Ingin Usus Sehat? Lakukan 10 Hal Ini Setiap Hari

271

Meski tak begitu diperhatikan, sebenarnya usus kita cukup rentan terhadap gangguan kesehatan karena saking banyaknya hal yang masuk ke dalamnya, seperti zat pengawet dari makanan, lemak jahat, minyak, dan senyawa-senyawa berbahaya lainnya. Itulah kenapa, bila ingin sehat Anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini secara rutin tiap hari.

  1. Mengelola Stres

Stres juga sangat dapat memicu peradangan pada usus sehingga sistem saraf parasimpatis yang berperan sebagai pengendali gerakan usus terganggu. Oleh karena itu, jika sedang tertekan dan butuh solusi, carilah cara mengatasi stres yang sesuai dengan situasi Anda dan pastikan bahwa cara tersebut pun aman.

  1. Mengurangi Asupan Gula

Banyak dari kita belumlah tahu bahwa produksi asam lambung dapat meningkat karena asupan gula terlalu banyak. Ini kemudian menjadi pendorong empedu supaya kinerjanya lebih keras. Kurangilah konsumsi gula karena dengan mengasup gula banyak-banyak ini bisa menjadi peningkat risiko bakteri jahat berkembang di dalam usus lho.

  1. Mengonsumsi Makanan Segar

Karena masih segar, otomatis kandungan zat pengawetnya tidak ada atau bahkan rendah, inilah yang paling bagus untuk kesehatan usus. Perhatikan tingkat kesegaran makanan yang hendak disantap karena bukan hanya yang segar itu masih nikmat, tentunya hal ini tak akan berpengaruh buruk pada usus.

  1. Mengonsumsi Biji-bijian

Mengonsumsi gandum utuh adalah salah satu yang paling dianjurkan karena mampu membantu memperbaiki sistem metabolisme, sistem daya tahan tubuh sekaligus mikroba baik pada usus. Mengonsumsi oatmeal termasuk pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan setiap hari demi usus sehat.

  1. Memperbanyak Asupan Serat

Makan makanan yang mengandung serat tinggi pun merupakan pilihan yang tepat sebagai cara menjaga usus tetap sehat. Mulai dari kacang-kacangan, sayuran, serta buah segar adalah sumber serat yang bisa dimanfaatkan. Namun juga jangan sampai berlebihan ya, karena sehari 30 gram serat saja sebenarnya sudah terbilang cukup.

  1. Makan Sering Tapi Porsi Kecil

Hindarilah makan dalam porsi besar dan terlalu sering sebab yang benar dan sehat adalah makan porsi kecil tapi sering supaya tak membuat usus bekerja keras. Ketika makan terlalu banyak dan bahkan sering-sering, ini justru bisa menjadi alasan kenapa kinerja usus mengalami gangguan.

  1. Minum Kopi

Untuk mencegah gangguan sistem pencernaan dan menyehatkan usus, minumlah kopi hitam setiap harinya 2 cangkir saja. Ini akan membuat kadar bifidobacterium di dalam usus bisa meningkat sehingga perkembangbiakan bakteri jahat bisa terhindarkan. Selain itu, kopi hitam pun bisa dijadikan obat pencahar alami lho.

  1. Mengonsumsi Makanan Probiotik Tinggi

Makanan berprobiotik tinggi menandakan bahwa ini mampu menjadi peningkat produksi bakteri baik dalam usus kita. Oleh sebab itu, mulailah rutin mengonsumsi makanan probiotik, mulai dari acar, bawang putih, asinan kubis, buah mangga, yogurt, tempe, coklat hitam, kimchi, kefir, jamur, cuka apel, keju cottage, miso, dan kombucha.

  1. Beristirahat Cukup

Waktu tidur yang tepat setiap hari adalah 8 jam per hari sehingga kalau bisa memenuhinya sangat bermanfaat dalam menjadi pengatur hormon pada usus. Hormon pengendali rasa kenyang dan lapar akan berfungsi jauh lebih baik dan bahkan sistem kekebalan usus pun bakal meningkat karena beristirahat secara cukup setiap hari.

  1. Rajin Olahraga

Kurang olahraga nyatanya pun bisa saja berpengaruh buruk pada kesehatan ususu. Dalam usus kita ada begitu banyak mikroorganisme, ada yang baik dan tentunya ada yang jahat sehingga bisa menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, olahraga dengan rajin diperlukan supaya jumlah bakteri baik bisa meningkat di dalam usus di mana hal ini telah dibuktikan oleh hasil penelitian dari Universitas Colorado-Boulder.

Mudah bukan cara menjadikan usus senantiasa sehat dan jauh dari gangguan kesehatan? Biasakanlah hal-hal tersebut mulai sekarang supaya usus sehat dan pencernaan juga bakal tetap lancar.