12 Makanan Untuk Penderita Ambeien Yang Sehat

12746

makanan untuk penderita ambeienMakanan untuk penderita Ambeien yang sehat memang cukup penting untuk menjadi perhatian kita bersama yang menderita ambeien. Beberapa makanan yang bagus untuk mengobati ambeien secara alami bisa dibuat sendiri. Bisa dengan memakan buahnya langsung atau membuatnya dalam bentuk juice tunggal atau kombinasi (mix juice). Di antaranya adalah:

  1. Jus Lobak. Lobak adalah salah satu sayur yang baik untuk menghentikan ambeien. Lobak bisa di haluskan dan dibuat dalam bentuk juice. Setiap hari dimulai dengan meminum seperempat  gelas juice lobak kemudian berangsur setengah gelas juice dan kemudian bertambah menjadi satu gelas juice.  Jadikan hal ini sebagai kebiasaan sampai ambeien sembuh dan tidak menimbulkan tanda-tanda lagi.
  2. Jeruk Nipis hangat. Ambeien bisa menyebabkan kita dehidratasi. Peras air jeruk nipis dicampur dengan air hangat dan ditambah madu akan menghilangkan dehidratasi. Diminum dua kali per gelas dalam sehari.
  3. Papaya. Papaya memiliki zat papain yang tidak saja mampu menganalissis protein dalam tubuh tetapi juga mendoro ng metabolisme dalam tubuh. Bahkan pada buah papaya yang belum matang, enzim ini ini memiliki 2 kali lebih banyak dibandin gkan papaya yang sudah matang. Oleh karena itu papaya memiliki fungsi untuk meredakan sembelit dan memperlancar sistem pencernaan.  Papaya matang akan sangat membantu untuk memperlancar BAB.
  4. Pisang. Pisang akan memberikan mineral yang membantu jaringan dan memiliki banyak serat. Pisang dapat mengurangi sembelit karena dapat menormalkan fungsi pencernaan dan usus besar untuk menyerap air. Pisang juga mengandung serat tinggi untuk mengurangi sembelit. Pisang kukus untuk menghilangkan ambeien. Makan dua buah pisang setiap pagi dan malam hari akan mengurangi penyakit.
  5. Buah Ara. Buah ara atau buah Tin merupakan buah dan herbal yang sangat bermanfaat karena mengandung enzim flavonoid dan Ficin yang sangat baik untuk penc ernaan. Ia bermanfaat untuk laksatif atau memperlancar BAB. Sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar alami.  Serat buah Ara efektif untuk menyembuhkan sembelit dan ambeien. Rendam buah ara dalam air semalam, dan air rendaman ini kemudian diminum 2 (dua) kali dalam sehari.
  6. Bawang putih. Bawang putih (Allium sativum) memiliki zat allicin yang berguna untuk pertahanan terhadap serangan bakteri dan virus. Sangat berguna untuk mengurangi Bawang putih memiliki zat untuk antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi tekanan darah. Bawang putih dibuat campuran masakan atau dibuat sebagai juice. Disarankan minum juice bawah putih sehari sekali saat pagi hari.
  7. Kulit delima. Kulit Delima menjadi obat penyembuh ambeien. Kulit Delima dan delima berisi zat astringency yang bermanfaat untuk membantu proses pencernaan. Potongan kulit delima direbus dan kemudian disaring ampasnya dan ambil airnya.  Airnya bisa ditambah dengan madu kemudian diminum 1-2 kali dalam sehari.
  8. Rempah-rempah. Kunyit mengandung kukumin untuk antioksidan dan gangguan pencernaan. Ia juga memiliki efek anti inflamasi. Cucilah 2-3 akar kunyit dan rebuslah selama 20 menit dan kemudian air rebusan diminum setiap hari. Kunyit bisa juga diparut dan dididihkan. Saat diminum  bisa ditambah perasan jeruk nipis dan madu.
  9. Buah Cerry. Buah cerry ini mengandung bioflavanoid untuk penyembuhan penyakit ambeien.
  10. Kacang-kacangan dan Polong-polongan. Jenis kacang-kacangan sangat baik untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Bisa dibuat juice sayur-sayuran dari bahan polong-polongan.
  11. Juice Kombinasi Buah-buahan dan Sayur. Kombinasi sayur pokchai, nanas dan jeruk nipis memiliki kandungan serat dan zat-zat yang berguna untuk menyembuhkan sakit ambeien.  Jujice kombinasi lain adalah cerry, blueberry dengan apel. Buah ini mengandung anthocyanin dan proanthocyanidins yang berguna untuk mengurangi rasa sakit dan haemorroid, serta pembengkakan karena ambeien. Minum setidakn ya satu gelas campuran setiap hari. Kombinasi juga bisa dilakukan dengan Melon, buah ini sumber vitamin dan mineral,  tinggi beta-karoten dan  memiliki zat anti penyumbatan.   Bisa juga dengan ditambah  dengan Kismis, yang memiliki vitamin tinggi, memiliki sejumlah kecil GLA asam lemak yang mampu menghasilkan prostaglandin yang akan mengontrol  nyeri tubuh.
  12. Kulit Manggis dan Buah Sirsak. Dianggap mampu mengobati ambeien karena kandungan senyawa xanthone dan acetogenesis yang dimiliki. Zat xanthone dalam ekstrak kulit manggis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi untuk menghentikan peradangan yang ada pada anus. Manggis mampu menghancurkan semua penyakit dalam tubuh dan memperbaiki sistem antibodi serta regeransi sel. Konsumsi buah manggis secara rutin merupakan salah satu penyembuhannya. Buah sirsak mengandung senyawa penting dan vitamin. Kandungan sirsak memiliki sifat antikanker dan anti tumor juga mampu mengobati ambeien dengan tuntas dan memperlancar pencernaan.

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Ambeien

  • Makanan pedas.
  • Makanan terlalu asam.
  • Makanan olahan  terutama yang banyak bahan pengawet, pemanis buatan, dan sereal.
  • Makanan berlemak
  • Makanan panas
  • Minuman alkohol

Buah-buahan adalah makanan kaya serat yang sangat penting menunjang kebutuhan gizi dan keseimbangan hormon tubuh. Jika anda menderita ambeien, sebaiknya memperhatikan berbagai pola hidup sehat yang anda terapkan.