Home Featured Usai Facial, Ini 7 Hal yang Perlu Dihindari

Usai Facial, Ini 7 Hal yang Perlu Dihindari

by Erlita

Agar wajah senantiasa segar, sehat dan juga bersih, perawatan berupa facial memang paling disenangi oleh banyak wanita, bahkan beberapa pria pun merawat diri dengan facial. Dengan facial, jerawat dan komedo bakal jadi bersih karena kulit wajah akan mengelupas dan mendukung regenerasi kulit. Namun demi hasil maksimal, setelah facial hindari hal-hal ini ya.

  1. Menyentuh Wajah

Setelah facial, pastikan untuk tak menyentuh wajah sering-sering apalagi dalam kondisi tangan tidak dicuci bersih lebih dulu. Ketahui cara mencuci tangan yang benar dan steril sebelum menyentuh wajah usai facial. Kondisi pori-pori yang masih terbuka dan kulit yang menjadi lebih sensitif bisa terkena dampak buruk ketika disentuh oleh tangan yang tidak dalam keadaan bersih.

  1. Eyebrow Threading atau Terapi Uap

Usai facial, pastikan juga untuk menghindari metode perawatan wajah lainnya semacam terapi uap atau eyebrows threading. Jangan lakukan kedua jenis perawatan sebelum seminggu karena dapat membahayakan pembuluh darah yang ada tepat di bawah permukaan kulit sekaligus juga berdampak buruk bagi pori-pori kulit.

  1. Memencet Jerawat

Selain menyentuh wajah, pastikan tidak memencet jerawat termasuk jerawat-jerawat kecil untuk mengeluarkannya secara paksa. Usai facial, wajar masih menjumpai blackhead atau whitehead, karena belum matang maka belum diekstraksi; hanya saja, beri waktu seminggu setelah facial baru boleh memijat wajah karena dikhawatirkan bisa memicu infeksi.

  1. Melakukan Perawatan Kulit

Setelah facial, pastikan hindari dulu cara merawat kulit wajah dengan face mask atau skincare lainnya. Perawatan kulit wajah memang penting, tapi pakailah produk skincare apapun paling tidak seminggu setelah facial karena dikhaatirkan produk tersebut mampu memicu kemerahan pada kulit dan bentuk iritasi lainnya.

  1. Memakai Scrub

Pemakaian scrub sebagai eksfoliator atau pengangkat sel-sel kulit mati sebaiknya dihindari dulu. Sabun pembersih wajah dengan butiran-butiran scrub justru hanya akan memicu kerusakan lapisan perlindungan kulit dan meningkatkan risiko radang di kulit. Pakailah scrub paling tidak seminggu setelah facial agar aman ya.

  1. Memakai Makeup

Usai facial, hal yang juga perlu dihindari adalah memakai riasan wajah alias makeup di mana hal ini berlaku 72 jam sejak selesai facial. Beri waktu bagi kondisi kulit wajah untuk memulihkan diri karena saat pori-pori terbuka, ini menjadi peluang bagi bakteri terserap lebih mudah ke dalam kulit. Bahkan peeling cream, krim maupun serum juga diharapkan tidak dipakai dulu.

  1. Terpapar Sinar Matahari Langsung

Sensitivitas kulit jauh lebih meningkat setelah facial, jadi bahaya sinar matahari langsung ke kulit bisa-bisa bikin kulit bertambah sensitif dan membuat kita tak nyaman. Jika ingin berlama-lama di luar ruangan atau bahkan berjemur, tunggu 4 hari hingga seminggu karena bahaya sinar ultraviolet justru bisa merusak kulit. Jika pun sudah waktunya boleh kena matahari, selalu terapkan sunscreen SPF 30 untuk perlindungan kulit.

Dilansir dari laman CosmoGirl, 2 jam sehabis facial, justru dianjurkan untuk mencuci wajah menggunakan air es atau air dingin. Hal ini berlaku khususnya bagi pemilik kulit tipe berminyak; hindari pemakaian krim apapun bahkan tak dianjurkan memakai sabun, jadi cukup air es atau air dingin saja. Selain itu, ingat beberapa pantangan di atas ya supaya kulit tidak kemudian mengalami iritasi, radang hingga kerusakan parah.

You may also like