Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 15 Penyebab Tangan Panas Paling Berbahaya

15 Penyebab Tangan Panas Paling Berbahaya

by Henny Anugerah

Penyebab tangan panas selalu dianggap sebagai hal yang biasa dan tidak berbahaya bagi kebanyakan orang karena relatif mudah untuk diatasi. Sebenarnya penyebab tangan panas merupakan dampak dari reaksi tubuh tetapi tidak selalu menandakan bahwa tubuh telah mengalami gejala penyakit yang serius. Sensasi panas dan rasa terbakar pada tangan dapat dialami pria dan wanita di segala usia dengan penyebab yang berbeda beda dan relatif mudah untuk diatasi.

Penyebab Tangan Panas

Sensasi tangan tiba tiba menjadi panas dapat mengganggu aktivitas sehari hari namun sedikit orang yang mengetahui apa penyebabnya :

1. Alergi
Seseorang yang memiliki permukaan kulit tangan yang terlalu sensitif terhadap bumbu makanan yang memiliki sifat panas seperti lada, Cabai, Jahe, Lengkuas dan sebagiannya maka berpotensi akan mengalami serangan alergi berupa sensasi rasa hangat yang meningkat menjadi panas pada permukaan telapak tangannya dalam waktu yang cukup lama. Penyebab tangan panas karena tangan telah berinteraksi dengan bumbu makanan tersebut dapat pula dialami oleh anak anak.

2. Carpal tunner syndrome
Penyebab tangan panas dan terasa terbakar bisa juga diakibatkan karena telah terjadi peradangan pada tendon yang letaknya diantara pergelangan tangan yaitu reaksi yang dimunculkan dari saraf tepi yang terjepit pada pergelangan tangan yang sensasi panasnya bisa menjalar ke telapak dan jari jari tangan.

3. Gangguan ginjal
Racun sisa dari metabolisme tubuh yang seharusnya segera dikeluarkan oleh tubuh melalui urin, Feses dan keringat justru mengalami hambatan akibat fungsi ginjal menurun. Kondisi ini dapat menjadi penyebab tangan panas, pergelangan tangan kesemutan dan jari jari terasa seperti menebal.

4. Cedera tangan
Kecelakaan yang menyebabkan area tangan mengalami cedera dalam bentuk lebam, terluka, Bengkak dan mengalami pendarahan didalam saraf sarafnya maka akan mengalami trauma kompresi saraf, Karena bekas luka yang telah terjadi dapat menimbulkan rasa panas seperti terbakar dimana keadaan tersebut adalah serangan arthritis. Cedera berat pada tangan akibat kecelakaan adalah salah satu penyebab tangan panas yang paling sering terjadi di masyarakat umum.

5. Tubuh keracunan
Ketika tubuh mengalami reaksi penolakan terhadap sesuatu yang dianggap sebagai benda asing didalam tubuh (Keracunan) misalnya karena mengkonsumsi obat obatan tertentu atau karena zat logam pada makanan yang terlalu tinggi dapat merusak saraf tepi pada area jari jari. Telapak dan pergelangan tangan yang kemudian secara perlahan akan menyebarkan sensasi kesemutan. Permukaan kulit area tangan menjadi seperti lebih tebal dan akhirnya diakhiri dengan rasa panas seperti terbakar.

6. Menderita penyakit autoimun
Penyakit autoimun termasuk jenis penyakit langka yang dapat menyebabkan sensasi terbakar pada tubuh termasuk pada daerah tangan. Autoimun merupakan penyakit yang terbukti dapat menjadi penyebab tangan panas dimana kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri sehingga bisa mengganggu aliran darah dan menurunkan fungsi utama saraf saraf tubuh.

7.Radang pada sumsum tulang belakang
Radang sumsum tulang belakang atau bahasa medisnya Myelitis pada orang dewasa kerab diawali adanya serangan flu yang tidak mudah disembuhkan. Kondisi tersebut justru memicu saraf tepi pada bagian tangan menjadi terganggu.

