Home Penyakit dan KelainanCacar Air Penyebab Cacar Air pada Anak dan Orang Dewasa

Penyebab Cacar Air pada Anak dan Orang Dewasa

by Ana Rohma

penyebab cacar airCacar air atau dalam bahasa Inggrisnya sering dikenal dengan istilah chicken pox, merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Walaupun sering dan lebih banyak menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan apabila orang dewasa pun dapat mengalami gejala dan terserang penyakit cacar air ini. Hal ini dikarenakan penyebab cacar air ini bisa terjadi pada siapa saja.

Apa itu cacar air?

Cacar air sendiri sebenarnya merupakan jenis penyakit menular yang umum terjadi, dan tidak memiliki akibat yang sangat buruk hingga menjadi penyakit paling mematikan. Cacar air ditandai dengan gejala utama, yaitu demam dan munculnya bintik-bintik merah pada sekujur bagian tubuh. Biasanya cacar air dapat menyerang pada kondisi apa saja dan kadang tidak disadari, tiba-tiba si anak ataupun sudah mengalami tanda-tanda cacar air sebelumnya.

Bagaimana Cacar Air Berkembang?

Cacar air sendiri dapat berkembang dengan cepat, dan gejalanya muncul dalam hitungan hari. Namun, secepat munculnya gejala, maka penyakit ini juga bertahan tidak terlalu lama, dan jarang sekali terjadi kasus cacar air yang bertahan sangat lama. Pada umumnya, setelah muncul bintik-bintik merah yang gatal pada tubuh, maka 7 hingga 14 hari setelahnya, bintik-bintik tersebut akan sembuh dengan sendirinya dan akan menimbulkan bekas luka, seperti koreng. Dengan perawatan kulit cara menghilangkan air yang tepat dan asupan makanan sehat yang menutrisi kulit maka bekas cacar  air yang muncul akan hilang dan tidak akan terlihat lagi.

Penyakit cacar air ini, atau yang dalam istilah medis disebut dengan istilah varisela disebabkan oleh satu jenis virus, yaitu virus varisela zoster. Penyebab cacar air karena virus varisela zoster ini, merupakan jenis virus yang bersifat sangat mudah menyebar dan masuk ke dalam tubuh.

Biasanya, virus ini akan mudah masuk dan menyebar ke dalam tubuh dan menimbulkan cacar air pada anak ataupun pada orang dewasa. Banyak hal yang membuat virus penyebab cacar ini masuk ke dalam tubuh, berikut ini diantaranya :

1. Sistem imunitas tubuh yang rendah

Salah satu tempat favorit dari virus untuk berkembang dan menginfeksi tubuh kita adalah tubuh yang lemah dan memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Virus ini akan sangat mudah tertular dan masuk ke dalam tubuh yang lemah daya tahannya. Untuk itu, sangat penting bagi keluarga untuk selalu menjaga dan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh dengan cara :

  • Berolahraga secara rutin dan teratur
  • Konsumsi makanan sehat
  • Penuhi asupan vitamin untuk daya tahan tubuh dan mineral yang penting bagi peningkatan daya tahan tubuh, baik alami atau dalam bentuk obat.
  • Minumlah air putih secara rutin

2. Kontak fisik langsung dengan penderita cacar air

Virus varisela zoster merupakan jenis virus yang sangat mudah berpindah tempat. Salah satu penyebab cacar air paling utama seseorang terkena virus ini adalah kontak fisik langsung dengan pasien penderita cacar air. Ketika tubuh melakukan kontak fisik langsung dengan pasien cacar air, maka virus ini akan menyebar dan akhirnya akan menimbulkan cacar air pada diri anda.

3. Melalui udara

Virus varisela zoster juga dapat menyebar melalui udara. Salah satu yang paling berpengaruh adalah ketika seseorang bersin dan udara yang keluar bisa jadi mengandung virus ini dan pada akhirnya terhirup masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat anda lakukan agar tidak tertular dan terjangkit virus ini, antara lain :

  • Menggunakan masker
  • Hindari berdekatan dengan pasien yang mengalami cacar air

4. Faktor kebersihan

Salah satu faktor penyebab cacari air yang membuat seseorang terjangkit adalah faktor kebersihan. Kuman dan virus akan sangat mudah menempel dan masuk ke dalam tubuh apabila kebersihat tubuh dan lingkungan berada pada level yang buruk dan kotor. Maka dari itu, cobala untuk melakukan beberapa hal ini :

  • Selalu lakukan cara mencuci tangan yang benar hingga bersih sebelum melakukan aktivitas
  • Gunakan alat keselamatan dan pelindung, seperti masker dan sarung tangan
  • Jauhi tempat-tempat atau lokasi yang tidak higienis, seperti dekat dengan tempat pembuangan sampah, dan sebagainya.

Gejala Cacar Air

Cacar air sendiri dapat sangat terlihat dengan jelas dan dapat dirasakan dengan mudah bagi penderitanya. Penyakit ini menimbulkan gejala cacar air yang umum terdeteksi antara lain :

1. Munculnya bintik atau ruam merah pada sekujur tubuh

Merupakan gejala utama dari cacar air,  yang biasanya memunculkan bintik-bintik atau ruam merah ini muncul pada bagian tubuh, seperti :

  • Wajah
  • Bagian belakang telinga
  • Kulit kepala
  • Lengan
  • Kaki

Dalam beberapa kasus, bintik atau ruam merah ini bahkan dapat muncul pada seluruh tubuh penderita dan hingga muncul pada bagian rongga mulut, seperti lidah, gusi dan bibir. Namun bintiknya tidak seperti bisul pada kulit.

2. Demam

Biasanya demam akan muncul beberapa hari sebelum munculnya bintik-bintik merah pada tubuh. Demam yang dirasakan memang tidak terlalu parah, tidak seperti pada kondisi demam berdarah atau tifus.

3. Mual

Demam yang disertai dengan gejala mual-mual juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya cacar air.

Itu adalah beberapa gejala yang mungkin timbul ketika anda menderita cacar air. Selain itu ada beberapa gejala lain yang mungkin dapat anda rasakan ketika anda menderita cacar air, antara lain :

  1. Kram dan pegal pada bagian otot
  2. Sesak nafas
  3. Gatal-gatal
  4. Mengalami dehidrasi

Itulah sejumlah informasi yang wajib diketahui mengenai penyakit cacar air. Anda tidak perlu takut, karena walaupun cacar air ini menular namun penyembuhannya terbilang cepat dan singkat. Yang harus dilakukan adalah pasien cacar air harus beristirahat di rumah, dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan dunia luar untuk sementara waktu.

You may also like