5 Bahaya Hidrogen Peroksida pada Tubuh

9035

Hidrogen peroksida adalah sebuah senyawa kuat yang sering digunakan sebagai agen oksidasi yang bisa larut dalam air. Beberapa produk yang menggunakan bahan hidrogen peroksida adalah seperti pemutih, cairan anti infeksi dan bahan lain. Ini juga bahan yang paling sering kita temukan dalam pasta gigi. Hidrogen peroksida paling sering kita temukan sebagai bahan pasta gigi. Namun ternyata hidrogen peroksida juga digunakan untuk keperluan lain seperti pada salep obat jerawat dan luka. Peroksida merupakan bahan yang terdiri dari komponen utama oksigen dan hidrogen. Bahan ini bisa membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Penggunaan Umum Hidrogen Peroksida

  • Hidrogen peroksida sering digunakan untuk membersihkan noda dari permukaan besi atau keramik seperti pada wastafel dan berbagai jenis perlengkapan dapur lain. Campurkan satu sendok hidrogen peroksida dan campurkan dengan air lalu gunakan untuk menyikat atau menggosok sesuai keinginan Anda.
  • Hidrogen peroksida bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian seperti noda warna yang memang sangat sulit untuk dihapus. Anda bisa membersihkan cat dari pakaian jeans dengan mudah.
  • Hidrogen peroksida bisa digunakan untuk menghapus semua jamur yang muncul pada permukaan keramik seperti bak mandi, hiasan atau benda lain.
  • Hidrogen peroksida juga sering digunakan untuk membersihkan noda darah lama pada pakaian. Anda bisa langsung menuangkan hidrogen peroksida pada pakaian kemudian bilas dengan air.
  • Hidrogen peroksida juga bisa membantu menghilangkan kutu, bakteri atau jamur yang tertinggal di tempat tidur.

Penggunaan hidrogen peroksida memang sangat luas. Karena ini adalah bahan kimia yang bisa menyebabkan potensi bahaya maka penggunaan harus mendapatkan pengawasan. Berikut ini bahaya yang harus diketahui :

1. Luka Bakar

Ketika hidrogen peroksida terkena luka atau bagian kulit yang luas maka juga bisa menyebabkan luka bakar yang serius. Pada awalnya memang hanya terasa perih dan kurang nyaman. Namun bahan kimia ini bisa membuat jaringan kulit menjadi lebih lemah. Setelah itu, kulit akan menjadi kemerahan dan terkelupas. Karena itu penggunaan hydrogen peroksida untuk luka atau kulit harus dilakukan secara hati-hati. (baca juga : langkah penanganan luka bakar)

2. Muntah

Hidrogen peroksida yang tertelan juga bisa menyebabkan muntah dan nyeri perut yang sangat kuat. Hal ini terjadi ketika bahan peroksida bisa menyebabkan terbentuknya gelembung yang berada di dalam perut. Hasilnya makan orang yang menelan bahan ini akan muntah. Bahkan juga bisa menyebabkan rasa panas dan nyeri di bagian mulut akibat dilewati oleh bahan ini ketika muntah. Berikan air minum yang banyak untuk menguras bahan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. (baca juga : keracunan makanan)

3. Luka Lambung

Ketika hidrogen peroksida tertelan maka juga bisa menyebabkan nyeri dan luka lambung. Luka lambung terjadi sebab ada bagian selaput tipis pada lambung yang tidak tahan terhadap luka bakar dari hidrogen peroksida. Hal ini sama seperti ketika hidrogen peroksida terkena kulit maka akan menyebabkan kemerahan. Jadi lambung juga bisa mengalami tekakan yang kuat. Bantuan dokter diperlukan untuk mengatasi luka lambung dan mencegah pendarahan yang buruk.

4. Kerusakan Lensa Mata

Jika hidrogen peroksida terkena mata maka bisa menyebabkan kerusakan lensa mata hingga menimbulkan penyakit mata. Biasanya hal ini terjadi secara tidak sengaja. Untuk mengurangi efek kerusakan yang berlebihan maka bilas mata di air yang mengalir sehingga, semua bagian zat kimia akan hilang. Jangan mengusap mata berlebihan karena bisa menyebabkan bahan kimia akan semakin masuk ke lapisan lensa mata.

5. Kerusakan Gigi

Hidrogen peroksida memang banyak digunakan untuk bahan pasta gigi. Bahan ini dianggap bisa memutihkan gigi secara alami. Namun penggunaan yang terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan lapisan gigi. Hal ini terjadi ketika ada bagian lapisan enamel dan dentin gigi yang dekat dengan syaraf gigi juga terkena bahan kimia. Kerusakan pada tahap awal sering menyebabkan gigi menjadi sangat sensitif.

Tips Aman Menghindari Bahaya Hidrogen Peroksida

  1. Gunakan semua produk yang mengandung bahan hidrogen peroksida sesuai dengan petunjuk dalam kemasan. Jika digunakan untuk obat maka gunakan sesuai dengan aturan dosis yang tertera. Kelebihan dosis bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik.
  2. Jangan menggunakan hidrogen peroksida untuk luka, kulit atau mata. Jika mendapatkan produk obat atau salep maka tanyakan kepada dokter mengenai cara paling aman untuk menghindari resiko.
  3. Jika akan digunakan untuk kulit maka bersihkan semua bagian luka atau kulit hingga bersih sebelum mengoleskan bahan hidrogen peroksida. Gunakan sesuai dengan aturan sehingga tidak menyebabkan efek samping.
  4. Jika akan digunakan sebagai obat kumur untuk mulur maka campur dengan air kemudian bilas mulut hingga bersih. Hindari bahan kimia ini agar tidak sampai tertelan.
  5. Hindari produk agar jangan sampai terkena bagian mata.
  6. Letakkan atau simpan produk yang mengandung hidrogen peroksida dari jangkauan anak-anak sehingga tidak disalahgunakan.

Penggunaan hidrogen peroksida memang sangat luas. Namun mengingat ada bahaya yang terjadi jika bahan ini secara tidak sengaja tertelan, terkena mata atau luka maka harus dilakukan dengan hati-hati.