Home Penyakit dan KelainanAsam Urat Amankah Sayur Kangkung bagi Penderita Asam Urat ?

Amankah Sayur Kangkung bagi Penderita Asam Urat ?

by Roro Dyiah

Sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini maka akan ada bagusnya jika mula-mula kita membahas mengenai beberapa hakikat dari gejala yang biasa dirasakan oleh para pasien saat mengidap kelebihan jumlah asam urat pada edaran darah di dalam tubuh. Baiklah untuk itu mari langsung saja kita simak beberapa gejala klasik sebagai penanda tingginya kandungan  kadar asam urat normal tubuh sebagai berikut:

Gejala kasik penanda tingginya kadar asam urat dalam darah :

  • Keluhan ibu jari kaki
    Terasa nyeri pada persendian yang umumnya menyebabkan kesulitan untuk berjalan. Pada dasarnya nyeri sering terjadi pada ibu jari kaki dan menyerang pada masa sepanjang hari namun yang terparah adalah timbulnya nyeri secara lebih intens pada malam hari. (baca juga: sayur yang dilarang untuk asam urat)
  • Masalah sendi
    Peradangan yang disebabkan karena jumlah berlebih dari asam urat yang berasal dari pemecahan purin ini akan mengakibatkan pembengkakan. Dan tanda yang paling menonjol yakni terbentuknya pembengkakan tersebut pada keseluruhan area sendi dengan keluhan nyeri pada penderita dengan kadar asam urat darah yang berlebih. (baca juga: nyeri sendi lutut)
  • Ciri khas kulit
    Pada penampakan sendi yang mengalami peradangan serta pembengkakan akibat kadar asam urat berlebih akan ditemukan permukaan yang nampak berwarna kemerahan dan disertai pula dengan nuansa kulit yang lebih mengkilap sebagai gejalanya. (baca juga: makanan yang mengandung zat purin tinggi)
  • Sensasi gatal
    Namun jika pada suatu saat peradangan dan rasa nyeri akibat asam urat darah berlebih tengah mereda maka pada bekas permukaan persendian tersebut akan nampak pengelupasan kulit yang disertai dengan munculnya sensasi gatal yang biasa dirasakan oleh penderita. (baca juga: obat alergi gatal)

Setelah mengetahui beberapa gejala umum yang biasa dirasa oleh para penderita kadar asam urat darah berlebih maka akan ada baiknya pula kita pelajari lebih lanjut dahulu mengenai berbagai penyebab terjadinya kelebihan kadar penyebab asam urat dalam darah pada tubuh kita. Maka dari itu mari langsung saja disimak ulasan mengenai berbagai penyebab utama berlebihnya timbunan asam urat dalam darah kita yang ditilik dari beberapa jenis makanan keseharian sebagai berikut ini ya:

Jenis Makanan Umum Penyuplai Asam Urat Berlebih :

  • Daging
    Penumpukan asam urat terjadi akibat dari proses pengeluaran limbah pecahan purin dalam tubuh yang satu ini lebih rendah dari pada jumlah yang kita konsumsi dalam keseharian. Pada umumnya penyebab utama kelebihan asam urat yang akhirnya bersarang pada persendian dan menimbulkan berbagai peradangan hebat ini adalah berasal dari beragam makanan yang kita santap dan ujtamanya mengandung purin secara berlebih semisal saja pada konsumsi seafood daging merah maupun jeroannya tanpa dengan menggunakan kadar aturan yang bisa ditolerir oleh kebutuhan tubuh kita. (baca juga: sayur yang dilarang untuk asam urat)
  • Minuman keras
    Beberapa minuman layaknya dengan kandungan alkohol tinggi semisal bir juga akan menambah produksi limbah asam urat dalam hati dan di sisi lain juga mengurangi kadar limbah ini yang bisa dikeluarkan tubuh umumnya dengan melalui saluran kemih dalam bentuk urine. (baca juga: makanan untuk menurunkan asam urat)
  • Minuman manis
    Minuman jenis lain yang berpotensi memperparah penumpukan limbah ciri-ciri asam urat dalam edaran darah tubuh yakni sejenis minuman dengan kadar gula yang tinggi. Pada umumnya minuman dengan kadar gula tinggi mengandung fruktosa yakni suatu jenis gula alami yang biasa dapat kita temui dari beragam buah-buahan manis di sekitar kita yang sering kita konsumsi. (baca juga: bahaya es teh)

Nah yang selanjutnya ini lebih spesifik mengenai topik bahasan kita kali ini maka penulis akan memberi beberapa daftar sayuran yang umumnya menjadi pantangan mutlak bagi para penderita kadar asam urat darah berlebih yang tentunya disebabkan karena tingginya kandungan purin di dalamnya mari langsung saja kita simak daftar berikut ini ya:

Sayuran berkandungan purin tertinggi:

  • Asparagus
    Sayuran hijau merupakan jelmaan mutlak dari makanan tinggi serat nan sehat namun ternyata dalam beberapa jenis sayuran semacam asparagus memiliki kadar purin cukup tinggi jika dibanding dengan jenis sayur hijau lainnya. Tentu saja kadar purin dalam sayuran hijau tidak lebih besar dari kandungan purin dalam daging merah namun tetap saja para penderita kadar asam urat tinggi harus sebisa mungkin meminimalisir konsumsi jenis sayur dari dua jenis ini. (baca juga: makanan penghancur batu ginjal)
  • Bayam
    Jenis sayuran hijau selanjutnya dengan kadar purin tinggi yakni bayam dengan perkiraan takaran di dalam bayam sejumlah dengan 100 g dapat terkandung sebesar 57 g purin yang bisa terkandung di dalamnya. (baca juga: sayur yang dilarang untuk asam urat)
  • Kembang kol
    Untuk jenis sayuran lainnya yang memiliki kadar purin tertinggi yakni pada jenis sayuran kembang kol. Menurut hasil penelitian dari sekitar sampel sayuran kol seberat 100 g akan dapat mengandung sebanyak kurang lebih 51 g purin di dalamnya. Untuk itulah para penderita kadar asam urat darah berlebih hendaklah membatasi konsumsi jenis sayur yang satu ini. (baca juga: kopi bagi penderita asam urat)
  • Jamur
    Sayuran berikutnya yakni jenis jamur juga mengandung kadar purin cukup tinggi di dalamnya. Para pasien yang hendak melakukan diet asam urat maka disamping menghindari berbagai jenis daging merah beserta sejenisnya hendaklah mengurangi juga asupan makanan yang berbahan utama dari jamur demi kesuksesan program pembatasan asupan makanan tinggi purin yang masuk ke dalam tubuh. (baca juga: makanan untuk menurunkan asam urat)

Nah berdasar dengan daftar di atas maka sayuran jenis kangkung termasuk dalam sayuran yang relatif aman untuk dikonsumsi para penderita dengan kadar gejala asam urat tinggi. Bahkan mengkonsumsi kangkung dalam porsi cukup dapat membantu persyarafan kita menjadi lebih rileks. Dengan begitu keluhan insomnia pun dapat dihindarkan. Di lain sisi sayuran kangkung sangat ampuh demi mengatasi keluhan sembelit secara alami. Dan yang tak kalah penting juga sayuran kangkung mempunyai zat pendongkrak bagi sistem imun tubuh khususnya untuk influenza dan juga mempertajam fungsi penglihatan kita dan yang tak kalah hebat lagi sayuran jenis ini juga dapat menjadi opsi lain untuk membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes pada anak.

Begitu lengkap ya khasiat dari sayuran kangkung ini. Bagi siapa saja wajib ini mengkonsumsi jenis sayur yang satu ini demi mendapatkan berbagai manfaat baik yang terkandung di dalamnya. Dan bagi para penderita kadar asam urat berlebih dari sisi sayuran cobalah untuk mengurangi asupan pada beberapa jenis layaknya bayam serta asparagus dan kembang kol juga jamur yang terukti memiliki zat purin tertinggi dari jenis beragam sayuran ya. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan cairan anda melalui minum air putih yang mencukupi demi kelancaran metaolisme dalam tubuh. Selalu jaga keugaran dengan menjalani gaya hidup sehat ya. (baca juga: makanan untuk penderita asam urat)

You may also like