15 Obat Luka Bernanah Alami

13307

Jenis luka berbeda-beda, ada luka yang hanya berdarah saja, namun ada juga luka yang mengeluarkan nanah. Penderitanya tentu merasa jengkel serta khawatir akan kondisi seperti ini karena selain menimbulkan rasa malu, pasti rasa sakitnya pun lebih. Sel darah putih pada tubuh setiap manusia berfungsi memperbaiki kerusakan jaringan tubuh akibat luka, namun infeksi berpotensi besar untuk terjadi.

(Baca juga: penyebab tetanus)

1. Kulit Kayu Putih

Bila Anda khawatir akan luka bernanah yang membuat Anda tidak nyaman serta tidak percaya diri, kulit kayu putih dapat dijadikan solusi. Ini karena tanaman kayu putih telah diketahui memiliki kemampuan untuk mengeringkan luka bernanah. Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, ada minyak alami yang dapat dihasilkan dari penyulingan daunnya.

Di dalam kulit kayu putih pun terdapat sifat analgesik sehingga mampu meredakan rasa sakit pada luka di tubuh kita. Sementara itu, untuk obat infeksi, bahan ini mempunyai agen desinfektan alami yang akan mengusir infeksi tersebut. Caranya cukup sederhana untuk membuat ramuan dari bahan ini.

  • Caranya: Sediakan kulit kayu putih bersama juga dengan bahan lainnya, yakni jahe serta asam jawa yang kemudian semua bahan perlu Anda cuci lebih dulu. Angin-anginkan sejenak untuk menjemurnya, lanjutkan dengan menumbuk ketiga bahan sampai teksturnya halus. Setelah lumat, Anda bisa mengunyah langsung obat ini, atau bisa juga dibalurkan ke luka nanah Anda setiap hari sehari 2 kali.

2. Lengkuas

Bumbu dapur seperti lengkuas ternyata sangat baik dalam membantu mengatasi luka yang bernanah. Bila di rumah mungkin Anda tak sedia kulit kayu putih atau sulit menemukannya, ada bahan yang lebih gampang. Karena bumbu dapur ini selalu ada, Anda dapat memakainya untuk mengeringkan nanah.

  • Caranya: Sediakan lengkuas secukupnya saja dan Anda harus menumbuknya lebih dulu hingga benar-benar halus. Jika ingin hasil yang semakin optimal, Anda bisa menambahkan bawang putih sedikit saja. Tumbuklah kedua bahan ini sampai halus dan balurkan ke area luka bernanah. Selama 3 hari, apabila Anda melakukan pengobatan ini rutin, akan ada hasilnya di mana nanah akan mengering.

3. Daun Pulai Kering

Ada berbagai alasan dan penyebab luka tidak cepat kering dan malah biasanya berlanjut dengan mengeluarkan nanah. Saat nanah mulai muncul, kebanyakan orang sangat panik dan takut nanah ini sulit dikeringkan. Namun, percayakan pada obat alami lainnya seperti daun pulai kering.

  • Caranya: Dapatkan daun pulai yang bisa Anda keringkan, atau belilah bila Anda ingin suatu proses yang lebih instan. Daun pulai kering ini dapat Anda tumbuk hingga halus dan Anda bisa menambahkan air secukupnya. Lanjutkan dengan menempelkan ramuan tersebut ke area luka bernanah, dan balutlah menggunakan kain kasa. Kain ini dapat Anda ganti setiap 6 jam sekali supaya kebersihan tetap terjaga.

(Baca juga: proses pembekuan darah manusia)

4. Daun Senggugu

Bahan tradisional ampuh lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati luka bernanah adalah daun senggugu. Tanaman atau daun yang bernama Clerodendron serratum ini dapat secara efektif digunakan sebagai obat borok juga.

  • Caranya: Untuk mengobati luka bernanah, cara penggunaan daun ini sederhana sekali, yakni dengan merebus daun senggugu segar yang sudah dicuci bersih. Didihkan hingga isinya berkurang menjadi ½ atau ¾ dari takaran semula. Angkatlah, dinginkan, lalu gunakan air ini untuk mencuci area luka bernanah. Nanah akan cepat mengering apabila Anda rajin dan teratur menggunakan metode ini.

5. Minyak Zaitun dan Bawang Merah

Luka bernanah bukanlah suatu hal yang perlu membuat Anda panik, karena bahan alami seperti bawang merah dan minyak zaitun pun bisa dijadikan obat. Meski ada efek samping bawang merah, sudah terbukti bahwa campuran kedua bahan ini mampu menjadi penyembuh bengkak borok bernanah.

