Home Merk Obat A-ZMerk Obat B Borraginol-N – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Borraginol-N – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Reza Primayadin, ST.

Obat Borraginol-N ini adalah merupakan sebuah jenis obat yang masuk ke dalam kelompok obat-obatan antiwasir, yang dimana penggunaannya sendiri diperuntukkan untuk mengatasi permasalahan wasir atau ambien seperti menghentikan perdarahan akibat wasir, menghilangkan rasa gatal akibat wasir, dan membantu mengatasi luka bernanah akibat wasir. Selain itu semua, obat Borraginol-N juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan akibat luka, menghilangkan rasa nyeri, mengatasi luka bakar, dan juga menghilangkan septika.

Obat Borraginol-N ini diketahui diproduksi oleh Takeda Pharmaceutical Company Ltd., Osaka, Jepang, yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat indonesia oleh PT. Takeda Indonesia, Bekasi, Indonesia. Di Indonesia sendiri, obat Borraginol-N ini dipasarkan dalam bentuk suppositoria dan juga salep dalam tube 15 mg.

Pada setiap mg salep ataupun suppositoria obat Borraginol-N mengandung beberapa senyawa, yang diantaranya seperti Lithospermi Radix Extractum (0.09 mg), Aafliviis Aminobenzoas (10 mg), Dibucaini Hydrochloridum (0.25 mg), Diphenhydramini Hydrochloridum (0.25 mg), dan Cetrimide (1.25 mg).

Obat Borraginol-N ini juga telah didaftarkan ke BPOM, dan diregistrasikan dengan nomor DKL7225102230A1. Oleh BPOM, Obat Borraginol-N ini dikategorikan sebagai obat keras dengan diberi label huruf K didalam lingkaran merah. Dan dikarenakan obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras, maka dalam penggunaannya-pun diwajibkan menggunakan resep atau anjuran dari dokter.

Indikasi:

Berikut ini adalah beberapa indikasi dari penggunaan obat Borraginol-N yang sangat perlu diketahui dan diperhatian oleh pengguna sebelum menggunakan obat ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengobati wasir pada bagian dalam dan juga luar.
  2. Mengatasi penyebab wasir yang disertai dengan perdarahan.
  3. Mengobati luka terbuka pada dubur.
  4. Mengatasi Anal prolapse, yaitu keadaan dimana bagian dari dinding rektum ada yang berhasil keluar dari anus.
  5. Meredakan Periproctitis, yaitu sebuah kumpulan nanah yang mengumpul dan menggumpal di sekitar jaringan anus dan juga dubur.
  6. Menghilangkan rasa gatal-gatal di dubur.

Dosis & Cara Penggunaan:

Berikut ini adalah beberapa cara penggunaan dan juga pemberian dosis dari obat Borraginol-N yang perlu diketahui dan diperhatian dengan baik oleh pengguna sebelum menggunakan obat ini, yaitu sebagai berikut:

Dosis dan cara penggunaan salep Borraginol-N:

  1. Persiapkan sepotong kasa pembalut terlebih dahulu.
  2. Oleskan kira-kira 2-5 gram salep Borraginol-N pada kasa pembalut.
  3. Tempelkan kasa pembalut tersebut pada wasir yang diderita.
  4. Gantilah kasa pembalut tersebut 2-3 kali sehari.
  5. Berbeda dengan anak-anak, pemberian obat Borraginol-N ini dapat dilakukan dengan cara menggosokkan pada wasirnya.

Dosis dan cara penggunaan suppositoria Borraginol-N:

  1. Pertama bukalah penutup suppositoria obat Borraginol-N.
  2. Setelah itu masukkan 1 suppositoria tersebut ke dalam dubur dengan menggunakan jari telunjuk.
  3. Lakukan hal tersebut secara berulang sebanyak 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari.
  4. Apabila wasirnya lebih parah, maka tambahkan 1 kali lagi sebelum tidur.
  5. Disarankan menggunakan suppositoria obat Borraginol-N ini sesudah buang air besar (BAB), karena ditakutkan nantinya suppositoria dapat keluar bersamaan dengan kotoran.

Kontra Indikasi:

Berikut ini adalah beberapa kontra indikasi dari penggunaan obat Borraginol-N ini yang perlu diketahui dan diperhatian secara seksama oleh pengguna sebelum menggunakan obat ini, yaitu sebagai berikut:

  • Jangan pernah menggunakan obat Borraginol-N ini pada saat pengguna sedang mengalami syok kardiogenik.
  • Dilarang menggunakan obat Borraginol-N ini untuk pengguna yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap senyawa yang terkandung didalam obat ini seperti senyawa Lithospermi Radix Extractum, Aafliviis Aminobenzoas, Dibucaini Hydrochloridum, Diphenhydramini Hydrochloridum, dan Cetrimide.
  • Tidak disarankan menggunakan obat Borraginol-N ini, untuk pengguna yang sedang menderita penyakit osteoporosis. Karena hal ini dapat memperparah kondisi penyakit osteoporosis pengguna.
  • Untuk pengguna yang sedang menderita penyakit diabetes milius, dilarang menggunakan obat Borraginol-N ini. Karena obat Borraginol-N ini terbukti secara klinis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah saat digunakan.
  • Hindari penggunaan obat Borraginol-N ini untuk pengguna yang memiliki riwayat penyakit hipertensi. Karena hal tersebut dapat menyebabkan hipertensinya kambuh ataupun memperparah penyakit hipertensi (darah tinggi) pengguna.

