6 Pantangan Amandel Bengkak

Amandel merupakan jaringan limfoid yang beradi di daerah faring. Amandel pada daerah faring memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai penyaring kuman, menahan demu sebagai produsen antibody sebagai pembentuk jaringan local dan juga sebagai pelawan infeksi selaput lender, sangat banyak sekali fungsi dari amandel itu sendiri, tapi meskipun amandel memiliki banyak fungsi seperti dijelakan tersebut amandel tetap memiliki kelemahan yaitu ia tidak dapat tahan terhadap makanan-makanan yang menjadi pantangannya, apa saja pantangan makanan untuk amandel dan penyebab amandel, tentunya tidak hanya sedikit, pantangan untuk amandel amat banyak sekali, untuk itu perlu diperhatikan agar tidak terlalu mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan amandel tersebut.

Berikut adalah beberapa pantangan amandel :

1. Makanan yang pedas

Amandel sangat sensitive sekali terhadap makanan-makanan yang pedas, karena pada dasarnya makanan makanan yang pedas itu ternyata akan melukai amandel. Karena sebenarnya bila kita ulas dari kata pedas itu sendiri pedas bukanlah sebuah rasa seperti manis, asin dan pahit, pedas hanyalah sebuh rasa yang sebenarnya itu adalah rasa sakit yang dialami oleh lidah karena menahan senyawa yang pedas itu. Memang sangat sulit untuk menghindari makanan yang pedas, karena pada dasarnya senyawa yang ada dimakanan yang pedas itu mengugah gairah untuk makan yang lebih banyak, bahkan menurut sebuah pengamatan bahwa orang yang biasanya makan sedikit saja, ketika ia makan menggunakan makannan yang pedas ia akan makan lebih banyak.

Adapun makanan pedas yang harus dihindari oleh penderita penyakit amandel adalah :

  • Sambal cabai – Sambal cabai memang sangat nikmat, bahkan hanya melihatnya saja sudah ingin mencicipinya, tetapi hal ini harus ditahan oleh penderita amandel, karena terlalu banyak cabai akan membuat amandel semakin menderita dan akan semakin besar dan anda harus memiliki cara mencegah amandel kambuh dan membengkak.
  • Saus – Saus, teman terbaik ketika menyantap makanan atau gorengan, tapi hal ini tidak baik untuk para penderita penyakit amandel, karena selain rasa saus yang pedas, saus juga mengandung bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan tubuh, sedangkan ketikaa sedang terserang penyakit amandel tubuh akan merasakan lebih sensitive, sudah diuraikan di atas bahwa salah satu fungsi amandel tadi adalah menjaga agar virus yang masuk melalui udara dapat disaring dan tidak masuk bersama udara, tapi bagaimana bila amandel sedang sakit, itulah sebabnya mengapa tubuh menjadi lebih sensitive.
  • Merica – Merica juga termasuk makanan yang pedas, meskipun bentuknya kecil, tapi ternyata bumbu yang satu ini dapat membuat tersedak, oleh sebab itu amandel sangatlah rawan degan merica, jadi apabila ingin masak atau makan makanan instan sebisa mungkin mengurangi kadar merica agar tidak terlalu pedas dan tidak terlalu menyedak.

2. Ikan

Untuk sementara waktu ketika amandel sedang meradang alangkah baiknya meninggalkan makanan-makanan yang berbau ikan, meski sebenarya makanan ikan mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh tapi untuk kebaikan lebih baik sementara waktu hentikan dulu makan makanan jenis ikan ini, adapun ikan yang harus di hindari

Ikan tawar

Ikan asin, terutama ikan asin. Ada beberapa alasan mengapa tidak boleh mengkonsumsi banyak ikan, selain kandungan yang ada di dalam beberapa ikan yang sangat sensitive pada amandel karena ikan juga mengandung banyak duri, di khawatirkan duri-duri itu akan mengenai amandel bersama dengan nasi yang dimakan sehingga akan menambah luka pada amandel tersebut. Jadi setelah amande nantinya smbuh lebih baik hati-hati ketika ingin mengkonsumsi ikan, agar tidak menyakiti dan membuat amandel menjadi radang lagi

3. Hindari minuman minuman yang berbau dingin

Minuman yang dingin sangat sensitive sekali pada amandel yang sedang meradang, karena suhu yang berbeda dari suhu yang agak anget tiba-tiba diberi minuman yang dingin, sehingga penyesuaian yang dilakukan oleh amandel membutuhkan waktu, jika amandel tidak dapat menyesuaikan amandel akan menjadi radang yang bertambah parah. Selain menghindari minuman yang berbau dingin juga harus memperhatikan hal berikut