  • Caranya: Mulailah dengan menyediakan sesiung bawang merah, kupas, cuci, dan iris-irislah. Campurkan ebrsama dengan minyak zaitun, lalu hangatkan lebih dulu tapi tidak boleh sampai digoreng. Tempelkan ramuan ke area luka bernanah setelahnya, pakai kain kasa untuk menutup bagian yang diobati. Jangan terkejut karena efek bawang merah bakal agak terasa panas di kulit; ganti kain kasa sesudah 6 jam.

6. Bubuk Kopi

Kopi ternyata tak hanya nikmat untuk dikonsumsi setiap pagi untuk mengawali hari Anda, tapi kopi pun berguna dalam mengobati luka, termasuk luka bernanah. Ini karena kopi merupakan sumber antibakteri sehingga mampu membasmi bakteri semacam Methicillin Resistant Starhyloccus Aureus. Bakteri itulah yang rata-rata ada pada luka nanah.

  • Caranya: Tak perlu bingung karena Anda bisa menggunakan bubuk kopi cukup dengan menaburkannya ke daerah luka nanah Anda. Akan jauh lebih baik dan bahkan dianjurkan untuk menggunakan kopi hasil gilingan atau tumbukan sendiri. Penaburan harus dilakukan merata sampai menutupi area luka tersebut.

Selama pengaplikasiannya, ini tak akan membuat perih luka tersebut, malah justru akan ada rasa sejuk dan adem sebagai efeknya. Tidak usah menaburinya tebal-tebal, dan taburkan lagi dan lagi saat Anda melihat ada keretakan. Luka tidak boleh ditekan dengan tujuan untuk membuat kopi bisa masuk ke dalam. Tutuplah luka dengan bahan kedap air supaya air tak mengenai area tersebut.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka lama)

7. Kulit Jeruk Bali

Ada satu lagi alternatif obat untuk luka bernanah yang juga cukup mudah untuk Anda peroleh, yakni jeruk bali. Apabila Anda sudah mendapatkan dan menyiapkan jeruk bali, bukan buahnya yang akan digunakan untuk proses pengobatan. Kulitnya adalah bagian yang paling efektif dalam menangani luka nanah dan borok sekalipun.

  • Caranya: Dalam menggunakannya, Anda perlu menjemur kulit jeruk bali terlebih dulu hingga kering. Setelah kering, lanjutkan dengan membakarnya tapi tak dianjurkan untuk pembakarannya Anda jadikan satu dengan bahan bakar lain. Bakar sampai berbentuk arang, lalu arang kulit jeruk bali inilah yang perlu Anda tumbuk. Tumbukan halusnya dapat Anda balurkan ke area luka bernanah sampai merata. Melakukan pengobatan dengan bahan ini 2 kali sehari setiap pagi dan sore akan membuahkan hasil memuaskan di mana nanah mengering dan luka pun akan cepat sembuh.

8. Kunyit

Apabila kunyit merupakan salah satu bahan yang kerap dijadikan cara mengobati kurap serta cara menghilangkan bekas luka knalpot paling ampuh, tentu untuk luka nanah pun boleh dicoba. Kunyit mengandung sifat antibiotik yang sangat baik dalam mengatasi masalah atau penyakit kulit. Bahkan yang sudah membekas lama pun dapat hilang dengan penggunaan bahan ini secara teratur.

  • Caranya: Sediakan kunyit secukupnya untuk Anda parut. Sesudah diparut, Anda dapat memerasnya agar airnya bisa Anda ambil dan gunakan. Bersihkan dulu luka bernanah Anda dengan air garam, barulah obat herbal sari dari parutan kunyit tadi dibalurkan merata ke bagian luka nanah tersebut. Melakukannya serutin mungkin jelas akan membuat hasilnya luar biasa dan akan menyembuhkan secara lebih cepat.
  • Alternatif: Atau, bisa juga Anda mencampurkan bubuk kunyit secukupnya bersama dengan madu murni sedikit. Setelah pasta sederhana ini terbentuk, Anda siap mengoleskannya ke kulit yang terkena luka bernanah. Sambil melakukan perawatan ini, silakan juga untuk meminum 2 gelas susu sehari yang sudah ditambah dengan sesendok teh bubuk kunyit supaya hasil lebih maksimal.

9. Air Hangat dan Garam

Larutan NaCl  dapat Anda buat untuk menjadi salah satu obat ampuh luka yang bernanah. Cukup dengan menyediakan air hangat serta garam secukupnya, campurkan keduanya. Luka bisa Anda basuh secara rutin, yakni sehari 3 kali, supaya bakteri di dalam luka dapat segera terbasmi. Air garam hangat ini juga berfungsi untuk membersihkan nanah.

(Baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

10. Teh Hijau

Selain baik untuk kesehatan tubuh Anda, teh hijau merupakan bahan alami yang juga efektif diguanakan sebagai obat herbal bagi penderita luka bernanah. Sudah bukan rahasia lagi kalau teh hijau dianggap bagus karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Itulah mengapa teh hijau dianggap solusi natural untuk membasmi nanah.

