Kulit Terbakar Matahari, Aloe Vera Bisa Atasi Dengan 9 Cara Ini

190

Kulit Terbakar Matahari, Aloe Vera Bisa Atasi Dengan 9 Cara IniKhasiat lidah buaya untuk kulit memang tak seharusnya diragukan lagi bukan? Kandungan aloe vera atau lidah buaya sangatlah kaya, mulai dari kalsium, zinc, tembaga, magnesium, zat besi, kalium, tannin, mangan, sodium, selenium serta asam amino. Kabar baiknya lagi, ada kandungan glikoprotein yang siap menjadi pereda rasa sakit karena radang.

Aloe vera juga bermanfaat besar dalam menghentikan sensasi terbakar pada kulit akibat bahaya sinar ultraviolet atau efek bahaya sinar matahari di siang hari yang menyengat. Tanaman ini pun sanggup menjadi pencegah pembengkakan di kulit sekaligus mendukung perbaikan sel-sel kulit yang rusak dengan kandungan polisakaridanya yang tinggi dan berikut cara-cara atasi kulit terbakar matahari dengan aloe vera termudah.

  1. Aloe Vera Kombinasi Timun

Kupas bagian kulitnya untuk mengambil gel aloe vera, lalu campurkan dengan potongan timun segar secukupnya dengan cara diblender bersama. Setelah tekstur sudah cukup halus, aplikasikan ke kulit yang terkena efek paparan matahari. Tinggalkan selama setengah jam sampai kering sendiri, barulah dibilas dengan air biasa; melakukannya sehari 2 kali secara rutin bisa mengatasi sunburn secara jitu.

  1. Es Batu dari Aloe Vera

Anda punya cetakan es batu di rumah? Isilah dengan air biasa setengah saja setiap kotaknya. Gel aloe vera lagi-lagi perlu Anda pisahkan dari kulit tanaman yang berduri, lalu taruh secukupnya di cetakan es batu yang sudah diisi air (tepatnya taruh setelah diisi air). Simpan di freezer untuk dibekukan dan kemudian bisa dipakai nantinya dengan menggosok-gosokkan ke kulit yang terbakar matahari secara rutin.

  1. Aloe Vera Kombinasi Cuka Apel

Cuka apel pun rupanya bisa jadi campuran alami bagi aloe vera dalam menjadi ramuan solusi sunburn atau kulit terbakar matahari. Campur rata gel aloe vera 1/3 cangkir dengan sesendok teh cuka apel mentah organik (boleh tambahkan minyak lavender 1 sendok teh bila ada). Sesudah itu, masukkan ke dalam sebuah botol, kocok, lalu terapkan ke kulit selama 15 menit atau semalaman.

  1. Aloe Vera Kombinasi Kunyit

Campurlah gel aloe vera 3 sendok makan dengan bubuk kunyit 3 sendok makan, terapkan pada kulit yang terbakar. Balutlah bagian kulit yang dirawat dengan kain gauze dan biarkan selama 15 menit, barulah kemudian kain dilepas dan bersihkan kulit menggunakan air dingin. Lakukan perawatan sehari 3 kali agar sunburn teratasi secara efektif.

  1. Aloe Vera Kombinasi Yogurt

Gel aloe vera yang segar bisa juga Anda masukkan ke dalam blender, campur dengan yogurt 2 sendok makan (pilih plain yogurt saja atau yogurt tanpa rasa). Blenderlah sampai lembut, dan terapkan perlahan ke area kulit yang terbakar, tinggalkan setengah jam lamanya barulah dibilas dengan air dingin, ulangi perawatan ini setiap hari.

  1. Aloe Vera Kombinasi Minyak Lavender

Minyak lavender kita kenal sebagai minyak yang berkandungan anti-inflamasi sehingga sangat mampu membantu agar jaringan kulit mengalami regenerasi. Gel aloe vera 1 sendok makan yang dicampur dengan minyak lavender 5 tetes bisa kemudian dibalurkan ke kulit, biarkan hingga kering sendiri lalu bilas dengan air dingin.

  1. Aloe Vera Kombinasi dengan Yogurt, Oatmeal dan Tomat

Untuk masalah kulit terbakar matahari tapi pada bagian wajah, Anda perlu coba mengatasinya dengan membuat masker alami dari ¼ cangkir oatmeal yang sudah dimasak lebih dulu (dinginkan kemudian), barulah campur dengan puree sebuah tomat, ½ cangkir yogurt tawar dan gel aloe vera 1 sendok makan. Terapkan pada kulit wajah Anda sampai mengering, barulah bilas dengan air hangat.

  1. Aloe Vera Kombinasi Minyak Vitamin E

Ambil 2 buah kapsul vitamin E untuk diambil ekstrak minyaknya dan campurkan langsung dengan 1-2 sendok makan gel aloe vera. Terapkan ke kulit yang hendak Anda atasi, biarkan sampai kering barulah dibilas dengan air dingin. Dianjurkan untuk menggunakan cara ini sehari 2 kali supaya efek vitamin E sendiri bisa secara maksimal memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena terbakar matahari.

  1. Gel Aloe Vera

Cara tersederhana tanpa campuran bahan lain adalah dengan mengambil gel aloe vera langsung. Balurkan ke kulit dan tunggu hingga kering barulah dibilas bersih menggunakan air biasa. Penggunaan aloe vera ini sehari 2-3 kali secara rutin akan membantu menghilangkan masalah kulit terbakar secara aman dan maksimal.

Tak semua orang bisa cocok menggunakan aloe vera atau lidah buaya, maka selama perawatan kulit terbakar matahari jika malah terjadi gatal-gatal, kulit perih dan muncul ruam sebagai reaksi alergi, segera hentikan pemakaian. Anda pun bisa menggunakan aloe vera sebagai pencegah sunburn karena aloe vera sendiri adalah pelembab alami yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit.