Komedo Isinya Cacing Benar atau Tidak? Ini Penjelasan berikut Cara Mengatasinya

Seperti banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa komedo merupakan masalah kulit yang banyak dikeluhkan oleh para wanita walau juga menjadi masalah yang dialami para pria. Komedo terdiri dari 2 jenis, yakni komedo putih dan komedo putih. Komedo yang muncul biasanya diakibatkan oleh sumbatan di bagian pori-pori kulit.

Munculnya komedo juga terkadang bisa dikarenakan minyak yang berlebihan di kulit wajah, namun komedo tidaklah berbahaya sama sekali. Tapi, pernahkah Anda mendengar bahwa komedo isinya cacing? Benarkah komedo merupakan rumah cacing? Mungkin antara menjijikkan dan mengerikan mendengar hal tersebut, namun ada baiknya untuk kita simak kebenaran dari hal tersebut sebagai berikut.

Benarkah Komedo Berisi Cacing?

Komedo bukanlah cacing atau komedo tidak sama dengan cacing. Lebih tepatnya pun bukan komedo berisikan cacing, melainkan dalam setiap pori-pori manusia, terutama pori-pori wajah, diketahui terdapat sebuah jenis mikroorganisme yang menumpang hidup khususnya pada area pipi, dagu dan hidung. Sebutan untuk mikroorganisme ini adalah Demodex SP.

Demodex ini masih termasuk dalam golongan jenis kutu atau tungau namun tidaklah berbahaya walaupun bertahan hidup di folikel rambut di pori-pori. Bentuk dari demodex ini mirip dengan cacing memang, namun tubuhnya bersegmen dua dan ukurannya tak sama dengan cacing sebab hanya sekitar 0,3-4 milimeter saja berwarna sedikit transparan dengan kaki berjumlah 8 buah yang pendek.

Mikroorganisme satu ini dapat berkembang baik dan cara perkembangbiakkannya adalah dengan bertelur. Saat hendak bertelur di usia 3-4 hari, ia akan mati di usia seminggu, lalu setelah mati akan mengalami penguraian ke dalam pori-pori kulit kemudian terjadi penyatuan dengan pori-pori kulit.  Walau tak berbahaya, terkadang beberapa orang akan merasa jijik karena adanya cacing komedo satu ini.

Penyebab dan Efek

Komedo pada dasarnya timbul sebagai akibat dari kurangnya menjaga kebersihan kulit, terutama kulit wajah. Wajah dengan tipe berminyak akan memperbesar risiko timbulnya komedo, begitu pun dengan pori-pori yang besar dan gampang tersumbat oleh debu dan polusi.

Dengan jarang membersihkan kulit wajah, otomatis komedo mudah timbul, termasuk juga bagi para wanita yang suka menggunakan makeup atau riasan wajah dan membiarkannya menempel di wajah karena malas mencuci muka. Selelah apapun, ketika wajah penuh dengan riasan wajah, silakan paksakan diri untuk tetap membersihkan wajah sampai bersih dengan produk pembersih wajah yang juga tepat.

Demodex memang merupakan mikroorganisme yang tak berbahaya karena di dalam setiap kulit wajah manusia pasti terdapat cacing satu ini. Hanya saja, penting juga untuk diingat bahwa ada efek tertentu yang terjadi pada seseorang yang kulitnya mempunyai reaksi alergi terhadap cacing serta kutu meski hal ini termasuk kejadian langka.

Ketika seseorang memiliki alergi dengan kutu dan cacing, maka ada kalanya efek kulit orang tersebut bakal menjadi kemerahan dan terus-menerus terasa gatal. Itulah efek paling umum yang terjadi akibat cacing yang kita sebut sebagai Demodex ini. Selebihnya, mikroorganisme ini tak pernah mengancam kesehatan tubuh kita.

Cara Mengeluarkan Komedo

Supaya komedo bisa keluar dan wajah menjadi bersih, rata-rata orang akan memencet komedo tersebut. Sebenarnya walaupun cara seperti ini tampak biasa dan sudah banyak yang melakukan, hal ini tak bisa dibenarkan sebab mampu menjadikan kondisi komedo makin serius. Berikut di bawah ini merupakan beberapa cara ampuh nan alami yang bisa dicoba untuk mengeluarkan komedo.


  • Memakai Air Garam Hangat

Supaya komedo bisa keluar dengan baik tanpa harus dipencet, gunakanlah garam yang bisa Anda kombinasikan atau campur bersama air hangat. Larutan air garam hangat bukan hanya dapat menjadi obat batuk yang ampuh, melainkan juga mampu dipakai untuk membersihkan komedo dari kulit wajah.

