10 Cara Menghilangkan Panu Dibadan Paling Ampuh

1992

Cara menghilangkan panu dibadan merupakan upaya untuk menghentikan pergerakan jamur penyebab panu yang ada diarea tubuh pada pria maupun wanita.
Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan tumbuhnya jamur dipermukaan kulit yang makin berkembang dan dapat menimbulkan gatal, Iritasi dan dapat mengganggu penampilan.(Baca Juga: Penyebab Kulit Bergaris , Makanan Penyebab Alergi Gatal)

Penyebab Tumbuhnya Panu

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya jamur panu dipermukaan kulit, Diantaranya:

1. Suhu

Kondisi suhu yang poanas menyebabkan keadaan tubuh manusia menjadi dalam keadaan lembab dan basah oleh keringat. Pakian yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik dapat memicu tumbuhnya jamur panu dipermukaan kulit. Didalam butiran keringat terdapat zat limbah beracun yang tidak dibutuhkan tubuh yang bisa berakumulasi dengan radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya jamur penyebab panu.

Baca Juga:

2. Aktivitas dibawah sinar matahari

Terlalu sering atau kebiasaan berada berlama lama dibawah terik matahari siang daoat memicu pertumbuhan jamur panu dipermukaan kulit. Sinar ultaviolet mampu berakumulasi dengan radiasi buruk yang ditimbulkan dari radikal bebas seperti asap kendaraan, Asap pembuangan sampah, Debu dan lain lain. Dimana didalam polusi tersebut memiliki jutaan kuman, Bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit. Jika bercampur dengan keringat ditubuh akibat terik matahari maka akan mempercepat jamur panu berkembang.

3. Berbagi barang pribadi

Memakai handuk atau baju secara bergantian atau tukar menukar barang pribadi dengan orang lain se;ain tidak pantas dan kurang etis dapat pula meningkatkan resiko munculnya jamur kulit yaitu panu yang mudah menular dan berpindah daari satu tubuh ketubuh orang lain. Hindarilah berbagi pakaian aatau handuk dengan orang lain, Guna untuk mencegah penyeabaran jamur panu.

Baca Juga:

4. Trauma akibat gesekan kulit

Gesekan antara kulit satu dengan kulit lainya yang terus menerus terjadi dapat menyebabkan munculnya kelembaban diarea pergesekan tersebut. Lokasi pergesekan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur panu secara bertahap. Misalnya gesekan dua paha dari seseorang yang bertubuh sangat gemuk.

5. Kelenjar keringat terlalu aktif
Keringat yang berlebih dapat mempercepat tumbuhnya jamu penyebab penyakit kulit. Kelenjar keringat yang terlalu aktif dapat menyebabkan keringat tidak dapat dikendalikan oleh pori pori yang jika bercampur dengan kotoran yang dihasilkan dari debu jalanan atau radikal bebas lainnya maka pertumbuhan jamur panu lebih cepat terbentuk.

6. Pakaian kurang mampu menyerap keringat
Banyak pakaian yaang terbuat dari bahan bahan kain yang kurang mampu menyerap keringat seperti Satin, Brokat, Chiffon, Baby tery dan lain lain. Pilihlah pakaian yaang terbuat dari katun karena memiliki struktir yang halus dan mudah menyerap kelebihan keringat dipermukaan kulit sehingga kulit terjaga kelembabnya .

Baca Juga:

Solusi Terbaik Menghilangkan Panu

Cara menghilangkan panu dibadan yang dapat dilakukan sendiri dirumah yang tidak membutuhkan banyak biaya dan relatif mudah untuk diracik

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat antibiotik alami, Anti peradangan dan anti jamur yang sangat kuat dan mampu membunuh jamur penyebab penyakit kulit termasuk panu.
Caranya: Ambilah bawang putih dan belahlah menjadi dua bagian. Oleskan atau gosokan perlahan lahan pada area kulit yang ditumbuhi jamur panu.

Baca Juga:

2. Belerang dan jeruk nipis

Belerang memiliki mineral yang tinggi dan jeruk nipis mempunyai zat anti jamur serta antioksidan tinggi dari vitamin Cnya. Jika kedua bahan herbal ini digabung maka akan memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti kudis, Alergi gatal dan panu.
Caranya: Hancurkan bongkahan atau butiran belerang hingga benar benar halus kemudian tamnbahkan air perasan dari jeruk nipis secukupnya. Aduklah hingga merata untuk kemudian dibalurkan perlahan pada area kulit yang terserang jamur panu.

3. Lengkuas dan garam

Lengkuas merupakan bumbu dapur yang memiliki zat kimia kuersetin, Flavonoid dan senyawa amilum yang mampu membersihkan jamur penyebab panu pada permukaan kulit. Tahukah anda bahwa Cara menghilangkan panu dibadan yang paling terkenal sejak jaman duliu adalah dengan menggunakan lemgkuas untuk menghilangan panu.
Caranya: Ambillah rimpang lengkuas, Cucilah sampai bersih kemudian potonglah menjadi dua bagian. Masukkan pada air garam untuk sesaat kemudian gosokan perlahan pada area kulit yang ditunnbgangi jamur panu.