Efek Samping:

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin saja dapat timbul dari penggunaan obat Borraginol-N ini, yang perlu diketahui dan diperhatian secara seksama oleh pengguna sebelum menggunakan obat ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Reaksi alergi pada kulit
  2. Rasa terbakar pada kulit
  3. Pruritus
  4. Kemerahan
  5. Urtikaria
  6. Edema.
  7. Pembengkak disekitar anus
  8. Perdarahan saat buang air besar
  9. Nyeri pada anus
  10. Sembelit
  11. Gatal pada anus

Interaksi dengan Obat Lain:

Berikut ini adalah beberapa efek yang dapat timbul akibat interaksi dari penggunaan obat Borraginol-N bersamaan dengan obat-obatan lainya yang perlu diperhatian dan diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat ini, yaitu sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan obat Borraginol-N ini bersamaan dengan obat-obatan yang masuk kedalam golongan obat yang menghalangi aktivitas senyawa karbonat anhidrase seperti obat Acetazolamide. Karena hal tersebut dapat menghilangkan manfaat dari penggunaan obat Borraginol-N ini.
  • Dilarang menggunakan obat Borraginol-N ini bersamaan dengan obat-obatan yang dapat mempengaruhi sistem saraf otot, contohnya seperti obat Alcuronium. Hal ini disebabkan karena interaksi dari kedua obat-obatan tersebut dapat meningkatkan resiko pengguna terkena efek samping dari kedua obat tersebut.
  • Penggunaan obat Borraginol-N bersamaan dengan jenis obat-obatan yang dapat menghalangi produksi steroid adrenal dalam tubuh, contohnya obat Aminoglutethimide sangat tidak dianjurkan. Karena dapat menyebabkan meningkatnya kadar steroid dalam plasma darah pengguna.
  • Jangan menggunakan obat Borraginol-N ini pada saat mengkonsumsi alkohol, karena dapat menyebabkan berkurangnya keefektifan obat Borraginol-N tersebut.
  • Hindari penggunaan obat Borraginol-N ini bersamaan dengan obat-obatan anti jamur seperti obat Amphotericin B, karena hal tersebut dikarena dapat menyebabkan meningkatnya kadar Aafliviis Aminobenzoas dalam plasma darah pengguna.

Peringatan dan Perhatian:

Berikut ini adalah beberapa peringatan dan perhatian dari penggunaan obat Borraginol-N ini yang perlu diketahui dan diperhatian oleh pengguna sebelum menggunakan obat ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Segera hentikan penggunaan obat Borraginol-N ini, apabila pengguna mulai merasa mengalami gejala alergi ataupun hipersensitifitas setelah menggunakan obat Borraginol-N tersebut.
  2. Jangan meminum atau memakan obat Borraginol-N ini, karena obat Borraginol-N ini hanya untuk pengobatan luar bukan didalam.
  3. Selama menggunakan obat Borraginol-N ini, hindari ataupun kurangi frekuensi duduk ataupun nongkrong terlalu lama di toilet.
  4. Selalu berhati-hati dalam memberikan obat Borraginol-N ini, kepada anak-anak yang masih berusia di bawah 12 tahun.
  5. Pada saat menggunakan obat Borraginol-N ini, jangan mengedan atau menekan perut terlalu kuat pada saat sedang beraktifitas berat ataupun pada saat mengangkat barang-barang berat.
  6. Hindari terlalu lama duduk ataupun berdiri pada saat sedang melakukan terapi penyembuhan gejala wasir dengan menggunakan obat Borraginol-N ini.
  7. Pengobatan wasir dengan menggunakan obat Borraginol-N ini dapat bekerja secara maksimal apabila pengguna juga mengimbanginya dengan banyak-banyak makan sayuran dan juga buah-buahan yang kaya dengan serat.
  8. Selama pengobatan penyakit wasir dengan menggunakan obat Borraginol-N, hindari tubuh mengalami kondisi dehidrasi. Karena obat Borraginol-N ini tidak dapat bekerja secara efektif apabila tubuh kekurangan air.
  9. Selalu rajin berolah raga dan juga istirahat yang cukup untuk dapat membantu proses penyembuhan penyakit wasir dengan menggunakan obat Borraginol-N ini.
  10. Pengguna yang sedang berencana akan hamil, pada saat menggunakan obat Borraginol-N ini harus dilakukan secara berhati-hati dan harus dilakukan sesuai dengan petunjuk dari dokter.
  11. Simpan obat Borraginol-N ini pada ruangan yang memiliki suhu kamar (25-30°C), dan juga ruangan yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

You may also like