8 Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih Karena Bakteri

6704

Saluran kemih merupakan saluran yang ada di dalam tubuh manusia. Gunanya adalah untuk membantu pengeluaran air kencing. Kemih merupakan bagian alat tubuh yang di gunakan untuk menampung air seni atau air kencing sementara sebelum di keluarkan melalui vagina atau penis. Jika saluran kencing ini mengalami hambatan, bisa saja terjadi batu saluran kemih. Selain itu, bisa juga terjadi karena  gejala infeksi ginjal.

Bagian ini merupakan alat tubuh yang vital atau penting. Namun letaknya sangat rentan terhadap adanya kuman dan bakteri. Sebab saluran yang berasal dari luar, baik vagina atau testis mudah sekali di masuki oleh bakteri. Kemudian, bakteri tersebut bisa menyerang bagian kemih. Akibatnya, kemih ini mudah terinfeksi. Perlu anda perhatikan juga gejala kencing batu yang mungkin menyerang anda.

(Baca Juga:  bahaya infeksi saluran kencing ,  bahaya akibat terlalu banyak minum air putih)

Jika sudah banyak kuman yang menginfeksi kemih, akan melaju ke beberapa organ yang lainnya. Misalnya adalah ginjal. Biasanya, terjadi karena bagian kemih yang sudah terserang banyak virus dan komplikasi. Akhirnya virus akan menyerang ke bagian ginjal. Hal ini tentu saja berbahaya

Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa. Karena rasa sakitnya akan sangat terasa. Apalagi jika anda hendak mengeluarkan air kencing. Rasa sakit dan nyerinya akan semakin terasa dan menyiksa. Meskipun bukan sakit yang parah, namun infeksi pada saluran kemih ini akan sangat mengganggu.

Baca Juga:

Jika kamu merasa bagian kemih ini terasa sakit, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan k e dokter. Meskipun bukan tergolong penyakit yang serius, namun jika di diamkan begitu saja bisa berbahaya. Bahkan bisa menjadi komplikasi yang serius. Sebab darah yang ada di kemih akan mengganggu ginjal. Penyakit ini cukup mengundang  bahaya infeksi saluran kencing yang harus anda perhatikan.

Penyakit infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang mengenai pada bagian saluran kemih. Penyebabnya adalah karena mikroorganisme yang ada pada saluran kemih. Perlu anda ketahui, saluran kemih yang sudah terinfeksi ini cukup berbahaya jika di diamkan begitu saja. Sebab jika infeksi saluran kemih ini dalam keadaan normal, tak ada serangan dari mikro organisme seperti bakteri,  virus,  dan kuman, tetap berbahaya bagi tubuh. Karena bagian yang sudah terinfeksi ini masih dapat menyerang Anda. Beberapa organ yang biasanya di serang antara lain kandungan kemih,  ginjal, uretra, atau ureter.

Baca Juga:

Mengapa kuman suka tumbuh di bagian kandung kemih ? Perlu anda ketahui, bahwa kandung kemih merupakan tempat penampungan air seni sementara. Sedangkan air seni atau urin merupakan tempat sisa pembuangan dari zat – zat yang sudah tidak di gunakan oleh tubuh. Inilah yang menyebabkan kuman dan bakteri suka tumbuh  di air seni atau urin.

Jika kuman yang ada pada kandungan kemih masih berada dalam batasan normal, ia tidak bisa naik menuju ginjal. Bahka naik ke bagian saluran kemih atas juga tidak mampu. Kondisi urin yang keluarkan itu memiliki tingkat osmolalitas tinggi, serta pH asam yang kuat menyebabkan kuman tidak bisa masuk.  Apalagi jika konsentrasi urea yang ada juga meningkat. Inilah yang menyebabkan keadaan urin memiliki efek anti – bakteri. Namun jika terjadi gangguan, apalagi mekanisme ini rusak, infeksi saluran kemih pasti bisa bobol dan akhirnya terjadi.

Baca Juga:

Antibiotik untuk Infeksi Saluran Kemih

Banyak cara agar sembuh. Karena setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Termasuk sakit infeksi saluran kemih. Berikut ini adalah obat – obatan atau anti – biotik yang di gunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Ada banyak jenis antibiotik dan manfaatnya Seperti apa sajakah ? Simak ulasannya :

1. Ciprofloxacin

Merupakan salah satu jenis antibiotik yang digunakan untuk menangani beberapa infeksi. Penyebab infeksi tersebut adalah infeksi akibat bakteri. Misalnya seperti bahaya infeksi saluran kencing, gejala infeksi ginjal, sampai infeksi yang menular seksual. Obat ini adalah Jenis obat yang bekerja dengan cara membunuh bakteri. Selain itu, obat ini juga mampu mencegah perkembangan bakteri. Dua sifat inilah yang menyebabkan obat ini sempurna menjadi obat anti – biotik untuk infeksi. Namun anda juga harus perhatikan bahaya resistensi antibiotik yang menyerang kesehatan anda.

