Home Penyakit dan KelainanVertigo 24 Obat Herbal Vertigo Paling Ampuh

24 Obat Herbal Vertigo Paling Ampuh

by Erlita

Vertigo adalah jenis penyakit yang memang termasuk dalam kondisi sakit kepala, tapi vertigo ini sangat membuat tidak nyaman penderitanya. Ini dikarenakan vertigo bisa membuat penderita merasakan sensasi putaran di dalam kepala dan bahkan serasa bergoncang. Efek dari vertigo ini dapat menjadikan penderita seolah-olah seluruh benda atau obyek di sekitarnya berputar-putar dengan hebatnya.

Vertigo bukanlah penyakit yang sebentar karena rasa atau sensasi tersebut terlalu lama dirasakan sehingga akan memicu mual dan muntah akibat sakit kepala yang luar biasa. Penderita pun berpotensi mengalami kehilangan kesadaran. Ada sejumlah obat herbal vertigo yang Anda bisa coba pertimbangkan ketika vertigo Anda kambuh atau saat Anda pertama kali mengidapnya.

(Baca juga: penyebab vertigo kambuh)

1. Biji Ketumbar

Biji ketumbar yang biasanya dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat besar untuk menyembuhkan vertigo. Bila Anda memiliki biji ketumbar ini di rumah Anda bisa mengambilnya secara langsung untuk mengobati vertigo tanpa harus memakai obat-obat kimia yang kiranya memiliki efek samping.

  • Caranya: Sediakan biji ketumbar sebanyak sesendok makan yang kemudian bisa Anda rendam di dalam air bersama dengan bubuk gooseberry sesendok makan. Anda dapat melakukan hal ini pada malam hari dan bisa menyaringnya keesokan paginya. Sesudah disaraing, Anda bisa menambahkan gula sedikit, sebanyak ½ sendok makan dan minumlah ramuan ini. Vertigo akan disembuhkan secara efektif dan buktikan sendiri.

2. Susu Almond

Almond merupakan bahan alami yang di dalamnya diketahui mengandung kaya akan serat, vitamin B, serta vitamin E dan karbohidrat. Nutrisi di dalam almond ini kerap dimanfaatkan bagi mereka yang sedang diet dan membutuhkan cemilan sehat. Namun ternyata, almond pun bisa dijadikan obat herbal untuk vertigo.

  • Caranya: Setelah beberapa almond Anda sediakan, silakan direndam di dalam air dulu semalaman. Seusai direndam, gilinglah untuk membuat pasta halus almond, barulah campuran pasta almond ini bisa dicampurkan ke segelas susu hangat. Konsumsilah susu almond ini secara rutin supaya vertigo Anda cepat berkurang dan sembuh secara total.

3. Daun Kemangi

Selain dapat dilalap, daun kemangi sangat bermanfaat dalam menyembuhkan vertigo secara alami dan efektif. Obat herbal satu ini dapat Anda kunyah-kunyah secara langsung atau bisa juga Anda menambahkan daun kemangi ini di dalam seduhan teh Anda. Senyawa yang ada di dalam daun ini antara lain adalah zat triptofan, beta karoten, eugenol, boron, flavonoid, senyawa atenol, atsiri, sineol dan sitrat.

Kandungan antioksidannya yang tinggi akan mampu menjaga kesehatan tubuh, selain bisa mengatasi vertigo, daun kemangi pun dapat menjadi pencegah penyakit ini kambuh kembali. Tak hanya vertigo, demam, masuk angin, dan aliran darah yang kurang lancar bisa ditangani. Kekebalan tubuh pun akan meningkat dengan mengonsumsi daun ini.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit saraf)

4. Bawang Putih

Meski ada efek samping bawang putih yang menjadi kekhawatiran beberapa orang, ingat selalu bahwa bawang putih pun mengandung banyak kandungan bermanfaat yang sangat baik untuk mengobati penyakit tertentu. Bumbu dapur ini benar-benar kaya juga akan vitamin B6 yang belum banyak orang yang tahu.

Karena kandungan vitamin B6 itulah yang menjadikan bawang putih menjadi bahan makanan yang dapat diandalkan dalam menurunkan risiko penyakit vertigo. Anda bisa menggunakannya secara langsung dengan mengunyah-ngunyahnya. Atau, Anda juga dapat mencampurkan bawang putih ini ke dalam masakan yang hendak Anda santap dengan mengirisnya kecil-kecil supaya lebih nikmat.

