7 Bahaya Minum Air Panas Bagi Kesehatan

11516

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang hampir seluruh bagian tubuhnya merupakan kandungan air. Karena itulah, manusia sangat membutuhkan air di setiap saat, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan seharian. Biasanya, kehilangan cairan atau dehidrasi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa lemas, berkurangnya konsentrasi dan fokus, serta dapat menyebabkan kita menjadi mudah terserang penyakit.

Suhu Normal Air Minum

Salah satu syarat air mineral atau air putih yang aman untuk kita konsumsi adalah suhu dari air tersebut. Ada baiknya, suhu dari air yang kita konsumsi berada pada suhu rata-rata, sehingga tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Air yang terlalu dingin atau panas akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Air yang terlalu panas, biasanya berada pada suhu antara 100 hingga 80 derajat celcius. Dalam suhu seperti itu, maka ada baiknya kita bisa menunggu agar air tersebut menjadi sedikit hangat dan bisa diminum.

Meskipun air sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, namun ternyata meminum air panas malah dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh kita. Ada beberapa bahaya minum air panas yang dapat muncul. Berikut ini adalah beberapa bahaya minum air panas yang dapat muncul :

1. Menyebabkan rasa panas dan perih pada mulut

Bahaya minum air panas yang pertama adalah dapat menyebabkan bagian mulut dan juga bibir menjadi terasa panas dan perih. Bagian bibir dan mulut merupakan salah satu bagian kulit yang paling sensitif, terutama terhadap suhu dingin dan juga panas. Minum air panas dapat menyebabkan bibir dan bagian mulut akan terasa perih dan panas.

2. Membuat lidah menjadi melepuh

Selain dapat menyebabkan perih dan juga panas, maka bahaya minum air panas lainnya adalah dapat membuat lidah anda menjadi melepuh dan juga terasa sangat perih. Lidah melepuh ini akan sangat berbahaya apabila muncul secara terus menerus. Lidah yang melepuh karena air panas yang terlalu sering dikonsumsi nantinya bisa kehilangan fungsi pengecapnya secara permanen.

Berikut ini sejumlah masalah lidah lainnya :

3. Mati rasa

Air minum panas juga dapat memunculkan mati rasa. Ya, dalam beberapa saat kita tidak akan bisa merasakan apapun dengan lidah kita karena air panas yang membuat lidah kita melepuh. Namun hal ini hanya akan terjadi sementara saja, dan dalam beberapa saat fungsi indera pengecapan dari lidah akan kembali menjadi normal. Namun demikian, apabila terlalu sering, maka seperti sudah disebutkan sebelumnya, kerusakan lidah akan menjadi permanen, dan anda tidak akan bisa mengecap lagi.

4. Merusak lapisan email gigi

Bahaya minum air panas lainnya adalah dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan email gigi. Lapisan email gigi ibarat sebagai pelindung dari gigi kita, yang dapat menjaga gigi dari gangguan kuman, bakteri, gigi berlubang, hingga abrasi gigi. Apabila anda terlalu sering minum air panas, maka efeknya adalah dapat menyebabkan lapisan email gigi tersebut menjadi terkikis, dan kemudian akan menyebabkan abrasi gigi.

Salah satu efek samping dari abrasi gigi yang paling sering dirasakan oleh kita adalah gigi sensitif, dimana gigi akan menjadi terasa sangat ngilu ketika harus mengkonsumsi makanan yang panas atau dingin.

Masalah gigi lainnya yakni :

5. Membuat tenggorokan terasa perih dan panas

Tidak hanya bagian mulut dan juga gigi, namun bahaya minum air panas juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi terasa perih dan juga panas. Hal ini bisa saja menyebabkan radang tenggorokan, namun hal yang lebih sering terjadi adalah tenggorokan hanya terasa melepuh dan perih saja, yang dapat hilang dalam beberapa waktu.

6. Membuat perut kembung

Minum air panas juga dapat menyebabkan perut terasa kembung dan begah. Hal ini disebabkan karena suhu dari air yang terlalu tinggi masuk ke dalam lambung, yang menyebabkan terjadinya gangguan pada bagian lambung akibat suhu tersebut. Efeknya adalah dapat menjadi penyebab asam lambung naik, atau dapat menyebabkan kembung.

Kondisi perut kembung ini juga bisa diakibatkan oleh :

7. Lambung terasa panas

Selain dapat menyebabkan kembung, minum air panas juga dapat menyebabkan lambung menjadi terasa panas dan tidak nyaman. Hal ini akan menyebabkan anda menjadi tidak berselera makan dan perut anda akan terasa sakit, meskipun tidak sesakit ketika anda mengalami peradangan lambung ataupun usus.

Cukuplah dengan Air Hangat

Usahakan jangan pernah meminum air panas secara langsung. Apabila anda ingin meminumnya, campurlah air panas dengan air dingin atau dengan air yang memiliki suhu sedang. Hal ini untuk menghindari terjadinya bahaya minum air panas yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada dasarnya, penggunaan air hangat sebagai konsumsi dinilai jauh lebih baik ketimbang penggunaan air dingin. Penggunaan air hangat sebagai konsumsi dapat membantu tubuh untuk melancarkan peredaran darah, menghindari pembekuan darah (gejala darah kental) dan dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung dan juga penyakit jantung koroner.

Para ahli gizi dan kesehatan juga sepakat bahwa manusia wajib minum air minimal 8 gelas dalam sehari untuk membantu proses rehidrasi dan juga mencegah terjadinya dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan cairan ini, maka air yang bisa dikonsumsi adalah air mineral yang memiliki banyak  kandungan mineral, sehingga dapat membantu tubuh mengembalikan cairan dan memberikan kesegaran.

Demikanlah artikel mengenai bahaya minum air panas. Semoga artikel ini dapat emnambah wawasan anda semua. Terima Kasih.