16 Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Paling Alami dan Manjur

Jerawat bruntusan dapat menjadi hal yang cukup mengganggu penampilan baik bagi wanita maupun pria. Kesehatan kulit tentunya menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian ekstra, karena jerawat bruntusan dapat terjadi pada siapapun, terutama ketika stres, kurangnya kebersihan wajah, hormon yang tak seimbang, merokok, hingga kosmetik yang tak cocok dan tipe kulit yang berminyak lebih. Berikut adalah beberapa langkah cara menghilangkan jerawat bruntusan untuk dipraktikkan.

  1. Membersihkan Wajah dengan Sabun Khusus Wajah Alami

Dalam mengatasi wajah yang berjerawat bruntusan, Anda perlu mengubah pemakaian sabun muka yang tadinya berbahan dasar kimia. Sabun khusus muka dengan kandungan detergen tentunya akan mampu memperburuk kondisi kulit yang sudah bruntusan.

Oleh karena itu, penting untuk beralih pada sabun muka herbal yang alami dan aman bagi kulit yang tengah mengalami peradangan. Sabun binahong adalah contoh sabun herbal yang bisa diandalkan dalam membersihkan wajah sekaligus membuat bakteri penyebab jerawat dicegah dengan baik supaya tak berkembang biak dengan cepat.

  1. Hindari Penggunaan Riasan Tebal

Pori-pori kulit wajah akan sulit bernapas ketika menggunakan riasan tebal dan hal ini jugalah yang akan menyebabkan aliran oksigen terhambat dan tak lancar. Salah satu penyebab jerawat bruntusan dapat timbul adalah karena minimnya pasokan oksigen pada kulit wajah sehingga jerawat pun pertumbuhannya langsung cepat dan banyak.

Perkembangbiakkan bakteri anaerob bisa sangat cepat sehingga biasanya jerawat bruntusan pada wajah pun akhirnya mengalami peradangan karena nampak kemerahan. Supaya riasan wajah terasa lebih ringan, memakai loose powder adalah solusi paling baik. Selama bruntusan terjadi, biarkan kulit wajah bernapas dengan baik tanpa riasan wajah setebal biasanya.

  1. Perubahan Pola Makan

Jerawat bruntusan pada dasarnya juga bisa hilang dengan mengikuti tips diet sehat, yakni dengan menghindari beberapa makanan tertentu. Makanan yang mengandung karbohidrat dan yang terbuat dari tepung sebaiknya dihindari lebih dulu. Bukan hanya itu, konsumsi gula, nasi, roti serta minuman manis dapat juga dikurangi/dibatasi.

Untuk kesehatan kulit wajah Anda, tingkatkanlah konsumsi buah alpukat (tanpa dicampur dengan coklat, susu atau lainnya), sayur-sayuran, serta buah-buah segar kaya akan vitamin E lainnya. Proses penyembuhan jerawat bruntusan dapat didukung dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tepat sehingga perlu untuk berdiet dan membatasi makanan/minuman tertentu.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk kulit, terutama mencegah kulit kering dan tetap terhidrasi dengan baik. Demi penyembuhan jerawat di wajah secara maksimal, maka selain mengubah pola diet, Anda pun perlu memperbanyak minum air putih. Minimal 10 gelas per hari adalah yang paling baik terutama selama dalam masa perawatan dan lihat akan hasilnya setelah beberapa waktu.

  1. Mengurangi Ngemil

Selain mengubah pola diet dan memperbanyak asupan air putih, penting untuk juga mengurangi kebiasaan ngemil. Selama cemilan yang dikonsumsi memang merupakan makanan yang mampu meningkatkan kesehatan kulit maka tak akan menjadi masalah, namun kurangi cemilan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, minyak dalam kadar tinggi, gula tinggi, atau garam tinggi.

  1. Mencuci Wajah dengan Benar

Selain memerhatikan produk pembersih wajah yang tepat, cara mencuci wajah pun sebaiknya dilakukan dengan benar agar hasilnya kulit bisa terhindar dari jerawat bruntusan yang lebih serius. Berikut ini beberapa langkah untuk diperhatikan dan diperhatikan selama mencuci wajah.

  • Mencuci wajah secara teratur supaya wajah juga bebas dari minyak berlebih sekaligus kotoran dapat diangkat dengan baik.
  • Usap-usap saja wajah Anda dan hindari cara menggosok.
  • Menggunakan sabun khusus muka yang disesuaikan dengan kulit wajah berminyak dan berjerawat.

  1. Menggunakan Baking Soda

Jika ingin merawat dan menghilangkan jerawat bruntusan secara alami lainnya, maka bahan yang bisa digunakan adalah baking soda. Terlepas dari bahaya baking soda, bahan ini dapat mengatasi peradangan dan iritasi akibat jerawat bruntusan. Dengan mencampurkan baking soda dan air biasa secukupnya dengan takaran yang tepat, campuran yang sudah membentuk pasta bisa dioles ke kulit wajah secara merata. Biarkan beberapa waktu sampai kering sebelum kemudian bisa dibilas menggunakan air hangat hingga bersih.