5. Jahe

Seperti yang kita tahu, jahe adalah bahan yang kerap diandalkan sebagai bahan obat batuk alami karena sifat pedas dan hangatnya yang berguna untuk membuat tenggorokan dan tubuh menjadi jauh lebih baik. Namun rupanya, untuk penyakit vertigo pun juga sangat bagus di mana jahe ini dapat mengatasi rasa mual berlebih saat vertigo menyerang.

Walau ada efek samping jahe, tetap saja jahe memiliki segudang senyawa baik yang dapat selalu dimanfaatkan ketika Anda sakit. Jahelah yang akan membantu memberikan efek rileks ke tubuh saat vertigo Anda alami. Minumlah wedang jahe atau parutlah jahe untuk dicampur ke masakan Anda sebelum disantap supaya lebih nikmat.

6. Alpukat

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa alpukat adalah buah yang biasa dibuat minuman jus dengan ditambah susu coklat yang bisa mengatasi masalah dahaga. Atau, banyak juga orang yang tahu bahwa alpukat dapat menggemukkan badan akibat kandungan lemaknya. Padahal lebih dari itu, buah berwarna hijau ini cocok juga untuk penderita vertigo.

Perlu diketahui bahwa alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin B6 tinggi serta lemaknya yang berjenis lemak tak jenuh. Jika ingin membuat jus alpukat, tak perlu menggunakan es atau coklat; tambahkan gula saja bila kurang manis. Atau, konsumsi saja secara langsung, ini tergantung selera dan pilihan Anda.

(Baca juga: penyebab kepala kliyengan)

7. Pisang

Jenis buah satu ini tak hanya dapat menambah energi di dalam tubuh seseorang, tapi juga sangat baik untuk membuat sistem daya tahan tubuh kembali normal. Pisang dengan segudang nutrisinya tak hanya menjadi salah satu makanan yang perlu dikonsumsi sesuai tips diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang ingin diet sehat dan seimbang untuk mengatasi maupun mencegah segala bentuk penyakit, termasuk vertigo, pisang adalah pilihan makanan yang tepat. Karena harganya terjangkau, bukan alasan bagi Anda untuk tidak dapat memperolehnya. Baik dimakan langsung atau dijus, Anda bisa mengonsumsinya sesuai dengan selera dan kenyamanan Anda.

8. Mengkudu

Mengkudu adalah sebuah jenis buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga baik dijadikan sebagai obat herbal untuk penderita vertigo. Di dalam mengkudu ada kandungan antioksidan dari selenium yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh penderita vertigo. Zat anti kanker pun ada di dalam buah ini sehingga mampu dimanfaatkan oleh penderita kanker juga.

Kandungan nutrisi di dalam mengkudu itulah yang dapat membuat penyakit vertigo lebih ringan. Jika takut akan rasanya yang pahit, minumlah dalam bentuk pil yang tersedia dan dijual di banyak toko obat. Ekstrak mengkudu adalah yang paling baik sehingga membuat tubuh tak gampang capek serta selalu terjaga kebugarannya.

9. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang juga diketahui mengandung vitamin B6 tinggi sehingga sangat bagus untuk mengatasi penyakit vertigo yang dikeluhkan. Asupan vitamin B6 adalah yang paling dibutuhkan oleh para penderita vertigo karena memang tubuh penderita tengah memerlukan tambahan nutrisi yang cukup baik.

Anda juga perlu tahu bagaimana cara memasak bayam dengan benar karena memang tak boleh sembarangan untuk mengonsumsi sayuran ini. Yang paling jelas adalah Anda sama sekali tak dianjurkan untuk mengonsumsi bayam apabila telah dimasak 4 jam lebih. Asalkan cara mengolahnya benar dan tak terlalu matang, kandungan nutrisi pada bayam akan bisa diperoleh secara lebih maksimal.

(Baca juga: perbedaan sakit kepala dan pusing)

10. Putih Telur

Mungkin putih telur diketahui sebagai bahan yang mampu menghilangkan komedo di kulit wajah atau mencerahkan kulit. Padahal putih telur kegunaannya bisa lebih dari itu dan yang mengejutkan adalah bahan ini bisa menyembuhkan vertigo secara tradisional. Seorang penderita vertigo membutuhkan asupan protein dan salah satunya bisa didapat dari putih telur.

