13 Gaya Hidup Sehat Usia 40 Tahun Untuk Usia Panjang

Gaya hidup sehat usia 40 tahun merupakan kebiasaan baik yang harus dilakukan setiap hari agar tubuh selalu sehat dan awet muda.

Memiliki kondisi tubuh yang prima dengan tampilan yang selalu enerjik dan awet muda adalah dambaan semua orang di dunia, Terutama wanita. Gaya hidup sehat yang dimaksud lebih kepada pencegahan penyakit yang biasanya menyerang usia 40 tahun sekaligus mempertahankan kesehatan organ internal dari hari kehari.

Gaya hidup sehat usia 40 tahun
Ada 13 solusi agar tubuh tetap sehat dan awet muda

1.Olahraga
Olahraga adalah salah satu solusi paling mudah untuk mewujudkan tubuh yang sehat dan lebih enerjik. Olahraga termasuk aktifitas paling baik sebagai gaya hidup sehat usia 40 tahun, Karena dengan olahraga yang teratur walaupun cuma seminggu sekali dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan bakteri hasil dari radikal bebas dan menyehatkan saraf, tulang, Aliran darah dan pembuluh darah serta membersihkan racun dalam tubuh.
Baca juga : akibat kurang Olahraga pada tubuh dan kesehatan

2.Cukup tidur
Cukup tidur adalah rahasia gaya hidup sehat diusia 40 tahun, Karena dengan tidur yang cukup maka seluruh kinerja organ tubuh akan selalu normal, Daya tahn tubuh terjaga dengan baik dan terhindar dari serangan penyakit menular.
Baca juga : cara agar tidur sebentar tapi berkualitas

3. Minum air putih
Minum air putih setidaknya 8 liter perhari dapat melindungi tubuh dari dehidrasi , Kelelahan dan menjaga stamina tubuh tetap stabil. Kondisi tersebut dapat mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap kuat sehingga tubuh tidak mudajh jatuh sakit.

4. Pola makan sehat
Menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu gaya hidup sehat usia 40 tahun untuk kesehatan jangka panjang, Karena sebagian besar tubuh cepat terserang sakit akibat mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi kurang sempurna. Makanan sehat senantiasa dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, Organ internal tetap berfungsi dengan baik dan mampu menstimulasi sel sel tubuh semakin sehat.

5. Menghindari makanan siap saji
Makanan siap saji mengandung bahan pengawet berlebih, Lemak jenuh dan kadar gula yang tinggi. jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketidak seimbangan metabolisme tubuh. Akibatnya seseorang akan terserang kegemukan, Kelainan otak dan fungsi organ ginjal dan hati menjadi tidak sehat.

6. Kurangi garam
Makanan yang mengandung banyak garamn sebaiknya dihindari karena dapat menggagnggu kesehatan tekanan darh dan memicu serangan stroke ringan. Diusia 40 tahun seseorang akan rentan terserang tekanan darah tinggi. Untuk itu kurangi garam dalam makanan sehari hari.
Baca juga : bahaya akibat kelebihan Garam bagi tubuh

7. Kurangi gula


Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula dapat meningkatakan kadar gula dalam darah dan memicu munculnya penyakit diabetes. Diusia 40 tahun sangat rentan seseorang mengalami peningkatan kadar gula dalam darah. Berhati hatilah dalam mengkonsumsi gula.
Baca juga : cara mencegah agar kadar gula darah agar normal

8. Kurangi kafein
Makanan dan minuman yang menagadung kafein jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terganggunya sistem pernafasan, Penyumbatan aliran darah dan mengganggu jaringan saraf saraf bagian kepala.
Baca juga : makanan dan minuman yang mengandung kafein

9. Diet seimbang
Diusia 40 tahun rentan terjadi penumpukan lemak dalam tubuh. Diusia yang semakin tua maanusia memiliki jaringan tubuh yang semakin menurun untuk menjalani proses pembakaran lemak secara alami. Melakuakn diet seimbang guna mempertahankan kadar gula, Garam dan kolesterol dalam tubuh adalaah jalan yang terbaik.

10.Hindari alkohol
Alkohol adalah pemicu tersumbat nya aliran darah serta pembuluh darah menuju jantung, Hati, Ginjal dan otak. Alkohol bersifat panas dan mampu merusak pembuluh darah sehingga tubuh dapat kehilangan daya tahan tubuh dan keseimbangan hormon.
Baca juga : efek bahaya kafein bagi tubuh

11. Hindari rokok
Nikotin, Tar dan zat lain yang ada pada rokom bersifat karsinogen yaitu zat yang mampu merusak sistem pernafasan dan mengganggu pembukuh darah menuju otak.
Baca juga : macam macam penyakit akibat Merokok

12.Mengkonsumsi suplemen
Diusia 40 tahujn baik untuk mengkonsumsi supklemen tambahan yang mengandung nutrisi tinggi yang bisa digunakan sebagai penunjang kesehatan tubuh sehari hari.

13.Positif thinking
Berfikir baik dan positif setiap waktu adalah solusi paling baik untuk memulai gaya hidup sehat usia 40 tahun. Dengan berfikir positif maka seluruh organ internal termasuk jaringan otak ikut menjadi tenang dan rileks. Kondisi tersebut dapat menyebabakan kesehatan tubuh semakin sehat. Ingatlah didalam pikiran yang sehat maka akan terdapat jiwa serta raga yang sehat pula.

Solusi makanan
Makanan sehat untuk usia 40 tahun agar tubuh tetap sehat dan awet muda

1. Jus Stroberry

Stroberry menagndung senyawa fenol, Serat tinggi, Vitamin A dan C serta zat antosianin yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat memperbaiki kerusakan sel sel tubuh termasuk sel kulit sehingga menghambat munculnya keriput dini. Buah stroberry merupakan buah yang cukup baik untuk gaya hidup sehat usia 40 tahun.

2. Jus anggur merah

Anggur merah mengandung vitamin B1. B2. B3, B9,C dan K serta memiliki 2 senyawa bernama resveratol dan felifenol yang dapat menangkal serangan radikal beabs yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan mempercepat penuaan dini. Anggur merah sangat cocok sebagai makanan yang kaya nutrisi sebagai gaya hidup sehat usia 40 tahun.

3. Jus alpukat
Alpukat mengandung vitaminB 5, B6, B9, C dan E yang cukup tinggi yang mampu bertindak sebagaia antioksidan aktif dalam hal menagkal radilkal bebas, merawat kulit dari kekeringan, serangan dehidrasi dan mampu melindungi tekanan darah agar tetap stabil.

4. Jus kurma
Kurma mengandung vitamin A, B, C yang dapat menangkal serangan radikal bebas, Mencegah kulit dari radiasi sinar matahari dan menekan nafsu makan tanpa mencederai organ pencernaa, Sehingga jus kurma baik bagi bagi orang orang yang sedang melakuakn progran diet seimbang

5. Jus blueberry
Bluberry mengandung vitamin A,C,E dan serat yang tinggi serta mineral yang lengkap. Buah ini sangat ahli dalam hal memperbaiki sel kulit yang rudsak dan meningkatkan kolagen dalam kulit sehingga ampuh dalam hal mengatasi penuaan dini. Blueberry mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga seseorang tidak mudah jatuh sakit.

6. Jus blackberry
Blacberry mengandung vitamin A, C, E, K, Serat yang mampu melindungi kesehatan jantung, melindungi dari kerusakan sel kulit, dan zat fitoestrogennya dapat melindungi seoramg wanita dari serangna sindrom pramenstruasi. Jadikan minuman jus blacberry sebagai gaya hidup sehat usia 40 tahun.

7. Jus jeruk
Jeruk mengandung vitaminB1, B2, B3, B5, B6, C, Potasium, Kalsium , Mineral dan senyawa fitokimia yang dapat meningkatkan daya tah tubuh , menstabilkan tekanan darah , Menagkal radikal bebas, Melancarkan air senii , Meningkatkan kesehatn kulit dan sebagainya.

8. Jus jambu biji
Jambu biji mengandung vitamin A, B1, C ,Zat besi, kalsium, Mangan, Magnesium , Asam amino essensial dan zat fitokimia yang memiliki kemampuan menyembuhkan infeksi radang, Mengatasi kanker, Menyenbuhkan penyakit jantung, Mengobati diabetes dan menstabilkan tekanan darah dan anti radang yang kuat.

9. Ikan tuna
Ikan tuna mengandung omega 3, protein tinggi, Fosfor, Kalium, Magnesium, Vitamin B , seleniumdan sebagaianya yang dapat memelihata kesehatan tubuh orang orang yang telah berusia 40 tahun. Ikan salmon baik bagi kesehatn jantung, Memperlancar peredaran darah, Mencegah obesitas, Menstabilkan tekanan darah, Mengatasi stroke, Bertindak sebagai Detoksifikasi penawar racun dalam tubuh) dan menstabilkan kadar hormon insulin .

10. Ikan salmon



Ikan salmon menagndung Omega 3 (EPA & DHA), Protein, Mineral lengakp, Vitamin A, B, C, D, E, dan zat besi tinggi. Ikan salmon baik bagi kesehatan jantung, Mengatasi stroke ringan, Meningkatakan daya tahan tubuh, Meningkatkan kolagen dibawah kulit, Mengurangi depresi, Menstabilkan tekanan darah dan lain lain.

11.Kacang almond (badam)
Kacang almond memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi pertahanan tubuh usia 40 tahun . Kacang almond mempunyai manfaat menurunkan meningkatkan kecerdasan dan respon motorik lebih aktif, Menurunkan kadar kolesterol, Meningkatkan kehalusan kulit, Melindungi jaringan otak, Memperbaiki sistem pencernaandan menagatsi diabetes.

12. Kacang kedelai
Kacang kedelai mengandung Protein, Klasium, Vitamin A, B1, C, E fosfor, Magnesium, Zat besi dan zat choline yang baik bagi kesehatan metabolisme lemak tubuh.

13. Susu rendah kalori
Susu renadh kalori merupakan susiu sapi pilihan yang mengandung protein dan aklsium tanpa adanya penambahan gula dan bahan lain sehingga baik untuk mempertahankan tubuh ideal, Menjaga kesehatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Susu rendah lemak atau kalori baik sebagai pemula untuk merubah gaya hidup sehat usia 40 tahun agar diusia berikutnya tubuh tetap prima.

14.Yogurt
Yogurt merupakan makanan sehat hasul fermentasi yang menganduyng bakteri jahat yang diformulasikan untuk menjaga jaringan tubuh dari serangan bakteri atau radikal bebas sehingga tubuh tertap terjaga imunitasnya. Yogurt cocok untuk memperbaiki pertahanan tubuh orang orang yang telah berusia dewasa dan diamsukan sebagai makanan terbaik untuk gaya hidup sehat usia 40 tahun.

15. Gandum utuh
Gandum utuh adalah makanan yang mengandung karbohidrat ramah, rendah gula dan tinggi serat yang dapat melindungi tubuh dari serangan aaobesitas, Peningkatan gula darah dan menstabilkan tekana darah bagi penderita stroke. Bagi orang orang usian 40 tahun gandum utuh dapat dijadikan sebagai makanan pokok pengagnti beras putih atau roti yang mengandung lemak. Untuk memulai gaya hidup sehat usia 40 tahujn mengkonsumsi gandum utuh adalah solusi termudah dan terbukti menyehatkan kesehatan tubuh.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat