5 Obat Eksim Kering Menahun Paling Ampuh

Selain kutu air eksim juga termaksud salah satu penyakit kulit, tidak hanya itu masih banyak juga macam macam penyakit kulit lainnya untuk itu kita harus benar benar menjaga kebersihan tubuh kita. Penyakit kulit eksim merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan kulit baik kering maupun basah. Biasanya penyakit eksim ini disebabkan karena alergi obat,makanan, minuman tertentu, dan bisa juga disebabkan karena tekanan kejiwaan, stresss dan sinar matahari. Sinar matahari selain memiliki berbagai manfaat tetapi sinar matahari juga memiliki bahaya sinar matahari di siang hari bagi kesehatan dan kulit untuk itu kita memang harus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Untuk anda yang menderita penyakit eksim jangan khawatir karena kami akan mempaparkan tentang beberapa obat eksim menahun tersebut, namun sebelum membahas tentang beberapa obat eksim kering menahun alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa saja penyebab eksim kering menahun.

Penyebab Eksim Kering Menahun

1. Kain wol

Ada beberapa jenis kain wol, dari kain wol yang paling bagus dan mahal sampai kain wol yang kurang berkwalitas dan murah. Kain wol yang terbuat dari wol biasa terkadang akan menyebabkan kulit kita menjadi gatal gatal. Untuk itu jika kalian yang tidakingin terkena penyakit eksimhindarilah pemakaian kain wol, sebab penyakit eksim merupakan penyakit kulit yang penyembuhannya memerlukan kesabaran dan harus ekstra keras.

Baca Juga:

2. Ditergen

Selain menyebabkan penyakit eksim ditergen juga dapat menyebabkan alergi pada kulit lainnya, bagi seseorang yang memiliki alergi dan penyakit kulit di anjurkan untuk tidak menyentuh ditergen, karena dapat memperburuk keadaan. Bagi kalian yang sering mencuci menggunakan ditergen usahakan setelah mencuci cucilah kaki dan tangan kalian agar kalian dapat terhindar dari penyakit eksim ini.

3. Perhiasan Palsu

Saat ini sudah banyak beredar perhiasan yang palsu. Perhiasan palsu atau imitasi ini juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya eksim kering menahun. Sebab perhiasan yang palsu atau imitasi akan menyebabkan kulit menjadi gata gatal. Untuk itu agar kita terhindar dari penyakit eksim ini maka hindarilah penggunaan perhiasan perhisan yang tidak asli.

Baca Juga:

4. Cuaca

Cuaca yang tidak menentu dan terus berganti ganti terkadang panas atau pun dingin menjadi salah satu penyebab eksim kering yang terjadi pada tubuh kita. Terlebih pada cuaca dingin, seseorang yang pernah atau akan terkena penyakit eksim biasanya terdapat berbagai gejala gejala tertentu seperti bersin bersin dan juga gatal gatal.

5. Kosmetik

Kosmetik kini telah menjadi kewajiban bagi wanita, sebagian besar wanita pasti menggunakan kosmetik, entah saat akan pergi kantor, kuliah atau kerja. Baik penggunaan kosmetik yang berlebih atau hanya sederhana saja. Namun untuk kalian para wanita yang gemar memaki kosmetik pilihlah kosmetik yang benar benar aman dan sudah ada ijin dari BPOM, sebab kini sudah banyak beredar kosmetik dipasaran yang palsu yang telah dicampurkan dengan zat berbahaya. Untuk itu kosmetik yang palsu juga dapat menyebabkan salah satu faktor timbulnya penyakit eksim kering menahun ini.

Baca Juga:

6. Debu

Debu dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti sesak nafas , jerawat dan macam macam penyakit kulit seperti eksim kering ini.untuk itu usahakan hindarilah debu yang berlebih atau bisa gunakan masker dan juga busana yang tertutup. Agar kita terhindar dari penyakit kulit eksim kering ini. debu yang mengenai kulit anda akan menyebabkan rasa gatal dan membuat kita menggaruk kulit yang gatal tersebut hingga menjadi agak kemerahan. Kegiataan seperti ini yang dilakukan secara terus menerus menyebabkan seseorang terkena penyakit eksim. Tidak hanyadebu yang mengakibatkan seseorang terkena penyakit kulit ada juga bahaya sinar matahari di siang hari bagi kesehatan dan kulit

Obat Eksim Kering Menahun

1. Serbuk biji mahoni

Serbuk biji mahoni juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit eksim kering, caranya adalah ambillah setengah sendok teh serbuk biji mahoni, ambillah madu murni secukupnya. Campurkanlah serbuk biji mahoni dengan setengah cangkir air panas lalu tambahkanlah madu murni secukupnya, aduklah hingga merata minumlah ramuan tersebut selama 2-3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:

2. Asam muda

Sediakan daun asam muda kira kira setengah genggam, lalu sediakan daun ketepeng cina sebanyak 3 lembar lalu ambillah rimpang kunyit seukuran ibu jari yang terakhir minyak kelapa 2sdm dan biji bunggur 5g. Gongsenglah biji bunggur dan tumbuklah semua bahan yang akan digunakan sampai halus, selanjutnya tambahkan minyak kelapa, setelah ramuan selesai gosokkanlah pada bagian yang terkena penyakit eksim kering menahun balutlah dengan perban, untuk hasil yang maksimal gantilah balutan tersebut 2 kali sehari.

3. Bawang Merah

Selain digunakan untuk memasak ternyata bawang merah juga sangat efektif untuk mengobti penyakit eksim kering menahun ini, cara mengobati penyakit eksim kering menahun ini adaah dengan mencampurkan bawang merah dengan herba thyme campurlah kedua bahan tersebut hingga menjadi cream. Sebelum menggunakan cream ini bersihkanlah kaki terlebih dahulu dengan air hangat.

Baca Juga:

4. Daun Sirih

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan ternyata manfaat daun sirih juga merupakan salah satu obat herbal yang dapat menyembuhkan eksim kering. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan 6 lembar daun sirih lalu 5 jari rimpang temu mangga 2 sendok teh madu dan juga 2 sendok teh air perasan jeruk nipis, cara penggunaannya adalah dengan mencuci bersih daun sirih dan rimpang temu mangga, irisah tipis tipis lalu rebuslah kedua bahan tersebut kedalam 4 gelas air. Rebus terus hingga tersisa 2 gelas air saja. Setelah itu tambahkanlah air perasan jeruk nipis dan juga madu, minumlah ramuan ini selama 2 kali sehari secara rutin agar hasil yang didapatkan lebih efektif dan memuaskan.

5. Biji Saga

biji saga juga dapat digunakan sebagai salah satu obat herbal eksim kering menahun. Cara menggunakan obat herbal eksim kering menahun adalah dengan mencampurkan biji saga bersama minyak kelapa sampai benar benar rata. Untuk mecampurkan biji saga denganminyakkelapa bisa dengan menggilingnya setelah jadi oleskanlah ramuan tersaebut pada kulit yang terkena eksim kering menahun. (Baca Juga: Makanan Penyebab Eksim , Obat Eksim Tradisional)

Cara Mencegah Eksim Kering Menahun

  1. Direndam Dengan Air Hangat

Untuk mencegah eksim kering menahun yang semakin parah maka lakukanlah car ini yaitu dengan merendam kulit yang terkena eksim kering dengan air hangat. Sebab merendam kulit yang terkena penyakit eksim kering menahun akan meredakan rasa gatal yang dirasakan. Sebab jika rasa gatal tersebut digaruk maka akan menyebabkan eksim kering yang semakin parah, untuk itu cara ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal yang diderita. baca juga mengenai bahaya mandi air hangat setiap hari dan khasiat minum air hangat setelah makan.

  1. Menghindari Bahan Kimia yang Membuat Iritasi

Bahan kimia dapat menyebabkan penyakit eksim semakin parah, untuk menghindari agar penyakit eksim tidak semaki parah adalah dengan menghndari penggunaan bahan kimia. Jika memang harus menggunakan bahan kimia seperti ditergen maka gunakanlah secukupnya dan juga cucilah tangan setelah menggunakan ditergen tersebut. (Baca Juga: Bahaya Bahan Kimia)

  1. Mandi Dengan Sabun Antiseptik

Mandi dengan sabun antiseptik juga dapat membantu untuk mencegah penyakit eksim kering menahun menjadi tambah parah. Sebab kulit yang terkena penyakit eksim kering akan lebih sensitif oleh sebab itu perlunya memperhatikan sabun mandi yang digunakan, dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik agar dapat mencegah dampak buruk yang akan terjadi. (Baca Juga: Penyebab Eksim Kering , Obat Eksim Kering)

  1. Mengelola Stres

Selain faktor faktor diatas mengelola Stress juga dapat mengurangi terjadnya eksim kering menahun.

Baca Juga:

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Yang terakhir untuk mencegah terjadinya eksim kering menjadi lebih parah adalah dengan menjaga kelembapan kulit, salah satu penyebab eksim kering adalah karena kulit kering, untuk itu agar kulit tetap lembab kita dapat mengkonsumsi air putih dan juga menggunakan handbody, sebab dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu kulit kita menjadi lebih lembab namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi air mineral sebab ada beberapa bahaya akibat terlalu banyak minum air putih , minumlah air putih sesuai aturan yang ditentukan. Handbody yang dapat membantu melembabkan kulit adalah handbody yang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A , vitamin E dan juga Vitamin C