Mengapa Puasa Dapat Menjadikan Sehat? Terbukti Secara Ilmiah

552

Ketika  tidak sedang berpuasa manusia bisa melahap apa saja makanan yang disukainya bahkan tidak jarang menyantap makanan yang asal nikmat, asal kenyang tetapi rendah gizi dan kaya akan bibit penyakit.

Dengan berpuasa siapa saja bisa lebih disiplin, lebih peka dan mengontrol cara makananya menjadi lebih baik karena dengan berpuasa secara naluri alamiahnya  manusia akan memilih makanan yang lebih bernutrisi dan aman bagi kesehatan tubuh.

Alasan mengapa puasa itu menyehatkan

1.Gejala obesitas

Ketika berpuasa tubuh akan lebih aktif membakar lemak yang disimpan tubuh sehingga lemak berlebih dalam tubuh akan mudah dihancurkan. Keadaan ini mengakibatkan tubuh yang gemuk akan menjadi mudah langsing dan mencegah munculnya gejala obesitas yang wajib diwaspadai. Inilah alasannya mengapa puasa dapat menjadikan sehat pada penderita obesitas.

2. Kadar asam urat berkurang

Didalam tubuh manusia ada asam urat dan fungsi asam urat  pada tubuh sangat berkaitan dengan fungsi persendian dan saraf saraf   terutama pada area kaki.  Tetapi kadar  asam urat dapat mudah meningkat saat seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak logam misalnya kepiting atau lobser ataun makanan yang beresiko menyebabkan penumpukan zat purin penyebab asam urat berlebih misalnya kankung atau daun bayam. Dengan berpuasa maka makanan yang menyebabkan meningkatnya asam urat tidak berpeluang masuk dalam tubuh secara berlebihan, Sehingga kadar asam urat akan tetap stabil.fungsi asam urat pada tubuh

3. Penyakit gula darah

Mengapa puasa dapat menjadikan sehat terutama pada penderita diabetes? Alasnnya berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin penyebab penyakit gula darah atau diabetes. Sat berpuasa tubuh tidak memilki waktu yang banyak mendapatkan asupan gula dalaam jumlah berlebihan sehingga kadar gula dalamn darah tidak mengakami pebingkataan, Kondisi ini baik bagi penderita diabetes karena kadar gulanya bisa terkontrol secara rapih saat berpuasa.

4. Mencegah stroke

Penderita stroke yang menjalankan puasa akan mengalami penurunan stroke secara berkala dan akan benar benar stabil ketika berpuasa berhasil selama saatu bulan daan akan terus membaik jika puasa terus dilakukan secara rutin dan konsisten. Bagi orang sehat maka kegiatan berpuasa dapat mencegah munculnya bahaya stroke ringan dan berat. Jelas sudah mengapa puasa dapat menjadikan sehat pada penderita stroke.

5.Mengurangi kadar kolesterol

Ketika berpuasa maka asupan makanan yang tinggi lemak dan berminyak akan berkurang dan jika dilakukan setiap hari maka kadar kolesterol dalam darah akan berkurang dengan sendirinya  dan tetap stabil sehingga mencegah resiko terjadinya penyumbatan aliran darah yang memicu munculnya gejala stroke, Hipertensi, Penyumbatan aliran darah atau kelainan pembuluh darah.

6. Menyehatkan jantung

Puasa dapat melancarkan peredaran darah dan arteri sekitar jantung sehingga jantung dapat memompa darah dengan baik . Lancarnya kinerja jantung sangat berkaitan dengan berkurangnya makanan yang mengandung lemak jenuh, Makanan yang mengandung banyak garam, Makanan yang mengandung kolesterol dan lain lain  yang masuk dalam tubuh. Saat berpuasa makanan makanan  jenis tersebut tidak berkesempatan untul masuk dalam jumlah banyak sehingga jantung menjadi ringan untuk bekerja.

7. Mengurangi radikal bebas

Radikal bebas dalam tubuh berasal dari makanan yang disantap setiap hari , Terutaama makanan yang mengandung kolesterol, Lenak jenuh, Gula atau garam berlebih, Sehingga proses pembuangan racun dalam tubuh atau detoksifikasi akan berjalan sangat lancar  dan pada akhirnya dapat mencegah munculnya penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah otak yaitu penyakit alzheimer dan parkinson.

8. Mengurangi stres

Banyak  orang bertanya tanya mengapa puasa dapat menjadikan sehat secara mental?  Berpuasa satu bulan menyebabkan seseorang menjadi terlatih dan terbiasa menjadi cerdas dalam mengendalikan diri sehingga mudah mengatasi munculnya ciri ciri stres yang mengancam kesehatan tubuh. Berpuasa ternyata bisa meningkatkan endorfin dalam darah sehingga seseorang memiliki perasaan selalu tenang, Lebih bahagia secara mental dan psikologi.

9.Mencegah  gejala arteri koroner

Berpuasa sebulan ternyata dapat menyebabkan Kadar N-Oksida trimetillamin dalam darah menjadi berkurang sehingga akan menurunkan resiko arteri koroner  atau mencegah gejala arteri koroner paling berbahaya yang berkaitan dengan pembuluh darah jantung. 

10.Mempercepat proses penyembuhan

Berpuasa dapat menyembuhkan penyakit kulit misalnya eksim, Mengatasi radang sendi dan radang usus besar, Hal tersebut dikarenakan pola makan yang lebih sehat ketika berpuasa.

11.Resiko kanker berkurang

Berpuasa mampu menyebabkan pembelahan sel baik menjadi sel abnormal dalam tubuh menjadi terhambat bahkan terblokir. Kondisi ini penjadi penyebab sel sel kanker dapat sulit menyebar ke bagian organ tubuh lain sehingga mudah untuk di sembuhkan seacra medis misalnya penggunaan kemoterapi ketika jadwal puasa satu bulan  telah berakhir.

12.Sistem kekebalan tubuh bertambah

Berpuasa dapat merubah pertahanann  tubuh menjadi lebih kuat, Tubuh akan menjadi lebih mandiri untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan cadangan lemak dan gula yang tersimpan selama berpuasa. Tak heran jika banyak yang bertanya mengapa puasa dapat menjadikan sehat tubuh pada pria dan wanita segala usia?  Karena ketika sedang berpuasa maka kondisi ini justru meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh memiliki persiapan dan pertahan menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan bakteri.

13.Sistem saraf dan otak lebih sehat

Mengapa puasa dapat menjadikan sehat dan stabil kinerja dari saraf saraf dan jaringan otak? Karena berpuasa selama satu bulan secara teratur  ternyata dapat melindungi jaringan saraf dan otak menjadi lebih kuat karena Sistem saraf dan otak mendapat peluang istirahat lebih leluasa sehingga dapat mudah tubuh menyembuhkan gangguan mental neuropsikiatri seperti penyakit skizofrenia dan neurosis secara alamiah tanpa bantuan penggunaan obat obat kimia atau obat medis.