Baca Juga:

4. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Belimbing wuluh memiliki asam oksalat, Vitamin C tinggi dan zat anti bakteri yang aktif dapat membunuh jamur penyebab panu dan menghilangkan panu, Sedangkan kapur sirih memiliki zat kimia yang mampu memblokir aktivitas jamur panu agar tidak meluas ketempat lain.
Caranya : Hancurkan belimbing wuluh matang sampi halus kemudian tambahakan kapur sirih secukupnya. Aduklah hingga merata untuk kemudian dioleskan pada kulit yang sedang terserang jamur panu. Cara menghilangkan panu dibadan paling aman bagi anak anak adalah dengan menggunaka belimbing wuluh dan campuran kapur sirih.

5. Daun pare dan kapur sirih

Daun pare memiliki rasa yang pahit tetapi jika dibuat menjadi sayur maka khasiatnya mampu membersihkan darah, Menghaluskan permukaan kulit dan mengusir jamur dari permukaan kulit dimana senyawanya bekerja dari dalam. Namaun untuk pengobatan jamur panu dapat dilakukan dengan cara dioles saja.
Caranya: Rebusah daun pare dengan takaran air yang sedang disesuaikan dengan banyaknya daun yang sedang digunakan. Setelah itu hancurkan daun pare dengan cara diblender. Kemudian tambahkan kapur sirih dan aduklah smpaai merata. Ramuan tradisional ini mampu menghilangkan panu pada permukaan kulit dan sebagai salah satu cara menghilangkan panu dibadan yang relatif lebih cepat.

Baca Juga:

6. Batang brotowali

Cara menghilangkan panu dibadan dapat menggunakan batang brotowali. Minumlah jamu brotowali asli atau bisa yang dibuat sendiri dirumah dengan menggunakan bahan dasar dari batang tumbuhan brotowali pahit. Brotowali dapat diminum 2 kali sehari secara teratur. Senyawa yang ada didalaannya mampu membersihkan darah,. Mencegah perkembangbiakan jamur kulit akibat keringat dan kotoran hasil radikal bebas serta mampu melindungi kulit dari gatal gatal.
Caranya: Ambilah beberapa bataang tumbuhan brotowali , Dibersihkan kulitnya kemudian rebuslah dengan takaran air 3 gelas saja sampai mendidih hingga nantinya menyisakan satu gelas saja. Setelah dingin saringlah airnya untuk kemudian diminum 2 kali sehari setiap hari . Didalam batangnya terdaprt senyawa penting yang dapat menyembuhkan luka, Menghilangkan panu dan membunuh bakteri atau jamur panu dari permukaan kulit lewat dalam tubuh.

7. Daun ketepeng dan kapur sirih
Daun ketepeng berkhasiat menghilangkan panu dan jika digabungkan dengan kapur sirih maka kekuatannya dalam membasmi jamur penyebab panu akan semakin tinggi dan mempercepat proses penghilangan panu dari permukaan kulit.
Caranya: Tumbuklah daun ketepeng hingga halus lalu tambahkan kapur sirih sesuai selera, Remass remaslah agar kedua bahan tersebut menyatu. Setelah itu balurkan pada kulit yang ada panunya.

Baca Juga:

8. Lendir lidah buaya
lidah buaya memiliki kemampuan dalam urusan memperbaiki jaaringan kulit yang rusak atau iritasi serta penyakit kulit termasuk panu. Lendir lidah buaya memikiki zat anti biotik aktif yang dapat menghilangkan panu atauy jenis penyakit kulit lainnya.
Caranya : Ambilah batang lidah buaya yang mempunyai karakter dan bentuk yang agak besar atau lebar. Buanglah kulitnya alalu ambillah dagingnya. Hancurkan lendir lidah buaya dengan cara di remas remas atau langsung diblender. Oleskan lendir lidah buaya tersebut pada kulit yang terserang jamur panu. Khasiat lidah buaya untuk kulit sangat ampuh untuk Pengobatan kulit lebih halus dan terbebas dari jenis penyakit kulit lain selain panu.

9. Cuka apel
Cuka apel dapat menghilangkan paniu jikan diaplikasikan pada jamur panu secara rutin dua kali sehari setelah mandi. Cuka apel dapat dibalurkan atau dioleskan dengan menggunakan kapas atau cotton bud beberapa kali. Obat alami ini dapat diterapkan pada anak anak yang menderita panu. Cuka apel sangat aman bagi anak anak karena tidak menimbulakan rasa panas dan gatal setelah pemakaian.

Baca Juga:

10. Daun pepaya
Daun peapaya yang rasanya pahit memiliki senyawa penting yang mampu menghilangkan berbagai jenis penyakit kulit dari dalam dan luar tubuh. Gunakan daun pepaya sebagai solusi terbaik atau cara menghilangkan panu dibadan. Namun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena dampaknya juga tidak baik bagi kesehatan.
Caranya: Rajinlah untuk memngkonsumsi daun pepaya rebus dan rajin pula membaluri permukaan kulit yang terkena jamur panu dengan daun pepaya yang sebelumnya telah direbus yang kemudian daun tersebut dihancurkan dengan cara dibleder lalu siap digunakan untuk digosokkan pada kulit yang ada panunya.