19 Khasiat Umbi Garut Untuk Kesehatan

5094

Umbi Garut? Mendengar namanya sebagai sebutan umbi garut pasti sekilas banyak yang mengira umbi garut berasal dari Garut Jawa barat.  Umbi garut aslinya bernama irut yaitu semacam tumbuhan dari keluarga umbi umbian yang dapat dikonsumsi manusia dan hewan karena memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Umbi yang sering tumbuh dipekarangan rumah atau dipedesaan ini justru awal mulanya berasal dari Amerika selatan yaitu daratarn rendah Brazil, dimana tumbuhna mirip rumput ini mampu beradaptasi dengan cuaca dan situasi geografi yang dimiliki Indonesia maka tumbuhlah umbi irut ini subur dimana mana. (baca juga: makanan yang baik untuk ginjal dan hati)

” Kandungan gizi yang terdapat pada umbi Garut “

Memiliki energi sebesar 65 kcal per 100 gramnya (rendah kalori) dengan porsi karbohidrat 13.399. protein berkisar 4.249, lemak tak jenuh ganda 0,20 gr, kolesterol 0, serat kasar 1,3 gram, bebas gluten (boleh dikonsumsi oleh penderita gejala diabetes dan celiac), folat didalam 100 gramnya terdapat 398 gr, vitamin C 1.9 mg, vitamin A 19IU, vitamin B kompleknya lengkap misalnya riboflavin, piridokson, niacin, asam pantotenat, thiamin, mineral lengkap yang terdiri dari fosfor, magnesium , kalium, kalsium, tembaga, seng, besi. (baca juga: akibat kelebihan multivitamin)

Inilah khasiat garut yanag menakjubkan :

1. Sebagai sumber tenaga

Mengandung karbohidrat yang dapat menghindari tubuh terserang kelelahan akibat rutinitas pekerjaan. energi dalam tubuh akan tercukupi dalam satu hari karena umbi garut didukung dengan adanya kndungan mineraal yang lengkap (baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan mineral)

2. Menyembuhkan pembengkakan

Sari patinya Mengandung zat mineral lengkap dan bebas gluten yang dapat menyembuhkan pembengkakan akibat sengatan lebah, kalajengking dan gigitan ular. (baca juga: penyebab luka tidak cepat kering)

3. Meningkatkan kualitas ASI

Sari patinya memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh ibu sehingga produksi ASInya semakin banyak dan melimpah .kyalitas ASInyapun semakin meningkat jika ibu mengkonsumsi umbi garuyt secar teratur setiap hari. (baca juga: makanan yang memperlancar menstruasi)

4. Mencegah dan mengobati penyakit wasir

Nutrisi yang ada padaa umbi garut dapat melancarkan peredaran darah seputar panggul , usus dan menyehatkan dinding anus, sehingga penyakit wasir dapat disembuhkan dengan berkala tetapi secara sistematik dengan mengkonsumsi umbi garut secar teratur. (baca juga: penyebab wasir)

5. Mengobati diare dan memadatkan feses

Zat mineral dan vitaminnya mampu memadatkan feses secara sistematik dan menyehatkan anus serta menormalkan proses cerna makanan selam berada didalam usus sehingga dapat menyembuhkan gejala diare.

6. Mencegah sembelit (susah buang air besar)

Kandungan vitamin B kompleknya dan sert yang tinggi dapat mencegah sembelit dan rasa tidak nyaman bagi perut. (baca juga: makanan penyebab sembelit)

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan kualitas enzim

Serat yang tinggi mampu menjaga kesehatn pencernaan agar tertap bekerja dengan baik daan melindungi semua enzim pencernaan dari serangan bakteri atau racun yang dihasilkan dari makanan. (baca juga: gangguan pencernaan)

8. Memperbaiki sel sel otak dan meningkatkan kecerdasan anak anak

Nutrisi lengkapnya dapaat memperbaiki sel sel otaj agar semakin tajam dan baik dan mempunyai kemampuan dalam menganalisa pesan yang disampaikaan tubuh lewat visual. (baca juga: cara meningkatkan kinerja otak)

9. Melancarkan peredaran darah seluruh tubuh

Nutrisi yang ada padaa umbi garut dapat melancarkan peredaran darah diseluruh tubuh sehingga kesehataan organ tubh dapat tetap terjaga. (baca juga: cara mengatasi kekurangan darah)

10. Meningkatkan imunitas tubuh (kekebalan tubuh)

Vitamin Cnya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan anti inflamasinya mampu mernghalau radikal bebas yang daapat merusak jaringan kulit.(baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

11. Menyembuhkan luka terbuka dan jahitan akibat operasi dengan cepat

Nutrisi lengkapnya yang ddukung dengan zat mineral yang kompilt lebih dari cukup untuk menolong sebuah luka atau peradangan untuk cepat mengering dan mempercepat penyembuhan. (baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

12. Menghilangkan mual, mulas dan sakit perut

Ras tidak nyaman padaa perut dapat mempengaruhi aktifiatas sehari hari, untuk menghilangkan ras mual atau sakit perut dapat mengkonsumsi umbi garut pengganti nasi putih jika mermang ketersediaan nasi tidak ada. karbohidratnya mampu menyembuhkan rasa mual yang mengganggu. (baca juga: mual setelah mengonsumsi kopi)

13. Sebagai pemadat dan pengental menu makanan

Sari pati umbi garut yang telah menjadi tepung jelarut dapat digunakan untuk pengentalan makana sehingga dapat dibuat menjadi berbagai macam kue dengan bentuk yang bervariasi.

