali.
  • Mennggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah dan harus terkena paparan matahari. Bahkan lebih dianjurkan untuk menggunakannya 2-4 jam sekali agar kulit benar-benar terlindung.
  • Minum banyak air putih agar kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi dan kulit pun jauh dari kekeringan karena terhidrasi dengan baik.
  • Menghindari penggunaan riasan wajah yang tebal.
  • Menggunakan masker yang terbuat dari timun, lidah buaya atau kentang.
  • Mengompres wajah yang kemerahan menggunakan air mentimun atau air mawar
  • Menggunakan pelembab sehari 2 kali dan pastikan kandungan pelembab tersebut ringan dan sesuai dengan jenis kulit.
  • Mengonsultasikan kondisi kulit dengan dokter agar dapat mengetahui secara pasti apa yang terjadi dan jika perlu, penanganan medis dapat diberikan.

Apabila mengalami tanda-tanda kulit wajah menipis dan merasa takut untuk mencoba mengatasinya sendiri, segera periksakan ke dokter ahli kulit. Hindari menyepelekan apalagi mengabaikan kondisi kulit sehingga adanya kemungkinan gangguan kesehatan kulit serius bisa dicegah.

You may also like