Untuk yang menderita vertigo, jangan lupa untuk mengonsumsi telur, terutama bagian putihnya dan bukan kuningnya. Protein yang baik akan didapat oleh tubuh sehingga tubuh akan lebih cepat pulih. Anda dapat merebusnya, mengukusnya atau dapat diminum langsung bila berani, asalkan tak digoreng karena nutrisinya bakal hilang dan kurang maksimal.

11. Cabe Rawit

Anda pasti tahu betul bahwa cabe rawit biasanya dikonsumsi saat mengonsumsi gorengan atau masakan tertentu. Sebagian orang yang merupakan penggemar pedas sepertinya tak puas kalau setiap makan tanpa cabe rawit. Ternyata cabe rawit sangat penting dalam mendukung kesembuhan para penderita vertigo secara alami dan efektif.

Tujuan dari konsumsi cabe rawit di sini adalah supaya aliran darah dapat meningkat ke seluruh tubuh, termasuk bagian otak. Seringkali, penderita vertigo akan merasakan sakit kepala yang begitu hebatnya dan ini pada umumnya terjadi disebabkan terhambatnya suplai darah ke otak oleh sejumlah faktor. Dengan mengonsumsi cabe rawit secukupnya akan sangat membantu asalkan tak terlalu banyak karena bisa menjadi pemicu gangguan pencernaan.

12. Ginkgo Biloba

Gejala vertigo yang kurang begitu berbahaya bisa juga diatasi dengan bahan alami seperti ginko biloba. Tanaman ini tergolong dalam spesies tunggal yang berasal dari divisu anggota tumbuhan dengan biji terbuka. Tanaman yang tak berbunga dan berbuah ini kaya akan nutrisi, seperti halnya vitamin C, quercetion, ginkgolida yang merupakan senyawa antioksidan flavonoid, kaempferol, dan masih banyak yang lainnya.

Sama seperti cabe rawit, guna dari tanaman herbal ini adalah untuk melancarkan aliran darah sehingga bagi penderita vertigo sangatlah dianjurkan. Tak hanya vertigo, penderita anemia, asma, alergi, gangguan pendengaran, migrain atau sakit kepala sebelah, insomnia, serta gangguan seksual dapat juga mengandalkan tanaman ini sebagai obat.

(Baca juga: kepala sering pusing)

13. Jus Lemon

Lemon seperti yang sudah diketahui adalah termasuk di dalam jenis buah yang mengandung vitamin C super tinggi. Tak hanya baik untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit, sari atau jus lemon juga sangat menyegarkan bagi para penderita vertigo. Tak sulit juga untuk memanfaatkan bahan ini.

Anda hanya perlu mengambil jus lemon dan mengonsumsinya, asalkan jusnya dalam kondisi segar. Untuk lebih berkhasiat, silakan tambahkan dengan taburan lada hitam di atasnya tepat sebelum dikonsumsi. Minumlah secara perlahan setelah diaduk rata dan Anda akan merasakan langsung efek jus lemon yang bisa mengurangi vertigo, rasa mual dan juga muntah-muntah.

14. Yogurt dan Stroberi

Yogurt serta stroberi adalah 2 bahan alami yang begitu pas dikombinasikan untuk dijadikan obat herbal demi menyembuhkan penyakit vertigo. Untuk tambahan asupan nutrisi, kedua bahan ini bisa dikonsumsi penderita vertigo. Cobalah untuk mengambil beberapa buah saja yang kondisinya masih segar.

Campurlah bersama dengan yogurt sehingga menjadi yogurt stroberi. Baik itu stroberi diblender lebih dulu baru dicampurkan ke yogurt atau ingin dipotong-potong dan ditaruh di atasnya, itu terserah Anda. Mengonsumsi yogurt dan stroberi ini seminggu 2 kali saja sudah bisa dirasakan manfaat besarnya dalam meredakan segala gejala dari vertigo.

15. Teh dan Jahe

Selain jahe dapat dibuat wedang jahe atau diparut untuk dicampurkan ke makanan, jahe adalah rempah yang bisa digunakan untuk bahan pembuat teh, yakni teh jahe. Sering sakit kepala biasa juga sangat oke bila diatasi dengan teh serta jahe ini, jadi untuk masalah vertigo pun bisa juga dimanfaatkan.

