Home Penyakit dan KelainanKulit dan Kelamin 6 Cara Mencegah Kurap di Kepala – Penyebab dan Cara Mengobati

6 Cara Mencegah Kurap di Kepala – Penyebab dan Cara Mengobati

by Lia Yuliana

penyakit kurap bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa penyakit kurap adalah salah satu penyakit yang terjadi pada kulit, penyakit kurap ini biasanya berbentuk lingkaran, penyakit kurap ini akan terus membesar jika tidak segera diobati. Penyakit kurap ini dapat menimbulkana rasa gatal yang sangat luar biasa, jika kita terus menerus menggaruknya akibat gatal itu akan menyebabkan luka .Kurap juga merupakan salah satu penyakit kulit yang dikenal dengan penyakit eksim kering. Kami akan membahas beberapa penyebab kurap, pengobatan kurap dan juga cara mencegah agar tidak terjadi kurap. Dngan mengetahui beberapa hal diatas kita dapat mengatasi penyakit ini sejak dini. (Baca Juga: Obat Kurap di Apotek , Cara Mengobati Kurap)

Penyebab Kurap

  1. Kotak Langsung

Penyakit kurap juga dapat disebabkan karena adanya kontak langsung dari orang ataupun hewan yang memiliki penyakit kurap. Hanya dengan melakukan kontak langsung ini maka seseorang yang sebelumnya tidak mengidam penyakit kurap menjadi berpotensi untuk mengidam penyakit kurap ini. jika anda sering melakukan kontak langsung pada orang ataupun hewan yang memiliki sakit kurap ini akan mudah menular sebab jamur atau spora yang ada pada kuit seseorang yang terkena kurap dengan mudahnya berpindah pada kulit lainnya. (baca juga : penyebab kulit gatal , obat alergi gatal)

  1. Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh memang sangat perlu diperhatikan, menjaga kebersihan tubuh tidak hanya untuk menjaga kita dari terjadinya penyakit eksim tapi juga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit-penyakit lainnya. Anak-anak yang sering bermain keluar dan bermain kotor kotoran terutama tanah. Sebab jamur yang dapat menyebabkan penyakit eksim juga terdapat ditanah, untuk itu kita sebagai orang tua juga harus menjaga kebersihan tubuh pada anak kita, biasakan anak dilatih untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya.

Baca Juga:

  1. Kekebalan Tubuh

Kekebaan tubuh juga merupakan salah satu faktor yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit kurap. Penyakit kurap ini disebabkan karena jamur dan dapat menular pada siapa saja, jika seeorang tidak memiliki kekebaan tubuh yang kuat akan mudah terserang penyakit ini, dan penyakit ini mudah menular pada orang lain meski hanya melalui kontak langsung. Untuk itu maka tetap jagalah kestabilan kekebalan tubuh anda, agar anda tidak mudah terserang penyakit kurap dan juga penyakit-penyakit lainnya yang mengitai anda.

  1. Trychophyton

Trychophyton atau mucrosporum merpakan salah satu penyebab kurap dikepala. Penyakit kurap dikepala biasanya sering terjadi pada anak-anak dan mudakh menuar, penyakit kurap dikepala ini sering menimbulkan ruam merah yang bersisik dan terkadang terasa sangat gatal, dan bisa menyebabkan kerontokan pada rambut anda.

Baca Juga:

Cara Mengobati Kurap

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan salah satu bumbu yang ada didapur bawang putih memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi atau mengobati penyakit kurap. Bawang putih memiliki kandungan sulfur didalamnya sehingga bawangputih yang masih mentah biasanyarasanya agak getir. Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati penyakit kurap adalah dengan menyiapkan beberapa siung bawang putih lalu tumbuklah bawang putih tersebut sampai halus, selanjutnya oleskanlah ramuan tersebut pada kulit yang terkena luka kurap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit jika sudah maka bilaslah dengan air bersih, untuk hasil yang maksimal dan agar cepat sembuh maka lakukanlah cara ini 2 kali dalam satu hari.

Baca Juga:

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi kurap, sebab lidah buaya memiliki kandungan yang dapat membantu tubuh anda dalam mengurangi terjadina iritasi yang diakibatkan karena tanda-tanda penyakit kurap. Cara membuat ramuan dengan lidah buaya ini sangatlah mudah yaitu dengan siapkan satu batang lidah buaya lalu dibeah menjadi dua dan selanjutnya gosokkanlah lendir yang ada pad alidah buaya tersebut ke penyakit kurap yang diderita. Tunggulah sampai kering setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.

  1. Belerang

Pada daerah dataran tinggi vulkanik biasanya belerang sangat banyak ditemukan. Belerang juga dapat ditemukan pada pegunungan yang memiliki mata air yang murni. Belerang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kurap ini, belerang juga dapat digunakan untuk mengurangi atau meredam rasa gatal yang terjadi akiat penyakit kurap ini. mungkin untuk mencari belerang di pegunungan memang sangatlah sulit, namun jangan khawatir saat ini sudah banyak toko-toko yang menjual belerang jadi kita dapat dengan mudah menggunakan belerang ini sebagai obat kurap. Belerang dapat dimanfaatkan untuk obat eksim tradisional dan cara menghilangkan kurap

