12 Penyebab Demam Berkepanjangan pada Anak dan Dewasa

Demam berkepanjangan dapat dialami siapa saja tetapi cepatnya proses penyembuhan di tentukan pada faktor daya tahan tubuh atau seberapa besar kekebalan tubuhnya saat demam tersebut sedang menyerang.

Penyebab Demam Berkepanjangan

1.Infeksi virus

Infeksi virus adalah penyebab demam berkepanjangan yang paling sering menyerang orang orang yang menderita masalah kesehatan, Diantaranya:

  • cacar air – Penyebab cacar air pada anak dan orang dewasa dewasa adalah virus varicella zoster yang awal kemunculannya ditandai oleh demam ringan yang akhirnya bisa menjadi  penyebab demam berkerpanjangan. Demam tersebut merupakan tanda khas bahwa seseorang sedang terserang infeksi virus.
  • Cikungunya – gejala  cikungunya dapat diawali dengan munculnya demam biasa tetapi bisa berkepanjangan jika daya tahan tubuh sedang dalam kondisi tisak stabil.
  • Demam berdarah – Penyebab demam berdarah adalah nyamuk betina aedes aegepty melalui gigitannya dimana nyamuk tersebut membawa virus dengue yang bisa menginfeksi manusia melalui sel sel darah  dimana penyakit tersebut diawali dengan munculnya demam biasa lalu berkepanjangan.
  • Flu babi – Gejala flu babi paling berbahaya adalah tubuh terserang demam yang berkepanjangan, Menggigil terus menerus  hingga menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran.
  • Flu burung-  Ciri ciri flu burung pada manusia adalah terserang demam dengan suhu tubuh meningkat melebihi 38 derajat celcius  .  Salah satu Penyebab demam berkepanjangan pada penderita flu burung akibat kotoran unggas yang telahn terinfeksi viris yang tanpa sengaja terhirup atau tertelan dan masuk dalam tubuh sehingga menginfeksi beberapa organ tubuh.
  • Flu singapura – Penyebab flu singapura   adalah virus yang melukai kai, Tangan  dan bagian mulut manusia yang awalnya ditandai dengan demam. Penyebab  demam berkepanjangan pada penderita flu singapura jika tidak segera ditangani secara tepat dapat mengancam jiwa seseorang.

2. Infeksi bakteri

Tubuh yang telah terinfeksi bakteri selalu diawali dengan munculnya demam ringan yang berangsur angsur menjadi demam yang berkepanjangan. Infeksi bakteri dapat memicu beberapa keluhan kesehatan yang berbahaya, Diantaranya:

  • Demam tifoid – Penyebab demam tifoid dan gejalanya yang berbahaya harus diwaspadai sedini mungkin karena penyebab demam berkepanjangan dari demam tifoid adalah infeksi bakteri salmonella yang biasanya terdapat pada makanan dan minuman yang telah terkontiminasi dengan bakteri tersebut.
  • Infeksi salurah kemih – Tanda tanda infeksi saluran kemih dan cara mencegahnya harus diketahui dan dipelajari sejak dini agar cara pengobatannya segera dapat diterapkan relatif lebih cepat. Penyebab demam berkepanjangan yang paling khas dari infeksi saluran kemih adalah bakteri Escherichia coli atau E- coli yang masuk kedalam saluran uretra. 

  • Radang tenggorokan – Gejala radang tenggorokan salah satunya adalah rasa sakit pada kerongkongan hingga penderita mengalami kesulitan ketika menelan makanan. Umumnya radang tenggorokan ditandai dengan  meningkatnya suhu tubuh. Penyebab demam berkepanjangan dari kasus radang tenggorokan secara umum sebenarnya adalah disebabkan karena kondisi makanan yang mengandung minyak tak jenuh, Makanan terlalu pedas atau makanan yang terkontiminasi oleh bakteri.
  • Diare – Penyebab diare berkepanjangan terus menerus adalah bakteri yang mencemari air, Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari hari. Salah satu dari penyebab demam berkepanjangan pada penderita diare adalah penyebaran bakteri yang telah meluas dijaringan perut dan telah menginfeksi beberapa organ pencernaan.

3. Infeksi parasit

Parasit dapat berupa cacing yang masuk didalam tubuh lalu menginfeksi beberapa organ tubuh seperti organ pencernaan, Ginjal, Paru paru dan lain lain. Cacing yang dimaksud adalah cacing pita, Cacing gelang, Cacing kremi dan lain lain dimana penderita cacingan akan mengalami demam yang berkepanjangan ketika jumlah cacing didalam tubunya telah berkembang biak.

4. Gizi buruk

Gizi buruk adalah penyebab demam berkepanjangan yang paling sering menimpa anak anak yang tinggal pada lokasi daerah terpencil dan mengalami kesulitan untuk mengkonsumsi makanan yang  berstandar 4 sehat 5 sempurna secara teratur.

5. Sinar matahari

Salah satu penyebab demam berkepanjangan pada manusia adalah paparan sinar matahari pada siang hari yang menimpa terus menerus dan terjadi hampir setiap hari. Tahukah anda bahwa bahaya radiasi sinar matahari  salah satunya adalah  terbentuknya sel kanker kulit dan ketika berada dibawah terik matahari dalam waktu lama maka suhu tubuh akan meningkat dan jika daya tahan tubuh sedang  dalam kondisi tidak baik maka akan mudah terserang masuk angin dan mengalami demam dimalam hari.

6. Penggunaan obat

Zat kimia yang terdapat pada obat obatan jenis apapun dapat beresiko menjadi penyebab demam berkepanjangan. Zat kimia yang ada pada obat obatan bersifat keras dan dapat merusak jaringan tubuh manapun hingga menyebabkan peradangan yang ditandai demam tinggi.

7.Dehidrasi

Bahaya dehidrasi bagi tubuh misalnya kehilangan stamina dapat disebabkan karena tubuh terlalu lelah atau kelelahan.  Salah satu penyebab demam berkepanjangan adalah aktivitas rutin yang mengharuskan seseorang bekerja keras tanpa henti termasuk pada pekerja lapangan yang berhubungan dengan beban berat. Tubuh yang kelelahan dapat meningkatkan suhu tubuh, Menurunkan daya tahan tubuh hingga mengacu pada munculnya demam dimalam hari.

8. Efek vaksinasi

Penyebab demam berkepanjangan yang paling klasik adalah setelah seseorang selesai mendapatkan suntikan vaksinasi untuk peencegahan penyakitb tertentu misalnya vaksinasi meningitis    ttau pada  Vaksinasi influenza  juga bisa pada  imunisasi  difteri . Demam berkepanjangan tersebut merupakan respon positif bahwa khasiat dari vaksin tersebut sedang bekerja sebagaimana mestinya.

9. Penyakit autoimun

Jenis penyakit autoimun adalah jenis penyakit yang beresiko menjadi penyebab demam berkepanjangan karena kemunculannya berkaitan dengan jaringan tubuh yang menghubungkan dengan saraf dan pembuluh darah  diaman kedua jaringan tersebut sangatlah berhubungan dengan suhu tubuh manusia misalnya radang usus atau penyakit lupus. 


10. Riwayat penyakit bawaan

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit bawaan sejak lahir atau secara genetik maka beresiko mudah mengalami demam berkepanjangan saat daya tahan tubuhnya mengalami penurunan misalnya akibat cuaca yang terlalu dingin atau terlambat makan maka seseorang dapat mudah mengalami demam.

11.Adanya sel kanker

Adanya sel kanker didalam tubuh sering menjadi penyebab  demam berkepanjangan yang biasanya menyerang pada orang orang yang memiliki penyakit kanker seperti leukimia. Penyebaran sel kanker dihampir seluruh jaringan tubuh dapat merusak semua fungsi organ dan jaringan vital termasuk pembuluh darah dan sebagai pertahanan tubuh akan meresponnya dengan meningkatnya suhu tubuh secara terus menerus.

12.Reaksi alergi

Pada sebagian orang reaksi alergi dapat menjadi penyebab demam berkepanjangan  yang awalnya ditandai dengan sakit kepala, Ruam kemerahan dipermukaan kulit, Bersin bersin atau mudahnya terkena flu. Reaksi alergi dapat disebabkan karena serbuk logam yang terhirup, Udara yang mengandung radikal bebas dari asap kendaraan dan sebagainya.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Demam