  • Minuman instan atau minuman seduh – Minuman ini banyak mengandung bahan-bahan yang sebenarnya kurang baik untuk tubuh, oleh karena itu, alangkah baiknya ketika kita meninggalkan minuman seperti itu. Tidak hanya ketika sedangan terserang penyakit radang amandel saja, namun untuk mencegah penyakit radang amandel itu, sangat baik sekali ketika menjaga kesehatan dan tidak meminum minuman tersebut. Karena biasanya hal yang instan itu tidak terlalu baik untuk kesehatan tubuh. (baca : cara menjaga kesehatan tubuh)
  • Softdrink dan minuman bersoda – Apalagi minuman bersoda, minuman bersoda sangat membawa dampak buruk bagi kesehatan amandel, lebih baik dihindari atau boleh mengkonsumsinya tapi tidak terlalu sering. Karena bila terlalu sering akan terjadi luka pada amandel, yang lebih parahnya lagi amandel akan menjadi terinfeksi, dan bila ini terjadi biasanya yang dilakukan adalah harus di operasi. (baca : cara mengobati amandel tanpa operasi)

4. Makanan yang instan

Lebih baik menghindari makanan yang instan seperti mie instan, dan lainnya, karena bumbu-bumbu pada makanan instans sebenarnya tidak baik, baik untuk amandel maupun untuk bagian tubuh yang lainnya. Sehingga ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut, demi kesehatan semuanya, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan amandel.

Adapun makan makanan instan yang perlu dihndari adalah

  • Mie instan – Mie instan sudah hampir sama penjelasannya seperti yang dijelaskan di atas itu, bahwa bumbu pada mie instan tidak baik untuk amandel, karena bumbu-bumbu itu mengandung zat yang berbahaya, sehingga amandel sangat sensitive akan itu. (baca : bahaya makan mie instan)
  • Jajanan ciki-cikian – Jajanan ciki-cikian ini sangat digemari sekali oleh anak-anak, padahal pada ciki-cikian terkandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan amandel. Amandel yang terus-terusan diberi makanan ciki-cikian akan mengalami luka dan bila amandel luka tapi tetap mengkonsumsi makanan ini, bisa jadi luka itu akan menjadi parah dan fatal akibatnya
  • Makanan yang banyak mengandung micin – Micin atau pengawet makanan memang harus dihindari sejauh mungkin, memang ini akan membuat makanan menjadi lebih sedap, tetapi terlalu banyak mengkonsumsinya akan mengganggu system pencernaan dan juga terutama akan menggaggu amandel pada diri kita. Untuk menghindarinya lebih baik masak dengan bumbu yang banyak dari pada harus menambahkan micin dalam masakan kita. Supaya semuanya akan aman dan tidak ada yang tersakiti.

5. Hindari minuman yang berbau alcohol

Minuman alcohol tidak hanya memabukan, tetapi minuman ini juga merusak jaringan-jaringan pada amandel, sehingga amandel bisa saja infeksi karena tidak dapat menahan senyawa dan zat yang masuk melalui alcohol tersebut, bahkan dengan mengkonsumsi alcohol tidak hanya amandel yang akan rusak, namun semua jaringan tubuh bisa rusak akibatnya. Minuman beralkohol memang dapat menenangkan dan memberi rasa rileks, tapi ternyata itu malah merusak jaringan jaringan yang sedang berfungsi di dalam tubuh. Sehingga otak juga akan kehilangan kesadarannya akibat dari mengkonsumsi minuman ini. tak hanya bahaya bagi amandel saja, tapi alcohol berbahaya untuk semua jaringan tubuh.

6. Hindari makan durian

Durian memiliki bau yang cukup menyengat, dan bila dimakan pun terkadang akan meninggalkan rasa sebah, itu sebabnya lebih baik hentikan makan durian ketika sedang terserang penyakit radang amandel ini. Amandel memang banyak manfaatnya, namun kemanfaatan itu akan hilang bila amandel sudah menjadi radang dan menjadi bahaya amandel bengkak jika lama-lama didiamkan yang semakin meradang, karena dia tidak akan dapat berfungsi dengan normal, untuk itu amandel harus dijaga semaksimal mungkin agar diri juga dapat terjaga, menjaga amandel sangat mudah, yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan yang sudah dijelakan di atas dan juga dengan memperbanyak minum air putih. Sekian dan terimakasih, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu keluhan anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amandel