Home Featured Perlu Dimulai Sekarang, 11 Kebiasaan Mencegah Kanker Mematikan

Perlu Dimulai Sekarang, 11 Kebiasaan Mencegah Kanker Mematikan

by Erlita

Angka kematian akibat kanker terus saja naik di mana pada tahun 2018 saja menurut data WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) sudah mencapai 9,6 juta kasus sehingga kanker disebut menjadi penyebab kematian nomor dua tertinggi di dunia. Risiko kematian akibat kanker dapat meningkat yang dikarenakan berbagai faktor, termasuk gaya hidup tak sehat. Itulah kenapa kita perlu mulai memerhatikan apa saja kebiasaan mencegah kanker yang seringkali kita tak sadari atau justru abaikan.

  1. Tidur di Ruangan Gelap

Kebiasaan ini adalah kebiasaan baik yang mampu menekan risiko kanker, khususnya kanker payudara pada wanita dan juga kanker ovarium. Tidur di ruangan dengan pencahayaan terang akan membuat tubuh terpapar cahaya terlalu lama padahal produksi melatonin dapat ditekan oleh cahaya ini.

Melatonin sendiri adalah zat yang otak hasilkan sehingga pengaturan jam tidur alami menjadi baik. Jadi bisa ditebak dong, saat produksi zat melatonin berkurang, kemudian akan ada hormon-hormon yang justru muncul dan memicu bibit kanker, apalagi pada wanita.

  1. Menggunakan Tabir Surya

Banyak orang mengabaikan penggunaan tabir surya atau justru sering lupa menerapkannya sewaktu hendak pergi ke luar. Jangan lupa untuk menjadikan ini sebagai kebiasaan baik karena bahaya sinar matahari langsung bagi kulit sangatlah tak sehat apalagi bahaya sinar ultraviolet yang meningkatkan risiko kanker kulit. Pemakaian tabir surya adalah sebagai proteksi dan penurun risiko kanker tersebut.

  1. Makan 2 Jam Sebelum Tidur

Kebiasaan malam hari yang sangat bagus untuk kesehatan dan sebagai pencegah kanker adalah makan malam lebih awal dan makanlah setidaknya 2 jam sebelum pergi tidur. Kebiasaan ini mampu menekan risiko kanker prostat serta kanker payudara sampai 20 persen karena makanan yang tak dicerna mampu menjadi faktor sirkadian terganggu.

  1. Minum Air Putih Cukup

Tak dipungkiri lagi, kebiasaan minum air putih dengan cukup tak hanya menghindarkan dari kehausan apalagi dehidrasi. Minum air putih 8-12 gelas air putih sebenarnya bagus untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga racun-racun dari dalam tubuh dapat dibuang. Selain itu, penyebab kanker bisa juga dikeluarkan lewat urine yang otomatis menurunkan pula potensi kanker kandung kemih lho.

  1. Berjemur Pagi Hari 15 Menit Saja

Sinar matahari siang memang berbahaya, tapi kalau terpaparnya pagi-pagi justru tubuh akan mendapatkan vitamin D cukup. Berjemur 15 menit setiap pagi untuk memperoleh sinar matahari memampukan vitamin D yang kita dapat sebagai pengurai sel-sel dalam tubuh sehingga penggumpalan sel penyebab kanker dapat dicegah.

  1. Banyak Mengonsumsi Sayur Jenis Cruciferous

Sayur cruciferous adalah jenis sayuran yang memiliki sifat antikanker, semacam lobak, brokoli, kubis hingga bunga kol. Paling tidak, konsumsilah seminggu sekali sayur-sayuran ini supaya risiko kanker ginjal dapat diminimalisir. Untuk bisa memperoleh nutrisi dan manfaat sayur lebih maksimal, kukuslah dan tidak memasaknya dengan minyak.

  1. Mengonsumsi Bawang Putih

Aroma bawang putih yang ‘semerbak’ memang menjadikannya kurang diminati apalagi kalau dikonsumsi langsung tanpa makanan lainnya. Padahal, mengonsumsi harian bawang putih ditambah juga bawang merah mampu memperkecil potensi terkena kanker payudara menurut penelitian University of Buffalo dan University of Puerto Rico.

  1. Tidak Menonton TV Kelamaan

Kebiasaan tidak menonton TV terlalu lama juga baik dalam mencegah risiko kanker. Ini karena suatu hasil penelitian menyebutkan dan membuktikan kalau risiko kanker lebih besar setinggi 54 persen dapat terjadi pada orang-orang yang waktunya dipakai lebih banyak menonton TV.

  1. Tidak Terlalu Banyak Duduk

Terbiasa aktif dan tidak banyak duduk ternyata adalah kebiasaan baik dan sehat karena menurut penelitan yang dilansir dari Reader’s Digest, risiko kanker setinggi 24 persen, khususnya kanker rahim dan kanker usus besar, dapat dialami oleh orang-orang yang terlalu banyak duduk sehari-harinya.

  1. Olahraga Angkat Beban

Bukan berarti kebiasaan olahraga lainnya tidak menyehatkan ya, hanya saja terbiasa mengangkat beban menurut penelitian dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan bahwa olahraga ini menjadi penurun risiko kanker usus sebesar 25 persen sekaligus kanker ginjal. Hal ini dikarenakan angkat beban mampu menjadi pendukung glukosa dan insulin untuk tetap seimbang.

  1. Memakai Masker

Polusi di mana-mana yang terus meningkat tak hanya membuat kita terganggu dan tak nyaman. Nyatanya, terpapar polusi hampir setiap hari apalagi dalam jangka panjang dapat menjadi peningkat risiko kanker paru-paru. Jadi saat bepergian entah itu berjalan kaki atau naik transportasi umum, masker jangan ketinggalan ya.

Itulah sederet kebiasaan mencegah kanker yang sederhana namun seringkali tak terlalu diperhatikan. Selamat mencoba melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut yang pastinya akan membuat tubuh jauh lebih baik dan sehat bebas risiko kanker.

You may also like