Home Featured Bolehkah Menggunakan Masker Setiap Hari? Aman Atau Membahayakan Kulit?

Bolehkah Menggunakan Masker Setiap Hari? Aman Atau Membahayakan Kulit?

by Erlita

Bagi para wanita penggemar skincare dan rutin melakukannya, mungkin sempat tertarik ya untuk menggunakan masker setiap hari? Masker wajah memang bermanfaat dalam merawat kulit secara efektif, namun bolehkah menggunakan masker setiap hari? Bahan-bahan yang terkandung dari produk masker itu sendiri apakah aman juga bagi kesehatan kulit sehingga bisa dipakai sehari-hari?

Aman dan boleh tidak pakai masker wajah setiap hari?

Penggunaan sheet mask atau masker bentuk lembaran yang kini banyak digunakan karena praktis adalah aman menurut dokter kulit jika digunakan setiap hari sekalipun. Tapi, pastikan masker yang dipakai itu tak berkandungan asam glikolat karena umumnya sheet mask untuk anti-aging memiliki formula asam glikolat yang berguna sebagai eksfoliator.

Sebetulnya, asam glikolat ini dikenal sebagai zat alami yang umum sekali digunakan sebagai kandungan produk perawatan kulit karena berfungsi menjadi pengangkat sel-sel kulit mati. Bahkan diketahui pula bahwa asam glikolat selain meremajakan kulit juga menjadi pelembab yang efektif. Namun, kadar kekuatan asam ini terlalu kuat dan mampu meningkatkan risiko iritasi kalau masker dipakai setiap hari.

Jadi bagi para pemilik kulit yang sensitif dan bahkan berjerawat, para dokter kulit tak menyarankan pemakaian sheet mask dengan kandungan asam glikolat secara rutin apalagi setiap hari. Masker jenis ini bisa mengandung sifat oklusif di mana pori-pori dapat mengalami sumbatan sehingga jerawat bisa jadi tambah buruk.

Jika memiliki tipe kulit berjerawat, masker wajah tidak sebaiknya dipakai setiap hari karena lebih baik justru seminggu sekali agar tak memperburuk jerawat yang sudah ada. Pada dasarnya, penggunaan sheet mask yang rutin dan harian bisa membuat kulit senantiasa terhidrasi, namun bahan-bahan dari masker ini bisa masuk ke dalam kulit; jika masker berpengawet tinggi, maka inilah yang bikin kulit sensitif mudah iritasi.

Pemakaian masker setiap hari dapat menjadi negatif efeknya bagi kesehatan kulit, apabila:

  • Masker mengandung asam glikolat.
  • Masker dengan jenis serta fungsi sama; misalnya memakai masker untuk hidrasi setiap hari atau masker untuk eksfoliasi setiap hari. Justru menurut seorang dokter gigi yang juga dikenal sebagai skin care enthusiast, Danang Wisnuwardhana, berganti-gantian memakai masker dengan fungsi berbeda lebih dianjurkan.
  • Masker digunakan oleh orang-orang berjerawat yang menjadikan jerawat justru bertambah parah. Itulah kenapa Debra Jaliman, seorang ahli kulit dari New York menyarankan agar pemakaian masker seminggu sekali saja cukup.

Lalu, bagaimana kalau menggunakan masker yang bukan sheet mask, melainkan masker dari bahan alami? Selama itu berbeda-beda, sah-sah saja, daripada menggunakan masker yang sama setiap hari. Hanya saja, beberapa hal inilah yang lebih disarankan:

  • Apapun jenis maskernya dan kapanpun penggunaannya, wajah harus dicuci bersih dulu sebelum menerapkan maskernya (baik itu masker ramuan bahan alami maupun sheet mask).
  • Apapun jenis maskernya, pengaplikasian yang dianjurkan hanya kurang lebih 15-20 menit saja, setelah itu bersihkan wajah dengan air biasa.
  • Apapun jenis maskernya, penggunaan paling baik adalah 1-2 kali saja per minggu karena pori kulit bisa saja kena sumbatan.
  • Sekalipun fungsi masker yang dipakai berbeda-beda, pastikan bahwa bahan masker disesuaikan lebih dulu dengan jenis kulit. Misalnya memiliki kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah bahan masker seperti cuka apel, tanah liat/clay, lemon, madu, yogurt maupun putih telur; dan jangan lupa, hindari justru yang bahan dasarnya minyak, misalnya shea butter, minyak zaitun, dan minyak kelapa.
  • Apapun jenis maskernya, kalau sampai memicu kulit gatal dan kemerahan, hentikan penggunaan dan jangan pakai lagi selama kulit masih meradang.
  • Pada kulit jenis kering, pemakaian sheet mask mengandung hyaluronic acid yang mampu menghidrasi ada baiknya dilakukan seminggu 3 kali maksimal.
  • Bila punya kulit sensitif, masker wajah yang dipilih haruslah lebih bermanfaat daripada sekadar melembabkan wajah ya.

Jadi bolehkah menggunakan masker setiap hari? Tentu boleh, asal tahu betul jenis dan kondisi kulit kita serta kandungan masker yang hendak digunakan itu memang aman dan sesuai.

You may also like