  1. Memakai Minyak Cengkeh

Di dalam minyak cengkeh ada kandungan tinggi akan senyawa aktif eugenol yang bisa membuat jerawat bruntusan hilang secara alami bahkan menjaga kesehatan kulit dengan baik. Cukup ambil minyak cengkeh secukupnya untuk dicampurkan dengan sedikit air, barulah dioles merata pada kulit wajah yang berjerawat bruntusan. Diamkan beberapa waktu sebelum wajah dibersihkan memakai handuk hangat; lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang jerawat bruntusan secara alami karena ada sifat astringent yang dibawa oleh bahan ini sehingga akan mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah. Campurkan lebih dulu cuka sari apel seperlunya dengan air segar secukupnya juga dengan perbandingan 1:3.

Setelah wajah dibersihkan, pastikan untuk mengaplikasikan larutan cuka sari apel tadi ke bagian wajah yang berjerawat bruntusan. Tinggalkan selama kurang lebih 10 menit atau bila Anda mau, gunakan di malam hari sebelum tidur dan ditinggalkan semalaman. Setelah itu, bersihkan wajah dengan membilasnya sampai sisa cuka sari apel hilang.

  1. Membuat Masker dari Madu dan Kayu Manis

Perpaduan dari madu murni dan kayu manis akan membantu menghilangkan jerawat bruntusan Anda karena kayu manis sendiri kaya akan sifat antimikroba dan madu juga merupakan sebuah antibiotik alami. Ambil sesendok teh kayu manis dan campur bersama 2 sendok makan madu.

Jadikan campuran bahan ini sebagai masker wajah dan tinggalkan selama 10-15 menit setelah diaplikasikan ke wajah. Sesudah waktu tersebut lewat, bersihkan secara menyeluruh dan keringkanlah dengan cara menepuk-nepuk kulit wajah secara perlahan hingga kering.

  1. Menggunakan Pepaya

Buah pepaya bukan hanya baik dalam menjadi obat pencahar alami, karena pada dasarnya buah ini sangat baik juga bila digunakan untuk merawat kulit. Di dalam buah pepaya ada enzim yang kita sebut dengan papain di mana kandungan inilah yang membantu mengurangi peradangan akibat jerawat bruntusan.

Sediakan 1 buah pepaya yang masih dalam keadaan segar, hancurkanlah bagian dagingnya lalu jadikan masker dengan mengaplikasikannya ke wajah. Tunggulah sekitar 15-20 menit sebelum kemudian dapat dibersihkan dengan cara membilasnya menggunakan air hangat. Bila kulit Anda cenderung mudah kering setelah dibersihkan, jangan lupa untuk menggunakan pelembab aman setelahnya.

  1. Memakai Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan cara penghilang jerawat bruntusan yang juga ampuh. Cara penggunaannya pun sederhana karena Anda cukup menyediakan air bersih, bola kapas dan sebotol kecil minyak pohon teh. Campurkan minyak pohon teh dan air dengan perbandingan 1:9 lalu dengan bola kapas Anda bisa aplikasikan larutan ke wajah yang berjerawat bruntusan. Bila kulit tergolong sangat sensitif, campurkan minyak pohon teh dengan lidah buaya saja daripada dengan air.

  1. Menggunakan Kulit Pisang

Kulit pisang diketahui mengandung lutein di mana lutein ini adalah antioksidan yang kuat yang mampu mengurangi inflamasi akibat jerawat bruntusan. Bahkan dengan pertolongan lutein ini, sel-sel kulit yang baru akan tumbuh dengan baik. Jadi, pastikan untuk menggunakan kulit pisang di mana bagian dalamnya diusap-usapkan ke bagian kulit wajah berjerawat, tunggu 30 menit sebelum akhirnya bisa dibilas.

  1. Memakai Kamomil

Kamomil bukan hanya menjadi bahan alami yang bisa membantu Anda meredakan rasa stres dan depresi. Kamomil pun merupakan bahan aman bagi yang berjerawat bruntusan. Ambil isi dari kantong teh kamomil yang kemudian diblender bersama sedikit air untuk membentuk pasta halus. Aplikasikan ramuan pada jerawat secara merata. Atau, bisa juga buat tehnya dan gunakan untuk membersihkan wajah secara rutin.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Ambil gel lidah buaya untuk diaplikasikan pada wajah yang berjerawat bruntusan secara merata lalu diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Pastikan dalam menggunakan bahan ini, Anda tak mencampurkannya dengan bahan lain sehingga murni aloe veralah yang dipakai. Dapatkan khasiat lidah buaya untuk kulit dengan cara yang mudah.

  1. Memakai Lemon

Anda bisa menjadikan buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sebagai desinfektan, pencerah kulit sekaligus eksfoliator (pengangkat sel-sel kulit mati). Lemon adalah pilihan buah yang baik bila Anda juga ingin menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah dan mencegah pembentukan jerawat baru. Ambil jusnya dan pastikan Anda mengaplikasikan ke bagian wajah dengan menggunakan bola kapas secara rutin, lalu setelah beberapa saat dapat dibersihkan dengan air dingin biasa.

Itulah sejumlah cara menghilangkan jerawat bruntusan secara alami yang bisa dipraktikkan oleh Anda. Semoga beberapa cara ini memberikan efektivitas yang baik untuk hilangnya jerawat bruntusan Anda.

, , , ,
Post Date: Thursday 19th, October 2017 / 06:08 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kulit