10 Penyebab Bintik Merah pada Kulit yang Sering Terjadi

Seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif biasanya sering mengalami suatu kondisi di mana kulitnya muncul bintik-bintik. Namun, pada beberapa kasus, seseorang bisa saja tidak memiliki kulit sensitif namun karena suatu sebab kulitnya mengalami bintik-bintik. Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya bintik merah di kulit, seperti:

1. Alergi

Kondisi paling umum yang menjadi penyebab bintik merah di kulit adalah alergi. Reaksi alergi tersebut biasanya juga akan diikuti dengan reaksi gatal-gatal. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya reaksi alergi di kulit, seperti penggunaan bahan kosmetik yang tidak sesuai, pakaian, makanan, atau karena cuaca (biasanya alergi dingin).

2. Dermatitis

Dermatitis merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan gejala kulit menjadi merah, kering, dan pada beberapa kasus menyebabkan rasa gatal. Jika dermatitis tidak ditangani dengan tepat, bisa jadi kondisi kulit akan semakin parah. Kulit akan mengalami luka melepuh dan menjadi koreng. Dermatitis bukanlah penyakit yang menular. Penyakit kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya infeksi bakteri, faktor genetis, kelainan sistem kekebalan tubuh, infeksi jamur, dan lain sebagainya.

3. Biang Keringat

Biang keringat adalah penyebab bintik merah pada kulit yang sering dialami oleh bayi atau anak-anak. Bintik merah yang disebabkan oleh biang keringat biasanya akan ditemukan di area-area kulit yang banyak mengeluarkan keringat. Selain bintik merah, biasanya beberapa gejala lainnya akan mengikuti, seperti gatal-gatal dan terasa panas.

(Baca juga: penyebab biang keringatcara mengatasi biang keringat pada bayi)

4. Kondisi Cuaca

Munculnya bintik-bintik merah di kulit biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki tipe kulit sensitif dan tipis sehingga mudah terkena dampak dari cuaca yang tidak stabil. Saat cuaca sangat panas atau kering biasanya kulit yang sensitif akan mudah terkena iritasi. Adapun kulit yang akan mengalami kondisi ini biasanya adalah kulit wajah. Hal tersebut terjadi tidak lain karena kulit wajah merupakan area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari sehingga kulit wajah memiliki tingkat kelembaban yang rendah dan mudah terkena iritasi.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Kebersihan diri penting untuk dilakukan agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Salah satu dampak akibat tidak menjaga kebersihan adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit.  Sebagai contoh, saat seseorang memakai pakaian yang sudah dipakai berkali-kali maka akan mudah bagi kulitnya untuk terkena iritasi. Pakaian yang kotor merupakan media paling efektif bagi kuman untuk berkembang. Jika pakaian kotor yang mengandung banyak kuman dipakai maka kuman tersebut sudah tentu akan menyebabkan kulit iritasi. Kondisi tersebut akan menyebabkan munculnya bintik merah di kulit dan disertai dengan rasa gatal.

(Baca juga: obat gatal-gatal)


6. Paparan Sinar Matahari

Radiasi sinar matahari memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Salah satunya dapat menyebabkan bintik merah pada kulit. Bahkan pada beberapa kasus, sinar ultraviolet bisa menyebabkan rasa sakit di kulit. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan krim tabir surya jika hendak melakukan aktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

(Baca juga: bahaya sinar matahari langsung)

7. Demam Berdarah

Salah satu gejala penyakit demam berdarah adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit. Penyebab utama dari bintik-bintik merah tersebut adalah akibat dari pendarahan di dalam tubuh. Pendarahan tersebut merupakan dampak dari rendahnya kadar trombosit dalam darah. Padahal trombosit memegang peranan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan juga proses pembekuan darah. Jika kekurangan trombosit, terjadinya pendarahan tidak dapat dihindarkan.

(Baca juga: bahaya kekurangan trombosit)

8. Campak

Munculnya bintik merah pada kulit juga bisa disebabkan oleh penyakit campak. Munculnya bintik-bintik merah ini biasanya terjadi setelah beberapa hari tubuh mengalami demam. Selain demam dan bintik merah di kulit, campak juga ditandai dengan gejala lain seperti mata berair, kelelahan, serta sakit tenggorokan. Adapun munculnya bintik-bintik merah setelah terjadinya demam biasanya disebabkan oleh campak jerman.


9. Gigitan Serangga

Anda pasti pernah digigit oleh semut, nyamuk, atau serangga lainnya. Beberapa jenis serangga tersebut akan meninggalkan bintik merah jika menggigit kulit Anda. Penyebab bintik merah pada kulit tersebut merupakan salah satu bentuk reaksi alergi yang ditunjukkan oleh kulit Anda. Biasanya kondisi tersebut akan segera sembuh setelah beberapa saat dan rasa gatal yang muncul juga akan reda dengan bantuan minyak oles.

10. Herpes Zoster atau Cacar Api

Herpes zoster atau yang sering disebut dengan cacar api biasanya muncul di area kulit wajah atau bagian tubuh lainnya. bintik-bintik merah yang muncul di kulit biasanya akan disertai dengan nanah dan akan terasa nyeri serta ada sensasi terbakar pada kulit. Penyakit ini biasanya akan sembuh setelah 14 sampai 30 hari. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit menular, terutama bagi mereka yang belum pernah menderita cacar air, karena virus penyebab cacar api akan menyebabkan cacar air bagi mereka yang belum pernah menderita penyakit tersebut.

Itulah beberapa macam penyakit atau kondisi yang bisa menyebabkan munculnya bintik merah di kulit. Anda bisa melakukan pengobatan dengan memperhatikan gejala-gejala yang menyertai penyakit tersebut. Biasanya bintik-bintik merah di kulit tersebut tidak membahayakan penderitanya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 08th, August 2016 / 02:08 Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin