20 Cara Agar Cacar Air Cepat Kering Paling Ampuh

9654

Cara agar cacar air cepat kering merupakan upaya untuk mempercepat proses penyembuhan yang diawali dengan pengeringan lentingan berisi cairan.

Cacar air merupakan penyakit menular yang umum pernah dialami siapa saja dan mudah disembuhkan tetapi dengan metode penyembuhan yang tepat. Proses penyembuhan cacar cenderung lebih cepat saat cacar telah mengering, Karena dalam kondisi yang kering itulah sel kulit yang rusak mudah diangkat dan digantikan dengan sel yang baru.

Solusi

Tips mudah cara agar cacar air cepat kering lalu sembuh dan tidak meninggalkan bekas.

1.Jagung

Kandungan gizi Jagung manis atau jagung biasa sangat cocok untuk cara agar cacar air cepat kering tanpa meninggalkan noda hitam. Jagung memiliki  zat antioksidan tinggi, Asam linolenat dan beberapa mineral penting dimana nutrisi tersebut berguna untuk menenangkan iritasi, Mengatasi peradangan dan mengempiskan lentingan cacar sehingga mempercepat proses pengeringan cacar dari dalam.

2. Air es dan es batu

Air es dapat digunakan untuk cara agar cacar air cepat kering yaitu dengan dengan mengguyur tubuh yang ditumbuhi lentingan cacar dengan air es yang telah dicampur dengan air biasa agar didapat kesejukan air es yang tepat (tidak hangat dan tidak terlalu dingin),

Es batu juga bisa digunakan agar cacar cepat mengering yaitu dengan cara mengompres lentingan cacar dengan sangat hati hati agar tidak mudah pecah. Karena jika pecah maka cairan yang keluar akan membentuk lentingan baru pada permukaan kulit yang ada didekatnya. Kesejukan es mampu membekukan cairan virus dan memnpercepat cacar menjadi kempis, Mengecil lalu kering tanpa membuatnya pecah.

3. Hindari menggaruk

Cara agar cacar air cepat kering adalah salah satunya dengan menghindari penggarukan . Menggaruk hanya akan menyebabkan lentingan berisi cairan pecah lalu membentuk infeksi. Infeksi inilah yang membuat jumlah lentingan menjadi semakin bertambah. Lentingan yang semakin melebar pada kulit dapat menghalangi cacar menjadi kering.

4. Minyak vitamin E

Minyak vitamin E dapat mudah diperoleh diberbagai apotek. Minyak vitamin E memiliki kemampuan luar biasa dalam mengeringkan luka bakar, Luka tersayat bahkan pada lentingan cacar. Minyak vitamin E mampu melindungi cacar agar tidak mudah pecah tetapi justru mengeringkan lentingan tanpa membuat kulit menjadi sangat kering sehingga lentingan cacar tidak terasa pedih sama sekali.

5. Salep Aciclovir

Salah satu cara agar cacar air cepat kering adalah dengan mengoleskan salep aciclovir yang diformulasikan khusus untuk pengobatan luka , Pengangkatan sel kulit mati, Pengeringan jaringan luka hingga proses penyembuhan luka. Salep ini sangat cocok untuk mengeringkan cacar dan tidak meninggalakan bekas saat kulit yang kering mengelupas dengan sendirinya.

6. Bedak Salycil

Bedak salycil merupakan bedak tabur yang mengandung zat mentol dan kamfora yang bermanfaat untuk meredakan rasa gatal, Memberikan efek hangat dan perasaan lebih nyaman pada permukaan kulit yang terserang luka atau cacar. Salycil adalah salah satu bedak tabur yang dapat dijadikan sebagai cara agar cacar air cepat kering lebih cepat.

7. Bedak Caladine

Selain bedak tabur salycil ada pula caladine bentuk tabur yang didalamnya mengandung anti bakteri, Zinc oxide, Kamfer dan mentol yang memberikan rasa nyaman pada kulit sehingga luka atau cacar dapat cepat mengering dan sembuh. Bedak caladine merupakan bedak anti gatal yang bisa direkomendasikan untuk cara agar cacar air cepat kering dan cacar tidak menyebar lebih luas pada bagian kulit yang lain.

