Acyclovir Indo Farma – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

743

Obat Acyclovir Indo Farma adalah merupakan salah jenis obat antivirus yang berbentuk salep krim dan juga tablet. Obat Acyclovir Indo Farma sendiri berfungsi untuk membantu mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang menyebabkan Cacar Air dan juga Virus Herpes simplex. Obat Acyclovir Indo Farma ini baik yang salep ataupun tablet memiliki kandungan senyawa aktif yang bernama Acyclovir atau Asiklovir, yaitu sebuah senyawa aktif yang sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan dari virus Varicella Zoster serta Virus Herpes Simplex.

Obat Acyclovir Indo Farma, baik yang salep maupun tablet semuanya termasuk kedalam golongan obat keras, yang dimana penggunaannya sendiri memerlukan resep dan pengawasan dari dokter. Sebagai informasi tambahan, obat Acyclovir Indo Farma ini dibuat dan didistribusikan oleh PT. Indo Farma.

Kandungan Obat Acyclovir Indo Farma

Berikut ini adalah senyawa yang terkandung dalam obat Acyclovir Indo Farma, baik yang salep maupun yang tablet, yaitu sebagai berikut:

  • Obat Acyclovir Indo Farma mengandung senyawa Acyclovir atau Asiklovir, yaitu suatu senyawa yang masuk kedalam golongan obat antivirus yang berkerja menghambat pertumbuhan virus didalam tubuh sehingga mengurangi dampak buruk akibat terserang virus tersebut. Acyclovir ini tidak dapat larut dalam air, sehingga penggunaannya seringkali dilakukan diluar tubuh. Namun apabila Acyclovir digunakan sebagai obat oral (dimakan/diminum), maka reaksinya baru dapat dirasakan setelah 1-2 jam penggunaan

Fungsi Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari penggunaan obat Acyclovir Indo Farma Once-a-Month, yaitu sebagai berikut:

  1. Obat Acyclovir Indo Farma ini biasanya digunakan untuk mengobati infeksi virus herpes simplex pada bagian selaput lendir.
  2. Bersamaan dengan Acyclovir Indo Farma salep, obat Acyclovir Indo Farma tablet biasanya digunakan untuk mengobati Cytomegalovirus.
  3. Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma ini berfungsi untuk mencegah mencegah datangnya infeksi herpes simpleks di pasien yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.
  4. Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma ini berfungsi untuk mencegah dan mengobati gejala herpes genitalis yang seringkali berulang atau sering kambuh.
  5. Untuk mengobati lepuhan-lepuhan kecil yang menyakitkan (fever blister) dibagian kulit yang disebabkan oleh virus herpes labialis
  6. Dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka akibat virus Varicella Zoster dan juga meredakan rasa nyeri, gatal dan terbakar pada kulit yang terinfeksi virus Varicella Zoster
  7. Seringkali digunakan untuk mengobati penyakit shingles atau ruam saraf (Cacar Ular), yang disebabkan oleh Herpes Zoster.
  8. Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma ini berfungsi untuk mencegah dan mengobati penyakit Epstein-Barr

Efek Samping Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada saat menggunakan obat Acyclovir Indo Farma, walaupun tidak semua efek samping ini dapat terjadi pada pengguna, bahkan bisa juga pengguna tidak akan mengalami efek samping tersebut. Dan berikut ini adalah efek samping-efek samping tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Efek samping akibat pengguna obat Acyclovir Indo Farma salep, pengguna dapat mengalami nyeri ringan pada kulit
  2. Pengguna dapat mengalami ruam kulit sebagai efek samping penggunaan obat Acyclovir Indo Farma salep
  3. Obat Acyclovir Indo Farma salep ini dapat mengakibatkan rasa yang menyengat pada kulit pada sebagian penggunanya
  4. Efek samping akibat pengguna obat Acyclovir Indo Farma tablet, pengguna dapat mengalami pruritus, yaitu kondisi gatalnya sebagian atau seluruh tubuh pengguna
  5. Beberapa pengguna obat Acyclovir Indo Farma dapat mengalami rasa terbakar sementara pada kulit
  6. Gatal pada kulit dapat terjadi sebagai efek samping penggunaan obat Acyclovir Indo Farma Salep
  7. Dilaporkan bahwa pengguna dapat mengalami mual pada saat menggunakan obat Acyclovir Indo Farma tablet ini
  8. Akibat penggunaan obat Acyclovir Indo Farma tablet, pengguna dapat mengalami diare
  9. Hal yang sering menjadi efek samping dari penggunaan obat Acyclovir Indo Farma tablet ini adalah muntah
  10. Efek samping yang sangat jarang terjadi akibat penggunaan obat Acyclovir Indo Farma tablet, pengguna dapat mengalami eritema, yaitu terjadinya kemerahan pada jaringan kulit yang dimana hal tersebut disebabkan karena adanya pelebaran pembuluh darah.
  11. Pengguna dapat mengalami sakit perut sebagai efek samping penggunaan obat Acyclovir Indo Farma tablet
  12. Obat Acyclovir Indo Farma tablet dapat mengakibatkan rash, yaitu terjadinya bintik merah pada kulit disertai gatal ataupun timbulnya bercak merak pada bagian kulit tubuh.
  13. Beberapa pengguna obat Acyclovir Indo Farma tablet dapat mengalami vulvitis, yaitu peradangan yang terjadi pada vulva (organ kelamin wanita bagian luar) akibat reaksi dari virus herpes yang diobati oleh Acyclovir.
  14. Gangguan gastrointestinal (gangguan saluran pencernaan) dapat terjadi sebagai efek samping penggunaan obat Acyclovir Indo Farma.
  15. Dilaporkan bahwa pengguna dapat mengalami gejala radang tenggorokan pada saat menggunakan obat Acyclovir Indo Farma tablet.
  16. Efek samping yang sangat jarang terjadi akibat penggunaan obat Acyclovir Indo Farma tablet, pengguna dapat mengalami rasa menggigil di tubuh
  17. Obat Acyclovir Indo Farma tablet dapat mengakibatkan edema, yaitu erkumpulnya cairan dalam tubuh disatu tempat dalam tubuh sehingga mengakibatkan pembengkakan

Sebagai catatan apabila pengguna mengalami efek samping yang terus memburuk selama menggunakan obat Acyclovir Indo Farma ini, maka segera hentikan penggunaan dan segera berkonsultasi dengan dokter. 

Peringatan dan Kontra Indikasi Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma

Berikut ini adalah beberapa peringatan dalam menggunakan obat Acyclovir Indo Farma dan juga kontra indikasi dari penggunaan obat Acyclovir Indo Farma, yaitu sebagai berikut:

  1. Pada penderita gangguan gastrointestinal, pemberian obat Acyclovir Indo Farma harus diberikan secara hati-hati
  2. Extra hati-hati apabila memberikan obat Acyclovir Indo Farma ini pada pengguna yang hipersensitif terhadap valasiklovir.
  3. Pengguna yang memiliki tanda-tanda penyakit ginjal, dilarang menggunakan obat Acyclovir Indo Farma ini
  4. Perhatikan penggunaan obat Acyclovir Indo Farma ini pada pengguna yang hipersensitif (reaksi penolakan terhadap pemberian obat) terhadap valasiklovir propilen glikol
  5. Dilarang menggunakan obat Acyclovir Indo Farma untuk pengguna yang mengalami gangguan ginjal berat
  6. Hati-hati menggunakan obat Acyclovir Indo Farma ini pada saat sedang mengkonsumsi alkohol
  7. Dilarang menggunakan obat Acyclovir Indo Farma ini bersamaan dengan obat yang mengandung Probenesid
  8. Harap diperhatikan bahwa obat Acyclovir Indo Farma ini, baik yang salep maupun tablet hanya berfungsi mengatasi infeksi virus, sehingga tidak dapat dipakai untuk mengobati infeksi jamur
  9. Sebagai informasi bahwa obat Acyclovir Indo Farma ini tidak dapat digunakan untuk mencegah infeksi HSV rekuren.
  10. Pengguna yang memiliki hipersensitif terhadap acyclovir, pemberian obat Acyclovir Indo Farma ini harus dilakukan secara hati-hati
  11. Obat Acyclovir Indo Farma yang berbentuk salep hanya dapat digunakan untuk pemakaian kulit dan tidak dapat digunakan sebagai salep mata
  12. Jangan menggunakan obat Acyclovir Indo Farma ini melebihi dosis yang dianjurkan, karena penggunaan yang sembarangan (dosis yang tidak tepat) malah akan dapat menyebabkan efek resisteni virus (kebal) terhadap obat Acyclovir Indo Farma ini.
  13. Pemberian obat Acyclovir Indo Farma sangat tidak disarankan diberikan untuk ibu menyusui, karena obat Acyclovir Indo Farma ini dapat terlarut didalam Air ASI.
  14. Harus diingat bahwa obat Acyclovir Indo Farma ini tidak dapat dipakai untuk mengatasi infeksi bakteri
  15. Obat Acyclovir Indo Farma ini termasuk obat yang masuk ke dalam golongan obat dengan risiko kehamilan kategori B (tidak berisiko menurut US Food and Drugs Administration), namun meskipun demikian pemberian obat Acyclovir Indo Farma untuk ibu hamil, hanya boleh dilakukan menggunakan anjuran dari dokter.

Pemberian Dosis Penggunaan Obat Acyclovir Indo Farma

Berikut ini adalah pemberian dosis obat Acyclovir Indo Farma yang dianjurkan oleh produsen, baik untuk yang salep maupun tablet, yaitu sebagai berikut:

1. Untuk pengobatan Infeksi herpes genital:

  • Pada orang dewasa: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 200 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5-10 hari.
  • Pada anak-anak di bawah 2 tahun: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 100 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5-10 hari.

2. Untuk pengobatan kelainan absorpsi usus (immunocompromised):

  • Pada orang dewasa: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 400 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5-10 hari.
  • Pada anak-anak di bawah 2 tahun: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 200 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5-10 hari.

3. Untuk pengobatan Infeksi herpes simpleks:

  • Pada orang dewasa: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 200 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5 hari.
  • Pada anak-anak di bawah 2 tahun: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 100 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5 hari. 

4. Untuk pengobatan Infeksi herpes zoster dan cacar air:

  • Pada orang dewasa: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 800 mg 5 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 7 hari.
  • Pada anak-anak 2-12 tahun: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 400 mg 4 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5 hari.
  • Pada anak-anak di bawah 2 tahun: berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 200 mg 4 kali sehari setiap 4 jam sekali. Berikan obat Acryclovir ini selama 5 hari.

5. Untuk pengobatan supresif infeksi herpes genitalis rekuren:

  • Berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 400 mg 2 kali sehari. Berikan obat Acryclovir ini selama 12 bulan.

6. Untuk pengobatan intermitten infeksi herpes genitalis rekuren:

  • Berikan Acryclovir Indo Farma sebanyak 200 mg 5 kali sehari. Berikan obat Acryclovir ini selama 5 hari.

Cara Penyimpanan Obat Acyclovir Indo Farma

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyimpan obat Acyclovir Indo Farma, yaitu sebagai berikut:

  1. Letakkan obat Acyclovir Indo Farma ini di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung
  2. Simpan obat Acyclovir Indo Farma di ruangan dengan suhu ≤30° C.
  3. Jangan simpan obat Acyclovir Indo Farma di dalam ruangan yang lembab
  4. Simpan obat Acyclovir Indo Farma di ruangan yang kering
  5. Sangat tidak disarankan menyimpan obat Acyclovir Indo Farma di kulkas