  1. Lengkuas

Lenguas merupakan salah satu bumbu pelengkap didapur, jika anda sering memasak pasti anda akan mengetahui apa itu lengkuas. Tidak hanya sebagai tambahan dalam memasak ternyata lengkuas dapat digunakan untuk mengobati penyakit kurap. Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan menyiapkan satu potong lengkuas , mbillah ujungnya dengan cara dipotong setelah itu tumbuklah ujung lengkuas tersebut namun jangan sampai ujung lengkuas tersebut hancur, selanjutnya celupkan lengkuas tadi pada air cuka setelah itu oleskan lah pada daerah yang terkena penyakit kurap, lakukan cara ini 2 kali sehari dengan teratur, agar kurap segera hilang dan sembuh. Selain itu lengkuas pun dapat digunakan untuk berbagai alternatif obat seperti obat tradisioanal rematik, obat panu tradisional, dan obat herbal rematik

  1. Daun Tembakau

Daun tembakau juga dapat digunakan untuk mengurangi atau mengobati penyakit kurap ini caranya dengan siapkan daun embakau secukupnya setelah itu tumbuklahdaun tembakau hingga haus lalu aplikasikanlah pada kulit yang terkena kurap, lakukanlah cara ini 2 kali sehari secara rutin agar kurap segera hilang.

Baca Juga:

  1. Daun Jinten

Ramuan yang terakhir adalah daun jinten, daun jinten dapat digunakan untuk mengobati kurap caranya adalah dengan menyiapkan 5 lembar daun jinten, minyak kelapa secukupnya, bawang putih 3 butir. Jika barang barang tersebut sudah siap langkah selanjutnya adalah dengan menumbuh bawang putih dan juga daun jinten berikanlah minyak kelapa sedikit selanjutnya oleskanlah pada kulit yang terkena kurap. Untuk hasil yang maksimal lakukanlah cara ini 2 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara Mencegah Kurap di Kepala

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Saat kita selesai beraktivitas, apapun aktivitasnya terutama aktivitas yang membuat tubuh kita menjadi kotor maka segeralah mandi agar tubuh kita menjadi bersih. Menjaga kebersihan tubuh bisa menjadi salah satu cara mencegah agar kita tidak terkena penyakit kurap, jika kurap itu dikepala maka kita harus menjaga kebersihan kulit kepala kita agar jamur-jamur yang ada dikepala segera mati dan tidak dapat berkembang. Dengan rajin membersihkan tubuh dan rambut maka dapat mengurangi ataupun mencegah infeksi jamur pada kulit yang dapat menyebabkan kurap pada kepala maupun bagian-bagian lainnya. Menjaga kebersihan tubuh juga merupakan cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:

  1. Menjaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan juga sangat penting dilakukan, biasakan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas terutama jika ingin makan ataupun yang lainnya, sebab tangan merupakan salah satu media masuknya bakteri, jamur ataupun hal-ha yang lain yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan atau penyakit kulit yang lainnya.

  1. Menjaga Kebersihan Rumah

Jamur tidak hanya datang dari seseorang yang terinfeksi jamur saja, ternyata jamur juga dapat datang dari lingkungan sekitar kita, ataupun bisa diebabkna karena barang yang terdapat dirumah kita misalnya seperti seprai, handuk, karpet dll. Agar kita tidak terkena berbagai infeksi jamur alangkah lebih baik jika kita menjaga kebersihan rumah kita. Sebab tempat yang kotor sangatlah disukai oleh jamur. Dengan mengganti sprei, handuk ataupun membersihkan karpet yang sudah kotor dapat mencegah kita dari erinfeksi jamur penyebab penyakit kurap.

Baca Juga:

  1. Menggunakan Pakaian yang Bersih

Menggunakan pakaian yang bersih merupakan salah satu cara mencegah agar tidak terjadi infeksi jamur. Cucilah pakaian hingga bersih agar jamur kulit tidak menempel pada pakaian tersebut dan pakaian tersebut aman untuk kita pakai.

  1. Menjaga Kebersihan Kuku

Dengan menjaga kebersihan kuku juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara pencegahan yang dilakukan agar tidak terserang penyakit kurap. Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat terinfeksi oleh jamur, dan dapat menyebabkan penyakit kurap. Cara menjaga kebersihan kuku adalah dengan tidak membiarkan kuku menjadi panjang, sebab kuku yang panjang mudah sekali kotor, jika kita tidak dapat atau tidak tlaten dalam menjaga dan merawat kuku alangkah lebih baiknya jika kuku tidak dibiarkan panjang, atau seringlah memotong kuku jika kuku sudah dirasa panjang. Beberapa penyakit kuku yang lainnya seperti penyebab jamur kuku dan penyebab cantengan

  1. Memiliki Alat Pribadi Sendiri

Penularan penyakit kurap salah satunya juga disebabkan karena sering bergantian mengunakan alat pribadi seperti handuk, pakaian, topi, sikat gigi ataupun benda pribadi lainnya. Tidak hanya kurap penyakit kulit lainnya yang disebabkan karena infeksi jamur juga  dapat menular melalui pemekain benda pribadi secara bersamaan, untuk itu agar mengurangi resiko terkena penyakit kulit lainnya adalah dengan tidak meminjamkan alat pribadi kepada orang lain.(Baca Juga: Cara Menghilangkan Panu Dibadan , Obat Nyeri Sendi Tangan)

Itulah beberapa penyebab, gejala, cara mengobati dan cara mencegah agar kurap tidak menyerang pada kita. Untuk itu maka  tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit, jika memang ana sudah terlanjur mengalami penyakit kurap aau sedang mengalaminya sekarang anda bisa menggunakan beberapa cara pengobatan yang telah kami paparkan. Namun jika anda memang belum pernah mengalami penyakit kurap tersebut anda bisa melakukan beberapa cara pencegahannya dan perhatikan beberapa ciri-ciri penyakit kurap agar kita bisa berwaspada sejak dini.

You may also like