Penderita vertigo biasanya juga akan merasakan sakit kepala yang berlebih di mana juga rasa mual dan muntah turut menyertai. Dengan membuat teh panas ditambah sedikit gula berikut beberapa potong jahe, ramuan siap diminum dan Anda dijamin akan menyukainya. Vertigo lama-kelamaan akan berkurang, rasa mual hilang dan tidak muntah lagi.

(Baca juga: mata kunang-kunang kepala pusing)

16. Paprika

Untuk obat herbal yang cocok untuk para penderita vertigo, tak usah sulit-sulit mencarinya. Paprika adalah salah satu jawaban terbaik bagi Anda yang ingin cepat sembuh karena memang kandungan vitamin B6-nya sangat tinggi. Hanya saja, memang Anda harus berkorban sedikit untuk membelinya karena paprika ini tidak begitu terjangkau.

Masukkanlah paprika ini ke dalam menu masakan Anda setiap harinya karena sayuran ini bakal menurunkan gejala vertigo secara efektif. Tak banyak yang mengonsumsi paprika ini dikarenakan harganya, namun Anda jelas masih bisa mempertimbangkan obat herbal ini apabila memang ingin mengupayakan yang terbaik untuk kesmebuhan vertigo secara total. Buang bijinya sebelum Anda mengonsumsinya.

17. Biji Semangka dan Almond

Untuk mengatasi bahaya penyakit vertigo, Anda bisa menyiapkan almond dan juga biji semangka yang bisa Anda kombinasikan bersama. Kombinasi obat herbal ini pasti bisa menyembuhkan vertigo secara efektif tanpa efek samping.

  • Caranya: Sediakan 8 buah kacang almond bersama dengan 8 biji semangka yang keduanya dapat direndam bersama-sama di dalam air semalaman ditambah juga dengan biji poppy 1 sendok makan serta biji-bijian gandum 2 sendok makan. Esok paginya barulah Anda lumatkan sampai bentuknya seperti pasta kental dari seluruh bahan tersebut. Sesudahnya, siapkan sebuah panci untuk ditempatkan di atas kompor, lalu masukkan ghee sesendok makan. Pasta ini dapat Anda masukkan dan campurkan ke dalam segelas susu untuk kemudian dapat diminum. Ulangilah proses pengobatan ini selama seminggu untuk memberikan kesembuhan efektif bagi vertigo Anda.

18. Minyak Wijen

Minyak wijen adalah salah satu obat herbal juga yang bisa dimanfaatkan ketika Anda mengalami vertigo yang sama sekali tak mengenakkan. Vertigo dapat mengganggu dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari, oleh karena itu Anda perlu menggunakan minyak wijen ini supaya bisa sembuh total tanpa adanya efek samping berbahaya.

  • Caranya: Sediakan minyak wijen yang bisa Anda campurkan bersama dengan bubuk kapulaga. Kombinasi obat ini bukanlah untuk dikonsumsi, melainkan untuk ditempelkan ke kepala Anda. Anda mungkin belum pernah mencobanya, namun sekalinya Anda menggunakannya, efeknya bakal membantu tubuh Anda memiliki peredaran darah yang lebih lancar menuju otak.

(Baca juga: kepala sering terasa berat mual dan muntah)

19. Delima Merah

Mencari obat alami yang tanpa efek samping? Obat sakit vertigo yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah delima merah. Buah satu ini ternyata juga sangat berguna bagi para penderita vertigo yang mungkin sudah hampir menyerah. Sederhana sekali, silakan langsung konsumsi buah ini dengan memakannya. Mengonsumsinya secara rutin atau membuat jus delima merah akan membantu menyembuhkan vertigo secara lebih cepat, bahkan juga terhitung aman tanpa adanya efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda.

20. Minyak Zaitun

Selain dapat menjadi pengganti minyak goreng biasa, minyak zaitun ini terbukti mampu menyehatkan tubuh, rambut dan kulit. Bahkan vertigo pun juga dapat teringankan oleh minyak ini. Dengan meminumnya langsung saja sudah sangat bisa membantu Anda sembuh dari vertigo. Minumlah seperti ketika Anda mengonsumsi air putih, dan lakukan secara rutin supaya hasilnya pun maksimal.