  • Caranya: Mulailah dengan memasukkan teh hijau ke dalam menu diet harian Anda dengan takaran 3 cangkir per hari. Bahan ini bukan untuk obat luar, melainkan teh hijau dapat membantu pemulihan lebih cepat dari dalam dengan meminum teh ini secara rutin. Nanah akan cepat kering dan luka pasti cepat menutup.

11. Calendula

Kaya akan sifat anti-mikroba serta anti inflamasi, calendula ini merupakan bahan alami lainnya yang bisa digunakan ketika luka nanah membuat Anda khawatir. Karena kedua agen alami itulah mengapa calendula kerap direkomendasikan sebagai obat penyembuh luka bernanah. Secangkir teh calendula dari 1 sendok makan bunga calendula yang diseduh bersama 250 ml air boleh dikonsumsi untuk meredakan luka bernanah dari dalam.

12. Madu

Seperti yang Anda tahu, madu adalah bahan alami yang dikenal ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi memang tak salah apabila Anda memilih madu, khususnya madu murni, untuk menyembuhkan luka yang mengeluarkan nanah. Kandungan nutrisi serta senyawa-senyawa baik lainnya di dalam madu sangat terpercaya, terutama sifat antioksidannya.

Tak perlu Anda mengaplikasikannya langsung ke luka bernanah tersebut, tapi cukup dengan memasukkan madu ke dalam menu Anda sehari-hari. Konsumsilah madu murni paling tidak 3 kali sehari sesendok makan setiap kali minum. Cara ini bakal membantu membuat nanah kering dengan pengobatan dari dalam.

(Baca juga: bahaya terkena paku)

13. Kamomil

Kamomil biasanya adalah bahan yang dapat dibuat menjadi teh dan sudah jelas bahwa bahan ini pun sangat penuh akan senyawa baik yang bagus untuk kesehatan. Membawa sifat anti inflamasi di dalamnya, Anda bisa menggunakannya sebagai obat luka bernanah.

  • Caranya: Sediakan biji kamomil secukupnya yang bisa Anda tumbuk atau hancurkan lebih dulu. Barulah setelah itu Anda bisa meramunya dengan menyeduh hasil tumbukan atau gilingan biji kamomil tadi. Bila sudah, saring lebih dulu, tunggu dingin, barulah pakai untuk membasuh bagian kulit yang terluka dan bernanah tadi.
  • Alternatif: Jika Anda takut untuk membasuhnya secara langsung, silakan ambil kain bersih untuk Anda celupkan ke dalam teh biji kamomil yang sudah dingin. Setelahnya, Anda bisa menempelkan kain tersebut tepat di atas luka bernanah. Tempelkan sekitar 1 jam, dan setelah itu boleh Anda angkat kompresan tersebut. Penggunaan rutin dijamin akan membuat nanah cepat mengering.

14. Bawang Putih

Selain dari bawang merah, bumbu dapur yang mudah ditemui lainnya adalah bawang putih. Efek samping bawang putih bukanlah masalah karena manfaat bawang putih ini jauh lebih besar.

  • Caranya: Silakan siapkan 1-2 siung bawang putih atau beberapa siung tergantung dari seberapa besar luka bernanah tersebut. Setelah dikupas, tumbuklah sampai halus dan menjadi adonan pasta, barulah Anda balurkan ke atas luka nanah langsung. Tinggalkan selama beberapa jam meski memang pada proses menunggu akan ada rasa gatal atau perih-perih sedikit.

Ketika Anda merasakan adanya rasa perih atau gatal sewaktu pasta bawang putih ditempel pada luka, bertahanlah karena itu artinya senyawa di dalam bawang putih tengah membasmi bakterinya. Dalam waktu beberapa hari, Anda pasti akan puas dengan hasilnya di mana nanah mengering dan luka sembuh secara lebih cepat.

15. Biji Fenugreek

Sekalipun belum pernah menggunakannya, pasti Anda pernah mendengar tentang biji fenugreek ini. Selain bisa diandalkan sebagai cara mengatasi keputihan pada wanita dan juga obat tradisional diabetes, fenugreek ini ampuh juga ketika dipakai untuk menyembuhkan luka nanah. Ini semua berkat adanya sifat antibiotik serta antiseptik di dalamnya.

  • Caranya: Siapkan biji fenugreek 1 sendok makan saja dan gilinglah sambil ditambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Aplikasikan pasta ini langsung ke area kulit yang terluka dan bernanah demi mencegah infeksi dan nanah yang lebih serius.

(Baca juga: cara menghilangkan bisul secara alami)

Dari 15 obat luka bernanah tersebut, manakah yang menarik bagi Anda untuk dicoba di rumah? Apapun pilihan Anda, obat alami tersebut dapat kapan saja membantu Anda dalam mengatasi luka penuh nanah.