Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 17 Penyebab Badan Menggigil Kedinginan

17 Penyebab Badan Menggigil Kedinginan

by Henny Anugerah

Penyebab badan menggigil bukan hanya dikarenakan demam tetapi bisa disebabkan hal lain yang justru memicu munculnya menggigil sebelum demam terjadi. Badan menggigil merupakan salah satu indikasi bahwa tubuh sedang merespon kondisi yang ada didalam dan diluar tubuh yang pada hakikatnya dapat di alami tua maupun muda.

Faktor pemicu munculnya menggigil pada tubuh anak anak dan dewasa :

1. Infeksi
Penyebab badan menggigil yang paling sering dialami banyak orang adalah karena adanya Infeksi. Infeksi yang disebabkan masuknya bakteri, Kuman atau virus pada luka terbuka memungkinkan tubuh menderita menggigil.Menggigil disini adalah respon dari tubuh karena serangan bakteri atau mikroorganisme tertentu.

2. Menopause
Pada usia lanjut kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu sehingga lebih mudah menggigil pada situasi dan kondisi yang tidak biasa misalnya pada saat kelelahan dan karena udara yang panas. Penyebab badan menggigil tersebut dialami oleh orng tua yang telah berusia diatas 60 tahun.

3. Temperatur udara
Biasanya temperatur yang terlalu sejuk/dingin dapat menyebabkan tubuh mencoba bekerja keras mengeluarkan suhu tinggi untuk melawanya. Adanya gaya tarik menarik antara suhu dingin dan suhu tubuhlah yang menjadi penyebab badan menggigil.

4. Kurang asupan zat besi
Tubuh yang kekurangan zat besi berpotensi menyebabkan tubuh kehilangan suhu stabilnya karena zat besi sangat bermanfaat untuk mengatur metabolisme dan menjaga kestabilan sel darah merah. Penyebab badan menggigil akan mudah muncul jika metabolisme dan sel darah berkurang . Pada kondisi itulah maka tubuh akan menderita menggigil meskipun tubuh tidak terserang demam apapun.

5. Karena zat kimia obat
Zat kimia pada obat obatan bisa menjadi penyebab badan menggigil . Jika mengkonsumsi obat obatan berlebihan dan digunakan dalam jangka panjang tanpa anjuran dokter maka zat zat kimia pada obat dapat mengiritasi jaringan tubuh yang memicu munculnya menggigil. Peradangan didalam tubuh akibat endapan atau serangan zat kimia dapat menimbulkan tubuh gemetar dan menggigil.

6. Tumbuh kista (tumor jinak)
Seseorang yang mempunyai kista atau tumor jinak didalam tubuhnya akan mengalami tubuh yang menggigil ketika kista mengalami pembesaran dan rasa nyeri.http://halosehat.com/wp-admin/post.php?post=4574&action=edit#post_status

7. Kurang minum
Tubuh yang kekurangan cairan dalam waktu yang lama memungkinkan tubuh menderita ketidakseimbangan suhu tubuh . Kondisi ini bisa menjadi penyebab badan menggigil yang sering dialami tua maupun muda.

8. Kelaparan
Perut kosong dan terlalu lapar menyebabkan tubuh kehilangan stamina dan membutuhkan energi segera untuk membangun suhu didalam tubuh agar tetap stabil. Kelaparan cenderung menjadi penyebab badaan menggigil secara tiba tiba.

9. Begadang
Kurang tidur menyebabkan berkurangnya pasokan sel darh merah dan menghambat aliran darah diseluruh tubuh, Kondisi tersebut menyebabakn seseorang tiba tiba merasaakan tubuhnya menggigil. Tubuh yang kelelahan perlu mendapat istirahat yang cukup agar jaringan tubuh yang mendapat tekanan akibat kurang tidur segera bisa dihilangkan.