8. Bedak herocyn

Bedak herocyn mengandung balsam peru, Asam silisilat, Sengoksida, Belerang, Kamfer, Mentol. Menaburkan bedak tabur herocyn pada kulit yang mengalami ruam kemerahan, Gatal gatal dan memberikan rasa sejuk pada lentingan cacar yang berisi cairan virus. Bedak ini memberi sensasi rasa hangat dimana keistimewaannya adalah dapat mengatasi berbagai macam gangguan kulit, Menekan rasa gatal dengan cepat sehingga penderita bisa beristirahat lebih nyaman. Herocyn juga mampu menjaga kulit disekitar tumbuhnya cacar dalam keadaan tetap kering alami tanpa membuatnya mudah iritasi akibat gesekan.

9. Jus kiwi

Kiwi mengandung nutrisi yang dapat merawat jaringan kulit yang rusak akibat virus cacar dari dalam . Perawatan dari dalam tubuh memungkinkan cacar menjadi cepat kering. Kiwi dapat dikomsumsi 2 kali setiap hari  dalam bentuk jus yang tidak dicampurkan bahan lain misalnya madu dan gula.

10.Jus sayuran

Sebagian besar sayuran misalnya brokoli, Selada, Bayam, Seledri dan lain lain mengandung banyak vitamin dan mineral dimana gabungan nutrsinya tersebut dapat melindungi jaringan kulit yang rusak menjadi normal kembali, Termasuk kulit yang sedang terserang cacar. Cacar akan mudah mengering dan cairan yang membentuk sebuah lentingan akan membeku dengan sendirinya sehingga mudah diangkat tanpa harus takut cairan beku tersebut  akan menulari bagian kulit lainnya.

11.Jus kedelai

Kedelai adalah bahan makanan yang kaya akan zat protein yang lebih tinggi dari protein dalam daging ikan. Zat protein sangat dibutuhkan tubuh saat terserang infeksi virus atau bakteri  misalnya penyakit herpes atau cacar air.

12.Jus mengkudu

Buah pace atau mengkudu terkenal didunia sebagai raja penyembuh penyakit penyakit berbahaya, Termasuk mampu mengobati penyakit cacar air. Mengkudu tua kaya akan vitamin, Mineral dan zat anti inflamasi yang dapat dijadikan cara agar cacar air cepat kering  Membantu memperbaiki kerusakan jaringan kulit luar ataupun dalam, Dapat merangsang pengeringan luka termasuk infeksi kulit akibat serangan virus varicella zoster dari dalam tubuh. Mengkonsumsi 1 kali setiap hari jus mengkudu tua dapat menyembuhkan penyakit cacar relatif lebih cepat  tanpa meninggalakn bekasnya. Namun gunakan buah mengkudu secara bijak atau tidak berlebihan karena bahaya buah mengkudu bagi kesehatan tetap bisa muncul dan beresiko memperparah kondisi cacar.

13.Lada bubuk

Lada bubuk sangat baik untuk cara agar cacar air cepat kering walaupun pada awalnya kulit akan terasa seperti terbakar dan pedih. Namun kecepatannya dalam membuat kulit luka atau infeksi bakteri/virus menjadi kering terkenal sangat cepat.

14. Alkohol

Penggunaaan alkohol 70% yang tepat pada kulit yang terserang cacar dapat mempermudah proses pengeringan dan menyembuhkan tanpa meninggalkan jejak kehitaman atau parut . Memakai alkohol dapat menggunakan cutton bud atau kapas bulat sebagai media pengolesan.