8. Gejala kolesterol meningkat
Gejala kolesterol akibat Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah, Mengganggu fungsi saraf tepi dan arteri penting didalam tubuh terutama pada area tangan. Penyumbatan aliran darah karena penumpukan kolesterol (lemak jahat) adalah salah satu penyebab tangan panas karena kolesterokl dapat mengganggu stabilitas saraf tepi pada pergelangan tangan.

9. Gangguan saraf
Tubuh yang mengalami peningkatan kadar gula dalam darah dan berlangsung terus menerus dalam kurun waktu yang lama dapat mengalami gangguan saraf pada semua jaringan tubuh termasuk saraf saraf pada tangan. Gula yang berlebih didalam darah dapat menjadi penyebab tangan panas karena zat glukosa dan fruktosa berlebih mampu menghambat saraf dan pembuluh darah sekitar tangan yang lama kelamaan menyebabkan munculnya rasa panas seperti terbakar yang tidak mudah hilang dengan cepat. Sensasi terbakarnya akan hilang sendiri ketika kadar gula dalam darah kembali normal.

10.Perubahan hormon estrogen
Hormon estrogen pada wanita cebderung mengalami perubahan pada masa masa tertentu misalnya ketika masa kehamilan dan Saat sedang menstruasi . Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab tangan panas karena perubahan hormon dapat menyebabkan ketidaknormalan fungsi saraf dan mengganggu peredaran darah untuk sementara.

11. Mengkonsumsi banyak alkohol
Alkohol yang berlebihan didalam tubuh dapat menjadi penyebab tangan panas karena alkohol bersifat menggerus , mengiritasi serta menghambat masuknya oksigen didalam darah serta dapat memberi tekanan berat pada saraf tepi disekitar pergelanagn tangan yang kemudian munculah sensai panas seperti terbakar yang menyebar kearah telapak dan jari jari tangan. (Baca juga : alkohol)

12. Kurang asupan vitamin B kompleks
Seluruh jaringan saraf didalam tubuh termasuk pada tangan dapat menderita kesemurtan dan sensasi rasac panas ketika tubuh kekurangan asupan nutrisi jenis vitamin B kompleks. Vitamin B mampu melancarkan peredaran darah, Melindungi jaringan otot, Melancarkan fungsi saraf dan melindungi tendon pada pergelangan tangan agar terhindar dari iritasi dan serangan radikal bebas. (Baca juga: Fungsi Vitamin B)

13. Gangguan liver
Adanya penumpukan racun atau sisa limbah dari makanan yang telah dikonsumsi dapat menjadi penyeba tangan panas dimana telah terjadi kerusakan saraf saraf halus pada tubuh dan tendon pada pergelangan tangan yang berpotensi memunculkan rasa panas diantara pergelangan dan telapak tangan. (Baca juga: Gejala awal Liver)

14. Asam urat tinggi
Penyakit asam urat adalah penyakit tyang menyerang saraf yang bisa menjadi penyebab tangan panas karena kadar asam urat berlebih tidak hanya menyerang kaki yang rentan menimbulkan rasa nyeri, Kesemutan dan panas akibat kulit terasa seperti sedang ditusuk tusuk jarum. Ternyata ketika tubuh memiliki zat purin yang terlalu tinggi lama kelamaan dapat mengakibatkan saraf saraf tangan menderita kaku, Pembengkakan , Peradangan didalam dan akhirnya memicu munculnya rasa panas seperyi layaknya terbakar api. (Baca juga : Tanda tanda asam urat)

15. Serangan Hipotiroidisme
Hipotirodisme merupakan gangguan pada kelenjar tiroid yang bisa dialami oleh anak dan dewasa dan terbukti juga menjadi penyebab tangan panas. Kurangnya hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid dapat menyebabkan gangguan sendi dan permukaan kulit tangan menjadi terasa seperti terbakar dan mudah terjadi iritasi ketika permukaan kulit mengalami gesekan yang berulang.

You may also like