6 Fungsi Asam Absisat dalam Kehidupan Sehari Hari

784

Asam abisat adalah hormon pada tumbuhan yang berwujud molekul dengan kandungan 15 atom karbon. Biasanya secara alami tumbuhan akan menghasilakan asam absisat. Selain itu, asam absisat juga dihasilkan oleh alga hijau dan cendawan. Pada awalnya, hormon ini sendiri ditemukan oleh seorang peneliti bernama Frederick Addicot pada tahun 1963. Selain pada tanaman biasa, biasanya hormon asam absisat juga dapat ditemukan di jamur dan hewan. Asam absisat yang biasanya juga disebut dengan ABA itu pada hewan dapat ditemukan di metazoans dari sponges mamalia termasuk salah satunya adalah manusia. ABA sendiri mulai diketahui mampu menghasilkan anti radang dan juga anti diaebetes atas hasil penelitian yang menggunakan objek tikus. Anda disarankan untuk mengetahui gejala sakit lambung.

Artikel berikut akan membahas 6 fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui. Dengan demikian anda dapat menggunkan fungsi asam absisat ini untuk tumbuh kembang dari berbagai tumbuhan yang sedang anda kembangkan. Selain itu, dimungkinkan juga bahwa asam absisat ini akan membantu dalam menyuburkan tanah di sekitar tanaman yang sedang anda kembangkan. Anda disarankan mengetahui tentang gejala diare. Berikut adalah fungsi asam absisat yang dapat anda ketahui.

  1. Berperan dalam Pemulaian Dormansi Biji

Fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui pertama adalah berperan dalam pemulaian dormansi biji. Perlu anda ketahui bahwa dormansi biji adalah keadaan dimana tanaman sedang istirahat. Proses ini sendiri sangat penting untuk biji agar tidak berkecambah dan cepat tumbuh sebelum waktunya. Dormansi biji cukup penting agar tumbuhan cepat berkembang karena memang biji tanaman yang membutuhkan cadangan makanan pada musim dingin. selain itu, biji juga akan membutuhkan cadangan makanan pada musim panas. Tumbuhan sendiri akan menghasilkan hormon untuk menjaga biji. Tujuannya adalah agar tumbuhan itu dapat berkecambah pada musim yang diinginkan. Anda disarankan mengetahui perihal detak jantung cepat.

  1. Berperan Menghadapi Kondisi Lingkungan yang Kekeringan

Fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui selanjutnya adalah untuk berperan menghadapi kondisi lingkungan yang kekeringan. Kondisi lingkungan tidak dapat ditebak dan itu akan berefek pada tumbuh kembang tanaman yang sedang anda kembangkan. Kondisi lingkungan kering jelas akan menghambat pertumbuhan dari tanaman itu sendiri. bahkan tidak sedikit yang harus mati karena kondisinya terlalu kering. Asam absisat inilah yang akan bekerja untuk merangsang stomata tertutup di epidermis daun. Hal ini akan mencegah tanaman kehilangan cairan karena memang transpirasi melalui stomata dengan membentuk lapisan lilin. Selain itu, ternyata asam absisat sendiri akan juga dapat menstimulasi penyerapan air yang dilakukan oleh akar tanaman. Anda disarankan mengetahui tentang gejala penyakit maag.

  1. Berperan dalam Kondisi Lingkungan Bersuhu Rendah dan Kadar Garam Tinggi

Fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui selanjutnya adalah berperan dalam kondisi lingkungan bersuhu rendah dan kadar garam tinggi. Peran dari asam absisat dalam hal ini adalah untuk menghentikan pertimbuhan primer dan sekunder pada saat musim dingin. tunas terminal yang akan menghasilkan hormon sehingga berfungsi unutk memperlambat pertumbuhan dan juga akan merangsang daun tumbuh jadi sisik. Sisik tersebutlah yang akan bertugas untuk memberik perilindungan kepada tunas dorman ketika musim dingin. Anda disarankan mengetahui tentang gejala osteporosis.

  1. Menggugurkan Daun

Fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui selanjutnya adalah untuk menggugurkan daun. Ketika tanah membeku dan tidak dapat lagi untuk mendukung transpirasi maka salah satu cara untuk dapat bertahan adalah dengan cara menggugurkan daun. Proses tersebut melibatkan asam absisat di dalamnya sebagai fungsi dari keberadaan asam abisat untuk mengugurkan daun sehingga penguapan dapat segera terkurangi. Akhirnya tanaman dapat hidup dengan cuaca demikian. Anda disarankan untuk mengetahui tentang cepat lelah.

  1. Mendorong Tumbuhnya Akar

Fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui selanjutnya adalah untuk mendorong tumbuhnya akar. Hal ini dilakukan asam absisat dengan menghambat pertumbuhan tunas. Namun demikian hal ini tidak memberikan dampak buruk pada akar, malah akan memberikan kesempatan untuk akar semakin tumbuh. Dengan demikian dipastikan tanaman akan dapat mampu menyerap sumber makanan semakin banyak. Sehingga tanaman akan tumbuh dengan subur.

  1. Melakukan Sintesis Protein Penyimpanan

Fungsi asam absisat pada tumbuhan yang wajib anda ketahui selanjutnya adalah untuk melakukan sintesis protein penyimpanan. Hal ini akan dilakukan asam absisat dengan jalan menginduksi benih sehingga dapat melakukan fungsi tersebut. Kondisi ini akan menguntungkan bagi tanaman karena akan memiliki cadangan makanan lebih sebagai sumber makanan yang nantinya akan sangat berguna ketika musim tidak mendukung untuk mengolah makanan. Selain itu, kondisi itu akan meningkatkan sistem pertumbuhan pada tanaman dapat bekerja dengan baik sehingga tanaman akan bertahan di semua kondisi. Asam abitat dalam tanaman memang sangatlah penting, dan juga akan menjadikan tanaman semakin tumbuh subur.