15.Madu asli

Madu merupakan bahan herbal yang terkenal didunia yang dapat dijadikan cara agar cacar air cepat kering dan bahkan untuk mengeringkan luka akibat penyakit lain misalnya diabetes. Madu asli memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menyembuhkan luka, Meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat sel tubuh termasuk jaringan kulit terhadap infeksi.  Pilihlah madu asli dengan cara memperhatikan ciri ciri madu asli yang perlu diketahui melalui media terbuka atau langsung berkonsultasi pada ahli gizi yang terkait. Madu dapat dioleskan langsung pada cacar yang ingin segera dikeringkan atau madu bisa dicampur dengan segelas air hangat matang lalu diaduk untuk kemudian diminujm 2 kali sehari setiap hari agar penyembuhan cacar maksimal bekerja dari dalam tubuh.

16.Air kelapa

Air kelapa mengandung zat anti inflamasi dan sebagai detox alami bagi penderita cacar yang bertindak sebagai antioksidan untuk  merangsang keluarnya racun dalam tubuh melalui urin dan keringat. Senyawa pada air kelapa mampu pula mengeringkan lentingan cacar dari dalam tubuh melalui darah, Sehingga penyembuhan cepat terjadi. Minumlah segelas air kelapa 1 kali sehari secara rutin sampai cacar terlihat mengering , Setelah itu minumlah 2 hari sekali satu kali saja mengkonsumsi air kelapa untuk mendukung pemulihan kesembuhan. Jika sudah sembuh dari sakit cacar hendaknya batasi minum air kelapa dan jangan berlebihan apalagi setiap hari, Hal ini untuk menghindari bahaya air kelapa bagi kesehatan tubuh.

17.Air lemon

Pada cacar yang sudah terlihat hampir mengering maka menggunakan olesan air lemon 2 kali sehari secara rutin dapat mempercepat cacar menjadi kisut, Keriput. Mengeras dan kering sehingga cairan dalam setiap lentingan bisa dikeluarkan dalam kondisi memadat.

18.Lidah buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit untuk kulit paling teerkenal didunia kecantikan adalah mampu menenangkan infeksi agar mengurangi rasa nyerinya, Kemampuan merapatkan dan mengeringkan luka termasuk cacar, Menghaluskan kulit, Memudarkan warna kulit yang kehitamana bekas cacar serta dapat melindungi kulit dari gangguan kulit lain misalnya gatal gatal, Peradangan, Pembengkakan dan lain lain. Oleskan lendir lidah buaya pada cacar yang ingin dikeringkan.

19.kacang hijau

Ketika tubuh terserang virus cacar maka dibutuhkan protein dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, Hal ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Mempercepat cacar agar cepat kering dan memperkuat lentingannya agar tidak mudah pecah . Kacang hijau bisa direbus lalu airnya digunakan untuk dioleskan pada tiap tiap lentingan berisi cairan 2 kali setiap hari secara teratur agar proses pengeringan cacar mudah terbentuk sedangkan manfaat kacang hijau bagi penderita kista bagi penderita kista yang sedang mengalami penyakit cacar air sangat baik menggunakan sari kacang hijau untuk dikonsumsi 2 kali sehari guna mempercepat pengeringan cacar dan  penyembuhan kista secara bertahap.

20.Temulawak

Memanfaatkan khasiat dari rebusan 2 rimpang temulawak yang ditambahkan beberapa potongan kencur adalah cara agar cacar air cepat kering dan mudah memgelupas sendiri atau dengan bantuan tangan yang bersih yaitu dengan menggunakan cutton bud sebagai alat pencungkilnya. Meskipun akan meninggalkan bentuk cekungan pada bekas cacar tetapi kulit tetap dalam keadaan cerah atau tidak terbentuk warna yang lebih gelap. Kencur dan temulawak bisa direbus sampai mendidih, Dinginkan lalu saringlah untuk kemudian diminum 2 kali sehari sampai cacar benar benar mengering. Gunakan temulawak tidak lebih dari 2 rimpang setiap hari  Karena ada efek samping temulawak untuk diwaspadai yaitu berupa  gagalnya proses pengeringan pada cacar.