4 Hal yang Harus Kamu Hindari dalam Mengkonsumsi Air Putih

332

Tubuh manusia 60-70% terdiri dari air, sehingga air adalah kebutuhan mendasar yang sangat mempengaruhi kesehatan manusia. Apabila seseorang mengkonsumsi air yang sehat, maka tubuhnyapun akan menjadi sehat, sebaliknya bila dia mengkonsumsi air yang tidak sehat maka tubuhnyapun akan terganggu kesehatannya dan sakit.

Ternyata tidak semua air putih yang terlihat jernih pasti sehat, kamu harus memperhatikan 4 hal ini sebelum mengkonsumsi air putih jika tak mau jadi sakit.

1. Jangan memasak ulang air

Sebaiknya memang air yang diminum adalah air matang, agar supaya air bebas dari kuman atau bakteri. Akan tetapi terkadang karena tidak yakin dengan kualitas air yang akan diminum, beberapa orang merebus kembali air yang sudah direbus sebelumnya. Padahal air yang direbus secara berulang akan mengalami proses penguapan yang lebih banyak sehingga akan membuat kadar mineral berupa nitrit dan natrium nitrat dalam air menjadi meningkat dan tidak sesuai lagi dengan kadar mineral dalam air sehat.

Apabila ini dikonsumsi, maka kadar nitrit dalam tubuh akan menjadi berlebih dan akan menimbulkan berbagai macam gangguan seperti penurunan tekanan darah secara drastic, mual, pusing atau sakit kepala, nyeri pada perut, bahkan dapat juga menyebabkan koma dan meninggal dunia.  Hal ini dikarenakan nitrit bersifat mengoksidasi zat besi di dalam darah sehingga darah tidak dapat membawa oksigen.

2. Jangan memasak air terlalu lama

Hampir sama dengan air yang dimasak ulang, air yang dimasak hingga mendidih terlalu lama juga akan membuat komposisinya berubah sehingga tidak baik bila dikonsumsi. Karena terlalu lama mendidih  maka banyak  kandungan air yang menguap dan menyisakan mineral seperti kalsium, magnesium, nitrit dan berbagai kandungan zat logam yang lebih tinggi.

Dengan demikian akan merubah baku mutu air minum dari yang seharusnya. Apabila kondisi air seperti ini tetap dikonsumsi maka dikhawatirkan akan menimbulkan gejala diare dan perut kembung akibat terganggunya lambung, usus dan saluran pencernaan lainnya. Kondisi yang lebih parah dapat menimbulkan keracunan, keracunan dan kesadaran menurun akibat berkurangnya pasokan oksigen dalam tubuh.

3. Jangan minum air mentah

Air yang mentah atau air yang dimasak tidak sampai mendidih dikhawatirkan masih mengandung berbagai macam kuman penyakit yang berbahaya. Selain itu memasak air tidak sampai mendidih akan membuat kandungan hidrokarbon halogen meningkat. Apabila sering mengkonsumsi yang begini maka akan rentan terkena kanker usus ataupun kanker kandung kemih.

4. Jangan minum air yang sudah tersimpan sangat lama

Meskipun air sudah dimasak bila sudah disimpan terlalu lama maka tak sehat lagi bila dikonsumsi. Begitu juga dengan air dalam kemasan yang sudah dibuka namun tak kunjung diminum hingga berminggu-minggu lamanya. Hindari saja, karena dapat beresiko terkena kanker lambung ataupun kanker kerongkongan.

Itulah beberapa pembahasan mengenai 4 Hal yang Harus Kamu Hindari dalam Mengkonsumsi Air Putih, karena ternyata cara terseabut berbahaya loh, jadi ketika masak air maka masaklah sewajarnya dan jangan disimpan terlalu lama. Ketika air yang sudah disimpan terlalu lama pun dia akan berubah baunya.

Ketika bau air sudah berubah jadi alangkah baiknya untuk tidak dikonsumsi lagi, hal ini untuk menjaga kesehatan kamu agar kamu tidak sakit perut dan tidak mengalami penyakit yang tidak kamu inginkan. Jadi, Mari bijak memilih air putih dan memilih air putih yang sehat, agar tubuh kita pun sehat. Karena pada dasarnya air putih pun dapat digunakan untuk terapi air putih lo.