Minum Kopi Picu Jerawat Benar Atau Tidak Sih?

150

Polusi dan kotoran yang menyumbat pori-pori memang kemudian dapat menjadi pemicu timbulnya acne. Hanya saja, asupan makanan dan minuman sehari-hari juga berperan besar dalam menjadi faktor penyebab jerawat muncul lho. Tips diet sehat sebenarnya adalah kunci untuk mendapatkan kulit mulus bercahaya tanpa jerawat, namun bagi para pecinta kopi apakah hal ini cukup berpengaruh?

Biasanya, beberapa faktor pemicu jerawat yang berasal dari makanan antara lain bersumber dari:

  • Makanan yang digoreng/gorengan
  • Roti
  • Makanan-makanan pedas
  • Produk olahan susu

Lalu, bagaimana dengan konsumsi kopi? Apakah kopi juga dapat menjadi alasan dibalik kulit berjerawat? Sayangnya, jawabannya adalah ya, apalagi kalau konsumsi kopi tidak pada tempatnya dan sangat berlebihan setiap harinya.

Menurut Dr. Shilpa Arora ND seorang praktisi kesehatan sekaligus ahli nutrisi, asupan kopi berlebih per hari mampu memperburuk kondisi jerawat. Namun tentu saja, kopi bukan semata-semata menjadi penyebab utama dari timbulnya jerawat karena pada dasarnya jerawat muncul itu disebabkan oleh hormon tubuh yang tak seimbang.

Untuk bisa menghindari kemunculan jerawat apalagi yang membandel, asupan makanan dalam diet sehari-hari perlu diperhatikan. Segala bentuk makanan kaya gula alias makanan manis, belum lagi makanan olahan/makanan cepat saji/junk food/makanan kemasan perlu dibatasi. Clean diet adalah kunci bagi yang ingin menghindar dari jerawat, yakni dengan konsumsi sayuran dan buah segar jenis musiman.

Apa itu artinya kita tak boleh minum kopi supaya tak gampang jerawatan? Bukan tidak boleh, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar jerawat tak gampang terpicu:

  • Menikmati kopi sah-sah saja, asal tidak berlebihan; ini karena di dalam kopi ada kandungan yang mampu membuat hormon stres meningkat sehingga berpengaruh pada penambahan asupan kalori sehingga jerawat bisa muncul.
  • Imbangi asupan kopi dengan tetap minum air putih secara cukup setiap harinya karena kopi pada dasarnya mampu memicu dehidrasi.
  • Konsumsi banyak buah dan sayur serta makanan-makanan bernutrisi tinggi karena minum kopi pun juga diketahui mampu membuang mineral dan vitamin esensial dari dalam tubuh yang kemudian berakibat pada kemunculan jerawat.

Jadi bagi Anda yang mudah jerawatan, tapi juga merupakan seorang penggemar kafein atau kopi, batasi asupannya menjadi 2-3 cangkir kecil saja per hari. Hal ini juga akan meminimalisir penyakit-penyakit lainnya seperti hipertensi, hingga penyakit jantung dan stroke. Jadi pembatasan asupan kopi tak hanya bermanfaat untuk kulit lho, tapi juga seluruh tubuh.