11 Cara Merawat Wajah Sebelum Tidur Agar Kulit Makin Oke

147

Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat senantiasa, perawatan wajah sebelum tidur itu juga perlu lho. Dengan aktivitas sepanjang hari yang membuat kulit wajah terpapar debu, polusi dan sinar matahari, jangan heran kalau wajah jadi cepat kusam, mudah terbakar dan jadi kering. Karena meningkatkan regimen kulit paling baik adalah di malam hari, coba beberapa cara merawat wajah sebelum tidur ini.

  1. Membersihkan Makeup

Hal pertama usai beraktivitas seharian adalah membersihkan riasan wajah jika sering memakainya. Bahaya tidur dengan makeup bisa sangat tinggi untuk kulit lho, jadi pastikan pakai pembersih makeup yang tepat supaya kotoran-kotoran seluruhnya dapat terangkat dan kulit wajah jadi bersih dan segar.

  1. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Membasuh bersih wajah memakai air hangat lebih dianjurkan daripada menggunakan air dingin biasa. Air hangat adalah pembuka pori-pori yang alami dan efektif sehingga saat dibersihkan dengan sabun khusus cuci muka, kandungan dari pembersih wajah bisa meresap ke kulit. Selain itu, saat pori-pori sudah terbuka, pengangkatan kotoran jadi lebih sempurna.

  1. Memakai Facial Foam atau Cleanser

Makeup sudah bersih, lalu wajah sudah dibasuh dengan air hangat, pori-pori yang terbuka bisa langsung dibersihkan dengan facial foam atau cleanser sesuai jenis kulit wajah. Pastikan seluruh wajah telah basah, usap facial foam atau cleanser sambil memberi pijatan pada wajah. Gunakan air bersih untuk membilas jika sudah selesai.

  1. Memakai Toner

Karena usai membersihkan wajah pori-pori masih terbuka, maka gunakan pendingin sebagai penutup pori-pori kembali. Toner adalah yang paling dibutuhkan karena tak hanya menutup pori-pori, toner adalah pembersih sisa kotoran sekaligus penyegar wajah.

  1. Memakai Serum

Penggunaan serum juga merupakan perawatan wajah di malam hari sebelum tidur yang bisa mengencangkan kulit. Untuk kulit tidak kehilangan elastisitasnya, pastikan untuk menggunakan serum supaya senantiasa kenyal dan jauh dari tanda-tanda penuaan. Tidak wajib sih, namun jika merasa perlu tak masalah untuk menggunakannya karena sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

  1. Memakai Pelembab

Untuk pemilik kulit kering, pastikan untuk menerapkan pelembab pada kulit wajah dengan kandungan alfa hidroxy acid atau AHA. Kandungan AHA pada pelembab siap meregenerasi kulit, namun bagi kulit tipe sensitif sebaiknya oles tipis-tipis saja. Pada kulit sensitif, pelembab dengan kandungan pemutih atau whitening sebaiknya dihindari karena berisiko menyebabkan iritasi.

  1. Memakai Krim Malam

Penggunaan krim malam pun tidaklah wajib, namun jika ingin memakainya, pastikan sesuaikan dengan jenis kulit serta usia. Untuk usia 30-40 tahun, tanda-tanda penuaan dini akan mulai kelihatan sehingga krim malam dengan anti-aging lebih dianjurkan, sementara bagi yang masih usia 20-an, gunakan krim malam yang kandungan retinoid acid-nya tinggi.

  1. Memakai Masker

Masker tidaklah perlu dilakukan setiap malam sebelum tidur, cukup seminggu sekali atau setiap 3-4 hari sekali. Hanya saja, jangan gunakan masker dan krim malam bersamaan ya, sebab keduanya memiliki fungsi masing-masing yang berbeda. Masker dari bahan alami lebih dianjurkan karena risiko efek sampingnya rendah.

  1. Memakai Lotion Anti Jerawat

Bagi pemilik wajah berjerawat, perawatan penting selanjutnya adalah penggunaan acne lotion. Lotion satu ini hanya boleh diterapkan apabila di wajah ada jerawat ya. Lewati tahap ini apabila memang wajah bersih bebas jerawat.

  1. Memakai Krim Mata

Untuk area mata juga butuh penuh perhatian lho, jadi jangan lupa untuk memilih krim mata yang tepat dengan kandungan antioksidan. Selain menghindarkan dari tanda penuaan dini seperti keriput, menggunakan krim malam akan mengatasi mata panda serta membuat area mata nampak jauh lebih segar dan cerah.

  1. Memakai Pelembab Bibir

Kesehatan dan kelembaban bibir tak kalah penting dari bagian lainnya pada wajah. Bagi yang suka memakai riasan wajah atau makeup apalagi khususnya lipstik, pelembab bibir bisa dipakai sebelum tidur supaya tak gampang kering, tetap sehat dan juga tetap lembab.

Demikianlah beberapa cara merawat wajah sebelum tidur agar kulit lebih segar, sehat, awet muda dan selalu cantik. Pilih selalu produk perawatan wajah yang memang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, dan pastikan pula kualitasnya benar-benar baik. Selamat mencoba setiap malam menjelang tidur.