Basuhkan larutan air garam hangat yang sudah jadi ke bagian kulit wajah yang terdapat komedo, diamkan dulu sejenak sampai kotoran penyebab komedo terangkat. Sesudah itu, barulah lanjutkan menggunakan air bersih untuk membersihkannya. Terakhir selalu penting untuk mambasuh wajah menggunakan air dingin supaya pori-pori kembali menutup dengan baik.

Butiran garam itulah yang diyakini mampu menjadi pengangkat komedo paling baik berikut juga sel-sel kulit mati yang ada pada kulit, khususnya bila Anda merasa terganggu dengan komedo yang ada di bagian hidung. Pemakaian garam dan air hangat adalah campuran yang alami dan aman sehingga patut Anda coba ketika sedang berada dalam waktu senggang.

  • Putih Telur

Untuk menghilangkan komedo dan membuat pori-pori kulit menjadi lebih kencang, pakai saja 1 putih telur yang kemudian bisa dikocok lebih dulu hingga hasilnya mengembang, lalu oles putih telur yang sudah dikocok tersebut pada wajah. Bila ingin mengolesnya hanya pada bagian yang terdapat komedo saja pun sangat boleh.

Setelah itu, tunggulah sekitar 10-15 menit atau diamkan sampai larutan putih telur tersebut kering di kulit Anda. Ketika sudah kering atau didiamkan selama 15 menit, wajah bisa dibersihkan dengan cara membasuhnya memakai air hangat. Sesudah membersihkan dengan air hangat, tak lupa terakhir basuh menggunakan air dingin agar pori-pori yang terbuka bisa menutup kembali.

  • Lidah Buaya

Seperti yang kebanyakan orang telah mengetahuinya, khasiat lidah buaya untuk kulit sangat besar dan efektif, baik untuk melembabkan atau menurunkan risiko peradangan di kulit. Namun tak hanya itu, untuk mengeluarkan dan membersihkan komedo pun bisa diandalkan. Cukup ambil gelnya saja secukupnya dan gel ini bisa Anda pakai untuk perawatan.

Caranya cukup dengan mengoleskan gel tersebut di bagian wajah yang Anda ingin bersihkan dari komedo secara merata. Tunggulah dengan mendiamkannya selama 10-15 menit sebelum kemudian dapat memakai air hangat untuk membilas wajah. Melakukan perawatan ini dengan rutin bakal memberikan hasil yang maksimal untuk kebersihan kulit wajah dari komedo dan masalah kulit lainnya.

  • Uap Air Panas

Uap dari air panas efektif dalam membuka pori-pori kulit wajah yang kemudian akan mendukung keluarnya komedo. Panaskan air secukupnya yang kemudian bisa dituang ke sebuah wadah berupa mangkok/baskom. Wajah bisa diposisikan tepat berada di atas wadah air panas tersebut, lalu uap bisa disapukan pada wajah.

Proses penguapan ini bisa dilakukan sekitar 3-5 menit, namun pastikan bahwa Anda juga melakukannya sambil memberi pijatan lembut pada kulit yang berkomedo. Saat komedo berhasil dikeluarkan, langsung pakai saja handuk bersih untuk membersihkan wajah Anda.

  • Mengonsumsi Banyak Air Putih

Minum air putih tak sekadar demi mencegah dehidrasi, karena lebih dari itu air putih mampu memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit secara alami. Percaya atau tidak, air putih mampu mendorong supaya cacing komedo dapat keluar melalui keringat yang keluar dari kulit. Jadi, saat minum air putih 8-10 gelas setiap harinya tak hanya akan terhindar dari bahaya dehidrasi tapi juga terhindar dari komedo mengganggu.

  • Mengonsumsi Banyak Sayuran dan Buah

Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang mampu menjaga kesehatan tubuh serta kulit kita. Kandungan nutrisi di dalamnya pun berefektivitas tinggi dalam melawan masalah kulit berupa komedo. Sayur serta buah dengan kandungan tinggi vitamin C, vitamin A dan vitamin B adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sudah jelas bukan tentang komedo isinya cacing tersebut benar atau tidak? Kelihatannya mengerikan memang karena di dalam kulit kita terdapat mikroorganisme mirip cacing seperti Demodex, hanya saja sekali lagi bila tak memiliki alergi maka kulit kita akan aman dan baik-baik saja. Asalkan rajin mencuci dan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih muka yang tepat, maka Anda bisa mengatasi komedo dan segala jenis masalah kulit lainnya.

 

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, October 2017 / 11:28 Oleh :