14. Sebagai pakan ternak (kerbau, sapi dan domba/kambing)

Sari pati umbi garut atau yang telah melewati proses perubahan menjadi tepung jelarut mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan kesehatn  hewan ternak.. umbi garut dapat dijadika pakan  ternak yang bermanfaat meningkatkan produksi susu pada sapi perah dan meningkatkan kyalitas daging untuk kernbau dan kambing atau domba. (baca juga: khasiat susu sapi murni)

15. Sebagai bahan campuran pembuatan kertas

Dapat sebagai bahan baku pembuatan kertas yang sebelumnya dicampur dengan bahn lain yaang kemudian dapt menghasilkan produksi kertas yang berkualitas yang kini sering digunakan untuk kebutuhan masyarakat luas.

16. Sebagai bahan baku pembuatan kosmetik terutama bedak

Sari patinya yang mengaandung nutrisi dapat dijaadukan bahan baaku pembuatan bedak yang bermanfaat untuk mengahaluskan dan menjaga kelembaban kulit. (baca juga: obat alergi gatal)

17. Dapat sebagai penghias taman kota dan pekarangan rumah

Tumbuhan umbi garut adalah tumbuhan yang memiliki tampilan fisik yang indah dan cantik sehingga lebih cocok disebut sebagai tanaaman hias . sosoknya dapat menyegarkan pandangan dan meningkatkan keindaahan teras rumah atau taman kota. (baca juga: akibat kelebihan bilirubin)

18. Sebagai cadangan makanan saat tubuh tidak fit atau terserang kelelahan

Sari patinya mengandung vitamin B komplek dan mineral lengkap yaang sangat baik untuk orang orang yang sedang sakit dan tidak nafsu makan atau tubuh dalam keadaan kurang fit. nutrisi lengkapnya mampu mermenuhi kebutuhan gizi harian agar tubuh dapat kembali bugar dan berstamina.

Yang perlu anda ketahui tentang umbi garut

  • Umbi garut yang telah dibuat menjadi tepung jelarut dapat ditambahkan pada makanan bayi dan susu fomulanya karena zat karbohidratnya bersifat lunak dan mudah dicerna.
  • Umbi garut cenderung dipakai untuyk pengentakan dan pemadatan dalam proses pembuatan makanan dan berbagai jenis kue kering misalnya sagu garut atau keripik garut.
  • Umbi garut dapat dijadikan bahan baku yang ramah lingkungan yaitu untuyk kebutuhan produksi pembuatan kosmetik, pembuatan lem dan sebagai extender pada perekat sintesis
  • Umbi garut dapat menjadi makanan untuk penderita diabetes karena memiliki kandungan indeks glisemik yang sangat rendah jadi tidak mempengaruhi gula darah sama sekali bahkan dapat menetralkan gula darah dan memberi rasa kenyang dengan durasi waktu yang cukup lama pada lambung tanpa mengusik maag. (baca juga: makanan yang dapat menyebabkan sakit maag)
  • Umbi garut sangat unik karena memiliki zat yang dapat bertindak sebagai anti racun, anti inflamasi , antgiseptik alami yang ampuh dan bersifat menyembuhkan bagi luka dab peradangana atau pembengkakan yang disebabkan oleh sengatan lebah, gigitan kalajengking dan gigitan ular berbisa.
  • Umbi garut sangat cocok dikonsumsi oleh anak anak, lansia dan orang orang yang sedang menjalani masa penyembuhan akibatbedah operasi dan orang orang mengalami kelelahan luar biasa. Umbi garut aman daan bernutrisi serta mempunyai sifat mendindinkan sehingga cocok bagi ulu hati anak anak agar terhindar dari rasa mual .

Amankah umbi garut dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Umbi garut yang telah mengalami proses pembuatan menjadi tepung jelarut dinilai lebih aman ketimbang nasi putih yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi dan cukup berbahaya bagi penderita diabetes, namun umbi garut dapat dikonsumsi sehari hari tanpa harus takut kadar gula darah akan meningkat. Kadar gula dalam umbi garut saangta rendah bakan sari patinya bebas gluten dan memilikikandungan indeks glisemik yang sangat rendah. Kondisi ini menyebabkan umbi gaarut aman untuk dikonsumsi oleh penderita ciri-ciri diabetes.