21. Tomat

Tomat selain dapat menjadi salah satu penurun gejala darah tinggi juga bisa Anda andalkan sebagai obat herbal bagi kondisi vertigo. Baik dengan cara memakannya secara langsung atau membuat minuman jus tomat, dapat Anda tentukan sendiri sesuai selera. Mengonsumsi tomat dengan rutin selama sakit vertigo akan membantu kesembuhan lebih cepat dan maksimal tanpa adanya efek samping.

(Baca juga: sakit kepala belakang)

22. Daun Sirsak

Pasti Anda sudah cukup tahu dan sering mendengar akan khasiat daun sirsak bagi beberapa kondisi kesehatan. Nyatanya, daun sirsak pun tak bisa dilewatkan ketika hendak mengobati penyakit vertigo. Kandungan di dalam daun sirsak ini begitu penting dan bermanfaat, sepert kalsium, fosfor, vitamin B dan A, zat besi, dan masih ada yang lainnya.

Untuk menyembuhkan vertigo serta beberapa kondisi kesehatan lainnya, Anda dapat meramu daun sirsak sebagai obat herbal ampuh. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan merebus beberapa lembar daun ini yang kemudian Anda dapat mengonsumsi air rebusannya. Minumlah rutin selama beberapa hari supaya vertigo bisa sembuh secara optimal.

23. Kulit Manggis

Ada segudang kandungan baik di dalam kulit manggis yang sangat bagus untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam kulit manggis adalah zat besi, kalium, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B1 (thiamin), sodium, serta kalsium. Kaya akan antioksidan, bahan herbal ini juga baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Karena mampu melawan segala efek jahat radikal bebas yang memicu kerusakan sel dan jaringan tubuh, vertigo pun dipercaya dapat disembuhkan oleh bahan alami ini. Ambil ekstrak kulit manggis untuk mengatasi vertigo Anda atau keringkanlah kulit manggis sebelum merebusnya. Setelah mengering, rebuslah sampai mendidih, lalu air rebusannya Anda minum setiap hari sampai vertigo sembuh.

24. Buah Sitrus

Dalam mengatasi masalah vertigo, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan sitrus di mana buah yang kaya akan vitamin C berlimpah dapat menjadi pilihan Anda, termasuk jeruk, anggur, serta lemon. Kaya akan antioksidan, buah sitrus akan menjadi obat herbal yang paling baik pula untuk vertigo. Dengan sifat antioksidan dari buah sitrus, ini bakal meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara lebih sempurna. Namun tak masalah bila Anda membuat minuman jus dari buah ini apabila misalnya tak begitu tahan dengan rasa asamnya.

(Baca juga: penyebab sakit kepala)

Pantangan Penderita Vertigo

Meski sudah ada sejumlah obat herbal yang terekomendasi di atas, tetap saja Anda perlu memerhatikan pola makan Anda dengan baik. Ada beberapa pantangan yang harus Anda turuti demi kesembuhan maksimal akan vertigo Anda. Makanan-makanan yang perlu Anda hindari selama sakit vertigo antara lain adalah:

  • Bumbu masak yang berbentuk kemasan.
  • Jenis-jenis jeroan.
  • Variasi selai dan kue, seperti martabak, keju, dan kue bolu.
  • Nasi campur, seperti nasi kebuli, nasi ulam, dan nasi uduk.
  • Makanan bersantan, apalagi santan kental.
  • Masakan yang digoreng, seperti emping dan ikan asin.
  • Seluruh jenis daging terkecuali ikan air tawar.
  • Minuman beralkohol.
  • Minuman dengan es.
  • Buah-buahan dengan kulit tebal, seperti nangka dan durian.
  • Jengkol dan pete.
  • Berbagai jenis telur, seperti telur ayam (kecuali bagian putihnya) dan telur asin.

(Baca juga: pantangan untuk penyakit vertigo)

Itulah berbagai obat herbal vertigo alami dan efektif untuk Anda pertimbangkan dan konsumsi secara rutin sampai gejalanya berkurang dan hilang. Pastikan pula pola hidup Anda tepat dan benar, seperti pola tidur yang dibiasakan untuk tidak lebih dari jam 10 malam. Asupan makan pun perlu Anda perhatikan supaya tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan kekebalan tubuh pun dapat meningkat.

You may also like