10.Gangguan jantung (kardiovaskular)
Penderita penyakit jantung termasuk jantung koroner dan lemah jantung sangat rentan terserang tubuh menggigil apalagi jika sedang dalam kondisi kelelahan. Suhu tubuh menjadi tidak beraturan dan memicu munculnya tubuh yang terasa kedinginan walaupun berada pada tempat yang berhawa hangat. Penyebab badan menggigil akibat gangguan jantung paling banyak dialami oleh para orang dewasa dan lansia.

11.Gangguan Kelenjar hormon tiroid
Jika kelenjar tiroid sedang dalam keadaan sakit maka jumlahnya kan menurun dan akhirnya secara bertahap akan muncul pembengkakan. Akibatnya akan muncul rasa kedinginan dan tubuh gemetaran atau menggigil. Reaksi tersebut adalah indikasi jika tiroid sedang dalam kondisi yang tidak baik. (Baca juga : Obat kelenjar Tiroid)

12.Penyakit kanker
Kanker darah dan limphoma sering menyebabkan seseorang terserang tubuh menggigil. Adanya penyumbatan dialiran darah dan arteri tubuh akibat sel kanker atau jaringan lemak yang ada diantara otot dan kulit tidak seimbang rentan terjadi ketidakseimabnagn suhu tubuh sehingga tubuh akan menggigil.

13.Penyakit Systemic lupus erythematous (SLE)
Penyakit systemiclupus erythematous adalah jenis penyakit langka yang masuk kategori sebagai penyebab badan memnggigil tanpa disertai demam. Penyakit ini menyerang kekebalan tubuh sendiri yang diawali dengan tubuh menggigil dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun menggigil tersebut tidak diikuti dengan suhu tubuh yang tinggi melainkan suhu yang justru rendah.

14.Karena terapi radiasi
Terlalu sering menjalani proses penyembuhan penyakit dengan terapi radiasi dapat menjadi penyebab badan menggigil yaitu berupa Terganggunya sistem kekebalan tubuh, Merusak jaringan ikat, Merusak jaringan kulit dimana kerusakn kerusakan tersebut dapat menyebabakn tubuh menderita menggigil ketika tidur malam kendatiu tubuh sedang dalam keadaan tidak demam.

15.Keracunan
Kearacunan makanan dan minuman merupakan penyebab badan menggigil . Makanan atau minuman yang didalamnya telah terkiontiuminasi denagn zat zat lain misalnya pengawet buatan yang berbahaya dapat menyebabkan tubuh meresponya dengan mengeluarkan kondisi tubuh yang menggigil.

16. Gigitan hewan beracun
Gigitan hewan beracun kerab menjadi penyeba tubuh menjadi menggigil. Menggigil akan terjadi jika ada racun yang telah masuk dalam jariungan darah.

17. Tubuh terlalu kurus
Jika ukuran dan bobot tubuh terlalu kurus maka persediaan lemak tubuh akan berkurang . Lemak yang kurang dapat menyebabkan tubuh tidak mampu mengatur suhu menjadi lebih hangat ketika berada diruangan atau udara yang dingin. Tubuh yang terlalu kurus adalah salah satu faktor penyebab badan menggigil dimana seseorang justru terserang kedinginan pada cuaca yang panas.

Penanganan

Solusi terbaik dan termudah agar terhindar dari penyebab badan menggigil :

• Cukup tidur dan kurangi begadang jika tidak benar benar perlu.
• Membiasakan diri untuk minum air putih setidaknya 7 sampai 8 liter perharinya
• Obati luka atau pembengkakan segera sebelum datang demam yang sebelum atau sesudahnya bisa menyebabkan tubuh menggigil
• Gunakan temperatur Air conditioner (AC) pada standar temperatur yang sedang.
• Hindari mengkonsumsi obat obatan secara berlebihan yang tidak sesuai dengan anjuran dokter
• Mengonsumsi makanan yang memiliki standar gizi yang seimbang khususnya zat besi atau mengkonsumsi suplemen
• Menjaga berat dan tinggi badan yang ideal agar tubuh memiliki jumlah lemak yang seimbang agar tubuh dapat mengatur suhu ketika tubuh sedang terserang luka, Udara dingin atau panas.

You may also like