11 Cara Mengatasi Darah Kotor Secara Alami

Darah kotor adalah sebuah kondisi yang bisa menyebabkan tubuh mengalami perubahan termasuk seperti jerawat, bisul, kulit tidak cerah, luka yang sulit untuk kering dan kulit yang mudah terluka. Ada beberapa orang yang memang sangat terganggu dengan darah kotor ini. Wanita sering merasa terganggu dengan darah kotor karena merasa kulit tidak bersih. Bahkan gejalanya akan menjadi lebih parah terutama ketika masuk ke periode menstruasi.

Ketika darah kotor menyebabkan berbagai gangguan macam macam penyakit kulit, maka cara terbaiknya adalah mengurangi akibat dari darah kotor itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah darah kotor secara alami :

1. Minum Secara Rutin Air Lemon

Air perasangan jeruk lemon bisa menjadi obat darah kotor yang sangat ampuh. Air lemon mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi berupa buah yang mengandung vitamin C. Lemon akan bekerja untuk membuat organ hati bisa menghilangkan darah kotor dari tubuh. Air lemon akan membantu tubuh membuang senyawa racun lewat urin. Anda bisa memeras jeruk lemon setiap pagi dan campur dengan satu sendok madu agar khasiatnya bertambah besar.

2. Makan Alpukat

Alpukat adalah buah lezat yang bisa membantu tubuh dalam membersihkan darah kotor. Alpukat mengandung beberapa kebutuhan nutrisi yang sangat penting seperti vitamin E dan asam lemak sehat. Alpukat akan membantu membersihkan darah kotor dengan cara membuang racun dalam tubuh, menurunkan kolesterol tinggi dan lemak jahat dan menyerang semua karsinogen dalam tubuh. Karena itu mengkonsumsi alpukat tanpa gula atau susu sangat disarankan. Anda bisa mencampurnya dengan lemon atau madu.

3. Mengkonsumsi Apel

Apel adalah buah super yang sangat penting untuk kesehatan. Apel dipercaya bisa membuat proses peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu apel juga akan membantu tubuh dalam membersihkan racun. Apel tidak hanya mengandung vitamin dan mineral tapi juga serat dan fitonutrisi yang bisa menjadi sumber detoksifikasi ampuh. Apel juga sangat baik karena makanan kaya serat yang bisa menyerang kolesterol dan membersihkan darah dan semua organ usus. Jadi makan apel setiap hari untuk membantu agar darah kotor bisa hilang dari tubuh.

4. Tambahkan Bawang Putih dalam Masakan

Apakah Anda tidak suka dengan aroma dan rasa kuat bawang putih? Bawang putih adalah bumbu alami yang banyak mengandung belerang. Belerang adalah mineral yang sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, merangsang agar empedu bisa bekerja secara efektif mengeluarkan semua racun. Selain itu, bawang putih juga sangat baik untuk membuat kerja usus dan membantu membasmi bakteri buruk dalam usus.

Jadi anda bisa menambahkan bawang putih langsung ke dalam bumbu masakan atau mengunyahnya satu siung bawang putih setiap hari. (baca juga : efek samping bawang putih)

5. Gunakan Kunyit dalam Masakan

Anda juga bisa menambahkan kunyit sebagai bumbu masakan. Kunyit dipercaya bisa membantu membersihkan darah kotor dalam tubuh karena kandungan senyawa yang bisa menjadi efek detoksifikasi dalam darah. Anda bisa mencampur sedikit kunyit bubuk atau rimpang kunyit dalam bumbu masakan. Selain membuat rasanya sedap juga akan membuat tubuh Anda bersih dari darah kotor.

6. Konsumsi Sayuran Hijau

Berbagai jenis makanan yang memiliki warna hijau juga sangat baik untuk membersihkan darah kotor. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi secara rutin beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, seledri, kubis, dan kale. Semua sayuran ini merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang bisa mengeluarkan darah kotor.Selain itu, kandungan seratnya juga bisa menghilangkan kolesterol dalam tubuh. semua sayuran hijau nii juga mengandung vitamin dan mineral yang lengkap.

7. Jus Wortel

Anda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi jus wortel secara rutin. Wortel adalah sayuran yang sangat lengkap dengan kandungan nutrisinya. Dalam setiap 100 gram wortel mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga vitamin K. Selain itu juga terdapat glutathione, protein dan kalium. Semua jenis nutrisi ini membantu empedu untuk membersihkan semua racun dalam tubuh dan mendukung sistem peredaran darah. jadi Anda bisa mencoba untuk minum segelas jus wortel setiap pagi.

8. Makan Brussel Sprout

Brussel sprout memang adalah bukan sayuran asli Indonesia. Tapi sayuran ini sangat baik untuk membersihkan darah kotor. Kandungan yang ditemukan dalam setiap brussel sprout adalah seperti zat sulforaphane, vitamin dan mineral lain. Kandungan sulforaphane adalah zat yang sangat ampuh untuk mengatasi kerusakan sel dan darah kotor dalam tubuh.

9. Makan Blueberry

Anda juga bisa mengkonsumsi blueberry secara rutin agar darah kotor bisa benar-benar sembuh. Dalam setiap blueberry ditemukan beberapa nutrisi penting seperti zat antioksidan. Zat anti peradangan yang memang bisa membersihkan darah kotor dari tubuh. Selain itu, zat ini sangat penting untuk merubah darah kotor agar kembali bersih.

10. Minum Teh Hijau Secara Rutin

Jika Anda ingin benar-benar bersih dari darah kotor maka bisa mencoba untuk minum teh hijau secara rutin. Teh hijau benar-benar sangat berkhasiat karena mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi.Teh hijau akan bekerja untuk membersihkan lemak dalam tubuh, makanan penurun kolesterol dan merangang fungsi hati. Jadi anda bisa mencoba untuk minum secangkir teh hijau setiap pagi,

11. Jus Bit dan Jambu Merah

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum segelas jus buah bit dan jambu merah. Jus buah bit terkenal dengan kandungan bahan antioksidan, buah yang mengandung vitamin E, mineral seperti magnesium dan kalium. Semua nutrisi ini sangat penting untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan merangsang fungsi empedu. Sementara jambu merah mengandung vitamin C dan membantu produksi sel darah merah. Konsumsi setidaknya satu gelas per hari akan membantu menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

Jadi anda bisa benar-benar berhasil mengatasi darah kotor dalam tubuh secara alami dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah dan makanan tersebut. Untuk mendukung agar detoksifikasi bisa lebih maksimal maka Anda juga harus menghindari rokok, alkohol, makanan yang digoreng dan semua jenis produk makanan dalam kemasan.