2. Amoxilin

Amoxicillin merupakan salah satu jenis antibiotik, yang sifatnya berguna sebagai penisilin. Jenis obat ini bisa di gunakan untuk berbagai jenis bakteri. Anti –biotik amoxilin merupakan jenis obat yang cukup manjur untuk mengatasi masalah infeksi. Misalnya infeksi pada pernapasan, infeksi pada telinga, infeksi pada mata, serta infeksi pada saluran kandung kemih. Sebelum mengkonsumsi obat jenis anti – biotik amoxilin ini, lebih baik untuk melakukan pemeriksaan dokter. Agar anda mendapatkan dosis yang tepat saat mengkonsumsi. Sebab ada bahaya antibiotik tanpa resep dokter.

3. Levoflaxacin

Salah satu jenis obat yang bisa di gunakan sebagai obat infeksi adalah levoflaxin. Selain itu, jenis obat ini adalah obat yang masuk dalam golongan anti – biotik quinolone. Biasanya obat ini baik di gunakan untuk mengatasi masalah infeksi bakteri. Misalnya adalah pada infeksi di saluran kemih, bahaya nfeksi saluran kencing, gejala infeksi usus, gejala infeksi ginjal, penyakit sinusitis, infeksi pada kulit, infeksi pada jaringan lunak, serta infeksi pada prostat. Cara kerja Levofloxacin ini adalah dengan cara mencegah duplikasi DNA pada bakteri. Sehingga dengan mencegah duplikasi bisa menghambat perkembangan bakteri.

4. Trimethoprim

Trimethoprim merupakan salah satu jenis obat antibiotik yang sering untuk di resepkan oleh dokter. Gunanya adalah untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Trimethropin merupakan salah satu obat yang sifatnya yang keras. Sehingga,  jangka waktu dalam melakukan pengobatan ini kerap kali berlangsung singkat. (Baca juga: gejala infeksi usus, gejala infeksi otak )

Selain itu, obat ini bisa di gunakan untuk mencegah datangnya lagi atau kambuhnya kembali infeksi. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Dalam hal ini, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan obat trimethoprim pada jangka waktu lebih lama. Cara kerja obat ini dengan membunuh bakteri penyebab infeksi. Kemudian, anti – biotik ini bisa menghentikan pertumbuhan bakteri. manfaat terapi ion bisa membantu meredakan penyakit

5. Nitrofuratin

Nitrofurantion merupakan salah satu jenis obat antibiotik yang bekerja untuk  menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Fokus obat ini hanya bekerja untuk mencegah perkembangan bakteri saja, sehingga ketika virus yang menyerang maka obat ini tidak bisa bekerja. Dalam penggunaan obat anti – biotik, di sarankan untuk tidak menggunakan obat ini secara berlebihan. Sebab tubuh bisa kebal, sehingga mampu menyebabkan efektivitasnya menurun. Jenis obat Nitrofurantoin tidak boleh dan tidak di anjurkan untuk di berikan ke pada anak – anak, terutama yang berusia kurang dari satu bulan. Sebab bisa memicu resiko terkena masalah darah  tertentu. Salah satunya adalah anemia hemolitik. Anda bisa terapi infeksi saluran kemih dalam pengobatan. (Baca Juga: bahaya susah buang air kecil )

6.  cephalexin

Cephalexin merupakan salah satu jenis obat yang bisa di gunakan untuk mengobati beberapa infeksi. Hanya saja, infeksi ini di sebabkan karena bakteri. Misalnya pada infeksi kulit, infeksi pada saluran kandung kemih, infeksi pada telinga, dan infeksi pada dada, serta infeksi lainnya yang di sebabkan karena bakteri. Cara kerja anti – biotik ini dengan membunuh bakteri secara langsung, kemudian menghentikan pertumbuhan bakteri. (Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Kencing Manis , Gejala kencing Manis)

Cephalexin adalah salah satu jenis anti biotik jenis cephalosporin. Anti – biotik ini bisa di gunakan oleh wanita, meskipun ia sedang hamil. Selain itu, anak – anak di bawah usia lima tahun juga bisa mengkonsumsinya. Jenis anti – biotik ini hanya bisa mengatasi bakteri saja. Jadi jika infeksi yang di sebabkan virus, maka obat ini tidak bisa bekerja. Ada beberapa rekomendasi obat infeksi saluran kemih yang perlu anda ketahui

7. azithromycin

Azithromycin merupakan jenis  golongan anti – biotik makrolida. Biasanya dapat di gunakan untuk mengobati berbagai macam jenis infeksi akibat bakteri. Contohnya infeksi pada telinga, infeksi pada kelamin, infeksi pada kulit, dan lain sebagainya. Azithromycin dapat bekerja dengan cara menghentikan perkembang – biakan bakteri. Jenis obat ini bisa di konsumsi pada orang – orang yang memiliki alergi terhadap penisilin. Obat ini tidak bisa mengatasi virus. Anda bisa terapi infeksi saluran kemih dalam pengobatan. (Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Usia 40 Tahun , Ciri Ciri Bipolar)

8. fosfomycin

Adalah salah satu jenis anti – biotik yang bisa di gunakan untuk mengobati infeksi kandung kemih. Beberapa masalah lain yang terkait antara lain cystitis akut atau infeksi saluran kemih bagian bawah pada wanita. Cara kerja obat ini dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat fosfomycin tidak bisa di gunakan untuk mengobati infeksi selain kandung kemih. Anti – biotik jenis ini hanya dapat mengobati infeksi bakteri dan tidak dapat bekerja pada infeksi virus. Ada beberapa rekomendasi obat infeksi saluran kemih yang perlu anda ketahui